Sabtu, 21 Januari 2012

( CS ) : Lelaki tua itu sudah tiada

Andai saya tahu, mungkin saja esok matahari tak kembali lagi dan saya cuma punya waktu hari ini. mungkin, itu juga alasan mengapa saya selalu merindunya. Saya selalu  merasa khawatir ditinggalkan waktu,belum banyak yang kuperbuat tuk kebaikan di kehidupan ini.

Juga yang namanya cinta ,kemana cintaku yang dulu yang pernah ada ,apakah cinta yang dulu itu sudah lama pergi,,ntahlah saya tidak ingin hanya merasakan sayang ,yang kubutuhkan juga rasa cinta hanya untuknya. seperti yang  kurasakan saat ini hanya hal sederhana, tetapi entah mengapa  tak habis-habisnya ia menyesaki sudut-sudut yang namanya hati.terkadang, memang selalu ada saat saat seperti saat ini, hmmm,,merindu tak beralasan.

Sudah tidak sepantasnya saya bermelow2,,lihatlah diluaran sana ,betapa banyaknya kehidupan nyata yang penuh penderitaan,,seperti kejadian sore kemarin.

Sudah beberapa bulan ini saya melihat seorang lelaki tua hidup sebatang kara di pasar itu, tinggal di pojokan selasar ruko kosong di samping trotoar, dijalan yang sering kulalui kalau kekantor. Tubuhnya dekil, perutnya selalu kempis, matanya cekung seolah-olah ingin mengatakan sesuatu. Dia tak pernah sekalipun kudengar bicara. Hanya matanya yang seolah ingin mengatakan sesuatu,

Entah oleh sebab apa, sore kemarin ia ditemukan mati. Ketika sepulang dari kantor, kulihat kerumunan para pedagang pasar itu yang hanya Cuma bisa melihat,jasad tua renta tak ada siapa siapa sebatang kara. Di sampingnya kulihat sekotak kardus berisi lembaran ribuan, Saya hanya menerka, uang itu dari siapa dan kemudian untuk apa. Di kesehariannya, belum pernah sekalipun kulihat ia menengadahkan tangan, mencoba mengharapkan sedekah. Mungkin saja untuk ongkos orang yang rela mengeluarkan keringat karena akan mengangkat jasadnya kelak, atau mungkin saja untuk tukang gali kubur nantinya, ntahlah saya hanya menerka2.

Beberapa hari yang lalu, sebelum mati, kulihat nasi bungkus itu tak di sentuhnya masih utuh beserta kantung kreseknya, ya selama ini setiap sepulang kerja kusempatkan hanya sekedar meletakkan sebungkus nasi disampingnya,karena ia memang tak pernah berbicara ,Sudah tiga hari juga kulihat dia berdiam ,bergerak dari tempatnya pun tidak. Lelaki tua itu hanya tidur melingkar, menghadap ke jalanan. Dan itu jadi pertanda pertemuan terakhir saya dengannya.


Hikmahnya yang saya temui dari nasib si lelaki tua.

  • jangan terlalu berlarut dalam kesedihan tentang cinta dan tentang rejeki yang selalu dianggap kurang, karena ada orang yang lebih sedih alias "miskin papa"..seperti pengemis yang tidur di pinggir jalan setelah bangun ia harus menghadapi kenyataan bahwa ia itu tidak bisa apa-apa.. saya sangat beruntung karena saya bukanlah salah satu dari mereka.
  • cintailah orang tua kita selama hidupnya, Jangan tunggu menyesal nanti.. Karena hidup itu ga ada yang akan abadi....
  • selagi masih ada kesempatan hidup,saling berbagi dan berbuat baiklah kepada sesama..


sumber dari sini 

Al Kahfi berpartisipasi dalam 'Saweran Kecebong 3 Warna'  yang didalangi oleh Jeng Soes - Jeng Dewi - Jeng Nia, disponsori oleh Jeng Anggi, Desa Boneka dan Kios 108.

