Jumat, 23 Desember 2011

Kaca perumpamaan yang dianggap salah

Sudah entah Seberapa jauh saya akan berjalan untuk yang namanya pengorbanan.Sampai dititik pada akhirnya saya merasa, sudah berkorban terlalu banyak untuk sesuatu. Dan begitu kalkulator mulai menghitung, secara fisik dan mental terus terang saya tidak tahu feed backnya apa.

Saya mulai berpikir karena ada beberapa hal yang menggelitik hari-hari berwarna abu abu saya . Entah mengapa, mungkin karena anugrah juga, saya selalu dibantu.ya di bantu oleh sang maha pemberi rezeki,karena mungkin Dia juga tau saya sudah terlalu sering habis-habisan oleh karena pengorbanan konyol saya...ntahlah gak usah dipikirinlah dijalani saja,,, apaan kale ya...hmm ......ngomong yang lain aja dech ya.ada hal yg menggelikan tentang cara berpikir orang2 dikantor yang masih gaya lama....
.
begini ceritanya, kemarin  disaat saya sedang serius edit mengedit gambar yang harus selesai minggu ini. seorang bos bagian divisi keuangan mengomentari gambar gedung yang saya kerjakan, "bidang-bidang kaca dikurangi saja 50% selain menghemat biaya juga mengurangi efek gas rumah kaca juga kan, ingat global warming" begitu ucapnya..saya pun menyela"kalau untuk mengurangi biayanya bener pak,tapi pengaruh jendela kaca dengan efek gas rumah kaca tdk ada hubungannya loh pak" ucap saya.. ternyata banyak yang tdk tau maksudnya 'efek gas rumah kaca...'

gambar dari google
saya pun mencoba menjelaskan,,Pengertian efek rumah kaca yang sering disebut dalam istilah di global warming itu hanya pengambaran dan perumpamaan saja loh.. itu hanya untuk memberi gambaran tentang suhu panas yang terjebak di dalam ruang kaca.

nah begitu juga di kondisi global warming itu kalau di persamakan dengan rumah kaca tadi,,lapisan atmosfir yang sudah tercemar zat karbon  CO2 di ibaratkan sama dengan lapisan kaca yang menyerap panas matahari kemudian memantulkannya ke bumi.

trus yang menjadikannya glogal warming  yaitu lapisan karbon CO2(dipersamakan dgn lapisan kaca yang menyelimuti bumi) cahaya matahari yang sudah terpantul kepermukaan bumi tidak bisa keluar angkasa kembali, melainkan tertahan di lapisan atmosfir yang sdh menjadi seperti lapisan kaca tadi dan memantul kembali kebumi,,begitu seterusnya...
.
jadi coba bayangkan,partikel panas matahari terus masuk ke bumi tetapi partikel2 panas tsbt tidak bisa keluar kembali ke angkasa  karena tertahan si zat karbon yg di persamakan dgn lapisan kaca tadi..betapa bumi seperti oven, ya kan...
trus emang zat karbon itu dari mana asalnya" tentu sobat2 pasti taulah ya" itukan pelajaran smu,,karbon itu asalnya dari sisa2 pembakaran,, apa saja yang terbakar akan menjadi  gas berupa zat karbon CO2 tadi,,yang akan terus mengumpul di lapisan atmosfir..
.
jadi begitu lah,yang di maksud efek gas rumah kaca bukan karena jendela kaca yang mengeluarkan gas loh,, semoga paham ya,,,:)

Selasa, 20 Desember 2011

GA kolaborasi 'AYO NGAKAK SEJENAK'


Minggu yang lalu rencananya mau tetep exis lagi ngeblog, eh gak taunya ada plan terduga,perencanaan gedung yang sudah bersusah payah saya gambar dan saya hitung estimasinya sampai finish harus di revisi dan di ubah desain nya karena dana yang seharusnya di sediakan cukup, harus di potong dan di bagi ke anggaran lain.mau tak mau dengan tulus ikhlas berjuang kembali dech selama seminggu + ngelembur tuk merevisi gambar dan perhitungan yang seharusnya sdh selesai.<-- Sekedar intermezzo pekerjaan dijadikan alasan telat ngeblog,,:)


Ini ngeposting sebenernya ada niatan saya yang masih tertunda dan tersisa,yaitu niatan saya berbagi buku dan novel di GA saya yg pertama ternyata sisa dananya masih ada, seperti contoh kalau sudah berniat tuk sedekah senilai tertentu , tentunya tidak meminta kembalian kan.jadi sisanya hrs di habiskan sesuai niatan awal.


dan terus terang ini semua juga karena ide nya mbak fanny ,saya disini hanya sebagai mensupport saja untuk mengadakan GA kembali.. ngutip dari postingan mbak  fanny------------->>


Teman-teman pernah membaca jokes atau cerita lucu yang bikin ngakak? Pasti pernah ya. Tapi, pernahkah kalian menjepret (dengan kamera atau ponsel) wajah kalian yang sedang ngakak ? Kalau pernah, sok atuh..jangan malu-malu dipamerin ke saya. Secara saya mau kasih hadiah buku NGAKAK SEJENAK ala Fanny Fredlina yang baru terbit bulan Nopember lalu. 

 Oke, kalau teman-teman tertarik, silakan baca syarat dan ketentuannya :

1. Pasang fotomu yang lagi ngakak di blog. Contoh foto ngakaknya bisa kalian lihat di cover buku NGAKAK SEJENAK. Fotonya harus jelas, tidak boleh buram, terlalu kecil atau terlalu jauh. Semakin jelas dan besar fotonya akan semakin baik nilainya.Tidak boleh foto orang lain. Harus foto kamu sendiri lho.

2. Tulis alasannya kamu ngakak di foto itu. Mungkin ada kisah lucu yang sedang kalian dengar dan bikin ngakak, atau ...ada peristiwa kocak yang baru saja kalian saksikan. Panjang tulisan singkat, padat dan jelas. Jangan terlalu panjang, apalagi sampai dibuat cerpen. Dewan juri bisa pusing tujuh keliling.

3. Cantumkan link blog SANG CERPENIS dan link MAN AND THE MOON sebagai penyelenggara lomba.

4. Pasang  gambar cover buku NGAKAK SEJENAK di bawah postingan kalian dan daftarkan link postingan di kolom komentar artikel ini.

5. Jangka waktu lomba terhitung mulai tanggal hari ini sampai dengan tanggal 31 Desember 2011 jam 14.00 WIB

6. Para peserta harus memiliki alamat di Indonesia. 

7. Akan dipilih 5 foto NGAKAK  yang ter NGAKAK alias ketawanya paling lepas, bebas dan ekspresinya hidup,  dengan hadiah berupa buku NGAKAK SEJENAK karya Fanny Fredlina. 

8. Dewan juri : Sang Cerpenis, Al Kahfi, pemilik blog Man and The Moon dan seorang lagi juri spesial yang berhasil ditodong oleh Sang Cerpenis yaitu : sang Pangeran. 

9. Peserta yang tidak memenuhi syarat akan dianggap gugur seketika tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

Ayo buruan ambil kamera dan minta tolong temanmu, kakakmu atau siapa saja deh  buat ngambil fotomu yang lagi ngakak

Rabu, 30 November 2011

meng'utara'kan Utara

Perbedaan yang mencolok , biasanya suka digambarkan dengan perumpamaan langit dan bumi. Seperti suasana hati saya hari ini menjelang desember ,berbeda sekali dengan suasana hati saya di bulan2 yang lalu.

Sekarang seseorang dari masa lalu sudah mengisi perasaan tidak jelas arah tujuan  kemarin itu. saya berharap ini terus bertahan selama-lamanya. Pastinya selalu berdoa  yang terbaik untuk semuanya, Walaupun arti terbaik terkadang tidak selalu menyenangkan dan di salah artikan.

Saya sudah melewati momen2 kritis walau endingnya tidak menyenangkan , saya akui awalnya ini salah saya terlalu jauh melangkah. Mungkin sekarang saatnya saya memperbaiki diri dan melalui momen terbaik saat ini dengan kondisi yang jauh lebih menenangkan dengan arah tujuan yang pasti. dan kelak kami berharap kembali bermigrasi ke utara..ya ke utara (sumatera utara maksudnya)

seperti burung2 yang selalu bermigrasi ke utara ,seperti nahkoda kapal yang selalu mencari lintang utara  ,"ups tunggu dulu " ngomong2 tentang utara lamat lamat saya jadi teringat  obrolan ringan dengan teman tentang utara.

kenapa kalau orang2 tersesat yang di cari di peta posisi utaranya dulu, semua orang mencari utara, Kesannya utara tuh hebat banget. Sampai-sampai juga ada istilah kata meng'utara'kan, Iya, kan?.”ucap teman saya

“He-he,” saya tanggapi dengan tawa sekedarnya. Dalam hati bilang, “Bener juga”.
“Kenapa coba,  ada istilah ‘mengutarakan’? Kenapa tidak ‘menselatankan’, menimurkan’ Eh, aneh yak kedengerannya?” ucapnya.
Apa utara sedemikian hebatnya? Kita tuh seperti diperbudak dengan si utara,” si teman saya ini sepertinya bersemangat sekali.

saya pun mencoba menjelaskan utara itu memang penting di kehidupan kita, coba kalau kita tersesat kita selalu berpedoman dengan jarum kompas yang mengarah ke utara.nah tentu kan kita2 sudah tau sih arah medan magnet bumi.dan poros bumi, mana lagi kalau tidak di kutub utara. walau tuh kompas kita putar2 kesegala arah tetap saja selalu balik lagi menunjuk ke  utara, tempat medan magnet bumi yang paling besar..bahkan burung2 saja kalau tersesat pedomannya medan magnet bumi yang di utara tadi.

mungkin itu yang dipedomani orang2 terdahulu kita tentang kata meng"utara"kan tadi,,loh kok endingnya juga gak nyambung dengan tujuan balik kampung ke sumatera utara ya,,hehe,biarlah cukup saja antara saya dan dia yang tau..

Senin, 28 November 2011

benci "Kelak kamu kan tau"


"jangan di baca sampai akhir ntar menyesal, karena ini untuk konsumsi pribadi"

Suatu hari, seseorang pernah berkata  kepada saya, ada yang orang yang tidak pantas, bahkan untuk kau jadikan musuh.dan saat ini , saya adalah sosok yang tidak pantas itu "dibenci", saat ini saya adalah musuhmu,menurut kamu.

 Kemarin, saya menyadari, saat ini saya seorang yang tak pantas lagi, bahkan untuk dikenang, bahkan membuatmu berpikir, seharusnya saya tidak pernah berada dalam satu langkah denganmu. saya hanya sosok fatamorgana, yang hadir ketika kau sedang tak ingin berada dalam dunia nyata. dan saya tau kamu benci fatamorgana itu.

lantas takutkah saya akan rasa benci itu,Mengapa saya harus resah' Mengapa saya harus menyusah-nyusahkan diri dengan segala yang ada di dunia' Dan mengapa saya berlama-lama menyesali pilihan yang rasanya kurang tepat di sebuah persimpangan"  Mengapa harus bersedih untuk masa silam yang tak akan lagi menjelma di hadapan" Sesuatu sedang menunggu di depan sana, jadi mengapa kita mengkhawatirkan hal-hal yang telah lenyap di belakang sana.

saya berpikir2 jernih sejernihnya. Yah, terkadang, pikiran saya juga tidak jernih. Namanya juga manusia, yah saya masih manusia biasa yang punya banyak kesalahan.
Hidup ini sangat singkat. Belum selesai kau menghitung langkah, tiba-tiba saja Tuhan telah lebih dulu menyelesaikannya untukmu. Lalu? Kita pun tak sempat lagi, bahkan untuk menyesal. Jadi, mengapa kita harus resah, mengapa harus menyulit-nyulitkan diri? Hidup itu seni, yang harus kau nikmati dengan cara cerdas. pahit ,manis,sakit,luka,senang ,sedih, bahkan benci ,semua itu adalah fuzzle pembelajaran dan cobaan hidup yg di gariskan olehNYA.

kelak kamu kan tau sepahit apapun dan sebenci yg telah kubuat denganmu, dan kau butuh lebih dari sepasang mata untuk menemukan bahwa yg telah terjadi kelak itu keindahan untukmu. Mata hati, kau butuh Dia untuk melihat langkahku untukmu. Jika tidak, kau hanya akan lebih dulu mati oleh kebencian sebelum kau mati dalam muara-Nya. Dan hanya temukan dirimu hanyut begitu saja oleh rasa bencimu, tak sempat nikmati liku, yang membahagiakan.

saya tau dan saya yakin karma yang buruk dimasa lalu akan memudar oleh perbuatan2 baik dimasa kini.

bencikah yang akan kamu pelihara ".Hidup ini terlalu berharga maka lewati dengan penuh kebahagiaan," salam perpisahan dan saya terima kebencianmu. semoga kelak kamu kan mengerti dan menemukan jawabannya.

nb: jangan pahami tulisan ini karena hanya saya yang tau.maksud dan tujuan.

Kamis, 24 November 2011

Mendung tapi kok gerah

Saya sadar, kesempuranaan itu tidak ada. Saya pun mencoba untuk  berkompromi dengan semua hal.  Dalam hati saya sekarang ,sambil mengingat-ingat potongan demi potongan kejadian yang terjadi belakangan ini. Sebagai seorang manusia , tentu saja saya membutuhkan orang lain untuk berbagi. Baik itu keluarga  atau teman-teman,bahkan teman2 maya saya terutama sobat2 blogger semua. Rasanya sulit membayangkan hidup tanpa siapa-siapa.

sebagai manusia biasa, saya tidak dapat menghindari masalah. Kemalangan yang terjadi. Atau bahkan keberuntungan dalam hidup. Setiap seseorang memiliki argumentasi tersendiri mengenai pilihan dalam menjalani kehidupan.  Baik itu dinilai salah, benar, wajar ataupun tidak wajar. seperti mendung ada yang mengharapkan bahkan ada mengumpat akan kedatangannya.hmm, ngomong2 soal mendung kok saya langsung teringat akan hal unik terkadang,,nah begini ceritanya.

disaat mendung menutup rata di suatu daerah dan di kondisi angin yg tidak bertiup kencang.cahaya matahari bahkan tidak tampak, justru membuat udara terasa gerah.banyak orang2 sering merasakan di saat mendung2 tertentu kok udara makin gerah. akan saya coba jelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.
karena atmosfir tertutup awan maka terjadi tekanan udara yang meningkat, nah karena tuh awan di atas nutupin ruang gerak udara dari atas, maka udara di bawah tidak leluasa untuk keatas, maka udara permukaan bawah mengalami titik jenuh,tuh udara di bawah juga gelisah di tutup2 awan.

trus kenapa pula udara jenuh bisa buat gerah? begini di udara yang jenuh itu ada molekul  uap2 air yang masih mengadung sisa2 panas matahari.tuh sisa2 uap tdk bisa bergerak keatas karena tertahan si jenuh udara tadi.gimana udah kebayangkan (gambaran uap air yg tertutup). di tambah lagi molekul keringat di tubuh kita juga tidak bisa keluar karena si udara jenuh itu menahan molekul keringat yang yang akan keluar dari tubuh kita. maka makin komplit tidak nyaman dan gerah lah yang di respon oleh tubuh kita..

si uap air bikin panas dari luar tubuh plus di tambah sisa2 panas tubuh kita tidak bisa di lepaskan di udara karena di tahan oleh si jenuh udara tadi.
gimana sobat2 sampai disini semoga paham ya,,

Selasa, 22 November 2011

sebelas dan november rain

 siang  kemarin  di sela2 jam istirahat kantor,iseng2 saya bw ke rumahnya mbak Lidia ,saya membaca postingan angka sebelas,,penasaran ada apa dgn sebelas,ternyata itu adalah sejenis PR juga,saya cek link si pemberi tugas dan ternyata mbak Fanny ,,ups,,jadii khawatir,,jangan2, saya pun segera meluncur kerumahnya mbak fanny dan ternyata kekawatiran saya benar adanya sy di beri tugas PR juga.

untuk mengerjakan PR sobat2 blogger kalau dinilai mungkin sy mendapat yg plg jelek,,karena sudah dari PR SD sampai SMP belum  selesai2,,ok ,mbak kalau yg ini sepertinya akan sy selesaikan,karena mudah tdk harus mengingat2 masa lampau,,,hehe,,karena saat ini saya paling suka mengingat masa skrg .masa lampau saya tidak bahagia jadi harap maklum,,lihat saja tampang saya jarang terlihat senyum manis,,padahal loh kalau sy lagi senyum ,manis banget loh,kalau tdk percaya tanyakan dgn org2 yg sdh pernah melihat senyum saya,,halah ,ngaco.

hati lagi mood nih di tambah hujan,,hm november rain banget nih,,pas dgn tugasnya sebelas,sama dgn bulan sebelas ya.baiklah saya akan mengerjakan PR sebelas ini.

11 HAL TENTANG SAYA :
1. tidak suka kopi apalagi rokok. ngemil pun tidak.kalau makan porsinya setengah karena sy bukan kuli bangunan.kalau makan gak ada sambelnya ibarat sayur tanpa garam.

2. Suka dengan sesuatu yang berwarna biru,apalagi birunya langit dan birunya laut..kata2 org yang paham sih katanya aura saya juga berwarna biru,,

3. selalu bisa menjaga perasaan org lain dan mudah tersentuh hati melihat yang miris2, dan saya tdk pernah marah walau org2 di sekitar sering menyakiti saya,ntah kenapa hal ini sering dimanfaatkan org lain, kadang temen2 heran, tuk hal ini.mau banget di perdaya org lain,kata2 mereka.

4. suka dengan bulan dan juga yang berhubung2an dengan alam semesta jagat raya.

5.selalu serius dan  pekerja keras, kalau tuk urusan cari uang dan bekerja jangan di tanya, saya selalu di handalkan di manapun tempat saya bekerja.selalu jadi panutan.

6. suka dengan sesuatu yang bersifat seni,apalagi lukisan,ya iyalah arsitek gak suka gambar,,apa kata dunia.

7. saat ini terpisah jauh dengan orang tua dan sanak family di medan,,karena lagi merantau di beda propinsi saat ini dilampung,
8.selalu berpakaian rapi bahkan kalau pakai kaos pun harus yg pakai kerah dan baju di masukin.

9.suka merenung (yg positip loh)dan menganalisa lingkungan,walau pada saat itu lagi di tempat ramai.dan dengan teman2. maklum pekerjaan saya selalu menganalisa bangunan dan perhitungannya.

10.suka lagu2 lawas evergreen,love song,nostalgia. juga lagu2 slowrock tahun 80-90an.

11.kalau libur kerja,suka ke gramedia searching2 dengan yg berbau2 pengetahuan, kalaupun cari novel cari yang meloww banget

11 PERTANYAAN DARI  mbak Fanny :

1.Apakah kamu suka begadang? Sebutkan alasannya!
selalu mbak kecuali hari sabtu dan minggu terkadang bisa sampai jam 3 pagi, karena saya juga kerja online yg dimulai dari jam 8 malam berakhir jam 3 pagi,,kerja online yg saya maksud adalah sebagai trader di option express.

2. Apa pendapatmu mengenai tulisan saya di blog SCB? Sebut alasannya!
yang pasti bagus , menginspirasi  ada aja yg di posting tiap hari,dan selalu sering mengadakan kuis2 ringan berhadiah buku.

3. Kalau boleh memilih, kamu lebih suka tinggal di kota mana?
yang pasti ingin balik ke kampung halaman tercinta, medan.

4. Pernahkah kamu keselek kelereng?
belum pernah,wah gak kebayang dech kalau keselek beneran.

5. Sebutkan 5 alasan  yang bikin kamu jatuh cinta pada pacarmu atau gebetanmu/ suami/isteri (kalo sudah nikah)
buat sang bulan,semoga dia gak baca nih postingan ntr ke GR ran...alasan 1: karena pinter dan suka baca buku apa aja , 2: gigih/mandiri, 3: rasa peduli,care  4: senyumnya yang manis  5: pinter masak, pernah suatu hari dia bawain makananan pake di rantangi segala dan masakannya enak ,saat itu di makan bareng2 di tepi pantai,,soo sweet banget dech..

6. Kalo kamu diberi kesempatan melancong, negara/kota mana yang ingin kamu kunjungi?
ingin ke new zealand,,suka dgn pemandangan alamnya yang berbukit bukit dan tepian lautnya.

7. Film apa yang terakhir kamu tonton?
film "breaking down" nonton sendiri loh manyun di bioskop, awalnya cuma mo ke gramedia,,eh buku yang dicari tdk ada, jadinya  nonton dech,,

8.Apa pendapatmu tentang pelangi?
warna2 yang indah tapi sayangnya semu hanya sesaat,,kalau di ibaratkan cinta ini sama dgn cinta satu malam,,

9. Apakah rumahmu pernah kebanjiran?
tidak  , karena kota saya saat ini kondisi tanahnya berbukit-bukit.

10. Berapa ponsel yang kamu miliki sekarang? Sebut mereknya.
2 ponsel merknya blackbery dan nokia cdma

11. Pernahkah kamu menjalin cinta dengan teman blogger?
ada ,sang bulan salah satu follower awal2 saya,,otomatis iya


11 Pertanyaan dari  alkahfi untuk 11 orang blogger yang dapat di percaya
1. apa yang tidak di sukai dari blog saya ?
2. apa pendapat kamu tentang warna biru?
3. kalau kamu ngeblog biasanya pakai media apa?
4. sebelum ngeblog kamu awali berdoa apa tidak(hayo jujur ya)?
5. apa kegiatan kamu di jam 8 malam sampai jam 12 malam?
6. Blog siapa yang yang menurut kamu paling oke dan menarik?
7. dalam menjalani hidup kamu  pernah tidak seperti merasa sendiri? beri alasannya
8. pernah mengalami tidak punya uangkah kamu bahkan Rp.100 pun ,trus apa yg kamu lakukan?
9. apa pendapat kamu tentang malam sunyi  dan bulan purnama?
10. berapa kali kamu makan satu harinya?
11. yang terakhir ini di jawab dengan jujur ya :) kamu suka tidak dengan saya ?,beri alasannya

Untuk sahabat dibawah ini mohon kiranya bersedia mengerjakan tag ini,dengan menyebutkan 11 Hal mengenai anda, Menjawab 11 pertanyaan dari saya dan membuat 11 pertanyaan untuk blogger lain dengan melemparkannhya ke 11 orang lainnya.
mohon di maafkan ya ,dan smoga sobat2 yg saya beri kepercayaan mampu meneruskan estafet ini
Dan.....11 orang yang saya percaya itu adalah :

1. Ririe
2. mbak Nique
3. mbak Nurmayanti
4. mbak Yunda
5. Hilsya
6. Socafahreja
7. Lidia hartati
8. mas 21inch
9. http://obrolanblogger.blogspot.com/
10. mas Arr rian
11. http://sunrise86.blogspot.com/syam matahari

mohon di kerjakan ya,, salam sahabat selalu..

Minggu, 20 November 2011

Pemenang Give away (man and the moon)

Setelah melakukan seleksi dari hari kamis sampai sabtu kemarin, sampai2 saya mentraktir temen kantor yang bisa saya ajak diskusi di sebuah cafe..untuk memilih milih pemenang ,dan memang kami akui sulit menentukan pemenang utama dan yang berkriteria,, karena sebenarnya semua tulisan2 sobat yang masuk sejumlah 32, bagus2 semua, tapi yg namanya pemenang harus di tentukan, sampai2 kami membacanya berulang-ulang,tiap2 postingan.dan akhirnya kami melakukan vote, maka inilah urutan para2 pemenang GA saya :

Pemenang utama mendapatkan buku request *
pemenang utama 1 :mbak Yunda   --> mendapatkan 3 buku request*
Pemenang utama 2: mbak Fanny--> mendapatkan 2 buku request*
pemenang utama 3:mbak Nique------> mendapatkan 1 buku request*
Pemenang postingan tercepat: Sheno------->mendapatkan 1 buku request*

Pemenang hiburan berkriteria:
kriteria 1: yang antusias /penyelidik : mbak una  : mendapat novel Dicintai Jo 

kriteria 2. yang ber alur cerita: mbak Ririe  :mendapat novel One amazing thing karya Chitra Banerjee Divakaruni

kriteria 3: yang lugas :mas Arr Rian: mendapat novel supernova

kriteria 4. yang menginspirasiMiss Uchi - mendapat novel mimpi mimpi lintang

kriteria 5. yang melowmbak nurmayantizain--- mendapat novel :Detik terakhir karya Alberthiene Endah

kriteria 6. yang gokil: Naya  mendapatkan novel  : the kolor of my life (kocak abis)

kriteria 7. yang menyentuh hati.: Sherafim / Lidia Hartati  :mendapatkan novel : Edensor

kriteria 8: yang persahabatan : mbak Alaika  mendapatkan novel : Sang pemimpi karya Andrea Hirata

kriteria 9: yang religi: Shine :mendapatkan novel: Dimana ada cinta, di sana ada Tuhan karya Leo Tolstoy

kriteria 10: yang mengkritik :Dihas :mendapatkan novel :  mendapat buku P.G.D.P.C karya Syahmedi Dean

kriteria 11: yang rasionalis: Yan muhtadi : mendapatkan novel :Pretty Prita karya Andrei Aksana
 
kriteria 12: yang simple: mbak Lylitiana mendapatkan novel: Jakarta Kafe

Pemenang hiburan partisipasi  (mendapatkan buku menjawab atheis di indonesia)

partisipasi 1 :http://candradewi89.blogspot.com/2011/11/man-and-moon.html
partisipasi 2 :http://hilsya.wordpress.com/2011/11/05/man-and-the-moon-goodbye/#comment-4921
partisipasi 3 :http://tarryholic.blogspot.com/2011/11/man-and-moon-ketika-ikhlas.html
partisipasi 4 :http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/review-man-and-moon.html
partisipasi 5: http://ajeng-sari-rahayu.blogspot.com/2011/11/man-and-moon-serpihan-buku-harian.html
partisipasi 6: http://rethinkingroom.blogspot.com/2011/11/lelaki-dan-rembulan.html
partisipasi 7: http://impenanepay.blogspot.com/2011/11/lelaki-dan-rembulan.html
partisipasi 8: http://noeroelnoeloer.blogspot.com/2011/11/si-newbie-ikut-man-go-to-moon.html
partisipasi 9: http://diah87.blogspot.com/2011/11/cerita-si-pecinta-bulan.html
partisipasi 10: http://socafahrezasblog.blogspot.com/2011/11/renungan-untukku-man-and-moon-pinter.html
partisipasi 11: http://riafvanti.wordpress.com/2011/11/15/no-title/
partisipasi 12: http://www.honeylizious.com/2011/11/tentang-al-kahfi-lelaki-dan-bulan.html
partisipasi 13: http://another-reni.blogspot.com/2011/11/ketulusan-dan-keikhlasan-al-kahfi.html
partisipasi 14: http://jiahjava.blogspot.com/2011/11/my-opinion-man-and-moon.html
partisipasi 15: http://catatancatatanesf.blogspot.com/2011/11/man-and-moon-al-kahfi-yang-berusaha.html
partisipasi 16: http://riuisme.blogspot.com/2011/11/think-globally-act-locally-go-green.html

Sekian pengumuman dari saya, Bagi semua peserta diatas silahkan mengirimkan alamat lengkap + nomer HP ke email saya . Saya tunggu sampai tanggal 25  nopember 2011.  Jika sampai tanggal tersebut tidak mengirimkan email, maka akan dinyatakan gugur.  Terimakasih untuk semua sahabat yang mendukung acara GiveAway saya.

Untuk pemenang utama dan pemenang berkriteria di mohon kesediaannya untuk kelak mereview buku dan novel yang sudah di terima.

Semua yang telah berpartisipasi di GA saya benar2 sangat saya hargai jerih upayanya ,itu juga yang membuat saya tetap memberi hadiah buku dan novel bagi semua peserta ,sebagai simbol penghargaan jerih payahnya.
tulisan sobat2 memberi INSPIRASI untuk saya. dan membuat saya untuk terus menghasilkan tulisan2 yang bermanfaat bagi sobat2 semua, tetap semangat untuk berbagi lewat tulisan.
salam sahabat


catatan :  *per 1 buku request maximum harga Rp.100.000,-

Rabu, 16 November 2011

Es teh manis dan teh Manis panas

tahun ini merupakan tahun2 yang sibuk bagi saya . Inginnya saya mengeluh dan protes saja. rasanya seberat apapun, memaksa seperti apapun saya bekerja, ternyata itu tidak pernah cukup untuk semuanya. Orang-orang di kantor. Bos, staf, orang-orang yang merasa bos, semuanya menyerang dari berbagai sudut. Seandainya saja ini adalah perang. dan menjelang desember nanti  saya bisa bertahan, mungkin gambarannya sayaakan terluka parah.

hmm terkadang saya mempertimbangkan untuk menyerah saja. Memang tidak mungkin menyenangkan semua orang." mengerutu" hmm saya tidak suka dengan kata2 itu.. Otodidak, belajar cepat, saya menjadi terbiasa dengan itu semua. Bertahun mengais rejeki di bidang yang sama,dengan beban yang terus meningkat, menjadikan saya pribadi yang sedikit berbeda dan membuat saya berusaha terus kuat dan berusaha mampu tuk menghadapi berbagai hal masalah2 pekerjaan dan lebih luasnya lagi masalah2 kehidupan saya.hmm,, males dech mikir yang berat berat..hehe :)

oke dech sedikit intermezo,,beberapa hari yang lalu di jam istirahat ,bertiga dengan teman mencari tempat makan yang agak jauhan dari letak kantor, sesekali.(kebiasaan exploring ke tempat2 makan yang baru)

dan seperti biasa saya dan satu orang teman memesan es teh manis. teman satunya lagi teh panas, tidak berapa lama menunggu sebelum makanan disajikan ,pesanan minuman pun datang terlebih dahulu.dan seperti biasa pula saya selalu memperhatikan secara detail dgn apa yg diantar dgn pemilik warung, terlihat perbedaan menonjol es teh dgn teh panas ,terutama di es teh gulanya masih utuh terlihat."hmm ini dia bisa jadi pembahasan yg menarik ,yang pake es aduk sendiri"ucap saya .."tinggal aduk aja yg lama napa sih" ucap teman saya.

hehe saya sudah menebak pasti salah satu teman namanya irwandi(semoga tuh temen gak baca postingan ini) akan menyela, karena kalau saya berteori tentang fisika di kehidupan sehari2 dia paling anti.tapi walau begitu biasanya juga saya akan tetap menjelaskan..dari pada ngomongi gosip2 gak jelas,,hehe,,ok saya akan mencoba jelaskan..hitung2 mengingat kembali pelajaran smp,:)

didalam segelas air ada juga celah2 kosong di antara molekul2 air.nah yang namanya gula melarut ,molekul2 gula akan menempati celah2 kosong diantara molekul2 air..kalau air dalam kondisi dingin tuh molekul2 air diam saling merapatkan posisinya diantara molekul2 air yang lain( ternyata air kalau kedinginan merapat2 jg ya kirain org saja yg begitu).jadi kita aduklah tuh air dgn sedikit extra agar terbentuk celah2 kosong di antara molekul2 air itu.

nah kalau teh panas tuh molekul2 air bergerak cepat kesegala arah dengan sendirinya(mungkin tuh air gelisah karena kepanasan kale ya) , sehingga tercipta ruang2 kosong dgn sendirinya,makanya gula tuh cepet larutnya menempati ruang2 kosong diantara molekul2 air,walau tanpa di aduk.

sedikit saya tambahkan mungkin banyak orang2 pada umumnya mengira bahwa molekul air dan gula itu kalau di aduk sudah menyatu satu kesatuan sebenarnya kan tidak molekul2 gula hanya menempati celah2 kosong diantara molekul2 air,, saya kasi contoh misal tuh teh manis kita tumpahkan dilantai, nah setelah lama airpun menguap sisanya kan tinggal molekul2 gula yang kalau di sentuh istilahnya peliket gitu,, lengket2 lah,,hehe..nah hal ini sama juga dgn molekul air di laut dgn molekul2 garam, yang kalau air laut di jemur sisanya tinggal garamnya yg tertinggal..

coba bayangkan kalau molekul2 air itu menyatu dgn gula ataupun garam di laut tadi,, bisa2 ntr kadang hujan rasanya asin kadang rasanya manis,,hehe belum pernah kejadian kan,,..lah ini ngomongi apa yah dari teh manis kok jadi hujan,,ohh iya ini november rain kan..kebetulan juga saya nulis ini pas lagi hujan juga..hehe..
 gimana semoga penjelasan intermezo ini di mengerti ya...:)  terus terang saja temen2 kantor kalau saya lagi jelaskan yg begini ini nih kalau yg tdk suka fisika sambil lalu saja..yah saya sih maklum terkadang ego juga bermain di kepala2 mereka..hehe tapi biarlah saya akan tetap menebar kebaikan dan pengetahuan walau kecil dan sederhana..

nb: Sobat2 blogger yang ikutan giveaway saya sabar ya pengumuman pemenang tanggal 20 jam 7.00. maklum yang seleksi bukan  saya saja loh,,temen kantor  + temen yang lain juga..di tunggu ya.

Minggu, 13 November 2011

sumur kok selalu melingkar

saat ini perasaan kosong itu seperti sudah ada isi , tapi saat ini ujudnya seperti patamorgana, saya tidak tahu akan bertahan berapa lama. Rasanya hampir tidak ada yang namanya “istirahat” di kepala saya, termasuk hati , yang dimulai dari awalnya blog ini saya buat. Macam-macam di dalam sana. Saya yang mulai nyaman dengan kesenyapan dan ke-idle-an, harus mulai mengejar segala ketinggalan. Termasuk belajar menyesuaikan diri kembali.

saat ini saya sedang menjalin hubungan masih dengan sang bulan sih (smoga sy tdk kepedean menyebut kami masih ada hubungan), yah hubungan yang sangat rapuh kalau menurut saya. terkadang seperti menjalani cinta yang  hanya roman picisan . Pertanyaan selanjutnya yang sering menggema di ruang-ruang sadar ku adalah bagaimana caranya membaca pertanda Tuhan. Bagaimana membaca aksara dan bahasa yang Tuhan sampaikan kepada ku. Akankah saya memang tidak akan pernah tahu.saya  ingin membentuk cinta yang bulat seutuhnya, bicara  mengenai bulat saya kok jadi teringat pertanyaan masa lalu..begini ceritanya....

gambar dari google
dahulu waktu masih masa2 smp di kampung pernah saya bertanya2 dalam hati kenapa orang2 kalau membuat sumur  bentuk lubangnya selalu bulat/melingkar,pernah juga sih nanya2 dengan orang di saat itu kok sumurnya di buat melingkar, dan selalu mendapat jawaban memang sudah dari sononya begitu dek,rata2 jawaban mereka.

sampai pada saat kuliah akhirnya saya menemukan sendiri jawaban dari pertanyaan2 di kepala saya .saat itu lagi pelajaran sejarah arsitekture.disaat jaman dahulu orang2 belum mengenal semen banyak bangunan yang dibuat melengkung. bahkan jembatan-jembatan yang dibuat dari susunan batu. Kelengkungan di bagian bawah jembatan ini mampu menahan berat batu di atasnya.

untuk kasus pertannyaan lubang sumur yang bulat saya menyimpulkan sendiri,Bentuk melingkar atau bentuk melengkung banyak digunakan pada pembuatan dinding sumur karena bentuk ini lebih stabil. Pada bentuk melengkung ini tekanan tanah disebarkan lebih merata. Dengan demikian, dinding sumur yang berbentuk melingkar tidak mudah runtuh.

dan dengan konsep bulat yang kokoh itu juga saya akan membentuk tekad yang bulat  untuk mengejar  segala sesuatunya.baik itu cita2 maupun cinta..

Jumat, 11 November 2011

kamar mandi jangan warna merah

Terkadang saya bingung… terkadang tak jarang tersesat. Kepala penuh dengan serbuan pertanyaan. Mengapa Tuhan tidak menciptakan sesuatu yang abadi …
Apakah Tuhan khawatir saya menjadi bosan?
Apa yang coba disampaikan olehNya. saya tak bosan-bosannya bertanya, mengapa tidak ada yang abadi Tuhan? Mengapa suatu hari nanti semua akan usang. Semua akan gersang.

Tidak benda tidak juga dengan perasaan. Semua akan usang dimakan waktu ….. ntah mengapa juga saya salahkan waktu. Mungkin karena tidak menemukan jawaban yang sebenarnya. Atau mungkin karena saya hanya ingin memiliki jawaban atas pertanyaan yang sama, lagi dan lagi.halahh ngomong apaan ya,,stop2 ,mau nulis serius lagi nih..begini ceritanya.

pernah orang bertanya kamu kan arsitek kenapa sih isi blognya gak pernah yang berhubungan dengan dunia arsitektur,,hmm, bukannya tidak ingin menulis tentang arsitekture tapi ini karena rasa jenuh yang muncul saja, bayangkan sehari2 pekerjaan saya sudah bergelut dengan dunia rancang bangun arsitek..trus malamnya saya harus ngeposting dunia arsitektur lagi,,kan pikiran ini seperti di kotak2 dan tidak berkembang,,benar bukan atau salah,, ntahlah..

tapi baiklah akan saya coba sedikit share pengalaman di dunia arsitekture saya.beberapa waktu yang lalu saat saya lagi konsultasi dengan owner untuk finishing warna cat dan warna keramik di  interior rumahnya.si pemilik rumah menginginkan kamar mandi utamanya dipasang keramik warna merah dan cat dindingnya merah juga.

lantas saya memberi masukan dengan pemilik rumah ,bahwa warna merah tidak baik untuk di tempatkan di kamar mandi. "loh  kenapa emangnya warna merah tidak baik untuk kamar mandi "ucapnya..sayapun mencoba menerangkan, kamar mandi itu kan media tempat aktivitas yang ada airnya.nah air tidak akan nyaman dan segar bila medianya di beri nuansa merah dan karena tidak nyamannya air membuat ruangan selalu bau dan tidak segar mandi di ruangan berwarna merah .

sedikit akan saya terangkan unsur yin dan yang, bahwa air itu sumber kehidupan dan air itu juga hidup, (bagi yang belum tau cek di sini). air akan merspon negatip terhadap media berwarna merah membuatnya menjadi tidak segar. respon positip air ditempatkan di media berwarna biru,hijau,putih..

coba bandingkan secara kasat mata air ditempatkan dimedia ember berwarna merah dan berwarna biru, nah air di ember mana yang kelihatan lebih segar...............( loh trus sambungannya apa, ya maksudnya pilih/vote sendiri mana yg lebih segar)

Selasa, 08 November 2011

Mesin kehidupan Bumi

tiga hari yang lalu menjelang idul adha, saya di pertemukan kembali dgn sosok sang bulan (orgnya ada di salah satu follower) yg selalu menginspirasi yang selalu saja memberi pertanyaan2 yg unik dan terkadang di luar pemikiran saya, terus terang setiap saya bertemu dgnnya  membuat dada berdebar kencang,,biarlah lebay katanya.

saat ini saya tdk tahu hubungan selanjutnya saya dgnnya sebenarnya sdh berakhir atau mungkinkah ini awal hubungan kami dgn episode dan cerita yg lain,ntahlah ,karena kami di pisahkan oleh perbedaan,perbedaan yang sangat hakiki ..nah loh pusingkan memikirkannya,,hmm dari pada pusing mikirin hubungan cinta2an, sebenarnya masih ada pertanyaan2 seputar semesta yang akan saya ungkapkan.


lubang lava/ilustrasi klanpot bumi
sering di kepala ini selalu timbul pertanyaan tentang semesta, terutama bumi yang kita tinggali,lihat saja background blog saya ada bola bumi yg sgt besar mendominasi, yah itulah wujud dari rasa cinta saya dgn semesta  terutama bumi dan ilmu pengetahuan.
mungkin sobat2 semua pernah bertanya2 dalam hati kenapa bumi bisa di huni oleh banyak kehidupan. selain karena ada air dan udara untuk penghidupan mahluk hidup di permukaan, bumi juga membutuhkan mesin penghidupan dirinya. apa itu ? setelah searching sana sini di google, tdk sy temukan jawaban yg memuaskan.akhirnya saya menyimpulkan sendiri.


Yang membuat bumi juga hidup ya dari lava yg ada di perut bumi,kalau di ibaratkan sebuah mesin,lava adalah bahan bakar penghidupan bumi yg membuat suhu bumi terjaga dan hangat(perlu di ketahui jagat raya/semesta  merupakan ruang gelap yang beku) .dan karena suhu dasar bumi yg hangat itu pula membuat tanah2 permukaan bisa di tumbuhin berbagai tanaman. lihatlah planet2 lain yg di luar bumi, pluto,saturnus, jupiter,mars,dll merupakan planet2 yg beku dan  mati (krn tdk adanya lava lagi di intinya /sdh beku membatu)


Bumi seperti mesin penghidupan ,  gunung berapi dan  lubang2 lava perut bumi merupakan knalpot bagi bumi,agar apa , ya agar bumi tidak meledak oleh gas2 alam yg dihasilkan oleh lava sbg bahan bakar kehidupan bumi tsbt.coba bayangkan kalau gunung berapi dan lubang2 lava tdk ada.bisa2 tiba2 keluar lava dan gas alam dari dasar lantai rumah kita.


maaf nie kali ini postingan saya cakupannya terlalu luas tuk di mengerti, tapi  sebatas pemikiran ini kalau tidak saya tuangkan ke tulisan ntr bisa meledak sendiri otak ini..halah lebay lagi dech,,biarlah kata orang lebay.setidaknya saya sudah berbagi cerita dan pengetahuan.

Jumat, 04 November 2011

Kecoa yang malang

Sekitar seminggu yang lalu,sehabis magrib, saya silaturahmi ke rumah pak lurah, ya maksud tujuan saya datang ke situ mau membuat AJB tanah. lagi enakan duduk ngobrol nyantai,tiba2 dari arah sudut ruangan terbang seekor kecoa dan persis melintas di depan muka pak lurah dan spontan pak luran panik terkejut. dan pada saat itu pula tanpa menghiraukan saya pak lurah ambil tuh sapu di pojok ruangan hanya ingin menghajar tuh kecoa yang malang.

Kecoanya lari ngebut  Hampir dapet! Tapi dasar pak lurah memang saiko kayaknya masih di kejar terus sampai celah2 kolong kursi, saya sampai2 tertegun betapa gigihnya dan geramnya tu pak lurah mo menghabisi nyawa si kecoa.
Gak menyia-nyiakan kesempatan hidup, kecoa itu lari lagi dan tujuannya adalah tempat yang paling aman di balik lemari hias pak lurah.

 pak lurah pun berucap ,"maaf ya dek saya phobia kecoa, sebentar y saya kebelakang dulu " ucap pak lurah, gak nyampe semenit tragedi itu berlangsung dari dalam kamar  pak lurah bawa baygon,, Dengan tangan sedikit gemetaran pak lurah pun membinasakan tuh kecoa dengan nyaris satu kaleng baygon di habiskan tuk membinasakan seekor kecoa.

tidak berapa lama sudah agak redaan suasana, saya pun berkata dgn pak lurah, "kok sampai begitu amat pak bencinya dgn kecoa"ucap saya,,kecoa itu binatang jorok ,saya jijik melihatnya ada di rumah ini" ucap pak lurah."maaf pak, kecoa itu serangga pembersih juga loh"ucap saya,,pak lurah menimpali,,"binatang pembersih bagaimana dek, tu kecoa datangnya kan dari tempat sampah dan dari parit busuk"ucap pak lurah..

begini pak tu kecoa ada di tempat sampah dan di got karena di situ tempat habitat dan mereka mencari makan secara gratis kalau di suruh milih mereka juga milih yg ada di meja makan"canda saya " supaya bapak tau kalau kecoa makan  bakteri2 dan kuman2 berbahaya di bunuh dulu dgn tu kecoa ya dengan menyemprotkan senyawa kimia yang ada di tubuh kecoa," ucap saya, bahkan tu kecoa kalau habis dari got dan tempat sampah mereka membersikan tubuhnya dengan zat kelenjar minyak di tubuh kecoa tuk membunuh bakteri yg tersisa di luar tubuh kecoa,lihat lah pak walau kecoa datang dari tempat sampah dan got tapi badan kecoa bisa tetap kilat dan bersih kan" ucap saya.

pak lurah yg sedari tadi masih sedikit lelah karena mengejar kecoa sedikit tertegun dgn kata2 saya. (mungkin anggapannya selama ini persepsi dia dan bahkan semua org adalah kecoa binatang jorok kok jadi salah ya),,hehe biarlah pak lurah heran...

"saya tambahkan lagi pak, jadi walaupun ada kecoa di dapur dan ruang makan bapak jgn kawatir, karena dengan adanya kecoa bakteri2 ataupun kuman2 berbahaya juga mati dengan zat yg ada di tubuh kecoa, bahkan menjadikan dapur yg ada sisa2 makanan jadi ikut steril dari bakteri dan kuman oleh zat kimiawi yang disemprotan dari tubuh kecoa.

tuh bapak lurah sepetinya mikir sebentar,sambil mengernyitkan keningnya..biarlah pak lurah berpikir dalam hati saya, smoga anggapan kecoa binatang jorok selama ini di pemikiran pak lurah akan berubah,,hehe,,


Rabu, 02 November 2011

Give away Al kahfi (Man and the moon)

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim,

Postingan saya kali ini bukan berupa inspirasi ataupun pengetahuan sobat, tapi saya akan berbagi novel kepada sobat2 semua dengan syarat mengikuti give away dari saya, hal ini saya lakukan hanya semata2 untuk saling mempererat silaturahmi antara saya dengan sobat2 semua.

ide membuat give away ini ya jujur saja dari inspirasi blognya mbak Fanny yang dengan murah hati sering bagi2 novel dan blognya mbak Tarry yang sering bagi2 souvenir dari HK
give away yang akan saya adakan mengenai seputar blog saya man and the moon, sebenarnya nih blog awalnya saya buat sekitar bulan maret 2011 hanya seputar curhat saya oleh sesuatu hal yang tidak kesampaian istilahnya kasih tak sampai, tapi dengan beriringnya waktu, oleh kondisi hati saya yang mulai pulih, berangsur2 saya ungkapkan tentang pengetahuan dan inspirasi kehidupan yang sering saya mengalaminya.

nah jadi apa yang harus di lakukan tuk mengikuti give away ini, yaitu mana di antara postingan saya yang menurut sobat2 sekalian yang paling menarik dan beri alasannya.(semua postingan berlaku di blog saya bahkan yang paling awal sekalipun)

untuk paragrap pertama ceritakan juga tentang sosok saya,Saya berpendapat, selaku blogger, paling tidak sedikit terbaca karakter saya melalui tulisan2 yang  sering saya posting. Dan karena sahabatlah saya bisa melangkah sampai di tahap ini. (kritik dan saran akan saya terima)

yang akan saya berikan untuk give way saya yaitu:
1.pemenang pertama akan mendapat hadiah 3 novel (judul2nya menyusul)
2.pemenang kedua akan mendapat hadiah 2 novel (judul2nya menyusul)
3.pemenang ketiga akan mendapat hadiah 1 novel(judul menyusul)
untuk pemenang pertama dan kedua ,kalaupun memungkinkan saya akan menerima request judul buku apa yang akan di inginkan oleh pemenang untuk satu judul buku dengan ketentuan harga di bawah seharga Rp.100.000,-

ketentuan dan syarat:

1. membuat postingan di blog masing2  dengan tema tentang blog man and the mon , Judul dan bentuk artikel bebas. Boleh panjang, boleh pendek. Jangan lupa cantumkan link blog ini di postinganmu dan daftarkan link postinganmu di kolom komentar artikel ini. Jangan di artikel yang lain.

2. Postingan yang paling awal akan mendapat 1 buku request dengan ketentuan harga di bawah seharga Rp.100.000,-

3. Jangka waktu give away ini terhitung dari tanggal hari ini  sampai dengan tanggal 16 Nopember 2011 jam 00.00.

4. Para peserta harus memiliki alamat di Indonesia untuk memudahkan pengiriman hadiah.

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan partisipasi sahabat semua.
wassalam

Minggu, 30 Oktober 2011

Hujan sampaikan salamku padanya


Malam ini terasa lebih hening, hanya suara kipas pendingin laptop yang terdengar. Entah karena hawa dingin bekas hujan tadi sore yang menyelinap ke kamar ini dari sela sela lubang ventilasi. Aku selalu tertarik dengan aroma tanah yang tersiram air hujan. Terlalu banyak memori yang tersimpan di dalamnya. Entah sudah berapa puluh kali umur ini ku habiskan melewati musim hujan. Dan aroma tanah basah malam ini semuanya begitu jelas. Tiap tetesan nya mengirimkan potongan potongan kecil ingatan masa lalu. Terlintas dalam pikiran ini sosok aku kecil berlari bersama teman teman kecilku dalam hujan, kita masih amatlah muda, berlari dalam balutan tanah lumpur mengejar perginya air hujan.

Perlahan ku perhatikan teman kecil ku satu persatu dalam lari kecil mereka. Canda tawa dalam kepolosan. Entah kemana mereka sekarang. Wajah mereka memudar. Kehidupan hanya menjadikan mereka pelengkap tawa masa kecilku.Ya Tuhan, Aku merindukan wajah wajah itu dan kampung halamanku, Dan aku merasa kehilangan mereka sekarang,

 Kini, aroma basah hujan hadir begitu jelas, sejelas lintasan bayang wajah bapak dan ibuku dalam kegelapan kamarku dan dalam alunan musik ini (alunan musik dari Ebied G a.d). Sejenak aku alihkan pandanganku dari layar laptop. Aku melihat nya, ya aku melihat foto itu. Aku merindukan wajah itu. Wajah yang sering aku kecewakan. Dan aku merasa kehilangan sekarang
Aku tahu aku akan selalu menangis membayangkan ke2nya, ku alihkan pandangan ini ke tempat tidurku. Hal ini sering aku lakukan mencoba mengingat2 kembali masa2 kecilku dgn ke2 org tuaku di kampung halamanku hanya karena ingin meredam hatiku sekarang yg lagi merasa hampa apakah ini sebuah keegoisan di dalam diriku,entahlah.

Wajah2 lelah itu pula yang dulu menyembuhkan aku akan rasa sakit yang berkepanjangan, dan wajah yang mengingatkanku bahwa aku seharusnya bersyukur dihadirkan makna baru sebuah ketulusan, sebuah rasa yang lama aku tak pernah temukan. Maafkan aku Bapak,Ibu. Dan aku tak ingin merasa kehilangan sekarang.Dari bau tanah terkena basah hujan ini pula aku tahu rasanya sebuah kehilangan.

Hmmmmh.. segarnya tanah hujan kembali memasuki kamar ini, aroma yang dulu sering membuat ku berlari keluar rumah bersama teman teman kecilku mengejar hujan, aroma yang dulu sering membuatku menangis melihat Ibu dan Bapakku. Dan kini, aroma ini, lagu ini, mengingatkanku akan seseorang yang sangat aku sayangi, tapi oleh hal yang di luar batas kemampuanku, kami tak mungkin bersama, ntahlah..hanya aku dan bulan lah yang tau,,

Ya Tuhan, terimakasih kau telah mengingatkanku dalam cara yang sederhana. Sebuah pelajaran tentang kehilangan. Waktu adalah sebuah buku dimana aku menempelkan sebuah kisah. Dan tempelan itu amatlah mudah lepas dan isinya memudar. Dan Engkau hanya menghadirkan setitik rasa, aroma tanah yang terkena hujan dan semua tempelan itu kembali terbaca.

nb:nie tulisan sy lupa ntah nemu dimana, tapi sdh ada di laptop sejak lama yang selalu saya baca kalo lagi hujan. ntahlah

Sabtu, 29 Oktober 2011

Pinter mana antara Lebah dan Semut

Sobat sobat semua pasti sering mendengar kata kata tentang perbanyaklah belajar hidup dari lebah dan semut..nah suatu waktu lagi meeting di kantor, bos saya selalu menekankan akan pentingnya kerjasama yang baik antar sesama rekan kerja contohlah pola hidup lebah dan semut yang slalu bekerja sama."

di sela2 meeting itu ntah knapa rekan kerja yg gokil nanya iseng ke bos ,begini katanya,,"maaf bos saya mau bertanya" , si bos pun sigap menanggapi, "ya silahkan mau tanya apa" kata si bos.. "lebih pintar mana semut dgn lebah bos, ini untuk acuan kami lebih cenderung mencontoh yg mana"ucap teman saya ..hehe itu si bos mikir sebentar dan sepertinya dia bingung cara menjawabnya.temen2 yang lain pada senyum2 simpul mendengar pertanyaan  yg iseng tersebut..
lebah yang kelelahan di balik jendela
posisi duduk saya yg lagi di samping bos cuma senyum2 saja lihat gelagatnya,,bos pun  melirik saya,,sepertinya si bos membutuhkan bantuan saya..si bos pun berucap"nah kalau untuk pertanyaan2 begitu cukuplah alkahfi saja yg menjelaskan"(si bos sih tau saya selalu bisa menjawab pertanyaan2 yg seperti2 ini)

dengan sigap karena perintah si bos saya pun mencoba menjelaskan dgn rekan2 kerja(ya karena ini pertanyaan iseng saya akan menjelaskannya jg tdk pake istilah2 seperti di buku pengetahuan tentang ke2 serangga itu)" pernah tidak melihat lebah yg mati di balik jendela kaca"ucap saya,, memang sih lebah itu serangga yang komitmen, ,masuk dari jendela yg sama keluar juga di jendela yang sama(setiap pulang harus di jalur mereka pergi),   saya pernah memperhatikan pada jendela kaca yang tertutup , dan ada seekor lebah berusaha keluar  dgn membentur2kan tubuhnya ke dinding kaca terus berulang2 dan akhirnya mati tu lebah kelelahan.

nah di waktu yang lain saya pernah memperhatikan barisan semut berjalan beriringan, pada saat itu sy coba isengi di jalur jalannya yang lurus itu saya letakkan sepotong kaca,tu para semut bingung sebentar sambil gerak2kan antenenya , tdk berapa lama di telusirinya sisi dinding kaca kesamping , ketemu dech celah ,tuh semut2 jalan lurus lagi,,hehe nih semut punya istilah byk jalan menuju ke roma,:)
nah sekarang coba simpulkan sendiri lebih pinter dan cerdik mana antara "semut dan lebah"

Selasa, 25 Oktober 2011

Cerita sore yang mendung

Masih belum punya inspirasi tuk menulis tentang alam, baiklah kali ini tentang kehidupan nyata saja ya sobat,,begini ceritanya,,sepulang kerja beberapa waktu yg lalu,di saat sore yg mulai mendung ,saya singgah dulu cari makan ,, kali ini saya coba iseng2 cari makan di depan terminal ,,sambil menunggu pesanan di warung pecel lele ini ,saya memperhatikan org2 di sekitar warung.., saya mendengarkan keluhan seorang supir angkot dan temannya.

Mereka begitu bersemangat membicarakan hidupnya. Banyak kejadian memilukan yang terjadi pada hidup mereka. Teman mereka, seorang supir  angkutan kota telah tewas mengenaskan karena kecelakaan di lindas truck. Ironisnya, mereka tertawa ketika membicarakan temannya yang telah tewas itu. Mereka sepertinya sudah mengingatkan temannya. Tapi setelah itu pembicaraan makin dalam, mereka mengeluh hidup semakin susah. Hidup semakin melarat. Bensin naik, cabe naik, semua naik… Bisa gila, katanya sambil menyengir ke arahku,, saya sih sedari tadi yg memperhatikan Cuma senyum kecil saja,,:).
gambar dari google
 Salah seorang dari mereka pun mengeluh tidak mendapat sewa seharian ini, bahkan bisa bisa dia nombok. Sambil menyeruput minuman kopi hitam di sore mendung itu,dia pun meminta sebatang rokok pada temannya. Lalu temannya keluhkan bahwa sudah beberapa hari ini tidak lagi merokok, bahkan kadang dia tidak mengisi perutnya seharian,herannya lagi ada yg nyeletuk begini ‘’lebih baik gak makan dari pada gak ngerokok,(saya terpikir sejenak,,busyet dah rokok benar2 sudah meracuni hidup masyarakat di negri tercinta ini),. Lagi lagi mereka tertawa terbahak-bahak, ketika aku coba melihat wajah mereka. Tawa mereka seperti tangisan yang keras mengiang ke langit-langit di negeriku ini.

hai orang2 yang di atas,,Sudahkan kalian mendengarkan cerita ku‘sore ini, karena sungguh mereka seperti sudah lupa cara mengekspresikan diri. Sakitkah hatinya karena hidup begitu kejam??? Tapi mengapa mereka diam saja??? Apa inikah yang disebut budaya ‘nerimo’??? saya saja geram mendengarnya, apalagi mereka yang mulai menghibur diri dengan airmata mereka. Perut kosong mereka dijadikan lawakan hidup ini, setidaknya itu bisa membuat mereka memaknai hidup dengan selalu tertawa.

Sudah skitar hampir satu jam saya di warung ini sambil menikmati pecel lele ,hari pun semakin mendung setelah saya membayar makanan buru2  meluncur balik pulang karena mendung sudah semakin gelap,segelap hati ku,,hehehe sok lebay lagi dech tapi iya kok…. Benar-benar sore yang mendung, mendung di langit indonesia… Mendung di hati rakyatnya pula… Mau dibawa kemana negeriku tercinta ini ,,,sambil tancap gas,, sambil juga aku tarik napas dalam2,, ahhhhh...

Sabtu, 22 Oktober 2011

belajar dari kegigihan nyamuk


Beberapa malam ini kala hujan sdh mulai turun, nyamuk pun makin ramai tiap malam mampir kerumah saya yang mewah(mepet sawah),,hehe apaan kale ya ramai..dan ntah kenapa sy terpikir bahwa seekor nyamuk bisa mengajarkan saya tentang sesuatu. Sekarang, saya merasakan sebuah rasa salut tersendiri ketika saya melihat nyamuk. Di saat org mungkin sering mengatakan belajarlah dari hidup lebah dan semut..

Nyamuk terbang berseliweran di sekitar saya, yang di incar hanya satu ya manisnya darah sy tuk kehidupan bakal anak2 nyamuk.Tuh para nyamuk pokus untuk bisa sekedar hinggap di tubuh sy. untuk mendapatkannya, nyamuk2 menggunakan segala cara yang mereka bisa. Mereka dipukul,dan menghindar dgn cepat dan selama belum mati, tuh nyamuk tidak menyerah dengan keadaan, si nyamuk kabur dan terus mengupayakan untuk  bisa hinggap lg ke tangan sy.

gambar dari google
Saya terpikir,sejenak,,wah2 betapa gigihnya tuh si nyamuk.sy jd malu dgn diri sendiri yg sering ngeluh dan mengeluh terus sbg lelaki sejati sy malu dgn tuh nyamuk.

Jadi terpikir juga terkadang oleh ucapan2 beberapa teman yg mengeluh begini katanya, "Saya memang sudah takdirnya jadi orang begini, apapun yang saya lakukan takkan pernah berhasil,"ini kata teman sy sbg manusia yg punya akal dan pikiran..sedangkan para nyamuk bertahan. Mereka meronta dari keadaan ,  meronta dari tangan kita yang lebih besar, dan rela mati demi hanya tuk menghisap sedikit darah tuk kehidupannya..

Sebagai pembelajaran ,, yg namanya manusia masih terlalu byk alasan tuk berbuat dan berupaya,,soo nyamuk yg kata org2,nyamuk2 yang nakal,malah pokus terhadap sesuatu sampai akhir menutup mata ,,hehe..

Rabu, 19 Oktober 2011

Catatan Kecil kehidupan


catatan ini pernah saya tulis dan di publis kembali..
Hari minggu kemarin  kuhabiskan waktu hanya di gramedia ,membeli beberapa buku dan novel ,,,rutinitas hari libur yang ntah kenapa lama2 aku menyukai aktivitas seperti ini,,ya mungkin karena aku tidak ingin memberi kesempatan hari2 ku kosong aktivitas, yang membuat jadi pikiran melayang2 ke hal2 yang merasa seperti sendiri di muka bumi ini..Sudah berjam2 aku muter2 mencari beberapa buku yang mengena di hati...tak terasa hari sudah hampir sore,perutpun terasa laper.hmm, sepertinya makan sate bakal enak nie laper2 gini, kebetulan di depan gramedia ada warung sate. Setelah membayar di kasir untuk buku2 yang saya beli ,saya segera keluar dari gramedia.

Saya pun segera memesan satu porsi. Tidak berapa lama saya menunggu Seorang anak lelaki kecil, berumur mungkin 8 tahunan atau maksimal 10 tahun. tidak memakai baju dan membawa bekas tempat air minum mineral sebagai tempat mengumpulkan koin. Tanpa tedeng aling dia langsung berbicara dengan saya. Mukanya yang kecil, polos, sejenak mengaburkan pandangan saya kalau dia sedang berusaha merayu saya untuk mengemis uang.
gambar dari google
 Ironis memang. Jadi terpikir. Anak siapakah dia, saya pikir. Kenapa dibiarkan mengemis. Dan kelihatannya dia tidak putus sekolah juga. Karena dalam percakapan kami selanjutnya saya mendapati dia sedang membaca selebaran. Selebaran yang dia dapatkan di meja saya. 
“Kak satenya seporsi berapa harganya?”, Duh saya makin miris.
Saya segera ingin memanggil pelayan. Tapi sebelum saya panggil,seorang laki-laki ntah siapa, menarik tangannya dan mengusirnya menjauh dari tempat saya. Anak lelaki itu diusir bersama dengan beberapa teman-teman senasibnya.
Siapa yang bertanggung jawab atas kehidupan mereka.  ingin sekali memanggilnya lagi, sayang dia keburu menyeberang jalan. Dengan gayanya sambil berlari-lari kecil. Seolah-olah mengemis bukanlah beban baginya. Seolah-olah masa kecilnya yang seharusnya diisi hanya dengan bermain dan sekolah tidak menjadi masalah jika hanya menjadi urutan kesekian.
Memang serba salah. Setiap kali melihat anak-anak mengemis di perempatan jalan . Siapa yang harus disalahkan? Orang tua? Pemerintah? Manusia-manusia yang kurang mau perduli? Atau siapa? Toh mereka kelihatan asyik-asyik saja menjalaninya. Di satu momen saya pernah melihat anak-anak kecil itu sudah mulai belajar “merampok”, yaitu Mengemis dengan setengah memaksa.
Apa ya yang harus dilakukan? Saat ini aku belum tahu harus melakukan apa untuk semua kehidupan yang miris ini . Semoga suatu hari aku dapat membantu lebih bagi mereka2..hmmm smoga.setelah hampir 15 menit pesanan sate ku pun datang...teringat kejadian tadi membuat selera makan sate pun jadi berkurang..
Hari ini, kembali mata saya dibukakan. Kembali hati kecil saya diketuk. Mengapa? Bahwa saya tidak seharusnya mengklaim diri sebagai salah satu orang yang merasa malang. Hari ini,  Kali ini lengkap, kalau memang bisa dikatakan begitu.. Atas apa yang telah aku lewati, ceritaku ternyata  bukanlah apa-apa bagi mereka2 yang kurang bernasib baik ,...tak terasa sudah hampir 1 jam aku duduk di warung ini.....akupun beranjak pulang ...

Minggu, 16 Oktober 2011

Terang bulan ikan pun sepi


Kemarin dan kemarinnya lagi, pertanyaan yang sama terus mengusik pikiran saya yang kelabu. Yaitu apa yang membuat saya tidak berhenti, jika saya tidak menyukai sesuatu. Misalnya saja ; saya tidak suka jalan-jalan dengan si A, saya tidak suka menghabiskan waktu mengobrol dengan si B, saya tidak suka si C mengikuti kegiatan saya terus,, dan banyak lagi yang lainnya. Dan saya datang dengan satu kesimpulan mengapa saya tak jua berhenti jika saya tidak menginginkan melakukan sesuatu,”halah ngomong apaan ya ini saya,,cape dechhh,, ok stop,,ngebahas yg lain aja dech ya..

Di daerah tempat sy tinggal banyak nelayan bermukim,maklum tempat sy tdk jauh dari bibir pantai, nah setiap masa pertengahan bulan ,yaitu masa bulan purnama ,nelayan2 pada ngeluh tidak dapat penghasilan,,pernah juga sy singgah di warung makan, maksudnya mo makan ikan laut,si punya warung ngomong begini wah mas ikan lg kosong , kalaupun ada mahal,lagi musim terang bulan,ucapnya,,hmm sy yg orgnya emng pengen tahu mencoba nanya suatu saat dgn seorang nelayan..

purnama dan nelayan yg malang
 Maaf pak mo nanya “ucap saya,,knapa kalo musim terang bulan gak dapet ikan,,si nelayan menjawab”lampu di rumpon yg biasa tuk mengumpulkan ikan kalah terang dgn cahaya bulan”begitu katanya...hmm,, dalam hati sy masih kurang memuaskan jawabannya..

Mungkin sobat2 blogger sewaktu SMU ingat pelajaran IPA,tentang gravitasi bulan pengaruhnya dgn air laut..,,baiklah sy simpulkan..rotasi bulan dgn bumi kita berbentuk ellips, nah saat terang bulan atau purnama, posisi bulan berada dekat dgn bumi, jadi pengaruh gravitasi bulan mempengaruhi arus bawah  laut yg kencang sekali (sedang musim badai di dalam air ), jadi pd saat musim terang bulan ikan byk bersembunyi di balik2 karang soo plankton2 yg juga jd santapannya tersapu arus yg kencang td akibat gravitasi bulan..jadi bisa di katakan saat terang bulan ikan2 pada puasa,, hehe(ini serius loh) coba tanyakan para pemancing2 dilaut kalo lg terang bulan hasilnya nihil,, berdasar sumber2 yg ada loh,,,

Demikian saja postingan yg sederhana ini sy tuangkan,, jikalau ada sobat2 blogger mau menambahkan,,silahkan

Jumat, 14 Oktober 2011

Al kahfi lagi badmood


Sudah 3 hari gak posting2  nih.. bukan karena terlalu sibuk sich..tapi tanpa alasan yang jelas..belakangan ini mendadak mood ku naik turun gak jelas..he he.. sehingga membuatku benar-2 malas untuk eksis.. bahkan untuk update status di fb ( emang kenyataannya dinding FB ku sdh di tutup,hehe.. ) yang  ingin kulakukan selama masa pemulihan mood hanyalah diam n diam ( ntah termasuk kebiasaan jelek atau tdk ntahlah..tapi ya itulah yang aq lakukan jika memang dalam kondisi bad mood..berdiam diri.. )

al kahfi lagi bad mood
 Seperti biasanya..kalau dalam kondisi begini ku paksakan  tuk serching2 baik itu kegunung,kepantai(dikota saya antara gunung dan pantai dekat2)  ,ntah kemana aja... tapi kali ini kok rasanya aku ingin berdiam diri saja di kamar(padahal besok libur kerja)..paling juga sekedar browsing2 di netbook yg slalu menemani ini. Ada sih postingan melow yang akan di update,,tapi teringet kata seorang teman .ririe.".jadi laki jangan cemen(cengen) napa sih",,begitu ucapnya
Ok dech kalau begitu cemen/cengen akan sy tendang jauh2 dari hidupku.

Rencana mau memposting tentang pengetahuan lagi .,, judulnya “terang bulan dan ikan”(ditunggu sampai hari minggu ya) karena aku upayakan agar blog ini tidak jemu slalu tentang pengetahuan,,sesekali saya selipkan cerita yang begini ini ni,,gak seru dan gak penting banget  ya kan..

Selasa, 11 Oktober 2011

Gerimis dan Laron

sehabis solat magrib dimalam itu udara terasa sangat  dingin, Sisa gerimis sore itu masih tampak, Langit pun masih terlihat kaku kelabu. Aku duduk merenung di teras rumah sengaja ingin menikmati sisa2 gerimis mlm ini...hmm sambil merenung samar2 Dari kejauhan terlihat seseorang sdg menuju ke rumah ,berharap yg datang sesosok wanita,eh gak taunya pak RT yg datang,(iya sy ada janji  dgn pak RT malam ini mengenai penjualan rumah yg sy tempati).

Tidak berapa lama ,lagi serius ngobrol ntah datang dari mana tiba2 beratus2  laron berbodong-bondong mengerubungi lampu teras ,,karena menabrak2 lampu teras sebagian berjatuhan tepat di atas kepala kami.sambil kami mengobrol di ganggu laron2 ,pak RT berucap begini”wah kasian ya laron nya jatuh2 sayapnya pada patah,,gak bisa terbang lagi,”ucapnya..

 Saya Cuma senyum2 saja apa yg baru di ucapin pak RT tadi, lalu saya jelaskan(ini di sela2 obrolan yg serius), putusnya sayap laron emng di sengaja laronnya pak,,ucap sy,,,loh kok gitu pak RT menyela... begini pak ,laron mempunyai sayap dan bisa terbang Cuma sebentar. Di saat musim penghujan ya musim kawin mereka juga jadi tujuannya laron terbang secara insting mereka mencari tempat yg hangat untuk mencari pasangannya. Setelah menemukan pasangannya, maka mereka akan memutuskan sayapnya dan akan berjalan beriringan mencari celah di tanah untuk membentuk koloni baru(koloni rayap). Jadi laron yang telah memutuskan sayapnya dan telah menemukan pasangannya akan menjadi Raja dan Ratu dikoloni (rayap)yang baru.

“Loh nak kok bisa tau, emng dulu kuliah jurusan apa”ucap pak RT.,saya teknik pak jurusan arsitekture..ucap saya sambil senyum sedikit...pak RT Cuma ngangguk2 saja,,mungkin nanya dalam hati .apa hubungannya ya tehnik dgn biologi....
smoga postingan yang sederhana ini bisa sedikit mengingat bagi yg sudah tau tentang hidup laron..salam sahabat ..sobat2 blogger..

Sabtu, 08 Oktober 2011

Asinnya laut mengawetkan bumi


Beberapa waktu yang lalu ,melalui pembicaraan lewat hp,di sela2 obrolan ringan dgn sang mantan(waktu masih baikan),saya mendapat pertanyaan menantang,,”bang tau gak kenapa air laut asin apa sih kegunaan asinnya, ” begitu ucapnya,,hmm sy berpikir sebentar ,bentar ya abang(abang=logat org sumatra) minum dulu begitu ucap saya(padahal sambil mikir,,hehe), tdk berapa lama kemudian sy coba menjelaskan secara singkat,,baiklah , (disini sy tidak membahas ada kadar apa di garam laut,, krn sdh byk artikel2 yg membahasnya..)

 kebayang gak sih kalau bumi tanpa laut yang asin itu..salah satu hal yg menyelamatkan ekosistem bumi ya asin nya air laut,, karena garam mampu menstabilkan suhu(dari beberapa artikel yg sy baca)… sehingga  asinnya air laut juga berperan menstabilkan suhu permukaan bumi agar bumi  tidak meletus/meledak karena kepanasan…….oleh magma dan lava yg ada di perut bumi. Dan juga tdk membuat atmosfir bumi membeku..oleh dinginnya jagat raya... (coba ingat dan coba lihat penjual es krim, dengan apa mereka menstabilkan dinginnya es, pasti mereka menggunakan garam)

Air garam bisa menyembuhkan luka(yg belum tau cari sendiri di google,hehe),,bukannya lukanya manusia aja loh,, tapi lukanya bumi juga,,apa itu lukanya bumi,,ya limbah2 yg selama ini di buang kelaut, karena kadar garam yg asin itulah limbah2 di laut di netralisir..hmm  bakal kebayang kalau laut gak asin,,bumi bakalan bau busuk..contoh sesuatu yg di awetkan dgn garam kan tdk berbau dan malah awet,, begitu juga asinnya air laut yang meng awetkan bumi yg kita huni ini.. 

ok sampai disini kalau ada  org yg nanya kenapa air laut asin,,ya jawabnya tuk mengawetkan bumi..kalau ditanya lagi dari mana datangnya asin itu,,(byk artikel2 di google silahkan cari sendiri,,hehe) ok sy persingkat inti bumi bahkan tiap lapisan2nya terdiri dari batuan dan pasir,,nah kadar asinnya air laut berasal dari mineral dari batu2an dan pasir .coba perhatikan negara2 yg tanahnya byk mengandung pasir dan batuan melimpah, misal di timur tengah,,kadar asinnya air laut sgn pekat,,

Smoga postingan saya yg berdasar pemikiran + searching google,,bukan penelitian ini bermanfat bagi sobat2 blogger yg kebetulan membaca dan terjebak di blog saya,,,salam sahabat ...sobat2 blogger..