Jumat, 26 Agustus 2011

Ketika Tulus & Ikhlas di pertanyakan?


di awal
ketika ditancapkan niat
dilakukan setulus hati
tanpa mengharap imbalan atau pamrih

Ketika sebuah undangan pesta di terima, pastinya berkeinginan untuk dapat menghadirinya.
Ketika tanggal hari kelahiran teman sudah mendekat, pastinya sudah kurencanakan untuk memberikan hadiah spesial untuk teman tersebut.
Ketika mendengar salah satu teman/kerabat  sedang mengalami kesusahan, pastinya ada keinginan di hati untuk membantunya. Insya Allah.
Ketika kekasih yg dicintai mengalami yg namanya kegalauan/resah ,pastinya dengan tulus dan penuh kasih sayang menguatkan dan membantunya dalam segala hal..

Saat itulah sebuah niat untuk berbuat kebaikan terlahir.tulus Ikhlas? Insya Allah.

di tengah
ketika rencana mulai diwujudkan
dengan tak sedikit biaya, tenaga, serta waktu yang dikorbankan
masih tersimpan ketulusan dan keikhlasan

Dalam perjalanan bersemangat dan bahkan sambil bersenandung di sepanjang jalan menuju tempat pesta.
Dalam perjalanan bersemangat sekali ketika pergi ke pusat perbelanjaan untuk 'hunting' benda atau barang yang akan dijadikan hadiah teman yg ultah.
Dalam perjalanan berupaya semampu mungkin membantu teman/kerabat sambil tersenyum gembira.
Dalam perjalanan bersemangat semaksimal mungkin menguatkan,mensupport ,membantu apapun itu walau jalan yg di lalui begitu jauh demi sang kekasih merasa nyaman dan bahagia..

Saat itulah proses mewujudkan niat yang sudah terpatri. Tulus & Ikhlas? Insya Allah.

di akhir
ketika niat terlaksana sudah
namun hasil tak sesuai harapan
Tulus & ikhlas masih adakah?

Tapi apa yang terjadi ketika sambutan dari si empunya hajat tidak begitu ramah?
Tapi  Apa yang terjadi ketika hadiah diberikan dan diterima tanpa senyuman?
Tapi Apa yang terjadi ketika teman/kerabat yang dibantu malah tak tahu berterima kasih?
Tapi apa yang terjadi ketika kekasih yg selama ini di support dikuatkan hatinya malah pergi meninggalkan.

Saat itu terjadi kalau yg ada ;( Sedih. Kecewa. Marah. Kesal )<------ masih adakah Tulus&ikhlas?
Di sinilah diri di uji masih layak kah kita mengaku sebagai org yg ber iman ,,,,,,,insyaAllah..

30 komentar:

  1. Kalo aku, jelas kecewa, kesel dan marah. Apalagi kalo ini dilakukan berulang-ulang. :(

    BalasHapus
  2. Yang ada ya marah. Hikz sering bngt terjadi padaku. Dimana teman yg aq tolong tiba2 mengecewakanku. Akhirnya yg tdnya ikhlas berubah jd ga ikhlasYang ada ya marah. Hikz sering bngt terjadi padaku. Dimana teman yg aq tolong tiba2 mengecewakanku. Akhirnya yg tdnya ikhlas berubah jd ga ikhlas

    BalasHapus
  3. Ketika kerjaan kt tdk di hargai, maka saat itu kita belajar ttg ketulusan. Ketika usaha kt dinilai tdk penting, maka saat itulah kt belajar ttg keikhlasan. Ketika hati kt terluka sangat dlm, maka saat itulah kt belajar memaafkan. Ketika kt harus lelah dan kecewa, saat itu kt belajar ttg kesungguhan. Ketika kt merasa sepi dan sendiri, pada saat itulah kt sdg belajar ttg ketangguhan. Ketika kt harus membayar biaya yg sebenarnya tdk patut kt tanggungkan, maka padasaat itulah kt belajar ttg kemurahan hati. Tetap semangat sob, ttp sabar dan tersenyum..karena kt semua sdg menimba ilmu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN

    BalasHapus
  4. @arip riu: butuh proses dan waktu mmg kelak bisa menerima itu

    @tarry: sama seperti yg di atas tuk menuju tulus ikhklas tdk mudah emng,,butuh perjuangan hati

    @putri: belajar di universitas kehidupan<---bener banget sob,,kita hidup di di dunia ini terus belajar ,belajar memaknai arti tulus dan ihklas,,trims sob masukannya

    BalasHapus
  5. semoga kita bisa belajar untuk memaafkan... :)

    BalasHapus
  6. Yang aku tahu Tulus&ikhlas itu sebuah proses, dan tentu saja membutuhkan waktu dan efforts... Tulus&ikhlas bukan sebuah kondisi yg automatically terjadi. Bahkan ketika kita ibadah pun sebenarnya bisa jadi "tidak ikhlas" krn kita berharap pahala dan syurga?. Think it:)

    BalasHapus
  7. tulus setulusnya itu memang tak mudah..

    BalasHapus
  8. kita harus terus belajar kang iia tuk supaya bisa ttp tulus dan ikhlas :(

    BalasHapus
  9. ketika kita bekajar ikhlas mebutuh ka peroses waktu yang panjang dan tukus

    BalasHapus
  10. @zone: smoga sj sob,,amin

    @kinanti: penambahan masukan yg sgt berharga,, jd lebih complit nih,, trims ya

    @sang cerpenis: tulus setulusnya,,tdk mudah mmg mbak,,butuh perjuangan hati

    @belajar photosop: bener sob belajar seumur hidup tuk bs tulus

    @abeng beng: butuh proses waktu yg sgt panjng mmg sob, bahkan seumur hidup individu:) thanks sob

    BalasHapus
  11. ya saya msih iklas dan bersabar,dan berpikir mungkin tuhan akan memberikan jaln yg terbaik jika kl in gagal

    BalasHapus
  12. Ibnu Rajab dalam kitabnya Jami’ul Ulum Wal Hikam menyatakan, “Amalan riya yang murni jarang timbul pada amal-amal wajib seorang mukmin seperti shalat dan puasa, namun terkadang riya muncul pada zakat, haji dan amal-amal lainnya yang tampak di mata manusia atau pada amalan yang memberikan manfaat bagi orang lain (semisal berdakwah, membantu orang lain dan lain sebagainya). Keikhlasan dalam amalan-amalan semacam ini sangatlah berat, amal yang tidak ikhlas akan sia-sia, dan pelakunya berhak untuk mendapatkan kemurkaan dan hukuman dari Allah.”
    -------
    smg kita semua bisa ikhlas...,belajar ikhlas i2 susah dr pd matematika, fisika dst... :)

    bagi sahabat yg pengen download kartu Lebaran silahkan bertandang ke blog sy...,Syukran

    BalasHapus
  13. Belajar untuk ikhlas B)
    Mohon maaf lahir batin yah sob B)

    BalasHapus
  14. yang ada sih kesel sebenernya. tapi mencoba untuk tetap ikhlas. bismillahh.. ;D

    BalasHapus
  15. @bopfive5: amin sob smoga bisa,,hidup ini trus belajar

    @rohis: wah makin lengkap dech ttg belajar iklas ini,, trims y sob:)

    @shudai ajlani: minal aidin wal faidzin jg y sob

    @thya: bismilah semoga bisa mencoba iklas teman:)

    BalasHapus
  16. menurutku-> ikhlas atau tulus sebuah keharusan untuk meraih keberhasilan. . :)

    BalasHapus
  17. banyak banget orang tu gak tulus dalam memberikan sesuatu. seperti contoh, kolo dalam hal menyumbang lebih mementingkan quantitas atau keikhlasan>

    BalasHapus
  18. makasih mas...
    sekarang sudah bisa kembali... :)

    BalasHapus
  19. Tulus n ikhlas adalah permata yg dimiliki oleh orang yang luar biasa. Memang kadang pahit dan berat diawalnya namun akan terasa manis dikemudian. Salam persahabatan, sobat....

    BalasHapus
  20. salam tulus dan ikhlas sob...:)

    BalasHapus
  21. @bayu: sebuah keharusan untuk meraih keberhasilan. . :) <---bener sob,, trims ya

    @said arsyad: nah itu dia sob,, byk terjadi seperti krg ini,,

    @zone: sama y sob..

    @BKPRMI:kadang pahit dan berat diawalnya namun akan terasa manis dikemudian.<---iya sob berakit2 ke hulu berenang2 kemudian,,hehe,, salam sahabat kembali y sob

    @pri crimbun: salam tulus iklas kembali ya sob

    BalasHapus
  22. subhanallah itu namanya ilmu ikhlas ya mas??nice post,,menginspirasi:D *jd ngerasa suka terjebak di bagian akhir*

    BalasHapus
  23. tulus ikhlas sebenarnya tidak sulit melakukannya..its very easy lah..yang penting selalu mengsyukuri apa yang ada dan senantiasa melihat mengingat memperhatikan yang lebih memiliki kekurangan dibandingkan dengan diri sendiri :) jangan selalu melihat ke atas yaitu yang lebih memliki kelebihan dibandingkan diri sendiri..bisa pusing tuh kepala..sudah itu bisa nabrak tiang listrik karena pandangan tidak lurus ke depan :D nice share post my friend

    BalasHapus
  24. @dhi: trims ya ,mas jg gak sempurna itu bs nerapkan..tp plg tdk di upayakan

    @hariyanto: yang penting selalu mengsyukuri apa yang ada<---bener banget sob,,trims ya kunjungan perdananya..

    BalasHapus
  25. Berusaha untuk tetap bersyukur bagaimanapun kondisinya ^_^ Memang sulit.Semuanya perlu di latih dan di uji

    BalasHapus
  26. Do not anticipate trouble, or worry about what may never happen. Keep in the sunligh

    BalasHapus
  27. seringnya aq ngerasa kecewa
    biasanya klo sudah menahan rasa kcewa ya bisanya cuma nangis, daripda harus diluapkan lewat amarah dlm kata"...
    sungguh jauh dr sifat ikhlas.. :'(

    BalasHapus
  28. yah mmg benar,,,dsnilah kita diuji,,,sberapa,kuat n iklas kita menghadapi smua hal yg tak diharapkan tiba2 datang...jika tak mengharap apapun,,,ingsyaALLAH fine2 aja,,yah wlw sdikit pedih

    BalasHapus