163 komentar:

  1. jd berfikir bgm nanti mati apakah ada yg mengurus jenazahku
    semoga lelaki tua itu dimudahkan urusan akhiratnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. umahnya fityanakifah:insya allah kita semua diberi kemudahan yang sebaik2nya dari allah dunia dan akhirat,juga lelaki tua itu,amin .....:)

      Hapus
  2. amin.

    Pada saat lahir, diri kita menangis lalu di sekitar kita banyak orang tersenyum. Buatlah keadaan terbalik saat kita mati, buatlah orang lain menangis dan diri kita tersenyum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aris widodo:smoga banyak kebaikan yang kita bawa sehingga dapat tersenyum saat tiba waktunya,amin...)

      Hapus
  3. sediiiih.... kemana sanak familinya...?

    ya Allah semoga Allah senantiasa menghindari kita dari kesendirian ketika di hari akhir nanti... amin..

    semoga lelaki tua itu mendapat tempat yg baik disisiNya ya.. tak seperti tempat yg ia tinggali di dunia fana ini.. amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lyliana Thia:amin,smoga doa2 kita bisa sedikit membantunya kelak dimana tidak mengenal sanak familinya ya mbak...:)

      Hapus
  4. Semoga apa yang telah kita lakukan semasa muda adalah yang terbaik untuk investasi masa tua mas, semoga pas diakhir ajal kita, kita senantiasa diberikan kemudahan serta kebahagiaan untuk melepas dunia ^_^ Sudah lama gak kesini nih mas, jadi kangen hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. BasithKA:amin...amin smoga slalu kebahagiaan menyertai kita semua dunia wal akhirat,trims suda berkunjung mas,,,hehe..:)

      Hapus
  5. dan aku tersadar, semakin tua aku, semakin jauh aku dari kebaikan. apakah ini akan selamanya, atu hanya sekejap saja. tapi miris juga kalo sadar, bahwa hidup tak untuk selamanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arif Zunaidi Riu Aj:disaat kita sadar inilah mulai untuk membenah diri menjadi lebih baik,tidak hanya mengejar dunia tapi akhirat kelak abadi,jangan tunggu sampai ajal menjemput.....:)

      Hapus
  6. Orang tua yang malang. Kemana anak-anaknya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. [L]ain:ntahlah smoga slama didunia dia tlah menanam kabaikan shingga tinggal memetik hasilnya ,amin....

      Hapus
  7. Kehidupan memang sangat beragam,kasihan sekali kakek kakek itu. Disamping itu kita juga harus bisa mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan saat ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asep Saepurohman:jangan pandang keatas tapi pandanglah kebawa masih banyak yang kurang dari kita,dan bersyukurlah untuk itu ....:)ya kan kang ?

      Hapus
  8. Semoga sebentuk perhatianmu menjadi tabungan amal baik ya Bang :)

    Dan buat laki2 tua ini, semoga juga mendapatkan tempat yang layak disisi-Nya ya...

    Hhhmmm, lagi rindu Ayah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yunda Hamasah:amin,ya mbak jadi ingat orangtua betapa saya belum bisa membalas kebaikan mereka selama ini yang telah memberi keidupn dan mendukung setiap langkah2 saya,,,,:)

      Hapus
  9. Innalillahi.... T_T smoga segera ada yang mengurus jenazah beliau #spechlesss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naya Elbetawi:insya allah masih ada setitik nurani dihati mereka untuk mengurusnya mbak....:)

      Hapus
  10. Itulah sebagian potret rakyat indonesia ada saat ini,di potret itu masih banyak & teramat banyak dinegeri ini
    maka dari itu kepedulian kita terhadap sesama harus selalu di korbarkan agar tidak ada lagi orang seperti almarhum kakek itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Andy:bener mas disaat orang hanya mengejar dunia kepedulian sesama diabaikan memperkaya diri dengan menindas yang lemah,smoga kita tidak termasuk didalamnya.....heeeehhhhe :)

      Hapus
  11. jadi inget bapak tua yg sering lewat ditempat kerja,, sekarang dia tak pernah lewat.... kemana??? T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah al jafara:anggap dia sedang ada urusan lain mbak sehingga tidak lewat seperti biasa,positive thingking aja....^-^

      Hapus
  12. siapapun lelaki itu,semoga dia mendapat tempat yang terindah di sisi Tuhan, pemilik kehidupan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nicamperenique:amin,smoga doa tulus dapat sampai kepadanya dan mendapat tempat yang terindah di sisi Tuhan.....^_^

      Hapus
  13. malang sekali nasibnya...
    sepertinya masih banyak orang yang bernasib sama seperti itu dinegeri ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dunia Piyen:kemiskinan masih melanda,ketidakperdulian sesama masih kurang,ayo jangan menambah lagi kemiskinan berusaha bekerja dengan giat dan sungguh2,manfaatkan waktu dengan hal2 yang berguna tentunya.....:)

      Hapus
  14. Semoga bapak tua itu diterima disisi Nya. amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annisa Reswara:amin....ya allah..

      Hapus
  15. kunjungan pagi sobaattt
    Hmmm sedih rasanya dengar cerita sobat
    Apalagi beliau tidak punya sanak saudara :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. rizki_ris:slamat datang,pagi2 disuguhi cerita sedih ni supaya bisa interospeksi diri untuk lebih baik....eeehheheh ..:)

      Hapus
  16. ya ampuuun.. jangan sampe papaku nanti begitu.. sesusah apapun, sesulit apapun,jangan sampailah meninggal di tepi jalan tanpa ada yang membimbing mengucap syahadat terakhir.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. suci nabbila:jika anaknya soleh tentu tidak akan membiarkan hal ini terjadi maka jagalah slalu orangtua jika masih hidup dan doakan bila sudah tiada....amin..

      Hapus
  17. Innalillah.... semoga arwahnya diterima ALLAH swt.
    Pasti mas Kahfi terbayang-bayang ya?? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tarry KittyHolic:amin,ya hikmahnya jangan terlalu berlarut dalam kesedihan,cintailah orang tua kita selama hidupnya dan saling berbagi dan berbuat baiklah kepada sesama.. :)

      Hapus
  18. Segala sesuatu Milik Alloh Dan PASTI akan kembali KepadaNya.

    seperti yang sama kita ketahui.Rosul bersabda, penghuni surga itu terdiri dari para fakir miskin.....
    Dan semoga Bapak tua itu diterima disisihNya. Al Fatikhah

    =====================================================
    oh ya semoga posting pendek ini juga jadi catatan amal kebaikan sobat.. barokalloh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisata Murah:amin,semua yang hidup akan kembali padaNya dengan segala amalnnya....

      Hapus
  19. Semoga Arwahnya di terima oleh Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arqu3fiq:amin,kita doakan saja mas...:)

      Hapus
  20. Puff kesepian dari kesendirian di masa tua menyedihkan... Semoga beliau mendapat Rahmat dan kesenangan di akhirat ya mas... Dan jadi renungan bagi kita yg masih hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nufus:amin setiap peristiwa ada hikmah didalamnya tinggal kita memahami dan mengamalkan dikehidupan sebelum tiba masanya.....

      Hapus
  21. aku terharu bacanya kang...smoga Allah SWT menempatkannya di tempat yang layak dan indah,aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Phuji Astuty Lipi:amin smoga kita bisa ambil hikmahnya.....

      Hapus
  22. ya kadang kita hanya melihat masalah kita padahal di luar sana banyak yg punya masalah lebih berat dari masalah kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :bener tuh mbak,ringan atw beratnya masalah tergantung sudut pandang kita dalam mengatasi maasalah tersebut,ringan jika dipandang ringan dan berat bila kita pandang begitu jua...eehhehhe :)

      Hapus
  23. sebetulnya kalo diajak bicara kita akan lebih tau dia siapa. bener kok, kalo melihat orang lain yang lebih susah kita merasa sangat beruntung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepedulian soasial terhadap orang lain perlu ditingkatkan untuk mencegah ini tentunya ...mbak :)

      Hapus
  24. miris bener negeri kita.
    smoga beliau lapang di "negeri" sana.. amiiinnn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ...ya allah,smoga ada hikmah tersampaikan....:)

