Kamis, 12 Januari 2012

Tikus yang malang


Binatang pengerat yang paling di benci manusia,apalagi kalau bukan tikus ,mungkin semua orang selalu berpikir tikus adalah musuh yang harus di musnahkan bahkan lebih extrim lagi di bakar hidup2.

Maafkan saya tikus,saat ini masih belum saya temukan apa gunanya kamu di ciptakan di tengah2 habitat manusia,,kalaulah hanya sebagai rantai makanan,burung hantu dan burung elang sudah hampir punah sekarang,untuk mainan kucing bukankah kucing rumahan saat ini  sdh sangat penakut dan manja,kalaulah hanya untuk makanan ular, sementara ular pasti juga langsung di bunuh saat memasuki habitat manusia..

Waktu masih smp saya pernah mengalami digigit tikus. Waktu itu sepulang sekolah saya kesawah dengan teman2 bermain layangan.sambil memegang benang layangan yang sedang meninggi sayapun duduk di beteng sawah,tapi tdk lama itu saya di kagetkan oleh tikus sebesar marmut menggigit jempol kaki saya, 

spontan saya lari dan layangan saya tdk saya perdulikan liung melambai karena tungkul benang saya campakkan spontan. Ukurannya yang sebesar marmut bikin nyali saya ciut. Saya pikir mungkin tu tikus menyerang saya karena melindungi sarangnya yg di beteng tadi.dan apesnya juga layangan kesayangan juga nyemplung di petak sawah yg masih basah.

Saya kira itu pertama kali saya jadi jijik sama tikus. Sosoknya yang dekil, hitam, basah, bau, larinya cepat, bisa lompat juga menggigit. Tapi dulu saya tak pernah bertanya kenapa tikus bisa seperti itu. sampai sekarang kalau di ingat2 heran juga kok ada tikus yang menyerang manusia. Biasanya kan tikus itu penakut.

Karena ada sedikit dendam dgn tikus . saat masih kuliah,Waktu itu, tengah malam,terdengar grusak grusuk di dapur. Saya langsung mikir itu pasti tikus dan ini saatnya saya balas dendam. Sambil mengendap2 saya ambil sapu di balik pintu..dan benar adanya, terlihat tikus sedang makan di di samping keranjang sampah.

Dengan kekuatan penuh,”prak”, saya pukul keras-keras tikus itu tepat di kepalanya pakai gagang sapu dari kayu,sampai batang sapupun patah jadi 2, Tikus itu sekarat. Badannya menggelepar2, Darah mengalir. Akhirnya mati. Melihat tikus berdarah2 kok saya tiba2 kasihan ,dia kan Cuma mencari makanan sisa,apa salah tu tikus.seandainya ada pengadilan dunia tikus,saya sdh melakukan pembunuhan,bakal di hukum di penjara tikus,,hicks,,entahlah.. Saya taruh bangkai tikus itu di kantung di mana tadi dia baru saja mendapatkan makanan terakhirnya, sambil merasa bersalah.

Dan esoknya saya merasa serba salah berhadapan dengan tikus. Kali ini, lagi-lagi saat lagi mau mandi ,betapa kagetnya ada anak tikus yang entah bagaimana caranya tersesat di dalam bak mandi. Bak mandi tak terisi penuh dengan air.,saya langsung kepikiran,jangan2 ini anak tikus yang lagi mencari induknya yang sdh saya bunuh tadi malam,duch2 jadi kok kasian dgn nih anak tikus. Tu anak tikus berusaha untuk hidup. Si tikus kecil itu berenang-renang agar tak tenggelam.

Saya tak tega membiarkan ia mati di sana.. Tak tega pula membunuh anak tikus itu. Duch2 anak tikus piatu. Akhirnya saya angkut anak tikus itu pakai gayung. Buka pintu belakang rumah. Saya taruh dia di halaman. Kasihan, dia menggigil kedinginan. Serba salah saya jadinya. Tapi saya pikir biarlah. Biarlah hukum alam di luar sana yang memutuskan nasib tikus ini. Saya perhatikan tikus itu dari depan pintu. Perlahan dia menghilang, berjalan tertatih di celah2 rerumputan yang masih basah karena embun pagi.. 

Kasihan tikus. Pada dasarnya ia ingin hidup. Sayangnya ketika lingkungannya berbaur dengan lingkungan manusia, tikus dilarang hidup berdampingan dengan manusia. Merekalah yang dianggap menyerang lingkungan manusia.. Padahal, siapa yang lebih dulu menempati habitatnya, Seandainya ada pengadilan hukum agraria dunia tikus.

Akhirnya tikus hidup berdampingan dengan  lingkungan perumahan, tempat bermain bagi mereka karena menyimpan tempat petak umpet di celah2 rumah dan lebih menyenangkan untuk bertahan hidup dari manusia. Jangan-jangan tikus dianggap sebagai sumber penyakit karena keberadaan manusia dengan pola hidup yang tidak bersih.bukankah pada saat manusia tidak menempati ruang hidupnya ,tidak ada penyakit macam2 dari tikus..entahlah yang pasti tikus juga ingin hidup,sebagai mahluk ciptaan Tuhan juga.

156 komentar:

  1. wahh masyaAllah, kahfi membuatku memiliki pandangan yang berbeda tentang tikus..
    er-rrr.. tapi kaki adikku pernah digigit tikus sebesar betis manusia :(

    BalasHapus
  2. @nurmayanti: setelah di renung2kan tikus kan juga mahluk Tuhan, yang punya hak hidup juga toh mbak,, hehe

    BalasHapus
  3. benar ^^ hehehe~
    huaaaa tapi rasa takut dan anehnya tentang tikus nggak bisa ilang begitu aja, kahfi :(

    BalasHapus
  4. pernah membunuh tikus ternyata hihi
    kasian ya tikusnya hikz hikz :)

    BalasHapus
  5. @nurmayanti: bener sih mbak,, tapi juga kalau kita melihat dari sudut pandang si tikus,,mungkin juga tikus melihat manusia benci juga kali ,,:)

    @anisayu: itu dulu , mbak,,skrg udh merasa kasian..

    BalasHapus
  6. baru kmaren habis diraba tikus arggghhh.....
    sebel sama tikus tapi tikus tetep makhluk Tuhan,
    para ilmuan kan paling seneng tuh sama tikus, lumayan buat percobaan~

    BalasHapus
  7. @jiah: nah tuh salah satu gunanya tikus,,sbg bahan percobaan,,

    BalasHapus
  8. tikussss... aku ga suka sama binatang itu, nyebelin, ngaggetin sama bikin geregetan,ngerugiin pasti.

    namun lepas dari itu semua, dia tetep mahkluk Allah. itu saja yang kutahu ttg nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. namun lepas dari itu semua, dia tetep mahkluk Allah<----sepakat dech mas,,kalaulah di ciptakan tuk di benci tuh tikus juga tdk ingin jd tikus,,hehe

      Hapus
  9. hehhee...Nay aza langsung ngibriit kalo ada tikuss ngerii euy, setiap makhluk yang diciptakan ALLAH Subhanahuwat'ala kaga ada yg sia2 begitu pun dengan tikus pasti doski ngemban amanat dari sang khalik.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naya Elbetawi:ya sekecil apapun pasti ada manfaatnya,contohnya bisa sebagai bahan percobaan ...:)

      Hapus
  10. qolbu sobat dalam kondisi yang sangat baik. Menurut hukum BILLAH, rasa,gerak dan kejadaian itu tidak ada yang kebetulan, tapi sistematis ada yang menggerakkan. Rasa bersalah karena membunuh tikus yang makluk ALLOH SWT juga itu tanda sangat baik. Alangkah indahnya ane membaca bagian akhir dari artikel ini "biar hukum alam yang mengambil alih" setelah sobat menolong anak tikus yang mungkin memang keturunan dari induk yang barusan di bunuh tadi

    ane jadi ingat kisag sunan drajat, yang menangis seharian karena habis menjabut rumput. belakangan di ketahui, beliu menangisi kejadian itu karena setelah mengetahui kalau rumput yang secara tidak sngaja tercabut waktu jatuh itu ternyata ditakdirkan untuk menjaga keteduhan dimana sang sunan berada
    maaf terlalu panjang komentarnya, karena ane sangat tertarik dengan artikel ini.. syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisata Murah :kehidupan kita telah tertulis ditaqdirkan sebelum kita lahir,mungkin jika tau bahasa binatang bisa mengerti maunya tikus itu jadi tidak sembarang membunuh ya mas..:)

      Hapus
  11. kak Rose juga tidak suka (rada jijik) sama tikus, kahfi..Tapi "semua makhluk diciptakan Allah SWT pasti memiliki tujuan", jadi tikus pun bisa dijadikan pelajaran loh buat kita, salah satunya aja perumpamaan "tikus2 ber-krah putih" yg masih merajalela di negeri kita (alias para koruptor) hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kak Rose :ternyata tikus2 merajalela tidak hanya di rumahan bahkan negara ini pun dirambahnya juga.:)

      Hapus
  12. selama ini tikus masih dianggap sebagai parasit bagi kehidupan manusia, tetapi saya pernah dengar ada penjual bakso yang menggunakan daging tikus.

    nah jenis tikus yang dagingnya bisa dimanfaatkan barangkali ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarwadi :kalau bakso daging tikus berarti haram memakannya dong..hihihi..:)

      Hapus
  13. wadoohh..pernah digigit tikus??? gmn rasanya tuh....

    itu dia mas bro, satu sisi kita sebel, tp kalo liat mereka saat tidak berdaya, kasihan juga..ckkkckckkckk

    susah ya yg punya rasa keperibinatangan..hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya.Tia:kayak digigit semut,bener gak ya?karena selemah apapun tetap mempunyai benteng tubuh untuk melindungi diri seperti rasa kasihan manusia melihat makhluk tak berdaya...ehehe..:)

      Hapus
  14. sapertinya saya pernah melihat film yang manusia itu hidup berdampingan tapi lupa judulnya, heheh
    mungkin itu bisa dijadikan observasi,.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Activian :alangkah indah hidup bisa berdampingan dengan damai,tanpa permusuhan,menang atau kalah,akur deh...:)

      Hapus
  15. saya paling jijik ngeliat tikus,, keliatan jorok aja,, tapi gak pernah bunuh tikus,, karena takut sama tikus,, ckkckc

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari rasa jijik timbul rasa takut untuk membunuhnya wajar sih jika jijik,kalau takut....?

      Hapus
    2. kalau takut jadi parno kalau melihat tikus mas,, heheh,, :) ohiya mau nanya mas fitur reply nya aktif sendiri apa dirubah dari settingan blogger nya mas..?

      Hapus
    3. emng aktip sendiri mas,, heran juga awalnya,, ternyata pihak blogger merubah sendiri settingan depaultnya

      Hapus
  16. wah hebat tuh, berani 'menewaskan' tikus. Sampai sekarang aku gak berani membunuh binatang spt itu...paling yg aku berani ya serangga pakai semprotan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih aman ya ririe pakai semprotan kalu ada untuk tikus juga ya....ehehe....:)

      Hapus
  17. Tikus juga makhluk Allah, selama tidak ganggu sih biarin aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas dia juga butuh hidup dan makan di alam allah,semua makhluk berhak untuk hidup bebas,selama tidak ganggu sih biarin aja..

      Hapus
  18. ane pernah ngalamin,si tikus buat sarang di CPU ane....
    he.e.e.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi diapain tuh sarangnya mas...?

      Hapus
  19. Wah...
    Kalau tikus di rumah nenekku gak cuma makan makanan sisa, makanan yang belum di buka aja pagi-pagi bisa langsung bolong...
    Adekku juga suka nangis kalau denger suara tikus pada lari-larian di atas plafon...
    Kadang, nenekku pakai lem tikus atau perangkap tikus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan cuma makanan,plastik pun dimakan, hebat tuh tikus dari baja kali giginya ya mbak...:)
      kalau tertangkap tikusnya diapain.....?

      Hapus
  20. jijik sama tikus :(
    kalau dia ngga mengerat tapi masuk2 ke dalem rumah, ngeri juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jijik jadi takut karena takut jadi lupa kalau tu tikus binatang kecil yang lemah,sebaiknya pasang perangkap biar aman...

      Hapus
  21. iya sih..kasian juga ya mereka kalo dipikir2..mereka kan juga cuma mau hidup kayak kita, manusia.. tapi, kalo diingat2 hal yang menyebalkan dari perbuatannya, emang gemeeesss...abi saya pernah hampir meninggal gara-gara digigit tikus dan kena racunnya.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. tikus juga membawa bibit penyakit seperti pes,mungkin tikus yang menggigit abi itu terkena virus/penyakit sehingga jdi ketularan deh,tapi abinya udah sehat kan?

      Hapus
    2. udah lama banget sih..pas masih sd dulu sayanya, hehehe

      Hapus
  22. aku sih enggak jijik cuma takut digigit, mas :D

    *komen macam apa ini?* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua org juga takut kok mbak kalau di gigit.. hehe

      Hapus
  23. aku nggak suka tikus, tapi di rumah kontrakanku banyak banget tikusnya, soalnya suka banjir di sekitar rumah dan tikus pada naik T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan lupa ditutupi lubang2 yang ada biar gak masuk,wah..konferensi nih tikusnya mbak...:)

      Hapus
  24. aku kagak takut mas,cuma jijik aja soalnya di semua badan tikus mengandung lebih dari 1000 kuman yang berbahaya bagi tubuh
    kadang kita'a udah bersih,tapi tetangga sekitar kagak bersih juga percuma mas,jadi harus satu lingkungan kompak menjaga kebersihan baru tikus enggan datang

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimanapun ada limbah rumah tangga pasti banyak tikus mencari makan.lingkungan bersih pasti tikus enggan datag,,,V

      Hapus
  25. Balasan
    1. pasti mbak,jika kucing diberdayakan pasti tikus2 pada lari tuh.....:)

      Hapus
  26. kenapa ini sudah seminggu ketemu ulasan soal tikus? kemarin pak marsh bahas juga soal jerat tikus, dan di rumah amemang saya pun sedang berperang sama tikus, masak dibolonginnya gypsum dapurku itu, pas buat badannya masuk, langsung pula dipapaknya 1 bungkus mie instan, yang sekarang terpaksa kumasukkan lemari semua. dapurku jadi tak aman gara2 dia. sudah brapa hari ni kupasang perangkap tikus. sempat masuk 1, tapi tak berani dekat2, eh lepas lagi gara2 nungguin suami yg kelamaan datangnya. sekarang lagi mikir mo kasi umpan apa biar ada tikus yang ketangkep, dan selama ada perangkap ini, blom keliatan lagi sih ada tikus yg sliweran.

    kutau sih tikus pun makhluk Tuhan, tapi gimana lagi ya, tak bisa awak tetanggaan sama tikus, tak sanggup awak disuruh selalu siaga 1, menjaga barang2 agar tak digasak si tikus :D

    dendam sama tikus? banget! padahal ga pernahnya aku digigitnya pun hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tikus merusak sudah merupakan hama yang harus dibasmi,coba deh ikan diberi racun tikus dan letakkan dekat sarangnya,pasti deh besok ada yang ....disekitarnya...

      Hapus
  27. papa saya kalo mukul tikus juga pake gagang sapu. tapi sekarang malah disiapi khusus buat mukul tikus yg suka merajalela yaitu pake tongkat kayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. melihat tikus seliweran pasti risi,sebel yang lihat,menyimpan makanan ditempat aman...harus mengantisipasi merajalelanya tikus2

      Hapus
  28. Waduh, kasian juga tuh tikusnya yah. Menurut aku, selama tidak mengganggu itu tdak apa2 kayakx. Tp klo sudah mengusik ketenangan kita kayaknya mang harus dibasmi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sekecil mungkin berusaha untuk tidak membunuh karena dia cuma menjalankan aturan hidup,mencari makan dan tempat....:)

      Hapus
  29. kemarin ngobrol dengan teman yang punya indra ke6 aku dikasih tau ada penunggu di resto tempat aku makan, aku diem aja, toh gak ganggu. begitu ada tikus lewat aku lompat... huaaaaaaah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang bener tu ada penunggunya,jalan2 tiap malam mencari makan dan diantara kaki2 pengunjung,seliweran,....:)

      Hapus
    2. saya jg pernah mas, ngebunuh tikus, eh malah kasian jadinya, hiks

      Hapus
    3. berarti masih punya rasa peri kebinatangan..ehehe..:)

      Hapus
  30. wah kalo buat para petani musuh utamanya tidak lain dan tidak bukan adalah seekor tikus, mereka rela ngebawa pedang, sebilah golok hingga serbuk beracun, huh sadis ya.. Padahal kalo mau di urut dari sisi manfaatnya tikus juga punya manfaat tapi sampai skrg sya belum tau yg bener2 menguntungkan buat manusia. Apa ya? *mikir2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi petani mungkin tikus membersihkan ladang/sawah dari sisa hasil panennya mas....:

      Hapus
  31. Balasan
    1. tidak untuk kesekian kalinya ya mbak...ehehe..:)

      Hapus
  32. --" troma tikus..
    <<abis tidur ma tikus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ati2 tu ntar lama2 bisa mengalami kemiripan.....dengan kebiasaannya loh...:)suka ngabisin makanan dilemari nyokap...:)

      Hapus
  33. sob, sudah tahu cara mengaktifkan threaded comment untuk blogger. blogger barusan mengumumkan kalau kolom komentar blog kita sekarang sudah diubah jadi seperti forum. sayangnya fitur ini hanya jalan untuk default template. Untungnya saya menemukan cara untuk mengaktifkannya pada custom template/ template pihak ke tiga.

    saya sudah share tutorialnya di link ini:

    http://programmer-share.blogspot.com/2012/01/blogger-threaded-comments-for-custom.html

    Hasilnya bisa diliat di salah satu komentar sobat di blog saya ini:

    http://www.nostalgia-90an.com/2012/01/cerita-pendekar-pemanah-rajawali-bagian_13.html

    Tertarik menggunakan sob? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mas blog saya masih standard berubah otomatis,trims atas infonya..

      Hapus
  34. waktu kecil saya sangat takut sekali dengan tikus.
    semua yg ada di alam ini jika berada ditempatnya.... pasti gak menimbulkan masalah ....iya khan mas...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya seperti matahati tetap terbit dari timur,teratur semua pasti baik2 saja....ehehe...:)

      Hapus
    2. ...tapi bukankah ini juga dikarenakan rusaknya ekosistem (rantai makanan) kang iia..?!?! saiia apribadi juga.. jujur gag suka :( duhh maap iia wahai tikus2 di sana :(

      Hapus
  35. sesungguh alam tercipta oleh-NYA dengan penempatan mahluk pada lingkungan habitat-nya masing-masing, dan ketika habitat-nya saling bersenggolan maka terjadilah siklus rantai makanan dunia..jangankan tikus..sesama manusia pun pada masa sekarang sudah terjadi..menjadikan sesama manusia sebagai rantai makanan manusia lainnya..meskipun tak memakannnya secara harafiah..namun kerakusan manusia sungguh luarbiasa..beton, aspal, kayu, kapal pesawat terbang pun manusia bisa memakannya..apalagi kalau hanya manusia biasa yang jelata kaum akar rumput :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah kejamnya dunia politik, tikus2 berdasi,dimana manusia makan manusian jadi hal biasa dan tidak ada punya aturan ....:)

      Hapus
  36. huaaa jadi si tikus benci sama manusia ya (mungkin) :o
    hm.. hm.. bisa jadi sih~ si tikus kan sering dipukul atau diperangkap sama manusia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibarat semut digencet akan menggigit apalagi dipukul,diperangkap,lebih dari itu balasannya....:)

      Hapus
    2. masyaALLAH
      benar benar benar...
      tapi tetap saja tikus membuatku merinding~

      Hapus
  37. haha, rupanya pengalaman kita sama sob, saya juga pernah digigit tikus, sama jempol kaki juga, sama dendam juga sampe sekarang, hehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stupid monkey:tapi tidak sampai membunuh tiap kali melihatnya....:)

      Hapus
  38. Tikus dibunuh tidak apa2 jika membahayakan manusia. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. I2-HarmonyJ:jika mengganggu tentunya...

      Hapus
  39. Dulu waktu kuliah, aku paling tak suka kalau ada bedah mencit, takut... mencit mirip banget sama tikus kan ya?

    Apa khabar Bang Kahfi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yunda Hamasah:ternyata dibuat percobaan ya mbak,selalu baik trims mbak

      Hapus
  40. Huahahaha, bener Mas, maapkan saya, saya ketawa pas mbaca "tikus sebesar marmut".. :D SAya tahu memang ada tikus sebesar itu. Di kota aja ada, apalagi di sawah... :D

    Bukan tidak mungkin, Mas, bahwa di masa depan tikus jadi bahan pangan pengganti. Dagingnya siapa tahu bisa dimakan. Tapi jangan makan sembarangan tikus. Tikus got sih kotor, jangan dimakan! Barangkali ada nanti tikus hasil budidaya atau penangkaran, yang bersih dan higienis. :D

    Kalo tikus got, saya juga benci. Jijik lebih tepatnya. Bau, dan pasti berkuman. TApi kalo tikus putih peliharaan atau tikus putih yang biasa digunakan untuk penelitian, saya suka. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asop:tikus kan termasuk hewan pengerat dan mempunyai taring,setahu saya haram makan tikus mas...:)kecuali memang tidak ada makanan lain yang bisa dimakan

      Hapus
    2. Haram? Iya memang, ada haditsnya. :)

      Semoga jangan sampai kita umat muslim terpaksa memakannya. :(

      Hapus
  41. saya juga kurang suka tuh sama tikus, dirumah banyak banget malah..
    bahkan mereka seperti sudah tidak takut lagi sama manusia, mungkin demi makan mereka juga..
    heran tikus-tikus bukannya berkurang bahkan semakin hari semakin banyak, tau kan tikus itu kalo beranak gak cukup cuma 10 ekor..ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. HEЯRY:kalau banyak begitu hama namanya,harus dibasmi karena mengganggu ...:)

      Hapus
  42. kalau di desaku sini tikus biasanya hidup di sawah, kalau yg di sekitar rumah itu baisanya landak mini byk, tapi pas musim spt ini tidur winter mereka, ntar musim semi bangun lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ely Meyer:berarti aman dari tikus dong,kalau landak mini banyak dijadikan hewan peliharaan ya...ehehe..:)

      Hapus
  43. "Maaf keluar jalur sob,
    Belajar All menelpon saya agar sobat mengambil paket di blog BELAJAR SEGALA TRIK.
    Karena ini amanat, silahkan diambil sobatku."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar Segala Trik :baik,trims atas infonya sob...

      Hapus
  44. biarin dia hidup.
    tapi jangan biarin dia masuk ke rumah kita..
    kalo rajin dibersihin pasti tikus ga berani-berani dateng kak..
    kitanya nggak akan jadi serba salah..
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. srrriii:ya bener tuh intinya rumah harus bersih dan sehat,ok,,,:)

      Hapus
  45. ada award ya http://gudang-award.blogspot.com/2012/01/award-dari-shine.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sang Cerpenis bercerita: baik mbak,trims infonya,nanti saya follow up

      Hapus
  46. Balasan
    1. Putrie Jrs:kog takut,kan ada sapu...hehee..(apa hubungannya--->ayo bersihkan rumah)

      Hapus
  47. Beruntung setelah saya pindah kesini (tempat baru) gak pernah lagi bersenggama dengan tikus *eh bahasanya* hehehe ^_^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. BasithKA :selamat anda telah bebas tikus...eheheh..:)

      Hapus
  48. Sejelek-jeleknya perlakuan tikus hewan, lebih buruk perlakuan tikus jalanan Sob ! He...x9 (yang sering ngumpet dilampu merah dan simpang jalan)


    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ejawantah's Blog:tikus jalanan lebih banyak yang dikonsumsi sob,makanya lebih buruk perlakuan nya,....ehehehe.:)diuber2 kamtib lagi,,

      Hapus
  49. aduh tapi saya tetep geli deh sama tikus mas :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sosoknya yang dekil, hitam, basah, bau, larinya cepat, bisa lompat juga menggigit,wajar merasa geli...

      Hapus
  50. tempat ane bersih dari tikus maz hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aldio Blog:good...good emang tuh harus begitu
      tempat bersih dari tikus ....biar nyaman:)

      Hapus
  51. kebanyakan orang memang jijik dengan tikus...
    termasuk saya....
    namun tentang tikus saya jd ingat tikus yg keren...
    G-Force....
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. g-force apa tu saya baru denger,dulu sepertinya kartun di tv,''''':?

      Hapus
  52. tikus yang malang
    kasian sangat memang
    bila dipukul suaranya terus mengiang

    hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. anisayu: tikus,sunggu malang benar nasibmu....:)

      Hapus
  53. jijik bang tikus itu..aapalagi tikus kantor..huehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yanuar catur rastafara:tikus kantor,wa naik jabatan tu tikus...ehhehe...:)

      Hapus
  54. selama ini saya sudah membunuh tikus berapa ya ?? lupa asaya masya allah banyak banget dosa yang telah saya lakukan :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. BLOGCUNAYZ:jika membunuh karena mengganggu itu namanya kewajiban,membela diri,eeehhhhee....:)

      Hapus
  55. Tikus..sangat mengganggu sekali..
    hihi jiji,geli..
    Pernah aku menginap di rumah kerabat,tidurnya rame2 di bawah ngegelar kasur,tiba2 ada yang geli masuk ke selimut,tidaakkk tkus menggerayangi tubuhku..
    seketika itu loncat2 ..

    geli..geli..


    kalo tikusnya si Jerry sih lucu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama Olive:wah tikusnya mencari kehangatan dibawah selimut tuh mbak.....eheheh,,:)

      Hapus
  56. Wah, kalau saya sih sudah nggak ada kasihan kasihan lagi sama tikus. Kalo ketemu pengen saya hajar aja. *sadis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Millati Indah:kalau tidak mengganggu ya jangan,dia juga makhluk tuhan pingin hidup...:)

      Hapus
  57. gambar tikusnya agak membuat geli, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarah:sengaja biar lebih menarik dengan topiknya,..:)

      Hapus
  58. Tikus apalagi yang masih kecil yang masih merah geli sekali...ndak tahu kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cardiacku:tapi ada orang yang justru memakannya untuk obat,ntah obat apa....:)gimana rasanya menelan idup2 masuk dalam perut....^-^

      Hapus
  59. Pena hadir dan absen malam sobat...
    Tikus memang menjadi musuh terutama bagi para petani sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. tautanpena:namun tetap ada manfaatnya sebagai objek penelitian tentunya....trims kunjungannya sob..

      Hapus
  60. tikus yang sungguh malang sekali.

    tapi saya takut dngan tikus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara Mengobati Penyakit Jantung:secara lahiriah sosok yang meng'geli'kan dn suka menggigit,mungkin sebabnya itu..eheheh...:)

      Hapus
  61. hehe andai saja kita mengetahui bahasa mereka,

    untungnya kita juga tidak dijaman nabi suleman ya, .hehe syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wisata Murah:tentu kita bisa berjalan berdampingan di bumi allah ini ya ..ehehe..:).

      Hapus
  62. aku pernah mimpi kesetrum aliran listrik, pas bangun, ternyata jariku digigit tikus ampe berdarah. sama2 trauma nih ama tikus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Arif Zunaidi Riu Aj:mimpinya pasti pertanda ada hal buruk terjadi tuh mas,disengat tikus rupanya....:)

      Hapus
  63. Tuhan menciptaptakan sesuatu pasti ada gunanya ,,, cman qt nya aja yg adang2 ga nyadar apa seh gunanya Tuhan menciptkan "Itu" termsuk si tikus ini,, termasuk saya sndiri juga ga tau apa yahh ? hmmmm..klo cman buat mta rantai doank,,,masa seh hidup dia amp segtu sia sia nya,,hehehe misteri juga yah?

    BalasHapus
  64. Kalau tikus kantor gak papa sob malang..hehe :D

    BalasHapus
  65. salam sahabat
    oot kalau bicara tentang tikus kali ini saya yang merasakan GRUSAK GRUSUKNYA suara tikus mas hehehe
    apa kabar?

    BalasHapus
  66. sadis gannn :(
    tikusnya kasihan :D

    BalasHapus
  67. tikus makin banyak aja ya mas :D

    BalasHapus
  68. Hallo selamat beraktifitas Mas Kahfi..
    Mengenai tikus dulu sempet punya pengalaman,Waktu itu saya tidur wajah saya dirambati oleh binatang pengerat yaitu tikus, sumpah mas Saya kaget bukan kepalang hingga tadinya saya bisa tidur nyenyak jadi ga nyaman kalo pas tidur. Besoknya saya dengan teganya beli racun tikus, bukannya saya kejam namun saya takut oleh penyakit yang dibawanya di tubuh tikus yang bisa menulari anak saya. Maaf ini hanya testimoni saja Mas.

    BalasHapus
  69. serba salah juga sebenarx menghadapi tikus ini.., rmh dah dibersihin tetap aja ada tikus, malah sekarng tikus bnyk lho yg berdasi, kerjax menjambret uang rakyat hehhe...

    tulisan yg sangat berguna mas.., seharusx manusia & tikus hrs sama2 intropeksi diri heheh.., becanda mulu ni... :)

    BalasHapus
  70. Berkunjung, untuk sekedar bertanya khabar.
    Baik2 aja kan, Mas Amri disana ?

    BalasHapus
  71. biarin dia hidup.
    tapi jangan biarin dia masuk ke rumah kita..
    kalo rajin dibersihin pasti tikus ga berani-berani dateng kak..
    kitanya nggak akan jadi serba salah..
    hehe

    BalasHapus
  72. izin follow blog ini ya mbak :)

    BalasHapus
  73. DAN MAS KAHFI!!!! seketika saya nge-blank mau komen apa soal tikus karena melihat komen SANMAN di atas... bwahahaha... XDD

    BalasHapus
  74. saya juga jadi ikutan melongo dan terpana, ikutan Annesya membaca komen sanman... hehe....
    saya masih tetap anti sama tikus mas! ga mau sahabatan sama dia ah... :-)

    BalasHapus
  75. jadi merinding bacanya... ngerasa bersalah coz selama ini jijik sama hewan pengerat :'(


    salam kenal :)

    BalasHapus
  76. Kalau nggak ada tikus ga ada mickey mouse hehe :D

    BalasHapus
  77. ingat tikus jadi ingat jerry,mickey dan mini wekekekekek

    BalasHapus
  78. Saya jadi Dilema setelah baca tulisan mas Kahfi. Satu sisi tikus mengganggu, namun disisi lain dia juga ingin hidup..
    Bingung ah...

    BalasHapus
  79. Klau suruh pegang tikus saja saya ga berani, geli.Tapi tetep tikus juga ciptaan tuhan.Tapi terkadang menggangu.Sama halnya dengan hewan lainnya yang sifatnya seperti ini.Jadi Galau:)

    BalasHapus
  80. salam kenal gan !
    tikus juga mewakili sifat buruk manusia

    BalasHapus
  81. tikus sekarang besar-besar sampai kucing aja ngga mau makan

    BalasHapus
  82. sebenernya, kasihan juga tikus... tapiii... yaaa memang menganggu.. kalau bukan tikus yg tergusur krn peradaban manusia, lalu manusia mau tinggal dimana dong... hiks :-(

    BalasHapus
  83. Vania takut sama tikus, Om.. hiiiy...
    tapi kalo mickey mouse suka sih... hehehe

    BalasHapus
  84. mapir sore kang.. kemana ajja nii ngilang lama banged ?!!?

    BalasHapus
  85. Jika tikus sudah punah, tentu akan ada rasa kerinduan dengan tikus meskipun sementara ini tikus dianggap sebagai sumber penyakit dan hama.

    Namun dari beberapa informasi penelitian tentang sebuah formula obat-obatan, tikus dijadikan sebagai objek percobaan. Buka lagi kelinci percobaan, tapi tikus percobaan

    Pada dasarnya semua makhluk hidup berhak hidup sesuai habitat masing-masing

    salam dari pamekasan madura

    BalasHapus
  86. kan kadang kala juga tikus sangat membuat jengkel,,dan klo gak salah terdapat virusnya yang mematikan..

    BalasHapus
  87. saya juga ga suka dengan tikus,karena bisa nyebarin penyakit, cuma saya juga ngga tega kalo harus membunuh tikus, paling kalau ketemu saya usir aja tuh hehe..

    BalasHapus
  88. mungkin rantai makanan yang kita pelajari saat masih sekolah dulu sekarang sudah putus gan

    BalasHapus
  89. katanya abis di gigit tikus dapat menyebabkan penyakit,kira-kira penyakit apa y? ada yang tau,,soalnya jempol kakiq abis di gigit tikus got hingga berdarah....

    BalasHapus
  90. tikus oh tikus binatang jorok dan bau.. hehe

    BalasHapus
  91. nice post,,semoga tikus tikus dimuka bumi ini semakin hari semakin berkurang..amin

    BalasHapus
  92. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    New Promo ( khusus produk 998bet )
    - Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
    - Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
    ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

    Promo Terbaru :
    - Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
    - Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
    - Togel Online ( Klik4D )
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus