Minggu, 13 Mei 2012

Cerita di warung Pecel lele


Akhirnya setelah sekian lama saya mengembara di belantara kehidupan di dunia nyata..sekarang kesampaian juga tuk menuliskan sedikit cerita di blog yg sudah berdebu dan penuh dgn sawang laba2. Kangen rasanya ingin menyapa kembali sobat2 blogger yang mungkin sdh tidak mengenali lagi sosok al kahfi ini ,smoga kehadiran saya di terima kembali ya sobat2.
Ingin sedikit cerita tentang kehidupan,,begini ceritanya beberapa waktu yang lalu ketika sepulang dari luar kota ,waktu itu saya baru turun dari bis di terminal antar kota"saat itu sudah menjelang magrib di sertai dengan cuaca yang gerimis plus perut keroncongan yang tidak bisa di ajak kompromi lagi.sebelum melanjutkan naik ojek untuk sampai kerumah, akhirnya saya putuskan dulu  mampir di warung pecel lele  dipinggir jalan..
warung pecel lele
 Tidak lama berselang saya sedang menikmati hidangan di meja, masuklah seorang bapak, dengan  istri dan seorang anak lelaki skitar umur 7 tahunan.
Yg membuat saya menoleh dan menarik perhatian saya karena kendaraan mereka adalah gerobak sorong.. 

Lalu si bapak memesan 2 piring nasi dan ayam goreng utk istri dan anaknya.
 Saya sambil memperhatikan, yang membuat saya tersentuh..Ternyata, yg menikmati makanan itu hanya istri dan anaknya. Sedangkan si bapak hanya melihat istri dan anak lelakinya menikmati makanan itu.
Sesekali saya melihat anak lelakinya itu tertawa senang sekali,dan sangat menikmati ayam goreng yg dipesan oleh bapaknya..
Saya perhatikan, wajah si bapak, walau tampak kelelahan terlihat senyum bahagia di wajahnya..

Lalu saya mendengar dia berkata..
" makan yg puas Nak, toh..hari ini tanggal kelahiranmu.."
Saya terharu mendengarnya..Langsung terenyuh hati ini.
seorang bapak, dgn keterbatasannya, dalam pemikiran saya dari gerobak yang di bawanya ia hanyalah seorang pemulung.. memberi ayam goreng warung tenda dipinggir jalan , untuk hadiah anaknya yang sedang berulang tahun..
Hampir mau menitikkan air mata rasanya saya diwarung itu..

Segera sebelum air mata ini merembes, saya berdiri,dan membayar makanan saya,dan juga dengan pelan pelan saya bilang sama yang punya warung...
"mas, tagihan bapak itu, saya yg bayar..dan tolong tambahin satu porsi lagi  ayam goreng untuk bapak itu plus di bungkuskan juga 3 porsi ayam goreng untuk di bawa pulang oleh mereka" setelah saya membayar ,sambil menoleh sebentar Lalu saya pun beranjak dari warung itu.

cerita ini saya tulis, untuk bahan perenungan bagi saya pribadi. Bahwa Tuhan sudah memberikan yg terbaik untuk saya saat ini..., terkadang kita kita biasa makan di Kfc, Mcd, Fizza Hut ,di cafe2 dan tempat makan restoran terbaik.
Tetapi bagi sebagian orang disekitar kita yang tidak mampu, warung pecel lele dipinggir jalan, adalah makanan mewah buat dia....

Sungguh tak pantas bagi  kita untuk mengeluh ...
Rasa syukur akan mengantarkan rasa bahagia ..."

115 komentar:

  1. Ini kisah yg hr sabtu minggu lalu itu ya? Or another story? Meminjam kalimat dr hasil BW: bersyukur akan membuat kita bahagia [tak perlu menunggu bahagia baru mau bersyukur]. Bersyukur dgn tanpa syarat maka bahagia akan menglair dalam nafas kehidupan kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya sepulang dari mengembara kemarin,, hehe,,

      Hapus
    2. sepakat dan sependapat dengan Mbak Ririe, tak perlu menunggu bahagia untuk kita brsyukur karena bersyukurlah yang akan membuat kita senantiasa bahagia.

      Sosok seorang ayah yang patut diteladani

      Hapus
  2. Mas Amri... pertama, mau ngucapin welcome back yaaa ke rumah mayanya ini... iya tuh mas, kasian banget istana man and the moon mu, udah penuh debu dan sawang laba-laba. Memangnya para pelayan istana pada kemana sih? Kok ga kerja? Hehe..

    Sungguh cerita yang sangat menyentuh hati dan perasaan sekaligus menjadi pembelajaran bagi kita semua.... bener banget, terkadang, makan di KFC saja.... adalah hal yang teramat biasa bagi kita, tak ada istimewanya. Sampai kita lupa, bahwa bagi sebagian orang diluar sana, bisa makan ayam goreng di pinggir jalan aja udah merupakan hal yang luar biasa....

    Subhanallah, trims atas postingan ini mas, kembali membuka mataku, untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan padaku dan keluargaku selama ini. Juga turut bahagia membaca tindakanmu, tentu si Bapak dan keluarganya akan merasa sangat bahagia dengan apa yang mas lakukan, dan doa yang mengalir dari mulut mereka, Insyaallah akan segera dijabah Ilahi Rabbi untukmu. Juga aku turut berdoa... semoga Allah SWT semakin melimpahkan berkah dan rahmahNya bagimu... Amin...

    again, welcome back ya pak guru.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak,, terkadang saya juga sering khilaf mbak tentang rasa syukur yg sangat2 jarang kita ucapkan dan lakukan di kehidupan nyata... terkadang Tuhan selalu mengingatkan dengan keadaan2 yg tak terduga

      Hapus
  3. Whahahahaaa....akhirnya bisa pertamax deh, jarang-jarang bisa pertamanya di sini...#lebay!

    BalasHapus
    Balasan
    1. postingan perdana juga nih ,, di masa2 hiatus yg sangat2 lama

      Hapus
  4. Subhanallah.....
    Jadi keinget ma bapak yg pernah ngebeliin beberapa kue jajanan pasar di hari milad saya, nanti kalau ada uang br sy belikan kue tart chi, kata beliau... *huwaa.. mewe...

    Alhamdulillah, sudah diingatkan kembali ttg syukur... :D
    Eh, bang Kahfi kemana aja??
    udah nikah yaaaaa.... ?? :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mbak miss U sdh saling mengingatkan berarti,,hehe,,
      iya nih lama sy off,, ya sibuk seputar pekerjaan yg tiada habisnya masalah dan permasalahan,,tau dari mana mbak nikahan saya,,hehe,,

      Hapus
    2. klo ga salah dulu dr komentar temen bang kahfi di fb nya :D
      kebetulan lewat di beranda sy :D
      itupun udah agak lama... XD

      ih... ga ngasih tau kbar gembiranya :p

      Hapus
    3. ohh,, kita berteman di FB juga yo mbak,,mbak miss U yg foto2 profilnya ada kucing2nya itu ya,, hehe,, ntr dech mbak sy akan buat postingan tersendiri tentang itu,, :)

      Hapus
  5. memang hidup kalo penuh dengan rasa syukur itu rasanya tentraaamm bangeett

    sip mas,, bersyukurlah :)

    salam kenal dari ku yaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak,, mari sama2 selalu saling mengingatkan akan pentingnya rasa syukur,,trims kunjungannya ,, salam kenal kembali ya

      Hapus
  6. jadi inget dulu pas jaman SD mas,yang lain kalau ulang tahun pada dirayakan megah disamping rumah,saya cuma dirayakan dengan cara makan mie ayam aja :)
    welcome back mas ke dunia maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe punya kenangan juga ya mas,,masih mending mas,,di rayaain asal jgn malah di lupakan saja,,walah payah urusannya,,,trims mas kunjungannya

      Hapus
  7. kadang kita sebagai orang tua berbuat seperti itu mas, kala aku kekurangan suatu hal tapi untuk anak ortu mau berkorban.
    mas kahfi apa kabar? lama baru kelihatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya baik mbak,,hampir saja sy melupakan blog kesayangan ini mbak,,,trims yo mbak sdh inget dan berjunjung,, hehe

      Hapus
  8. selamat datang mas Kahfi. lama gak bersua, sekali posting langsung bikin aku meneteskan air mata. semoga amal dan niat baik mas Kahfi dibalas oleh Allah ya... terharu aku membacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ya mas riu trims atas kunjungannya,,salam persahabatan selalu

      Hapus
  9. Saya mah kalo ultah ga makan spesial. Bapak saya inget juga enggak.

    Tapi, karna cerita ini jadi inget Bapak yang sebelum makan selalu nanya anak2nya udah makan belum. Kalo ada yang belum makan dan lauknya tempe sama ayam, Bapak ambil lauk tempe dan ninggalin ayam biar dimakan anaknya. Padahal mah di mana2 biasanya yang namanya bapak (kepala keluarga) dikasih lauk paling enak. Jadi bersyukur masih bisa makan 3 kali sehari dan bersyukur punya bapak baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi setidaknya bapak masih perhatian mbak sdh memberikan makanan terbaik tuk anak2nya ,, ya kan,, malah milih tempe demi anaknya makan pake ayam,,trims mbak sdh berkunjung

      Hapus
  10. Welcome back mas kahfi... wah udah lama banget gak posting.
    Ini hampir sama dengan cerita teman saya. Hanya beda latar aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas sdh berkunjung kirain lupa nih dgn saya,, hehe,, hiatus kelamaan emng

      Hapus
  11. gak tahu saya mau komen apa, merinding baca kisah diatas mas, setiap hari pemandangan seperti itu sudah jadi santapan utama bagi saya mas, terkadang pingin marah, kesel, tapi kudu ngadu kemana, walah, jadi curhat ini mah, maaaf lho mas :D

    happy blogging :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk pa2 loh mas,, tdk di larang curhat di postingan saya,,,trims yo sdh berkunjung

      Hapus
    2. hihihiy, terima kasih sobat :D

      Hapus
  12. Lama tak bersua, apa khabar?

    Sama Bang, kalu melihat adegan seperti diatas ( bapak yg memberikan hal terbaik u anaknya dalam siatuasi penuh keterbatasan) selalu sucses membuat haru.

    Semoga kita selalu menjadi orang yang bersyukur :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya baik mbak,, semoga t5erus menjadi baik nih,,trims mbak,,sdh berkunjung,, berarti masih ingat saya,,:)

      Hapus
  13. Cerita yang menyentuh mas... semoga si Bapak dan keluarga selalu diberi kebahagiaan dari rasa syukur, semoga si anak tumbuh menjadi anak berbakti dan menyayangi Bapak dan keluarganya. Semoga mas Kahfi dikabulkan Tuhan segala cita-cita dan keinginan mas. Amin


    Welcome back mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, trims mbak,,semoga anak2nya mbak juga ya menjadi anak2 yg berbakti dan sholeh...

      Hapus
  14. Nyesek bacanya, terharu... *jadi bingung mau komen ape*

    met kambeekk ye bang, moga kaga hiatus lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nay semoga bisa exis terus nih,, trims ya nay..

      Hapus
  15. itulah hidup. yg susah ya susah sampe mau makan aja sulit. btw, ga lupa lAH sama kamu. hiatusnya kan ga lama hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mbak fanny,, kirain saya terlupakan,, hehe

      Hapus
  16. Alhamdulillah. Sebuah pelajaran yang sangat berarti.
    Apa kabar Mas, lama saya tak ke sini. Mungkin sudah lupa sama saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya yah sedikit baik mbak,, masih inget loh saya mbak asal makasar kan..,,trims kunjungannya mbak...

      Hapus
  17. hiks..... mau nangis bacanya :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan nangis mbak,, gratis kok,,hehe trims ya kunjungannya

      Hapus
  18. yup masih banyak orang yang cukup puas dan berbangga diri walau hanya menikmati sepring siomay dari tukang siomay yang biasanya keliling komplek... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas,, bener,, trims kunjungannya,,ya

      Hapus
  19. howaaaa... bikin sedih. aku juga akan melakukan hal yang sama bila ada disitu..

    Mari bersyukur setiap hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari mbak sama2 selalu mengucap syukur dgn tindakan,,,:)

      Hapus
  20. MasyaAllah kahfi apa kabar?
    lama tak berjumpa :D sehat?
    warung pecel lele? MasyaAllah...
    di dalam kesederhanaan itu tercipta kebahagiaan yang luar biasa loh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabarnya baik2 saja mbak,, dan sehat selalu nih,,,semoga mbak maya juga begitu juga ya,,:)

      Hapus
  21. Subhanallah..
    Menginspirasi sekali tulisan ini mbak :)
    Jadi bahan perenungan bahwa kondisi kita saat ini harus disyukuri.
    Fabiayyi alaai rabbikuma tukazzibaan
    Nikamt Tuhanmu mana lagi yang kamu dustakan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya mas mas ,, mbak,,, hehe tapi gk pa2,, mungkin masih perdana nih,,jd belum kenal,, trims yo mbak kunjungannya,,asal medan juga kan,,

      Hapus
  22. Aku masih mengenali Mas Amri dong :P
    Terharuuu bacanya T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims masih di kenali nih una,,,hehe,,dan trims kunjungannya

      Hapus
  23. plukkkkkkkkk
    jatuh air mataku karna haru
    begitu baiknya dirimu
    juga bapak itu
    yang sayang baget ma anak istri selalu ...

    lama ga jumpa kesini disuguhi cerita indah
    yang bararoma berkah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mbak,,semoga keberkahan juga melimpahimu ya,,:)

      Hapus
  24. Menyentuh sekali. Kebaikan dari dua orang yang membuat aku lebih bisa bersyukur. Kebaikan dari seorang bapak dan juga .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas,,kunjungannya ya,, salam kenal mas..

      Hapus
  25. jumpa lag mas
    welcome drink ..he he

    BalasHapus
  26. Saya juga terharu membacanya..

    nice post
    salam kenal n sekalian izin follow ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas sdh di follow akan folback,, salam kenal kembali ya

      Hapus
  27. Memang sedari dulu Alloh selalu memberikan yang terbaik sob, ow ya ada kontes niy...

    Pengumuman.., Saya sedang mengadakan kontes..., kontesnya sangat mudah dan berhadiah...

    Silahkan untuk info lebih lanjut dapat melihat di artikel Saya yang terakhir ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas,, akan ke TKP melihat seperti apa kontesnya,,,

      Hapus
    2. Sudah tak jelasin lagi lewat komentar di blogQ sob, coba di liat lagi, semoga kali ini lebih jelas...

      Silahkan yang ingin ikutan kontes berhadiah dapat langsung mengunjungi blogQ pada artikel terakhir^-^

      Hapus
    3. ok mas,,semoga bisa ikutan,,dan semoga waktunya gk mepet ya

      Hapus
  28. hehehe, bisa yah begitu, tapi manteb deh :)

    tapi kita harus mensyukuri semua nikmat yang diberikan allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah mas,,terkadang kita di sadarkan oleh org2 di sekitar,, trims mas kunjungannya,,salam kenal

      Hapus
  29. trimakasih bang atas postingannya..jadi bahan intropeksi untuk pribadi saya.. anyway, slamat datang kembali didunia blog bang..salam kenal dari anak baru dibloger..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ya mas,,trims kembali dan salam kenal juga ya

      Hapus
  30. Subhanallah..sebuah cerita yang penuh dengan pencerahan sahabat...
    memang kepedulian kita kepada orang yang membutuhkan perlu diperbanyak yah sahabat...
    Senangnya bisa berbagi dan membuat orang lain tersenyum.
    Jempol buat sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sobat kunjungannya ,,semoga menjadi pencerahan buat kita semua,,

      Hapus
  31. kadang sederhana membuat kita bijaksana...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata2 bijak mas,, hehe ,,,trims kunjungannya

      Hapus
    2. mas,,,aku menautkan blog mas di postiganku....
      lihat disini http://zonesa.blogspot.com/2012/05/miskin-dan-sederhana.html

      Hapus
    3. wah2 trims mas,, kok bisa trkait juga ya postingan saya

      Hapus
  32. Tp jujur sob, saya malah lbh suka makan dirumah masakan istri saya sendiri ketimbang makan diluar.

    ceritanya bikin mataku berkaca2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pastinya sob,, masakan di rumah juga lebih sehat,,,trims sob berkunjungnya

      Hapus
  33. merinding, sedih, dan hampir meneteskan air mata,,, karena sadar akan kurangnya rasa syukurku
    jadi keinget mama,,, dimana mama masak dengan susah payah tapi terkadang aku menginginkan makanan yg lain
    hikz hikz hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga menjadikan pembelajarannya ya sob,,,trims kunjungannya

      Hapus
  34. hadir lagi untuk baca-baca :)

    happy blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas kehadirannya kembali

      Hapus
  35. sy sering kok makan dipinggir jalan gitu :D
    warung pecel lele apa lagi.
    hha

    rasa syukur itu yang membuat hati tak akan pernah mengeluh.
    Memang sih tak mungkin untuk tak mengeluh, tapi dengan bersyukur akan lebih menetralisir rasa mengeluh itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat dech sob,,,hehe trims ya kunjungannya

      Hapus
  36. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sob,,tambahan masukannya,,salam kenal

      Hapus
  37. pizza hut mas, buka fizza hut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hicks,,mbak ninda ternyata sedetail itu ya,,trims sdh ,mengkoreksi,,hehe

      Hapus
  38. postingan inspiratif skli Mas..
    Smga kita bisa mnnjdi org yg sllu brsykur.

    hiatusnya jgn lama2 lgi ya mas..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga gk hiatus lg mbak,, trims ya

      Hapus
  39. jadi kepikiran kalo akuulang taun mau makan di pecel lele langganan mas
    siapa tau dibayarin
    heheh katrok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,kalau kelak kita ketemu akan sy traktir kok mas,,:)

      Hapus
  40. Ya Allah.. jadi pengen nangis baca ceritanya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan nangis mbak,,gratis,,:)

      Hapus
  41. bersyukur adalah kunci kebahagian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak,trims ya kunjungannya

      Hapus
  42. duh, ceritanya menyentuh banget.
    Seharusnya kita bersyukur dengan apapun yang kita dapat ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mbak sdh membuat hatinya tersentuh juga,,,

      Hapus
  43. Akhirnya sampe ke blog sini lagi :)
    sangat menyentuh ya, seorang bpk yg penuh kasih sayang dan rasa tanggung jawab kepada anak dan istrinya. semoga kita bisa ya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mas baha apa kabar juga,,trims ya kunjungannya

      Hapus
  44. inyong baca kisah ini ikut terharu, semoga Tuhan Memberi rejeki yang berlimpah

    BalasHapus
  45. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  46. Itulah pengorbanan..

    semoga menjadi bahan renungan kita..

    terkadang banyak orang yang tidak sadar, bahwa masih banyak orang yang susah untuk mencari makan. mereka yang tidak sadar justru malah membuang2 makanan

    BalasHapus
  47. sungguh kita punya kemiripan cerita yang sama. semoga sobat tidak lahir hari minggu atau malam senin hehehe.. Karena 3 tahun lalu ane pernah makan soto dengan keluarga, disaat yang sama ada ibu2 pemulung pesan 2 bungkus (porsi soto). setelah ane amati ternyata soto itu di makan disebelah warung oleh 5 ibu2 dengan penuh rasa syukur. dan seperti sobat. ane juga melakukan hal yang sama

    artikel ini ane baca berulang ulang dari atas kebawah, terasa ada kejujuran yang amat lugas tergambar disana..
    dan ane bersyukur masih bisa menemukan sahabat di sunia online yang seperti sobat.. barokalloh

    BalasHapus
  48. Ternyata di susah-suahnya masih ada yang lebih merana, dan sudah sepatutnya kita harus bisa dan pandai bersyukur dengan semua ynag telah diberikan Nya. Semoga kita semua bisa menjadi orang yang pandai bersyukur ;)

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  49. alhamdulillah..
    malaikat bertopeng manusia
    telah sedikit membantu
    tiga insan yang kelihatan memerlukan
    namun.. mereka mungkin cukup merasa kaya
    dengan apa yang ada

    aku nengok di youtube lagi ngeri mas..
    makan kerikil sama tanah sebagai alas perut
    mudah2an kita nggak pernah dapat ujian yang begini.

    BalasHapus
  50. kunjungan lagi nih sob.. follbek sukses,, #339

    BalasHapus
  51. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  52. semangat pagi semuanya ...sukses n tambah kaya aja....4 all

    BalasHapus
  53. wah jadi pengen ni beli pecel lele.. :D

    BalasHapus
  54. Subhanallah...
    Bersyukur memang benar-benar membuat hati jadi ayem.
    Manusia oleh Allah SWT diberikan hati, untuk merasakan apa yang dinamakan perasaan, nuraninya. Ini yang menjadikan istimewanya manusia, tidak seperti makhluk lainnya.
    Lalu apa bedanya kita dengan hewan jika kita tidak mau menggunakan hati kita? sementara hewan pun masih punya kasih sayang terhadap anak-anak mereka.

    Terima kasih dan maaf...

    BalasHapus
  55. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  56. Ijin copas dan share yah mas.. So touchy! Gak ada maksud apa2 selain pengen buat orang lain ikut bersyukur atas nikmatNya..

    BalasHapus
  57. meyentuh hati...
    Gag bisa komen apa apa lagi dah,,

    BalasHapus
  58. Artikel yg sngat menarik dan berguna...
    Makasih bnyak....!!!

    BalasHapus

  59. We are the World's Largest Online Football Agent and Trusted. The transaction process is safe, fast and comfortable is our commitment to make our loyal customers even more pleased to recommend our services to their fellow colleagues. Agen Bola Casino Poker Togel Online Terpercaya | Judi Online

    BalasHapus
  60. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    New Promo ( khusus produk 998bet )
    - Bonus 100 % New Member sportsbook ( 998 bet ) .
    - Bonus 100 % New Member Casino ( 998 bet ) .
    ( Syarat dan Ketentuan Berlaku )

    Promo Terbaru :
    - Bonus 10% New Member Sportsbook ( SBObet, IBCbet , AFB88 ,368bet , M8bet , 998bet )
    - Bonus 5% New Member Casino Online ( 338a , 1Scasino , Asia8bet , CBO855 )
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas ( TangkasNet , 368MM , 88 Tangkas )
    - Togel Online ( Klik4D )
    - Sabung Ayam ( New Produk )
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

    BalasHapus