      Hapus
  25. pada saat beliau msh hidup banyak org2 menyikapinya dgn biasa biasa saja, setelah beliau mati mungkin saja ada beberapa org yg merasa kehilangan sosok beliau... Potret kisah kakek tadi mencerminkan kondisi negri ini yg jauh dari apa yg sering di pertontonkan anggota dewan yg terhormat. Hikss harga kursi aja harus di beli dgn jumlah duit rakyat senilai 9 juta yg membengkak menjadi 24 juta :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. :maka perlu mensyukuri setiap detik hidup kita,rezeki yang kita dapatkan,kasih sayang orangtua,laksanakan kewajiban baru menuntut haknya,beramal untuk kehidupan yang lebih abadi lagi....insya allah..:)

      Hapus
  26. sedih banget mereka....
    seharusnya kita bisa lebih memperhatikan mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. miris. kemana ya keluarga nya? tidak pedulikah dengannya.

      Hapus
    2. zone:masih banyak kehidupan yang dibawah kita dan harus disyukuri tentunya.....berusaha lebihbaik dan saling berbagi....:)


      t h y a:ntalah mbak,mungkin jalan hidupnya meninggal tanpa didampingi keluarga,miris memang...:)

      Hapus
  27. Balasan
    1. itula hidup smoga kita di jalan yang baik ya mas...amin:)

      Hapus
  28. benar, jangan larut...
    jangan larut..
    nanti tenggelam :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh mbak kita hidup masih panjang banyak yang harus dikejar,semangat....:)

      Hapus
    2. siaappp!
      SEMANGKA
      semangat karena Allah!

      Hapus
  29. salam sahabat
    hanya sebait kata dengan ungkapan IBA dan TERHARU
    semoga sukses ya
    maaf telat

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kembali dan sukses juga slalu menyertaimu dimanapun sahabat...:)

      Hapus
  30. Hikmah point pertama itumas, sangat saya rasakan.
    Terimakasih..
    Sukses GA-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga hikmah dari cerita itu bisa membuat kita menjadi manusia yang lebih baik lagi....ya mas?trims supportnya...:)

      Hapus
    2. Amin...
      Belum ada yang baru ni mas?
      Hehehe..

      Hapus
  31. Menyapa sahabat di pagi hari minggu meskipun hanya dengan senyuman semoga akan menjadi sebuah kebaikan

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
    Balasan
    1. senyum itu ibadah loh,smoga langakah awal hari ini ke depan lebih bermakna....:)sukses selalu....

      Hapus
  32. semoga jasadnya d'terima d'sisinya dan kita selalu bisa mendapatkan hikmahnya dari kejadian tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin dan kita bisa lebih mensyukuri akan arti hidup kita ke arah yang lebih baik....:)

      Hapus
  33. terharu baca ceritanya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims,itu hanya segelintir cerita dari berjuta2 rakyat indonesia yang memiliki problema hidup yang berbeda2 seperti saya dan juga sobat blogger yang lain...:)

      Hapus
  34. Miris dan benar-benar speechless liat fotonya.
    tulisannya benar-benar menginspirasi.
    semoga almarhum diterima disisi-Nya :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin...dan smoga hikmahnya dapat menginspirasi kehidupan kita juga sob...:)

      Hapus
  35. jadi bagaimana kelanjutannya mas, siapa yang menguburkan bapak tua itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada akhirnya pengurus masjid yang ada di sekitar pasar yang mengurus pemakamannya....

      Hapus
  36. jadi penasaran kelanjutannya nih....

    moga sukses ngotesnya ya bang... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada akhirnya pengurus masjid yang ada di sekitar pasar yang mengurus pemakamannya....sama jawabannya dengan mbak dhenok

      Hapus
  37. ada award untukmu mas...http://puteriamirillis.blogspot.com/2012/01/seven-shadow.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. innalillahi...semoga arwah beliau tenang di sisiNya..alfatihah...

      Hapus
    2. trims ya mbak atas awardnya ntr akan saya ambil dech,,

      Hapus
  38. Balasan
    1. hehe,, sambil menyelam minum air mbak,,

      Hapus
  39. Kasihan ya.. Semoga lelaki tu itu kini sudah berbahagia di alam sana..

    Makasih partisipasinya, sudah dicatat sebagai peserta..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mbak sdh di terima tulisan sederhana ini,,hehe

      Hapus
    2. Mas, maapkan Mak Cebong 3 baru datang. Saya ga bisa buka kotak komen, makannya nimpal di bawah Mak Cebong 1 ajah deh :-)

      Tulisannya bikin gw treharu. Semoga Bapak itu berbahagia disana. Amien

      Thanks udah mo berpartisipasi di Sawerannya Mak Cebong. Masih ada 2 kategori Mas kalo mo disikat bersih :-)

      Hapus
  40. Waktu hidup kita di dunia ini hanya sebentar , dengan membaca tulisan ini , bisa terketuk hati nya untuk senantiasa berdoa kepada Tuhan... subhanallah... Semoga kita mati dalam keadaan mulia. [sandyprayoga.com]

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims kembali sob,, smoga bisa menjadi cermin hidup

      Hapus
  41. Kunjungan perdana gan :D
    ditunggu kunjungan baliknya sekalian beri dukungannya untuk saya untuk menang lomba SEO nya, Thanks :D

    BalasHapus
  42. Kunjungan perdana gan :D
    ditunggu kunjungan baliknya sekalian beri dukungannya untuk saya untuk menang lomba SEO nya, Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sob,, akan berkunjung balik,,:)

      Hapus
  43. kayaknya saya tahu lelaki itu,,tapi tak patut saya ucapkan disini (hehehe)

    visit back sob dan comment ya,,

    BalasHapus
  44. sebelumnya saya do'akan semoga orang tua itu mendapat rahmad dari yang Maha kuasa. setelah saya simak sekian lama tulisan mas,sampai saat ini masih jadi bahan pertanyaan bagi saya dan saya pikir apakah mas tahu apa yang ada dalam pikiran orang tua tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin....ya selama ini setiap sepulang kerja kusempatkan hanya sekedar meletakkan sebungkus nasi disampingnya,karena ia memang tak pernah berbicara,jadi tidal kenal secara dalam.....

      Hapus
  45. banyak hikmah yang bisa dipetik dari cerita ini,, terima kasih banyak sobat....

    BalasHapus
  46. saya belum pernah jadi saksi mata kematian orang, saya hanya baca di koran, kalo di daerah saya ternyata ada yang mati, seorang bapak2 atau anak2, karena kemiskinan dan kelaparannya. saya jadi bersyukur dg keadaan sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. smoga kita jadi orang yang slalu bersyukur....:)

      Hapus
  47. entah kenapa aku kurang suka dengan peminta minta
    tapi kepada fakir yang tak mau minta aku malah suka memberi
    selalu kuingat pengalaman pribadi saat aku jadi gelandangan di kolong jalan layang pasar senen beberapa tahun lalu
    terasa banget kalo hidup itu memang tak pernah pasti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman sesuatu yang tidak mudah dilupakan smoga manfaat yang baik terambil didalmnya...:)

      Hapus
  48. Semoga ini menjadi sebuah nasehat kebaikan untuk kita semua dan sukses untuk lombanya ya Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,smoga ada manfaaaat tercapai ....:)

      Hapus
  49. kasihan memang kalo melihat orangtua yg hidup sebatang kara....kasihan krna harus menanggung sakit sendirian....smoga lelaki tua tsb diberikan tempat terbaik disisiNYA...

    terimakasih mas kahfi atas partisipasinya...sdh tercatat sbg peserta...

    BalasHapus
  50. akhirnya bisa masuk juga buat comment...
    Semoga sukses dengan GAnya...btw,tumben neh ikutan GA Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...kebetulan postingan sesuai dengan moment itu jadi sekalian aja.....:)

      Hapus
  51. sangat menyentuh..memang terkadang banyak sekali ibrah yg dpt kita pelajari dari sekeliling kita, smg menang ngontesnya..kahfi...

    BalasHapus
  52. semoga hikmanya bermanfaat ya kak....
    sukses deh,

    BalasHapus
  53. Sudah lama ngak kemari, apa kabarnya Al...moga sehat selalu ya.

    Hikmah yang bermanfaat tentunya yang bisa kita ambil dari cerita ini.
    Sukses utk kontesnya

    BalasHapus
  54. Semoga lelaki tua itu tenang disisinya, Amin..

    BalasHapus
  55. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you,ditunggu folbacknya....:)

      Hapus
  56. inalillahi wa'inalillahi rojiun....armarhuk berada di surga yang damai...

    BalasHapus
  57. Lelaki tua yang Malank,
    sepenggal Doa untuknya"Inna lIllahi wa Inna Ilaihi raji'un"
    smoga bisa diambil Hikmah dan pelajaran bagi yang msh hidup...
    sabar dan selalu bertawakkal kepada-Nya merupakan kunci kehidupan ini,
    nicec share sobat lkahfi

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims untuk kunjungannya sob....:)

      Hapus
  58. inalillahi wa'inalillahi rojiun.... smg amal ibadahnya diterima, dilapangkan kuburnya, dilepaskan dr sikasa kubur dan ditempatkan ditempat yang mulia.
    Mas.... makasih ya renungannya , mengingatkan slalu pada kedua org tua saya yg di padang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin,smoga orangtua kita slalu diberi kehidupan yang lebih baik.....:)

      Hapus
  59. Semoga Amal Ibadah di terima Allah.Aamiin.Terimakasih atas taujihnya, mengingatkan saya yang lagi berjuang untuk membahagiakan bunda saya, sahabat, adik2.Mohon doanya ya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. min saya turut mendoakan smoga tercapai hajatnya,,,,:)

      Hapus
  60. Wah dapet Pengalaman bagus lagi nih makasih gan

    BalasHapus
  61. Tergerus, menipis nurani. ah, miris sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah hidup,smoga bisa mengambil hikmanya....:)

      Hapus
  62. trenyuh. kadang kita terlalu meratapi nasib, sampai merasa seolah kita yang paling menderita. padahal, bisa jadi apa yang kita alami tidak ada apa-apanya dibanding penderitaan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersyukurlah slalu dan smoga diberi kemudahan dalm hidup kita,happy blogging....:)

      Hapus
  63. dalam meniti kehidupan sebagai hamba-NYA, senantiasa-lah melihat kebawah agar jiwa penuh rasa syukur atas segala yang telah dimiliki dan senantiasa-lah menatap keatas sebagai motivasi untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik di dunia dan di akhirat,
    btw-turut berduka cita atas kepergian sang bapak tua menghadap SANG KHALIQ, semoga ALLAH melapangkan jalan-nya menuju surga-NYA

    BalasHapus
  64. Miris. Alasan seseorang buat menyendiri terkadang bukan karena dia emang pengen sendiri, bisa jadi karena dari awal gak ada yang peduli. Semoga gak ada lagi kejadian sedih kayak gini.

    Nice posting. Suka banget sama postingannya. ^^

    BalasHapus
  65. sungguh cerita yang menyentuh, memang itulah kehidupan...

    BalasHapus
  66. rizki ntu yang sering banyak dikeluhkan. . . aku pun kadang demikian. . . merasa buntu ketika berfikir gak ad pemasukan...

    BalasHapus
  67. suka ngeri saya gan jika berbicara tentang kematian,

    BalasHapus
  68. kayaknya ni postingan bakal ngegondol sesuatu....
    :)

    BalasHapus
  69. wah, miris sungguhhHh..
    tdk dpt dbayngkan sgla yg trjdi dlm realita khdupan..
    hmMmm
    slm, sya bru muncul lgi ni, trnyta lama brsemedi.
    hohoho

    BalasHapus
  70. wah, sungguh miris rsanya
    ktka mlihat realita khdupan yg amat keras..
    slam, sya muncul kmbli
    lma tlah bersmedi trnyta kgn jga..
    hohoho

    BalasHapus
  71. Segala sesuatu pasti ada hikmah

    BalasHapus
  72. Hidup ini sungguh bagaikan roda yang berputar. :(

    BalasHapus
  73. Ikutan juga ya Mas,,, ;)

    Ternyata, orang2 sukses adalah orang yang perduli pada sesama, sekecil apapun itu...

    Makasih Mas, atas sharenya...
    Keep posting ;)

    BalasHapus
  74. slm, sya knjung kmbli..
    dtunggu pstingan brkutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaps bener banget.di tunggu update yang selanjutnya ya...

      Hapus
  75. benar gan cintai dan sayangi kedua orangtua kita selagi ada kesempatan untuk berbuat baik kepadanya

    BalasHapus
  76. YUp... aku mngkin hanya bisa berhrap dalam do'a agar merka diberik penerangan yang terbaik slama mnjalani kehidupan yang berlIku.
    AKu dulu srng menemui bapak tua yang menjual pot. setiap malamnya ia hanya duduk di depan pagar rumah kosong di jalanan raya. ia hanya bisa melamun dan memperhatikan kendaraan lalu lalng. sdih rasanya... namun skrng sudha tak terlihat lagi...


    saya stuju sayangi ORTU... Krena ridoY orgtua ridlonya ALloh...

    BalasHapus
  77. sebuah tulisan yang membangkitkan jiwa
    tak hentinya ku ucap rasa syukur kepada sang Pemberi
    ya robb ampuni aku

    alangkah beruntungnya kita, dibanding kakek tua itu

    salam silaturahmi sob ==> lama tak bersilaturahmi

    BalasHapus
  78. Terima kasih udah ngingetin..
    semoga amal diterima sama yang diatas..

    BalasHapus
  79. saya terharu dengan pengalaman ini
    hal ini juga bermanfaat untuk kepedulian kita kepada oarang yang tidak mampu, walaupun kita tidak kenal

    BalasHapus
  80. hidup layak adl hak setiap orang namun tidak semua orang bisa hdp layak & Kejadian di atas bisa menimpa siapa saja termasuk kita, keluarga kita, teman kita...waktu terus berjalan apa yg sdh bisa kita beri kpd orang yg ada disekitar kita...???

    BalasHapus
  81. ikut sedih juga baca tulisan ini, semoga lelaki tua itu mendapat tempat yang bahagia disisiNya

    BalasHapus
  82. kunjungan gan .,.
    bagi" motivasi
    Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
    karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
    si tunggu kunjungan baliknya gan.,

    BalasHapus
  83. sedih bacanya... ya alloh T_T

    BalasHapus
  84. nice posting....
    ngebacanya sampai terharu....

    BalasHapus
  85. Sahabat bukan tentang siapa yg telah lama kamu kenal, tapi tentang siapa yg menghampiri hidupmu dan tak pernah meninggalkanmu.

    BalasHapus
  86. Trenyuh membacanya, seolah sedang menonton kejadian nyata...ditambah lagi dengan adanya instrumental piano!

    BalasHapus
  87. Patut untuk menjadi sebuah renungan....

    BalasHapus
  88. Gambaran realita kemiskinan yang masih mendominasi di Indonesia...

    BalasHapus
  89. Jadi sedih karena membacanya....ternyata masih banyak kemiskinan di negara kita...

    BalasHapus
  90. Kudu nangis,Mas moco tulisane sampeyan iki....

    BalasHapus
  91. kalou dibilng meski semuanye meski,buktinye bnyak org yg ambil uang negarah ,berati org yg ambil tu maseh miski.karn takut lpar jdi pans org meski jdi mti tdr dijln, emng seh selalku kit masyrkat biasa nye kek gini lah g tau harus bilng am siap,,,,cum yg ad cerit kisah keidupn org miski yg bnyak di ambil untk carik untung yg bnyak,,,, cum kit harus ad perbanding am org2 disekitar kit ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,semong ad jln yg baik untk kit org biasa ,,,allah yg tau semua

    BalasHapus
  92. nice post,,satu pelajaran yang wajib kita petik dari sosok kakek dalam artikel ini,,semoga amal ibadah nya diterima disisi allah..amin

    BalasHapus
  93. intinya umur manusia memang tiada yang bisa menduga dan tau kapan kita meninggalkan dunia yang fana ini..salam blogger

    BalasHapus
  94. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    New Promo ( khusus produk 998bet )
    - Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
    - Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
    ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

    Promo Terbaru :
    - Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
    - Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
    - Togel Online ( Klik4D )
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus