Kamis, 05 Januari 2012

Birunya langit yang semu


Dimasa lalu , saya mencintai seseorang dengan sebuah misi. Membuat hidupnya berubah menjadi lebih baik. Niatnya  membawa misi penyelamatan. Kok pada ending cerita, justru hati saya yang butuh diselamatkan. Intinya, cinta itu indah dan rumit ,susah di kendalikan.. Namun kehidupan adalah hal yang berbeda. Kehidupan  tidak pernah ada yang ideal sampai saya belajar untuk mensyukurinya.  Sebagai pria, bukan bermaksud ingin memegang kendali, namun kendali yang penuh konsekuensi dan bertanggung jawab. 

Tapi alangkah indahnya jika memiliki seorang teman hidup yang dapat menghadapi jalan yang penuh lika liku plus kerikil kerikil tajam  di dalam hidup ini bersama-sama. Saya pria yang  bukan hanya menggunakan logika namun menggunakan hati .walau kadang keduanya sering bergulat antara logika dan hati,tapi apapun itu dengan  beriring bersama serasa mengharu biru, sebiru nya langit ,,ups tunggu dulu siapa bilang ya langit itu biru,,,birunya langit itu semu loh seperti pelangi yang semu...

 Yang terlihat oleh mata kita kelangit berwarna biru ya sebenarnya karena pantulan air laut yang biru  ke atmosfir  dan juga peran dari bias partikel cahaya matahari..kalau tidak ada atmosfir langit akan terlihat hanya hitam gelap kosong belaka. 

Contoh kalau dari pandangan astronot melihat ke bumi (seperti background blog saya),, yang terlihat di luar bumi hanya semesta gelap dan hitam kan,, tapi coba melihat ke bumi,, berwarna biru karena biasan air laut..

Nah trus kenapa pula laut terlihat berwarna biru,,ya karena laut mengandung garam dan phytoplankton,  semakin padat kandungan garam di laut dan juga  phytoplankton, semakin terlihat birulah laut itu,plus  peran dari partikel cahaya matahari juga pastinya.
Nah jadi penggunaan kata sebirunya langit sebentar lagi bakal di ganti, menjadi sebirunya atmosfir,, :)


NB:  untuk PR dari beberapa sobat2 blogger sabar ya, nanti akan saya selesaikan,,nunggu mood yang pas nih tuk mengerjakannya..

111 komentar:

  1. Oh gitu, baru tau loh warna langit dari laut...

    BalasHapus
  2. Tambah ilmu kalau bersilaturahmi di tempat sobat ini...
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. di masa lalu..
    lalu bagaimana sekarang di masa sekarang?

    BalasHapus
  4. @una: ya begitulah birunya langit itu ternyata semu saja,,

    @cardiacku: trims ya mas,,kunjungannya..

    BalasHapus
  5. nurmayanti: di masa sekarang semoga tdk berupa misi lagi,, :) tapi dari hati

    BalasHapus
  6. Kunjungan silaturahmi saudaraku sambil menimba pengetahuan di sini

    BalasHapus
  7. sip..!!!
    InsyaAllah :)
    aku bantu doa deh, biar bulannya segera ketemu
    Aamiin...

    BalasHapus
  8. @abufarras: trims abu kunjungannya..:)

    @nurmayanti: trims mbak,,atas doanya ya..:)

    BalasHapus
  9. Pena hadir dan absen pagi sobat setelah lama menghilang dari online karena kesibukan..
    Maaf baru bisa berkunjung kembali di sobat alkahfi dan langsung disuguhi ilmu kembali di sini.
    Thanks sharingnya sobat

    BalasHapus
  10. @tautanpena: trims mas kehadirannya semoga ,sharing saya berkenan di hati..

    BalasHapus
  11. Ooh.. aku baru tau mas, kalau biru langit itu karena laut... Secara tidak langsung, ketidaktahuan yang saya pendam sejak lama itu terungkap sudah jawabannya. You do really great mas kahfi ^_^

    BalasHapus
  12. @basithka: trims kembali ya sob,, smoga berkenan masukan dari saya tentang warna langit

    BalasHapus
  13. kalo semu itu bagaimana ya kang?

    BalasHapus
  14. @asep: wah kang ini pura2 mengujikah pertanyaaanya,, yg pasti semu itu kan hanya kamuflase terlihat di mata.. tapi kalau di sentuh ujudnya tidak ada dan tdk nyata

    BalasHapus
  15. wwaaaoowww...... blognya biruu sebiru atmosfer..... ahhahahaahahaa.....

    BalasHapus
  16. oh gitu ya,

    tapi sebiru langit lebih enak di dengar dari pada sebiru atmosfer,

    BalasHapus
  17. Wah, biasanya aku pakai sebirunya hatiku. padahal hati kan gak biru, tapi merah. kwkwkwk

    Tapi emang beneran lho, baru tau kenapa langit itu jd biru.
    Mas Kahfi ini ada aja ilmunya. :D

    BalasHapus
  18. Setiap istilah muncul karena peradaban, dan semua akan terus berubah mengikuti perkembangan..
    Kalau dulu ada istilah cinta mati, mungkin sekarang (cenderungnya) mulai tidak berlaku lagi hehe..

    BalasHapus
  19. ya ya ya...saya laki2 yang bekerja berdasarkan hati dan nurani, saya perempuan yang bekerja pun berdasarkan hati dan nurani..
    hehehe para komentator di atas nda tamat SD kali ya,...padahal kan birunya langit karena biasan dan pantulan dari laut dah ketahuan dari jaman SD..wkwkwkwkwk
    salam ukhuwah mas^^

    BalasHapus
  20. pembuka artikel jujur yang cantik.hehehe kata orang dulu, hakekat cinta itu untuk saling menyelamatatkan

    weh weh weh ilmiah buanget, kalau begitu situs man and the moon yang di dominasi warna biru ini banyak garamnya duuunk.?? hehehe
    nice share sob happy blogging

    BalasHapus
  21. oalah begitu toh ceritanya, proses terjadinya birunya langit ..

    BalasHapus
  22. informasi pagi...hehe...

    *salam super* hehee

    BalasHapus
  23. kirain mau bahas masalah cintanya, gak taunya soal warna biru di langit dan di laut. hahhaa...bisa aja fisikawan satu ini

    BalasHapus
  24. walah masa ntar lazio julukannya ganti...
    tim biru atmosfir....
    ga lucu lah mas...
    :P


    perlu diselamatkan oleh sapa mas hatinya...??
    :P

    BalasHapus
  25. asalkan cintanya aja mas gak semu kyk langit,, kalo langit mau semu gak apa2 deh,, hehe,

    BalasHapus
  26. kalau menurut saya diluar bumi cerah kok,karena belum adanya polusi dll
    mungkin karena kita belum mengenal lebih dalam tentang kehidupan diluar sana,

    BalasHapus
  27. kalo udah siap lahir batin,udahlah nikah aja.

    BalasHapus
  28. Dari awal saya fikir mas kahfi mau curhat tentag perjuangan cintanya, eh gg taunya ngomongin lut dan langit!
    hehehe...

    BalasHapus
  29. kalo senja oranye itu karena pantulan laut jugakah?

    BalasHapus
  30. @Kaito' Pasca Driyarkara : kalau blog saya sebiru laut sob,, hehe

    @gunawan: karena belum terbiasa mas,nyebutnya,, hehe

    @Arif Zunaidi Riu: loh ada juga ya kata2 sebirunya hati

    @Sukadi : Setiap istilah muncul karena peradaban, dan semua akan terus berubah mengikuti perkembangan<--sepakat dgn ini mas,, seep,,trims masukannya

    BalasHapus
  31. @Phuji Astuty :salam ukhuwah kembali mbak,, trims ya kunjungannya

    @Wisata Murah:, hakekat cinta itu untuk saling menyelamatatkan<----sepakat bener dgn kata2 ini mas..

    @Sofyan : begitulah ceritanya mas,, hehe trims kunjungannya. :)

    @Punya.Tia : salam super kembali ya mbak tia :)

    @Sang Cerpenis : kalau bicara masalah cinta gak ada habis2nya mbak,,, hehe

    BalasHapus
  32. @zone : oh julukan lazio,, blue sky yah,,hehe,, hati saya sdh di selamatkan oleh pendamping saya kok mas,, hehe

    @Rama88: cinta kan juga ujudnya tdk keliatan mas,, hehe

    @Andy : bener sob karena masih bersih itu juga yg membuat penampakan jadi cerah..

    @21inchs : ntr akan saya kabar2kabari mas,,ini sdg menuju proses kok..:)

    @Kopiah Putih : karena ngomongi semesta lebih asik dari pada cinta2an mas,, hehe

    @Andaka Pramadya : nah kalo senja oranye itu karena peran dari partikel cahaya matahari,, seperti pelangi yg semu yg saya sebut diatas juga..

    BalasHapus
  33. teruslah bermimpi, karena apa yang kita alami hari ini adalah karena impian kita....salam kenal gan..

    BalasHapus
  34. wah... makasih mas infonya.. saya jadi tau.. hhehehe

    BalasHapus
  35. Dari hati ke langit biru... hehehehe..
    ijin baca aja mas..

    BalasHapus
  36. hatinya dibiruin aja mas~
    biar terangggg

    BalasHapus
  37. birunya langit itu pembiasaan dari biru laut ya om #baru tauu sayaa :D

    BalasHapus
  38. 'Kehidupan tidak pernah ada yang ideal sampai saya belajar untuk mensyukurinya'

    setuju sekali bro

    BalasHapus
  39. oh... plankton itu ternyata yang buat air laut biru ..^^ #sokngerti

    BalasHapus
  40. kalo langit di atas laut hitam warnanya apa?

    BalasHapus
  41. maaf setahu saya warna langit biru karena ada pembiasan cahaya... buktinya kalo malam ndak ada cahaya kan gelap tuh warna langitnya... maaf kalo salah... :D

    BalasHapus
  42. @Muro'i El-Barezy :salam kenal kembali ya sob,,:)

    @nuel :trims kembali ya mas

    @Muhammad Gustavie :silahkan mas semoga bermanfaat:)

    @jiah al jafara : nah hati kan warnanya merah loh

    @Sarah Narin :semoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  43. @r.a.c. cutting sticker : sepakat ya mas,, trims ya

    @Fahrie Sadah : bener sob,, :)

    @goldenfemale :walau namanya laut hitam kan tetep saja airnya biru sob,,:)

    @RanggaGoBloG : nah seperti yg saya cantumkan juga peran dari partikel cahaya matahari, keduanya saling mendukung warna langit mas,,

    BalasHapus
  44. indahnya langit biru yang ada karena pantulan dari air laut. laut kenapa biru? karena ada plankton dan kandungan garam. kenapa plankton menyebabkan terjadinya laut berwarna biru sob? hhehehhe ada ada aja nih saya nanyanya :D kalau terjawa alhamdulillah

    BalasHapus
  45. @farixsan: phytoplankton (tumbuhan berukuran mikro yang hidup didalam air) yang memiliki klorofil berwarna biru,,<--ini karena pengaruh partikel cahaya matahari juga sob..sbg sumber energi dari phytoplankton tsbt

    BalasHapus
  46. Saya pria yang bukan hanya menggunakan logika namun menggunakan hati . --> Mantap!

    juga infonya: singkat, padat jelas.

    untuk PR: nyantai aja, paling semakin menumpuk ntar, hehe

    BalasHapus
  47. halah..dari ber melow..melow..mlah jadi ber-IPA ria, hehehe

    BalasHapus
  48. hahaha....to be continue....

    nunggu lanjutannya oom..

    BalasHapus
  49. Bahasa diparagraf awal dalaem banget Bang ;)
    So, selamatkanlah hati sebelum menyelamatkan orang lain, hey hey, maaf ini bahasanya sok ngajari yak? Hehee...

    Meski semu, biru laut meski semu tapi tetap menentramkan yaa...

    PRnya kapan2 aja gpp:)

    BalasHapus
  50. teman memberikan kita kehangatan dan kebersamaan Om,.. jadi berbahagialah yang memiliki banyak teman,. heheeheh :D

    ok di tunggu OM,.......
    salam Budaya,.. :D

    BalasHapus
  51. tapi hati-hati jika dimanfaatkan oleh teman bisa sakit juga rasanya, sobat, biru yang damai dan lembut itu terkadang bisa membawa kita terhanyut dan lupa, tapi tanpa dipungkiri biru itu indah adanya .. ;)

    BalasHapus
  52. Atmosfer bumi terdiri atas gas-gas yang mengandung bermacam-macam partikel dan unsur. Dua unsur pertama yang terkandung dalam atmosfer bumi adalah oksigen dan nitrogen. Kedua unsur ini sangat efektif untuk manghamburkan spektrum cahaya tampak yang mempunyai frekuensi tinggi atau panjang gelombang yang pendek. Akibatnya, atmosfer bumi dengan mudah menghamburkan spektrum warna biru, ungu, dan nila yang mempunyai frekuensi tinggi. Mata manusia lebih sensitif terhadap warna biru dari pada warna nila dan ungu sehingga langit berwarna biru.

    BalasHapus
  53. Nuansa warna kehidupan itu seperti fatamorgana. Dia takterlihat namun dapat dirasa. Seperti juga dengan cinta ya Sob ? He...x9

    Maaf baru sempat mampir kemari.
    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  54. Dan tidak selalu pendaran atmosfer menghasilkan warna biru Karena saat matahari berada di horizon (saat terbit dan terbenam), lintasan yang ditempuh cahaya matahari semakin jauh sehingga jumlah kuning yang dihamburkan relatif lebih besar daripada warna jingga. Hal ini mengakibatkan intensitas warna jingga yang sampai di mata kita lebih dominan sehingga matahari terbenam/terbbit terlihat jingga.

    BalasHapus
  55. @alaika abdullah : iya nih mbak PR nya sdh numpuk nih

    @rabest : begitulah mbak ,saya suka pengetahuan

    @rofiek:di tunggu ya sob kelanjutannya

    @Yunda Hamasah : oh iya mbak blognya kok gak bs di buka ya

    BalasHapus
  56. @Activian : apapun itu makin byk teman makin bagus kan sob

    @Stupid monkey tanpa dipungkiri biru itu indah adanya .. ;)<---sepakat sob,,hehe


    @Ririe Khayan : makin komplit dan makin jelaskan bahwa itu hanya peran dari partikel matahari di atmosfir,,jadinya langit yg biru kan semu...bukan warna yg tetap..tapi di pengaruhi oleh elemen2 semesta lainnya.

    @Ejawantah's: trims mas kunjungannya kembali,,

    BalasHapus
  57. Stinggi langit itu
    Berwarna sangat biru
    Indah karna lautan biru
    sungguh aku baru tahu

    hehehe sungguh pengetahuan yang sip :)

    BalasHapus
  58. tadinya mau menyelamatkan malah perlu jadi diselamatkan yah :D, jadi mengharu biru gini

    BalasHapus
  59. Emangnya langit biru, perasaan hijau deh...

    BalasHapus
  60. Aseekk... nambah ilmu lagi..:)

    eheem...ada yang lagi gak muud, hayuu...muudnya di kemanain :p

    BalasHapus
  61. menyambung tali silaturahim disini,
    da menyimak birunya langit dan atmosfirr......

    BalasHapus
  62. Semoga hatimu hari ini dan seterusnya sebiru atmosfir.

    BalasHapus
  63. danau danau di kampungku sini juga suka terlihat biru airnya :)

    BalasHapus
  64. maaf agak telat mampir mas, mood BWnya lagi muncul hehehe

    BalasHapus
  65. wuih dalem neh kata2nya, mas. memang hidup berpasangan itu mestinya sanggup menjalani hidup yang penuh kerikil, lagian kan gak kerikil saja jalan ini. ada yang mulus dg hotmix.

    BalasHapus
  66. dan jika ada danau berwarna hijau/hitam itu karena kandungan mineral dan tumbuhan yang terdapat di dalamnya ya mas..?

    BalasHapus
  67. Sedang menuju proses?
    berarti belum proses?

    BalasHapus
  68. wah baru tau saya kao langit biru gara2 laut,setiap berkunjung ke sini saya dapat ilmu baru,trimakasih untuk ilmunya

    BalasHapus
  69. bener juga ya, kalau di luar angkasa sana warna langit dah menjadi gelap...

    BalasHapus
  70. kalo semu itu bagaimana ya kang?

    semu warna yang rada-rada gak jelas

    BalasHapus
  71. semu .. ini suda jarang di ucapkan

    BalasHapus
  72. Luat berwarna biru karena langit.Sedangkan jika rawa bagaimana ya?banyak ilmu baru di sini:)

    BalasHapus
  73. Huehehe, sebirunya atmosfer... Ide yang bisa diterima. :)

    BalasHapus
  74. waah jadi ternyata warna asli langit itu putih yaa mas?? hmm, dan birunya berasal dari laut.. keren, dhe baru tahu.. hehe :D

    BalasHapus
  75. @anisayu :langit yang biru
    lautan juga biru
    hati haru biru
    sungguh mbak anisayu paling tau
    he.hehe.....:)


    @uci cigrey :perjalanan hidup tidak bisa ditebak,rescue time


    @Muhammad Fajar :semua itu dipengaruhi spektrum cahaya dari atmosfir bumi,seperti pelangi mejikuhibiniu

    @Naya Elbetawi :sibuk mengerjakan tugas rutin,..ehehe :)

    @zaenal blog :salam kembali,smoga bermanfaat

    BalasHapus
  76. @arqu3fiq :trims saya kan penggemar biru,slalu

    @Ely Meyer :berarti benyak mengandung pytoplanktonnya,dan juga langit slalu biru jika cuaca cerah


    @Lidya - Mama Pascal :don't worry,senang udah bw mbak.....

    @rusydi hikmawan :lancar aj kurang menarik perlu kerikil mengatasi kebosanan,agar tidak monoton,...ehehe..

    @ketty husnia :ya seperti itu,asal jangan hati yang hitam ya,,,,,:)

    @21inchs :menuju yang serius mksudnya ...:)

    BalasHapus
  77. @BLOGCUNAYZ :trims smoga bermanfaat

    @HALAMAN PUTIH :pengaruh dari atmosfirnya dan cahay matahri serta air laut

    @kautau[dot]com :semu bukan warna sebenarnya~ maya/tidak nyata.langit berwarna biru ya sebenarnya karena pantulan air laut yang biru ke atmosfir dan juga peran dari bias partikel cahaya matahari..kalau tidak ada atmosfir langit akan terlihat hanya hitam gelap kosong belaka.

    @seo tools12 :jarang memang,dalam cerita/novel sering disebut wajah bersemu merah,harapan yang semu,dll


    @Bisnis Online Blog :rawa adalah lumpur,tanah yang mengandung air bukan 100% air

    @Asop :bukan atmosfir yang biru tapi warna biru dipengaruhi atmosfir,cahaya dan air laut,begitu kang...


    @LintasKoran :you're welcome


    @dhenok habibie :langit itu ya diluar angkasa bahkan luar galaksi gak keliatan warna aslinya(seperti background blog saya),dari bawah baru nampak biru

    BalasHapus
  78. wah tambahan pelajaran sekolah, penting ini

    BalasHapus
  79. walaupun birunya langit dan warna pelangi itu semu,ttp aja aku suka,krn aku menyukainya bkn krn semu atw tdk, aku menyukainya krn ia indah #halahngawur :D

    BalasHapus
  80. salam sahabat
    la,ma juga saya tidak nongol dan postingannya membuat saya tercengang dengan untaian kisah hikmah yang tercipta

    BalasHapus
  81. @atdayyan :ya smoga bermanfaat...


    @Juwita Hsu :sesuatu yang indah bukan karena bentuk tapi perasaan orang yang memandang,lumrah tentunya...:)


    @Dhana/戴安娜 :salam kembali,smoga postingan saya yang tidak seberapa ini tetap bermanfaat bagi semua....:)

    BalasHapus
  82. seperti biasa,,,salam silaturahmi ku ucapkan kepada sobat
    saat membaca diawal, sepertinya agak melo, trus dan trus, sampai di akhir lha kok ada IPA nya

    Salam silaturahmi sob

    BalasHapus
  83. waaah kalau atsmosfernya biru juga bosen nanti liat wrn biru semua..hehe

    BalasHapus
  84. oooo.. ternyata birunya langit itu hanya pantulan saja ya...

    baru tau aku,

    BalasHapus
  85. ternyata langit berwarna biru itu karena pantulan air laut ke atmosfir ya.
    ane sangat menyukai gaya tulisan sobat yang menjabarkan sesuatu dengan gamblang dan indah.tapi mana updatenya/ hehehehe

    BalasHapus
  86. peranh suatu ketika di tanya sma keponakan, kenapa langit berwarna biru? Deek, sya jadi mikir jawabanya dgn pke jawaban dari pantulan laut hehe setelah singgah disini ternyata jawaban saya salah deh haha maaf keponakanku :D

    Makasih postinganya mas :)

    BalasHapus
  87. ahhaha,, iya ya,, sama2 semu berarti,, awkakwak,, :D

    BalasHapus
  88. memegang kendali sebagai laki2 thd wanita bukan diartikan kita sebagai super powernya ya sob...
    karena ada dimensi2 lain dari wanita yang kerap membuat sukses seorang lelaki...

    BalasHapus
  89. @Indonesia :salam silaturahmi kembali,biar hanyut dulu mas baru masukkan ilmunya,begitu...:)

    @Kertas Kecil :disitu fungsinya awan terjadi perpaduan warna biru dan putih dengan bentuk2 yang unik seperti gambar postingan saya....

    @Farobi :bener tuh farobi...eheheh...


    @Wisata Murah :ya ditunggu aja ya mas...:)

    @Yayack Faqih :terjadinya karena pantulan air laut yang biru ke atmosfir dan juga peran dari bias partikel cahaya matahari,saling kerjasama,trims sudah berkunjung..

    BalasHapus
  90. @Rama88 :trims kunjungannnya....:)


    @DHENYSHARE :silahkan,monggo,smoga bermanfaat....:)

    @bensdoing :tidak bermaksud berkuasa tapi melindungi karena kita saling melengkapi,ya kan sob?

    BalasHapus
  91. saya suka warna biru.
    mengenani cinta, cinta itu memang rumit ya..

    BalasHapus
  92. @Bagi yang punya masalah:Intinya, cinta itu indah dan rumit ,susah di kendalikan...sob...ehehe:)

    BalasHapus
  93. Dan saya suka saat garis horizon seolah menjadi pembatas antara langit dan laut mas *eh, komen OOT sepertinya* hihihi

    BalasHapus
  94. klo maslah teman hidup pastilah semua cenderung ingin punya tman hidup yg serba bisa n mengerti diri masing2,,,tp semua kembali ke diri qt sendiri apa qt bisa menjadi seseorang yg didambakan pasangan hidup qt?? saya kira berat,,karna butuh jasmani n rohani yg bebet bibit bobotnya mumpuni :)

    BalasHapus
  95. apa pun itu, biru always the best laaahh ya Mas :D

    ayoo Mas, semangaatt dunks ;)

    BalasHapus
  96. biarlah dikatakan biru, meskipun hanya sesaat. Sebab dalam birunya itu berbagai makna dapat tertuang dalam diam :)

    BalasHapus
  97. suer aq baru lho mas...!

    jadi PR ni buat para pujangga, agar jgn pake kata2 'Sebiru langit', tp sebirux atmosfir hehe..,

    'Sayang hari ini matamu sebiru lang...eee., mksdx sy matamu sebiru atmosfir, hhehe....

    BalasHapus
  98. bisa juga sebiru partikel matahari hahaha........

    BalasHapus
  99. sama dengan cerita saya. pada akhirnya hati kita yg mesti diselamatkan ^^ hhhee
    salam kenal mas.
    eh, bener ya namanya al kahfi?

    BalasHapus
  100. kunjungan ..
    sukses selalu ..:)

    BalasHapus
  101. SaLam manis untuk rangkaiian katta
    yg Indah :-)

    BalasHapus
  102. SaLam manis untuk rangkaiian katta
    yg Indah :-)

    BalasHapus
  103. dalam hidup kita memang perlu mempunyai teman,,tapi berhati" lah dalam menilai dan memilih teman,,kadang baik didepan tapi dibelakang busuk.. salam blogger

    BalasHapus
  104. intinya ga selamanya mereka teman atau sahabat yang kita anggap baik akan baik untuk selamanya,,kadang kebaikan teman kita sendiri mempunyai maksud dan tujuan yang buruk..atau malah menjadi petaka untuk kita sendiri.. nice post

    BalasHapus
  105. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    New Promo ( khusus produk 998bet )
    - Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
    - Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
    ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

    Promo Terbaru :
    - Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
    - Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
    - Togel Online ( Klik4D )
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus