Minggu, 20 Mei 2012

Kenapa truk tangki bentuk wadahnya silinder


Sampai hari ini saya masih mengejar-ngejar waktu yang terus seperti menjauhi saya,bukan maksudnya saya yang menunda2 pekerjaan,tetapi oleh banyaknya hal2 external di luar pekerjaan yang banyak menyita pikiran dan waktu saya, hal external yang dimaksud diluar dari seputar ol dan ngeblog loh ya,..hmm hanya sekedar curcol..

Setiap saya pergi dan pulang dari kantor pemandangan yang selalu saya lihat adalah laut dan pelabuhan petikemas .Terlintas saya memperhatikan Tak henti hentinya truk2  pengangkut petikemas hilir mudik keluar masuk pelabuhan sesekali truk dengan wadah silindernya pengangkut minyak dan bahan baku cair juga hilir mudik  ada hal menarik  membuat saya  sering bertanya tanya. 

 Mengapa truk pengankut minyak dan bahan baku cair bentuknya silinder,,kenapa tidak di samakan saja bentuknya kotak seperti petikemas. Setelah searching sana sini di google,menemukannya malah rumus fisika,,tentang kelebihan bentuk silinder dalam mengatasi beban..jadi teringat catatan saya tentang sumur kok selalu melingkar
Jadi begini ,Minyak , gas dan bahan baku cair lainya adalah fluida yang mempunyai sifat mudah mengalir dan mudah mengalami gejolak atau turbulensi (gerakannya kacau) jika terkena goncangan. Nah karena wadahnya silinder inilah bila terjadi goncangannya gelombang beban zat cair yang menghantam sisi melengkung akan terbagi rata  bebannya  sehingga beban di dalam tetap stabil,,jadi truk walaupun dalam keadaan melaju kencang ,truk tangki tidak akan terguling dan tetap stabil.

hmm,,agak sedikit bingung ya penjelasan di atas, okelah akan sy coba beri ilustrasi sederhana--->kita berkendara  di kondisi jalan yang tikungannya melengkung ,biasanya di daerah pegunungan nih walaupun berbelok belok kita bisa tetap melaju dengan stabil tanpa menurunkan kecepatan.. nah coba bandingkan dengan di kondisi jalan yang belok patah 90 derajat,kalau kita melaju dengan kecepatan sama di belokan patah itu maka kita akan terlempar. <--nah ini sebagai gambaran zat cair di dalam wadah silinder (yang saya anggap jalan melengkung tadi) setiap terjadi goncangan tidak akan terlempar2 tetapi kalau melaju di jalan yang berbelok patah sudut 90 derajat (yang saya anggap wadah kotak tadi)  akan serasa terlempar lempar.  .

jadi kebayang kalau mobil tangki wadah bentuknya kotak persegi. Maka bila terjadi goncangan akan terjadi gelombang kejut beban zat cair akan menghantam  salah satu sisinya yg datar,,bisa2 truk yang melaju kencang jadi tidak stabil karena hantaman zat cair yg bergoncang di bidang datar wadahnya ,truk bisa terguling.

Semoga penjelasan saya yang simple dan agak sedikit menmbingungkan ini tidak membuat sobat2 membacanya jadi tambah bingung ya :)  karena ada sedikit pemahaman ilmu fisika disini.

96 komentar:

  1. Oh, gitu.. Nais inpo :)

    Dulu cuma tahu kehebatan silinder sebagai penyangga terkuat aja dibanding bentuk lain karena sudutnya tak terbatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah tu dia mbak karena sudutnya yg tak terbatas juga makanya jd istimewa

      Hapus
  2. Tiap mampir kesini pasti di buatnya berfikir dengan logika..
    Itu yang ngangenin *di bikin pusing dulu*

    waah..perumpamaan yang sangat mudah di mengerti..
    Ooh iya yah hehee...

    BAru tau tuh, makasih share nya

    Met pagi ..
    selamat hari minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,maaf mbak sdh membuat pusing,,semoga weekendnya menyenangkan dech mbak,,,

      Hapus
  3. setelah tak pikir pikir dan dicerna
    iya juga ya sob
    ehehehe
    jadi ketawa sendiri nih
    ahahahhaa
    bener bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah malah bisa membuat tertawa juga ternyata,,hehe trims kunjungan minggu pagi ini

      Hapus
  4. ooo begitu ya... baru tau....
    tapi memang semua itu ada penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget sob,,semua pasti ada maksud dan tujuan di buat seperti itu,,trims kunjungannya

      Hapus
  5. inget pelajaran tentang fluida jaman sekolah dulu..:) makasih sharenya. linknya kupasang di blogku ya... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims sob,sdh berkunjung,,salam kenal

      Hapus
  6. KIra-kira berapa panjang gelombang kejutnya itu ya mas? hehehe...

    Dan karena alasan itu pula sehingga hampir semua tempat fluida berfasa cair di desain dengan bentuk mendekati silinder. YA ada sih yg model kotak untuk beberapa jenis minuman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duch gk sampai ngitung panjang gelombangnya,,,kalau wadah minuman sih bebannya gk ngaruh hehe kan kecil itu,,:)

      Hapus
  7. intinya aku dapat mas,suatu kestabilan & keseimbangan antara kadar volume yang ada ditangki tidak berbenturan secara kesar sehingga menimbulkan efek diluar jangkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepat,,iya mas kira2 begitu,,trims ya mas kunjungannya

      Hapus
  8. yayaya.. penjelasannya sangat ilmiah dan mudah di fahami.. ane juga jadi tahu. kenapa tukang insiyur itu membuat tangki minyak berbentuk silinder.. nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukang insinyur mmg sdh memperhitungakannya bener banget mas,trims ya ,kunjungannya

      Hapus
  9. Memang benar sob, kalau cairan ya rekomendasi seperti berbentuk tabung, tapi kalau zat padat lebih baik yang balok, karna tabung lebih makan tempat sob....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sob klau zat padat,,efektipnya ya bentuk kotak,,trims kunjungnnya sob

      Hapus
  10. satu lagi ilmu buat saya hehe.. penjelasanya cukup bsa di pahami cukup sekali baca ko. ya mungkin sma aja pas ketika gergaji yg bergerigi kecil akan semakin lama buat memotong kayu karena gesekanya tdk terlalu kuat hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas ternyata bisa memahami maksud tulisan saya,,hehe

      Hapus
  11. wkwkwkwk baru tahu ane gan :)

    BalasHapus
  12. sip mass..
    lama gag ketemu nih :D
    saya mau tes PTN mas, makanya hiatus
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ptn nya lulus ya sob,,amin

      Hapus
  13. aku ngertiiiii hehehe :D
    emmm ya pantes jg c klo kontainer kotak itu isinya gak pernah cairan tp barang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener tuh,,trims ya caya kunjungannya

      Hapus
  14. gitu yo..
    tapi tangki sekarang juga dah jarang yang bulat sempurna atau elips
    untuk minyak rata rata persegi cuman sudutnya saja dibikin lengkung dikit

    sangat membantu infonya, om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas skrg mungkin perhitungannya lebih canggih jd kelengkungannya di minimkan

      Hapus
  15. tangki berbentuk silinder,
    panci buat masak juga bulet ya ko ga ada yang kotak hehe…

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,malah kepikiran panci air ya,,bener juga sih,,gk ada yg kotak,,hehe

      Hapus
    2. hehehe kepikiran karna lagimasak air buat seduh kopi

      heehehe :D

      Hapus
  16. Aku lulusan MIPA, malah kok gak terlalu mikirin gini yah. Lagi suka ngebahas masalah kesehatan dengan herbal. Mau dikasih sampel produk gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mo ngirim sample mbak,,serius apa beneran nih,,,oh ya herbal apa nih,,,

      Hapus
  17. harus dua kali baca dulu baru mudeng hehehe, kalau tangkinya kotak trusnya bisa oleng ya karena tekanan zat cair didalamnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sampai 2 x yo mbak,,bacanya,,hehe,,tapi kan sdh paham kan maksudnya

      Hapus
  18. Mungkin ilustrasinya gini ya mas?
    wadah kotak
    |<~ ..... yang ada malah nabrak...
    \<~ ..... kalau silinder dia malah akan terpantul keatas ya? jadi gak menimbulkan goncangan yg berlebihan...

    gitu bukan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener banget sob,,ilustrasi konmennya lebih mudah di pahami

      Hapus
  19. Oh...gitu ya. Baru tahu saya. Kalau di pikir2 bener juga ya pas belok cairan pasti berguncangan. Nice share bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims juga mas kunjungannya ya

      Hapus
  20. penjelasannya mudah dimengerti kok. tks ya jadi belajar fisika lagi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak trims ya kunjungannya

      Hapus
  21. waduwh jeli banget mas...
    hmm...
    jadi itu tah alasannya....
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum mas sy kan dari teknik,,jd terbiasa jeli,,hehe

      Hapus
    2. jeli dalam hal rangka bangun ya mas...
      :)

      Hapus
  22. nah... ini menarik nih... klu kotak gampang terjadi kebocoan di antara sambungan2 platnya dan kurangnya kekuatan menahan beban benda cair mungkin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget juga mas..akan byk kebocoran ken byk sambungan,,:) trims kunjungannya

      Hapus
  23. kalau kotak susah donk bedain mobil yang bermuatan benda cair dan mana yang box container,, dan biar bpk polisi ga bingung hehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kok bapak polisi apa hubungannya ya mas,, hehe

      Hapus
  24. dan saat nya bilang sempurna, hahay #mirip iklan sulap :D
    info yang menarik mas, terbukti bahwa internet banyak manfaatnya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas sepakat internet membuat kita2 jd pinter,,hehe

      Hapus
    2. wah, kelihatan abis dekor nih, baru tampilannya :D

      Hapus
  25. keren infonya nih mas.... trims for share... begitu rupanya ya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe trims yo mbak,,sepertinya masih sibuk ya

      Hapus
  26. oh ternyata masalah turbulensinya yah :)
    ya ya ya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya mas,,,hehe,, trims ya kunjungannya

      Hapus
  27. wah..jadi menambah pengetahuan fisika dari blog ini..luarbiasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims mas,, kunjungannya,,semoga bermanfaat ya

      Hapus
  28. luar biasa!
    saya suka mas analogi penggambarannya dengan belokan patah dan laju kecepatan di atas :) superbe!

    BalasHapus
  29. tambahan pengetahuan buat saya yang lulusan SMEA. Terima kasih, Mas.

    BalasHapus
  30. Wah baru tau nih, BTW barusan lagi aku mampir nih setelah sekian lama :D

    BalasHapus
  31. supaya aman, nyaman dan sentoso :D
    gak kebayang kalau terguling gimana Ya Allah..
    hihihihih

    BalasHapus
  32. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  33. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  34. wah, aku sama sekali gak berpikiran kesitu sob, aku pikir itu cm utk membedakan saja. ternyata dibalik itu ada alasannya toh?

    BalasHapus
  35. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  36. Thanks untuk infonya! Aku baru tahu nih :D

    BalasHapus
  37. wah oke nih untuk di simak

    BalasHapus
  38. Kunjungan perdana, salam perkenalan....Blog ini sangat bagus, keren dan Profesional, saya menyukai dan mengikuti#342#
    Setelah saya membaca artikel ini memang saya sempat berfikir juga...ya..kenapa Truck Tanki bentuk wadahnya selinder, dan itu judul ...Akhirnya jawaban saya ya juga ..kenapa tidak bulat...rupanya...malah saya ketawa sendiri sobat...yayaya..kalau bulat pasti seperti bola...hahaha...hanya feling saya yg bodoh saja, tapi ternyata betul kata sobat, memang begitulah, supaya goncangannya stabil.... terima kasih sobat, salam perkenalan, silahkan mampir kembali dan jalan2 di tempat saya, jangan lupa juga yah....

    BalasHapus
  39. postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  40. ada gambar jauh lebih mengerti mas... hehehe

    BalasHapus
  41. wah keren mas bisa buat pengetahuan dan wawasan kita bersama..

    salam kenal mas..

    jngan lupa mnta follow dan likenya ya mas...

    BalasHapus
  42. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  43. wahh, bagus nih untuk pengetahuan :)
    dindingnya yang melingkar mengurangi efek saat terjadi guncangan karena sudutnya yang tak terhingga...

    Asyik dah ni

    BalasHapus
  44. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    BalasHapus
  45. berbentuk silinder kareana kalau tidak begitu ya keplok...mantan kernet ...hehee...

    BalasHapus
  46. ternyata desaign nya luar biasa ya
    sampek sampek diperhitungkan dalam hal seperti ini
    salut untuk yang design dan penciptanya

    BalasHapus
  47. aku gak pernah kepikiran buat penasaran soal ini sebelumnya, tapi sekarang jadi tau. terima kasih share'nya ya :) oya, lagunya enak, cuma agak2 gloomy gimana gitu. nice ;)

    BalasHapus
  48. oh gitu toh mas kahfi... wah lagunya baru ya di blog
    hihi :) maap ya mas amri lagi padat jadwal jadi gk sempat bw lama

    BalasHapus
  49. mantep bang postingnya..hehehe

    tapi kenapa bagaian pentutup silindernya gak melengkung ya mas.. Padahal bs ngurangi beban kejut saat ngerem . .

    BalasHapus
  50. hadir lagi untuk baca-baca artikel yang menteb ini..

    happy blogging dah :)

    BalasHapus
  51. Seringkali melihat, tetapi jujur tidak pernah terlintas mengapa truk tangki didesain sedemikian rupa.
    Lewat postingan sahabat ini saya jadi mengerti serta paham karena logikanya ternyata tidak sulit juga yah.

    Terima kasih sahabat atas sharing pengetahuannya ini.

    BalasHapus
  52. wah templatenya keren. ijonya bagus

    BalasHapus
  53. sepertinya mas kahfi ini, jago dlm hal iptek ya, ampe truk tangki aja, itu tau alasannya knp berbentuk silinder...
    :D

    salam kenal ya mas...

    BalasHapus
  54. Ohh pantesan, kalau lihat tangki minyak Pertamina itu stabil melaju ya Bang :)

    Mulai aktif lagi nich ^^

    Apa khabar rembulan? heheee...

    BalasHapus
  55. Menarik sekali,,,terima kasih infonya ya,,,

    BalasHapus
  56. Baru tahu saya, kirain cuman bentuk yang nggak ada fungsinya.

    BalasHapus
  57. Sampai sekarang saya tidak memikirkan hal demikian. terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  58. lebih baik diam dan tak ada orang satupun yang terkena dampaknya... :D

    BalasHapus