Jumat, 23 Desember 2011

Kaca perumpamaan yang dianggap salah

Sudah entah Seberapa jauh saya akan berjalan untuk yang namanya pengorbanan.Sampai dititik pada akhirnya saya merasa, sudah berkorban terlalu banyak untuk sesuatu. Dan begitu kalkulator mulai menghitung, secara fisik dan mental terus terang saya tidak tahu feed backnya apa.

Saya mulai berpikir karena ada beberapa hal yang menggelitik hari-hari berwarna abu abu saya . Entah mengapa, mungkin karena anugrah juga, saya selalu dibantu.ya di bantu oleh sang maha pemberi rezeki,karena mungkin Dia juga tau saya sudah terlalu sering habis-habisan oleh karena pengorbanan konyol saya...ntahlah gak usah dipikirinlah dijalani saja,,, apaan kale ya...hmm ......ngomong yang lain aja dech ya.ada hal yg menggelikan tentang cara berpikir orang2 dikantor yang masih gaya lama....
.
begini ceritanya, kemarin  disaat saya sedang serius edit mengedit gambar yang harus selesai minggu ini. seorang bos bagian divisi keuangan mengomentari gambar gedung yang saya kerjakan, "bidang-bidang kaca dikurangi saja 50% selain menghemat biaya juga mengurangi efek gas rumah kaca juga kan, ingat global warming" begitu ucapnya..saya pun menyela"kalau untuk mengurangi biayanya bener pak,tapi pengaruh jendela kaca dengan efek gas rumah kaca tdk ada hubungannya loh pak" ucap saya.. ternyata banyak yang tdk tau maksudnya 'efek gas rumah kaca...'

gambar dari google
saya pun mencoba menjelaskan,,Pengertian efek rumah kaca yang sering disebut dalam istilah di global warming itu hanya pengambaran dan perumpamaan saja loh.. itu hanya untuk memberi gambaran tentang suhu panas yang terjebak di dalam ruang kaca.

nah begitu juga di kondisi global warming itu kalau di persamakan dengan rumah kaca tadi,,lapisan atmosfir yang sudah tercemar zat karbon  CO2 di ibaratkan sama dengan lapisan kaca yang menyerap panas matahari kemudian memantulkannya ke bumi.

trus yang menjadikannya glogal warming  yaitu lapisan karbon CO2(dipersamakan dgn lapisan kaca yang menyelimuti bumi) cahaya matahari yang sudah terpantul kepermukaan bumi tidak bisa keluar angkasa kembali, melainkan tertahan di lapisan atmosfir yang sdh menjadi seperti lapisan kaca tadi dan memantul kembali kebumi,,begitu seterusnya...
.
jadi coba bayangkan,partikel panas matahari terus masuk ke bumi tetapi partikel2 panas tsbt tidak bisa keluar kembali ke angkasa  karena tertahan si zat karbon yg di persamakan dgn lapisan kaca tadi..betapa bumi seperti oven, ya kan...
trus emang zat karbon itu dari mana asalnya" tentu sobat2 pasti taulah ya" itukan pelajaran smu,,karbon itu asalnya dari sisa2 pembakaran,, apa saja yang terbakar akan menjadi  gas berupa zat karbon CO2 tadi,,yang akan terus mengumpul di lapisan atmosfir..
.
jadi begitu lah,yang di maksud efek gas rumah kaca bukan karena jendela kaca yang mengeluarkan gas loh,, semoga paham ya,,,:)

156 komentar:

  1. wuih pengetahuan tentang efek rumah kaca :)

    BalasHapus
  2. @asep: loh kang justru maksudnya bukan karena rumah kaca loh,,,

    BalasHapus
  3. Kirain itu seanalogi loh. Jadi maksudnya sama. Efek rumah kaca di bumi sama rumah kaca beneran. Kirain kalau rumah kaca beneran trus lebih panas gitu @_@
    Hm, baru tau~

    BalasHapus
  4. maklum lah om
    saya dulu juga berpikiran kayak gitu
    namun sejak kelas 2 SMA udah ga lagi

    BalasHapus
  5. @una: syukur dech akhirnya tau juga,,hehe

    @iskandar: emng kenyataannya kebayakan org menyangka karena kaca kok sob,,hehe

    BalasHapus
  6. berarti kalu pingin dingin jangan bangun yang banyak kacanya... xixixixi

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak yang sama ttg pengertian efek rumah kaca itu....
    banyak yg beranggapan, bahwa efek rumah kaca terjadi karena kita terlalu banyak menaroh kaca sehingga sinar matahari memantul lagi ke langit, jadinya makin panas aja. padahal itu kan hanya perumpamaan saja. heheheh
    bagus, bagus, bagus!

    BalasHapus
  8. @topu: jgn salah maksud loh mas,,ingat gak ada hubungannya pengaruh rumah kaca dgn global warming

    @arif: nah itu dia maksud saya mas,, ternyata kamu paham mas,, hehe

    BalasHapus
  9. Hehee..ternyata aku salah..
    Ooo begitu *melongo*
    Makasih ya Bang

    BalasHapus
  10. nichie: sama2 trims yo mbak,,sdh memahaminya

    BalasHapus
  11. hehehe ini baru tukang insinyur beneran, mantab sob mantab. ane juga baru tahu kalau efek gas rumaj kaca itu hanya pengistilahan dari global warning yang diakibatkan dari karbon CO2nya.
    mantab sob, anda seorang guru yang baik

    BalasHapus
  12. hehehehe.... sama seperti ketika saya diminta temen merenovasi rumahnya.. pas ada penggunaan kaca lumayan banyak dia bilang.. apa gak cinta bumi kamu..? pertanyaan yang seperti ngemplang muka dia sendiri setelah dijelasin mirip di atas... oookh katanya malu trus bikinin es jeruk dah hukumanya...info super

    BalasHapus
  13. @wisata murah: trims ya mas,,ternyata emng banyk yg tdk tau ,,setidaknya dgn postingan ini agar para arsitek tdk dipersalahkan juga membangun yg ada unsur kacanya...

    @arifin: oh punya pengalaman yg sama juga ya mas,, hehe,,trims mas,,

    BalasHapus
  14. Wah kalau tahu gini... harus banyak menanam pohon.. (~_~
    Daerah rangai udah dibilang habis pohon2nya.. ditebangin buat bikin perum (T^T

    BalasHapus
  15. bener mas.. semenjak heboh tentang global warming itu, kok semua mendadak pada menyalahkan kaca yaa.. hehe

    tapi hmm, mas kahfi keren dah.. dhe mah dari dulu salut gitu sama mereka2 yg nyemplung di dunia desain, apapun itu, termasuk arsitek.. soalnya dhe bener2 gk punya jiwa seni sama sekali, gk mudeng blas.. loh, kok malah curhat.. :D

    BalasHapus
  16. dulu emang saya nggak paham,kirain efek rumah kaca yah green house itu,,ternyata CO2 yang ada dilangit

    BalasHapus
  17. @Kak Rin!!! : oh iya mas asalnya rangai ya,, hehe

    @dhenok habibie : ini juga sbg curhat saya kok mbak karena setiap ndesain gedung selalu di tekankan jgn terlalu byk kaca,, hehe jadinya saya cari tau emng kaca apa ada hubungannya dgn global warming..ternyata tdk sama sekali..

    @jiah al jafara :syukur dech mbak sdh tau duluan,,:)

    BalasHapus
  18. kunjungan perdananya ni sob, salam kenal ya mas

    BalasHapus
  19. sangat menarik sobat.... kaca perumpamaan yang dianggap salah ternyata tidak selamanya salah, tergantung kitanya saj yg berbuat...

    BalasHapus
  20. @Yudi Glanter:salam kenal kembali mas

    @fyrdhazakaria : trims kembali akan TKP

    @Asis Sugianto : iya mas bukan salah si kaca tetapi salah zat karbon,,hehe

    BalasHapus
  21. jadi inget pelajaran SD-SMP saya.....


    *penggunaan kaca malah efektif bagi pengurangan konsumsi listrik (lampu) hehe...

    BalasHapus
  22. @tia: nah bener tuh mbak dgn adanya kaca malah mengurangi pencahayaan yg berasal dari listrik,,seep dech

    BalasHapus
  23. pantes ya kalo tinggal di kota cuacanya panas luar biasa karna banyak gedung2 berkaca, beda dg di desa adem ayem hihi....

    BalasHapus
  24. @anisayu: loh mbak salah maksud loh . justru panas global warming itu bukan salahnya kaca,,tapi gas karbon loh dari sisa2 pembakaran

    BalasHapus
  25. encer banget otak abang, pinjem donk..hehhe

    *angguk angguk baru tau* nambah ilmu lagi niih ^^

    BalasHapus
  26. @naya: iya mpok ini oiak tiap hari di aduk2 jdnya encer ..hehe

    BalasHapus
  27. iya juga ya mas, efek rumah kaca. belum tentu rumah pake kaca. siip...tambah wawasan saya.

    BalasHapus
  28. puteriamirillis: nah itu dia mbak kaca yg selalu di salahkan padahal kan tdk,, trims

    BalasHapus
  29. jadi akhirnya si bosnya gimana mas? nurutin gak nasihatnya? :P

    BalasHapus
  30. nah makanya kita sebagai manusia harus mengurangi sifat konsumtif dalam segala hal termasuk penggunanan kaca,ac,polusi udara,penebangan pohon dll
    agar suhu bumi tidak semakin menumpuk & akan mengakibatkan meledak suhu tersebut suatu saat nanti

    BalasHapus
  31. Ternyata banyak juga yang ndak tau maksud dari efek 'rumah kaca' ya..#kayakakudulu hehehe..
    Ayo..tanam seribu pohon :)

    BalasHapus
  32. paham pak guru.... :-)

    penjelasan sederhana yang sungguh akan membantu kaum awam memahaminya mas....

    thanks for share.. have a great day!

    BalasHapus
  33. maaf baru muncul, sejak kemarin aku merindukan karyamu, mencarimu di beranda kerajaan tapi kau tak kunjung datang...
    tulisanmu sangat inspiratif dan tetap tak jauh dari bidang keilmuan...hebat...

    BalasHapus
  34. dari dulu saya sering bertanya2 arti dari efek rumah kaca tersebut, tapi gak terlalu mengerti dn keterangan yg saya dapat,, :) terima kasih mas kahfi atas penjelasannya, jadi lebih faham tentang efek rumah kaca ini, :D

    BalasHapus
  35. ohh.. gitu ya :D
    sebenarnya udah tau dari dulu tentang zat karbon dan dampaknya pada atmosfer.
    TAPI
    baru tau kalo 'efek rumah kaca' itu ternyata bukan karna rumah yang banyak kacanya
    *Maluuu +_+

    BalasHapus
  36. @1mmanuel'Z-Note5 : ya cuma ,gitu toh,,baru tau saya kalau begitu...tapi kacanya tetep0 di kurangi ya,,,gt katannya

    @Andy : semoga manusia2 modern tdk hanya pinte saling menyalahkan , tapi jg pinter berbuat/

    @Juwita Hsu : Ayo..tanam seribu pohon :)<--sepakat,yuk marii

    BalasHapus
  37. @alaika :trims kembali yo mbak sdh memahaminya

    @ayano rosie :trims yo mbak kehadirannya,,saya akan terus menulis seperti ini ..

    @Rama88 :trims kembali mas semoga bermanfaat ya,:)

    @Sarah Narin : ternyata bukan karna rumah yang banyak kacanya<-----nah ini dia..hehe

    BalasHapus
  38. setau saya efek rumah kaca itu nama penyanyi :D

    BalasHapus
  39. dulu jaman masih sekolah saya fikir efek rumah kaca yaitu rumah dgn kaca:) sewaktu melihat perkebunan anggrek dg rumah kaca saya pikir itu yg menyebabkan pemanasan glibal hihihi

    BalasHapus
  40. dulu aku juga mikir kalau kaca salah satu penyebab global warming

    BalasHapus
  41. ga banyak yg tau kok
    soalnya dl waktu sekolah jg dicontohinnya "Effect rumah kaca tuh spt itu loh.. rumah kaca buat nanem sayuran di musim dingin. jadi panasnya ttp diam." dan murid2 ber OOOO nganggepnya ya gara2 banyak kaca = rumah kaca. glodak

    BalasHapus
  42. @Sarah: loh nama penyanyi,,kok saya tdk tau ya..

    @Lidya - Mama Pascal: nah itu dia mbak,byk org2 jg mikirnya begitu

    @gunawan :semoga skrg tdk mikir salahkan kaca ya mas,,

    @Shireishou .. rumah kaca buat nanem sayuran di musim dingin. jadi panasnya ttp diam."<--nah ini bener asal muasal kata2nya ya dari sini

    BalasHapus
  43. Hahahahaha...jadi pengen ketawa di depan teman-teman kantor Bang Kahfi. Tapi apakah mereka sudah di jelaskan seperti itu sama Abang Kahfi?
    Lucu juga pemikirannya.

    BalasHapus
  44. Senangnya Al Kahfi sudah aktif lagi,

    TFS ya...

    BalasHapus
  45. @arqu:sdh saya jelaskan juga kok mas,,:)

    @yunda: trims ya mbak..btw bukunya sdh di baca semua mbak

    BalasHapus
  46. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...

    BalasHapus
  47. Oalah gitu to? Jadi lebih paham aku sekarang. Makasih ya informasinya.

    Oya, aku pakai Smart, awalnya lancar tapi sekarang kok sering lemot ya?

    BalasHapus
  48. emang masih jarang yang tahu mengenai arti rumah kaca sebenernya..
    GO GREEN sobat..

    BalasHapus
  49. Global warming itu ada, tapi ga separah yang diomongin ko, ga separah seperti dibukunya al-gore.

    Tapi tetap saja GO GREEN IS A MUST

    BalasHapus
  50. ya namanya aja bagian divisi keuangan, mana ngerti maksud efek rumah kaca. yang dia ngerti cuman uang saja. hehehe... dan saya pikir mungkin masih banyak yang mengira seperti kata temen sekerja pak kahfi itu

    BalasHapus
  51. Jaman masih kecil juga saya mikirnya gitu. Kalo kaca bikin 'efek rumah kaca', kenapa banyak yang dibiarin bikin rumah kaca? Setelah diajarin waktu SMA baru tahu..

    BalasHapus
  52. kedengarannya sih menakutkan, tp di barat sana anteng2 aja tuh...bukti nya industri mereka tetep berkembang...

    BalasHapus
  53. hahahahaha =D setujuuu~
    rumah kaca.. rumah kaca.. pemantul~ pengurung :p

    BalasHapus
  54. baru tau saya lho
    saya kira selama ini ... ah sudahlah, semakin terlihat bodohnya saya :D

    BalasHapus
  55. dl saya berpikir bahwa jika bangunan terbuat dari kaca maka akan lebih hemat biaya,,pertama pemasangannya ga ribet (saya sebebnarnya ga tau cara masang kaca), tp saya tau cara masang tembok,ribet.

    nah menurutmas kahfi gmn tuh..??
    yg saya mkasud adalah tembok untuk lantai dua ke atas...
    :)

    BalasHapus
  56. Waduh sepertinya agan salah tangkap..., maksud saya seminimal mungkin untuk mengurangi bahan bangunan dari kaca memang karena kaca tersebutlah yang menyebabhan hawa panas di dalam ruangan yang banyak kaca tersebut. Coba agan ingat kembali bahwa konsep dari kaca itu menyerap panas dan sangat sulit untuk melepaskan panas, jadi kalo bangunan banyak kaca dan ber-ac ya sama aja boong...., dan dalam komentar Saya sebelumnya sama sekali tidak bermakna dan tidak ada kata global warming, apalagi agan yang menduga bahwa "ingat gak ada hubungannya pengaruh rumah kaca dgn global warming" tentu sangat jauh berbeda gan... mohon diteliti kembali....

    BalasHapus
  57. @TheNetwerk :trims sob,, akan ke tkp

    @catatan kecilku :berart9i iklan smart gak sesuai ya anti lelet,,:)

    @Outbound Malang trims mas GO GREEN kembali mas..

    @Cerita Tentang Dunia :bener mas,, al gore terlalu mendramatisir,,tentang global warming ini..

    BalasHapus
  58. @rusydi hikmawan :mungkin karena di pikirannya uang ya mas,, hehe

    @Honeylizious :senyumnya manis mbak,,

    @Millati Indah:untungnya di smu sdh di ajarkan ya mbak

    @zan : mereka juga mo nanem poho sdh kehabisan lahan mas,, jadinya negara2 berkembang yg jd sasaran slogan mereka

    BalasHapus
  59. @Nurmayanti Zain : bener mbak pemantul dan pengurung

    @nique :ssst mbak pelan2 ngomong nya,,hehe

    @zone :maksudnya gimana mas,, yg lantai 1 tembok yg lantai 2 dinding kaca gitu kah?

    @ToPu :oh iya mas,bener2 kalau itu maksudnya,, saya yg salah mengartikan komen nya,, maafkan saya mas,,:)

    BalasHapus
  60. Ah santai aja gan, manusia memang tempatnya salah dan dosa, apalagi manusia seperti Saya ini... xixixixixixi....

    BalasHapus
  61. Jadi ingat mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar.. :)

    BalasHapus
  62. oh ya ya...makin mengerti deh. hehe...

    BalasHapus
  63. setau saya efek rumah kaca itu ya emang rumah atau gedung yang banyak kacanya akan punya potensi merusak bumi (global warming). Kalo ilmu kaya ginian blog ini jagonya ya hehe... Makasih penjelasanya :))

    BalasHapus
  64. setau gue efek rumah kaca akibat dari pembakaran gas yg menyebabkan CO2, oh iya, ijin follow ya!

    BalasHapus
  65. ohhhh.. jadi maksudnya itu... di kirain gara2 banyak rumah kaca jadi bumi makin panas.. hahaha :D bertambah ilmu main kesini.. nice..

    BalasHapus
  66. duhhh bagus saiia baca artikel zat karbon ini.. :( jadi makin sadar bahwa ini penting.. :( mantul lagi, matul lagi, lagi dan lagi seterusnya seperti itu... iia bakalan angus semua kang iia yg di dlm (bawah) atmosfir bumi :(

    BalasHapus
  67. Saleum,
    saya pernah dengar dari beberapa narasumber yg mengatakan jika hal itu terus belangsung akan mengakibatkan lapisan ozon menipis sehingga akan membahayakan mahkluk hidup dibumi.
    saleum dmilano

    BalasHapus
  68. betul bgtz tu mas..

    waktu saya magang jdi GURU. bnyak juga siswa yg gag ngerti. anggapannya efek rumah kaca itu karena rumah pke kaca. padahal itu cuma perumpamaan.
    mulut saya hrus berbusa2(lebay) dulu ksh tau baru semuanya ngerti..

    BalasHapus
  69. bener banget pak, trus responnya bos bagian divisi keuangan gmn setelah mas al-kahfi menjelaskan bgtu?

    bner banget mas, CO2 jika berlebih akan merusak, tpi jika pas maka akan bermanfaat.

    BalasHapus
  70. datang lagi sobat untuk baca2 baca artikel sobat.....

    BalasHapus
  71. rumah kaca rumah kaca hehe jadi terang benderang donk rumahnya, hehe kirain kalau rumah dari kaca itu, dalam rumahnya yang panas :D

    BalasHapus
  72. wah, di sini bisa belajar fisika juga...

    BalasHapus
  73. Paham mas...jadi nggak takut lagi nih mau bangun rumah beratap kaca biar bisa liat langit terus...salam

    BalasHapus
  74. wow jadi makin pinter daku jadinya.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  75. datang lagi sobat,,, sembari menantikan postingan terbaru...

    BalasHapus
  76. hahaha
    bener, masih banyak yang belum paham tentang efek rumah kaca yang sebenarnya, termasuk aku...
    melihat fenomena itu, aku jadi kasian pada sinar matahari. kasian di terjerat dan nggak bisa pulang...

    BalasHapus
  77. wahh postingan baguss..
    lama ga berkunjung ke sini. aku ketinggalan banyak ilmu!
    keep writing man!! ^^

    BalasHapus
  78. wahh wahhh brarti banyak juga yahhh yg salah kaprah hahaha termasuk saya di dalemnyammkarna emang ga paham sama begituan n kurang menarik perhatiandengan teori teori fisikam kimian n the gank hehehehehe

    maaf OOT
    diatas disinggung masalah arti pengorbanan yg dirasa udah overdosis ,,hmmmm ,,mari kita liat lagi,,,,kenapa ada kata ""pengorbanan lebih"" siapa yg mem vonis hal tersebut,,diri kita atau pihak orang laen (ketiga),,maslah feedbacknya emang kadang ga secara langsung n kita sadari yg ujung2nya justru balik jauhh lebih membantu kita kelak,,,Tuhan adalah Perencana terhebat sob,,,take it easy n just let it all flown :)

    BalasHapus
  79. @Khaira :oh di saya tidak ada matakuliah itu

    @Sang Cerpenis bercerita : senang bisa berbagi mbak.

    @Yayack Faqih :ya trimakasih sama-sama

    @joe Rizky :ya benar dari pembakaran tersebut menghasilkan gas co2 yang diumpamakan sebagai global warming

    @jobkolom :banyak yang berfikir begitu,trimakasih sama-sama

    BalasHapus
  80. @Belajar Photoshop :itulah akibat panas matahari yang tidak bisa dilepaskan ke angkasa ditutupi gas co2 yg memantulkan panasnya kembali ke bumi

    @Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik :jadi akibat cahaya matahari yang sudah terpantul kepermukaan bumi tidak bisa keluar angkasa kembali, melainkan tertahan di lapisan atmosfiryg dicemari gas co2 memantulkan panasnya kembali ke bumisehingga bumi seperti oven,panas terus

    @dmilano :salam juga,benar akibat panas yg tertahan lama2 lapisan ozon yg berfungsi melindungi bumi dari cahaya matahari yg membahayakan akan menjadi menipis dan berlubang seperti di kutub utara

    @YouRha The X_PloReR :pada umumnya orang beranggapan seperti itu dan agak sulit merubah imej itu jadi hrus dijelaskn yg benar agar tidak terjadi salah persepsi

    BalasHapus
  81. @Tarry KittyHolic :trimakasih smoga bermanfaat

    @herry susanto :tetap saja beliau menyuruh mengurangi anggaran biayanya.Sesuatu yang tidak berlebihan adalah baik bagi kita, ya tidak.....?


    @Asis Sugianto :trimakasih udah mampir

    @bisnis online :kan jadi hemat listrik

    @puchsukahujan :dimanapun,kapanpun kita bisa tetap belajar :))

    @Nufus :smoga menjadi rumah yang hemat listrik dan nyaman tentunya

    BalasHapus
  82. @ToPu :ya trimakasih sama2 ya

    @saryadi nilan :trimakasih smoga bermanfaat

    @Asis Sugianto :keep in touch

    @fauzan10 :cahaya matahari penting bagi makhluk hidup tapi panas berlebihan berbahaya,cobalah membantu dengan menanam pohonan akan menyerap gas co2

    @Nizwa Ayuni :dont worry tetap tunggu postingan berikutnya ya...

    @Green KLOPERER :inilah manfaat saling berbagi ilmu,walau sedikit,smoga bermanfaat dan memang sayanya sendiri merasa demikian,trimakasih atas nasihatnya ....

    BalasHapus
  83. siap siap saja makin parah kondisinya om
    penggundulan hutan di kalimantan saja makin lama makin giat
    kayaknya ga sampai 10 taun lagidah habis hutan tropis kita

    BalasHapus
  84. berkunjung lagi sambil menunggu postingan baru

    BalasHapus
  85. wah, mengerikaaaaann
    coba kita rasain aja suhu di kota2 gede sekarang.
    *kota kecil juga mulai panassssss*
    terus gimana dengan 5, 10, atau 20 tahun kedepan?
    :'(

    BalasHapus
  86. Hehehee si Bos itu sama dengan inyong baru jelas setelah baca tulisan ini trims ilmunya

    BalasHapus
  87. yupz. memang butuh sosialisasi lebih lanjut. terutama pada dinas terkait dan media berita cetak dan elektronik, karena memang anggapan secara umum rumah kaca sudah jadi salah satu kambing hitam pemanasan global

    BalasHapus
  88. Hari warna abu-abu?
    Ah... Mas Kahfi bis aja!

    Oh... Jadi begitu toh!
    Y..Saya faham mas.

    BalasHapus
  89. efek rumah kaca hanya istilah aja ya... waaaah, ini otaknya muteeeer terus ngebayangin proses alam semesta

    BalasHapus
  90. share yang sangat bermanfaat mas, happy blogging ya

    BalasHapus
  91. memang sudah waktunya kita 'go green' ya sob , biat awet dunia ini sampai anak - cucu kita nanti :)

    BalasHapus
  92. Belajar banyak di sini sobat...
    Terima kasih atas berbagi artikelnya ini
    Bumi kita ini memang semakin lama semakin terasa panas sobat

    BalasHapus
  93. yang jelas saya suka Efek Rumah Kaca yang suka nyanyi-nyayi (?) XDD *disambit*

    selalu postingan yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  94. kalau atmosphere sudah tidak ada, ya langsung mati lah diri kita ini hehehe. oleh sebab itu manusia wajib merawat lingkungan agar tidak merusah lapisan atmosphere itu

    BalasHapus
  95. Semoga dengan artikelnya saudaraku ini akan memberikan semangat bagi kita untuk lebih peduli lagi terhadap kelestarian bumi kita yang tercinta ini

    BalasHapus
  96. Asli saya nyerah deh kalau pelajaran Fisika apalagi Matematika mas hehehe

    salam kenal balik mas Kahfi... :)

    BalasHapus
  97. mampir lagi nii kang mejelang pagi hari buta.. moga2 ajja...

    BalasHapus
  98. demikianlah di masa kekinian, akibat lebih suka membaca judul tulisan daripada menyimak isi tulisan, sehinga menafsirkan makna secara judulisasi saja :-)

    BalasHapus
  99. O....jadi gitu ya? jujur baru ngeh sekarang, kemarin-kemarin beranggapan sama dengan si bos ( baru kali ini bisa nyamain bos, tapi ternyata untuk hal yang keliru, jadi ingin malu, hehehe )

    BalasHapus
  100. iya mas, banyak yang keliru harusnya fokus itu lebih kepada zat karbon CO2 yang mantul ke atas sana, akibat kurangnya penghijauan di bumi ini.

    BalasHapus
  101. ini ada hubungannya sama artikel yg kemaren2 itu ya mas,, tentang efek rumah kaca,, :)

    BalasHapus
  102. wah, perumpamaannya bagus banget mas,
    baru tahu nih, hehe :D

    BalasHapus
  103. aq dah lupa pelajaran SMP dlu mas.., tp setelah membca postingan diatas jadi ingat kembali dech... thx yaa *smile

    BalasHapus
  104. tapi aku sih apapun akibatnya, kurang suka rumah/bangunan yg terlalu banyak kaca, hehehe.

    BalasHapus
  105. lalu yang di maksudkna dengan 'bolong nya lapisan ozon' itu seperti apa kang..?!?! maksudnya gmn..?!!

    BalasHapus
  106. ternyata masih banyak yg salah paham ttg efek rumah kaca ya.. tapi aku kurang suka banyak jendela juga.. abis panas, kecuali kalo didepan jendela banyak pohon.. hmm.. asik tuh.. :-D

    BalasHapus
  107. kirain tentang apa mas...awal2 ngomongin pengorbanan...ehhh..ternyata ttg global warming...hehe...nice share laah untuk yg salah mengerti...^_^

    BalasHapus
  108. bagaimana tentang penggunaan alternatif atau mengalih fungskan?

    BalasHapus
  109. lama tak berkunjung ke blog sobat
    bagaimana kabarnya?
    rupanya sya ketipu
    ternyata tentang rumah kaca
    salam silaturahmi

    BalasHapus
  110. memang sekarang udah puanas bnget mas.. trutama karena kaca..
    cba rmah kita gak usah kasih kaca aja yar gg trjadi pemanasan global..hhe

    BalasHapus
  111. assalamu'alaikum,, BW dan silaturahmi mas

    BalasHapus
  112. @Rawins :kita yang memahami mencoba untuk mengambil 1 langkah kecil menanam 1 pohon dilingkungan kita untuk menminimalis akibat penggundulan hutan


    @jobkolom :trims,oh ya kog gak bisa masuk ke blognya?


    @srrriii :nah bisa dibayanginkan gimana nanti jika terus dibiarkan?


    @Cerita Tugu :smoga bermanfaat


    @Wisata Murah :perubahan tidak bisa secara langsung,mudah2an mereka ada membaca blog ini sehingga bisa lebih memikirkan dan menindaklanjutkan,dan imej rumah kaca perlahan dapat berubah

    BalasHapus
  113. @Kopiah Putih :hari tidak selamnya terang,kadang gelap tersaput awan hitam datang,begitupun hidup,smoga bermanfaat

    @Ratnawati Utami :ya bukan rumah yang dibangun dari kaca loh,tapi tertutupnya atmosfir bumi ini oleh gas co2 yang berperan seperti lapisan kaca yang membungkus bumi sehingga panas tertahan didalamnya tidak bisa dilepaskan lagi ke angkasa


    @Yudi Glanter :trims ditunggu saran dan kritikannya


    @r.a.c. cutting sticker :benar itu,bumi sudah tidak muda lagi,kalau tidak kita yang mulai menjaga,siapa lagi?tidak ada lagi yang tersisa untuk anak cucu


    @cardiacku :trimakasih juga,belajar tidak ada batasnya sob,ayo,"go green" (istilah r.a.c.cutting s)

    BalasHapus
  114. @Feat Everyone :yang lagunya panas panas panas bumi ini panas,begitu ya, trimakasih :)

    @Farixsantips :lapisan atmosfirkan menyerap radiasi matahari ke bumi hingga kita tidak terlalu panas dan berbahaya,kalau gak ada bisa meledak bumiini seperti popcorn


    @abufaras :trims atas harapannya,smoga kedepan kita menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, ya abu?


    @Lozz Akbar :ngeblog sambil belajar asyik loh,smoga bermanfaat


    @genial :udah bangun nih,masih libur gak?

    BalasHapus
  115. @BlogS of Hariyanto :jaman serba instant,apa yang tersurat belum tentu yang tersirat,harus dibaca dan dipahami

    @Abi Sabila :lebih baik malu tapi nambah ilmu daripada malu-malu in karena gak paham

    @Obrolan Blogger.com :gas co2 dapat berasal dari pembakaran(hutan/sampah),juga asap kendaraan/pabrik yang juga harus dijaga dan diperhatikan, sehingga "go green" harus lebih ditingkatkan


    @Rama88 :ya ada

    @socafahreza's blog :smoga bermanfaat

    BalasHapus
  116. @Rohis Facebook :belajar tak kenal waktu slalu berkembang,smoga bermanfaat


    @dunia kecil indi :jangan memvonis dulu,kaca banyak manfaatnya loh,tergantung fungsi ruang dan hemat listrik


    @genial :terjadi karena panas/radiasi matahari yang tertahan oleh lapisan atmosfir yang tercemar gas co2 tidak bisa keluar dan mengumpul sehingga perlahan tapi pasti merusak lapisan2 atmosfir sampai lapisan ozon sehingga berlubang/bolong,begitu :)


    @Lyliana Thia :jendela berfungsi untuk sirkulasi udara dari dan kedalam ruangan,pemakaian kaca disesuaikan dengan fungsi ruangan yang menghemat listrik,dan untuk menyerap panas matahari masuk melalui jendela kaca memang sebaiknya ditanami pepohonan yang menyaring cahaya menjadi minimal sehingga tidak terasa panas malah sejuk tertiup angin

    @Rhanurul :itu teknik bercerita yang menarik bukan,santai tapi berilmu yang membaca,hehehe,bukan bermaksud sombong loh :)

    BalasHapus
  117. @Activian's ProfiL :untuk kedepannya pasti bisa seiring perkembangan iptek


    @Indonesia :baik mas gimana,rumah kaca bukan dalam arti yang sebenarnya loh mas,hanya perumpamaan,salam silaturahmi kembali


    @Kertas Kecil Kita :kaca juga berfungsi sebagai penerangan,pemanfaatannya dapat disesuaikan dengan fungsi ruang lo..,mengurangi panas atau global warming dengan menanam pohon,biar sejuk udara


    @m.M Soediono :wa'alaikum salam,trimakasih

    BalasHapus
  118. Namanya juga 'Efek rumah kaca' .. kata 'efek' menunjukkan istilah ya, seperti 'efek domino' juga menunjukkan istilah dari kata 'efek' itu ^__^

    BalasHapus
  119. Sudah lama gak mampir kesini mas, jadi rindu hihihi Yay, ilmu baru lagi mampir kesini. jempol ^_^

    BalasHapus
  120. kahfi lagi sibuk berbenah akhir tahun ya?
    s.e.m.a.n.g.a.t
    fight!

    BalasHapus
  121. efek rumah kaca yang terpelintir dari makna aslinya... hmmmm kalo ngomongin soal kaca jadi teringat sebuah pepatah : Janganlah sekalipun bercermin pada kaca cermin yang sudah pecah...akh gt dech kang!!!

    BalasHapus
  122. Haha,,,
    Masak Boss Divisi Keuangan bisa ga tahu gituh ya.... Harusnya Mas Amri yang jadi Boss **eh...

    BalasHapus
  123. Bos keuangannya kebanyakan ngitung ang tuh sampai 'salah' kalimat soal efek kaca dan gas CO2.

    Btw, soal feed back ttg apa yg sdh kita 'korban'kan...gimana jika kita redesign: impactnya? Outcome'nya? Mungkin itu akan mmebuat kita lebih 'lega'...

    BalasHapus
  124. Ralat : Bos keuangannya kebanyakan ngitung UANG tuh sampai 'salah' kalimat soal efek kaca dan gas CO2.

    BalasHapus
  125. go green ya! hahaha generasi penerus nih

    BalasHapus
  126. Berkunjung lagi tengah malam.. :)

    BalasHapus
  127. belum ada post terbaru yach sob???

    BalasHapus
  128. sangat bermanfaat mas, terima kasih :)

    BalasHapus
  129. selamat siang, mas Kahfi. Saya sudah buat list para peserta kontes ayo ngakak. Bisa dicek ya.

    BalasHapus
  130. Hmm ilmu pengetahuan nih. Sayang-Nya tidak semua orang tau akan hal ini, kalo saja Masyarakat gemar membaca semuanya hmm tidak menutup kemungkinan hal-hal yang tidak di inginkan seperti halnya apa yang sobat paparkan diatas akan bisa di atasi. Semua itu kembali ke orang-orang-Nya betul? Aman sentosa, sejuk bersih alam kita bukankah manusia-manusia yang peduli akan hal itu dapat terwujud? :)

    BalasHapus
  131. baru tau saya sobat, memang serng sy denger Efek gas rumah kaca, tp dalam otak, gak ngerti...
    hehehe

    BalasHapus
  132. kuhadir lagi menyapa sahabat agar tak salah perumpamaan :)

    BalasHapus
  133. tetanggaku byk punya rumah kaca spt pd gambar, buat nanam tanaman utk musim panas yg akan dtg

    BalasHapus
  134. bukan kayak pop corn lagi sobat, tetapi karena efek ultravioletnya yang sangat panas karena gak ada lapisan tersebut. ya jadi sosis panggang saus kecap deh huahaha :D

    BalasHapus
  135. aku datang...
    menuh-menuhin kotak komen ya kahfi :)
    ahahahaha~

    BalasHapus
  136. @genial :terjadi karena panas/radiasi matahari yang tertahan oleh lapisan atmosfir yang tercemar gas co2 tidak bisa keluar dan mengumpul sehingga perlahan tapi pasti merusak lapisan2 atmosfir sampai lapisan ozon sehingga berlubang/bolong,begitu :)

    wahh kalau bisa sampai bolong karena hal tersebut.. berarti bukankah seharusnya kita aman kang?!?!? maksud saiia, lobang itu bisa menjadi jalan keluar buat para zat CO2 itu dan terbang entah ke langit berapa dan tidak lagi melingkupi bumi kita seolah kaca seperrti yang dimaksud dengan kisah di atas bukan?!?!

    BalasHapus
  137. mampir lagi ah ketempatnya mas kahfi, sekalian mau ucapin selamat tahun baru, hehe,

    BalasHapus
  138. selamat tahun baru mas....
    :)

    BalasHapus
  139. kang mampir lagi nii kang..

    hmm.. kang.. ada bingkisan nii dari saiia :) moga berkenan.. :)

    http://genialbutuhsomay.blogspot.com/2011/12/pr-serba-sebelas-penutup-2011.html

    BalasHapus
  140. SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 2012

    Ketika masa lalu dan masa depan merentang pada kekinian
    Ketika cahaya senja menipis di antara mega-mega pada kaki cakrawala
    Ketika malam meluruhkan diri dengan gemulai pada bentang buana
    Ketika jejak langkah beringsut menuju jilid babak baru

    Semoga serangkum 12 purnama dalam jilid kesilaman membawa hikmah pd diri untuk menapaki satu babak baru dengan penuh semangat dan asa yg lebih baik dalam naungan Ridhlo sang Ilahi. AMiinn:)

    BalasHapus
  141. makasih sob artikelnya keren banget :)
    salam kenal ..
    kalo sempat singgahi blog saya sob ..
    coment and follow ..
    http://peluru-tajam.blogspot.com/

    BalasHapus
  142. memang terkadang persepsi itu beda-beda ya mas..

    BalasHapus
  143. Selamat tahun baru 2012 mas Kahfi, semoga tahun ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya, aminnnn...

    BalasHapus
  144. Maaf balik lagi, ada PR 5 rahasia buat Bang Kahfi, diblogku, pasca edit ;)

    Semoga berkenan yaaa...

    BalasHapus
  145. Mari bergabung bersama ASIANBET77.COM Disini kami menyediakan berbagai macam jenis permainan betting online, seperti Taruhan Bola Online, Casino Online, Togel Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak lagi game taruhan online lainnya....

    Pendaftaran gratis tidak dikenakan biaya apapun juga, minimal Deposit sangat ringan, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa bergabung bersama kami. ASIANBET77.COM bekerja sama dengan bank lokal yakni BCA, MANDIRI & BNI. Sehingga memudahkan anda untuk bertransaksi bersama kami.

    Customer service kami yang Ramah dan Profesional akan siap membantu anda selama 24 jam full, ayo segera daftarkan diri anda bersama kami ASIANBET77.COM. Dan dapatkan promo2 menarik dari kami.untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi CS kami :

    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    Wechat : asianbet_77
    sms center : +639052137234
    pin bb : 2B4BB06A

    BalasHapus
  146. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    New Promo ( khusus produk 998bet )
    - Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
    - Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
    ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

    Promo Terbaru :
    - Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
    - Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
    - Togel Online ( Klik4D )
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus
  147. makasih gan infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  148. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  149. terimakasih mas buat infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus