Selasa, 27 September 2011

jus yang pakai es,gelasnya bocor


Pernah seorang temen memberi pertanyaan sederhana ,,sederhana2 agak2 butuh pemikiran lah menjawabnya..kebetulan pada saat itu lagi duduk di warung makan nah di meja yg kami pesan ada 2 gelas jus jeruk yg 1 pake es<----ini pesenan saya ntah knapa sy suka sesuatunya yaitu jus  slalu pake es,, yg 1 lagi jus jeruk hangat<-----ini pesenan temen saya..
Temen saya nanya begini,,loh yang pake es rugi loh,,hmm,, knapa jawab sy..tuh bocor merembes di luar gelas..sahutnya,,mmg sih kalo yg pake es kan sisi luar gelas pasti juga ikut basah<----dikiranya ini dari rembesan dari air di dalam gelas,,kalo yg hangat kan tdk basah sisi luarnya tetap kering......................

.
 Hmm, berpikir sebentar tuk menjawabnya...baiklah mencoba jelaskan.. Udara yang ada sekitar kita mengandung uap air yg sering kita sebut dgn( kelembaban). Ketika gelas diisi es, gelas menjadi dingin. Udara yang bersentuhan dengan gelas dingin ini akan turun suhunya.
Uap air yang sebagian juga berasal dari gelas kamu yg hangat dan juga yang ada di udara pun ikut mendingin(terutama di sisi luar gelas yg ada esnya) karena media kaca sgt mudah menyerap dingin. Jika suhunya sudah cukup dingin, maka kelembababan udara akan mengembun membentuk tetes-tetes air di bagian luar gelas. 
Jadi titik2 air di sisi luar gelas bukan berasal dari dalam gelas.tetapi dari luar gelas,,nah loh malah menambah airnya loh dari yg hangat candaku dgn temen itu...temenku ya Cuma mengangguk2 mencoba memahami juga,,hehe
Ini hanya postingan intermezo,,saja ya sobat blogger,,soo mungkin juga temen saya itu bercanda dari pada gak ada yg di omongi atau dia lg menguji pengetahuan saya,,hehe,,maaf juga nih ya,,nih postingan penting gak penting smoga menambah pengetahuan sedikit ..

57 komentar:

  1. Bismillaah.. Kunjungan perdana, semoga jadi yg pertama juga.. (Mengamankan posisi, bacanya nanti.. :p)
    salam kenal + ijin follow

    BalasHapus
  2. hehe.. keinget jaman skulah dulu jadinya sob... o iya tumben ane dapat pertamax neh... heheh

    BalasHapus
  3. wah ternyata bukan yang pertamax jadi malu :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah no 1 (seneng bgt rasanya :D)

    ternyata oh ternyata, saya baru tau kalo secara teori n faktanya seperti itu.. Saya kira emang ice juice-nya yg berkurang, tapi malah bertambah airnya.. ternyata oh ternyata..
    :p :)

    BalasHapus
  5. hehe,sekedar intermezzo ya kang!tapi keren kok,lumayan buat nambah wawasan,

    BalasHapus
  6. wah menarik tu bisa untuk ngerjain temen spy gak beli es he3..

    BalasHapus
  7. @dan edi: trims sob sdh pertamax dan kunjungan perdananya + follownya,,salam sahabat sob

    @pri crimbun: hehe gak pa2 kok sob,,hitung2 kan runner up ya kan,,trims sob,,

    @arev: smoga sedikit menambah pengetahuan ya sob:)

    @bopfive: hehe,, begitulah sob,, ntr bilang aja kalo beli yg pake es,, ntr bocor,,,merembes,,hehe

    BalasHapus
  8. intermezo yang menambah ilmu, thanks :)

    BalasHapus
  9. Kalo pake es, jusnya lebih sedikit lho. Karna ketambahan es hihi. Ada2 saja, masa gelas kok bocor

    BalasHapus
  10. hehehe tadi sore barusan minum jus. tapi jus tomat. iya bocor gelasnya. baru diangterin penjualanya sebentar gelasnya kosong hahaha (haus banget soanya, langsung sedot semua)

    BalasHapus
  11. lumayan juga teori nya. ehehe..
    nah, bilangin temennya kalo beli jus pake es aja. biar gak rugi.. kan air nya tambah banyak. mehehehe ;D

    BalasHapus
  12. @dhani: trims sob kunjungannya:)

    @tarry:bener jg ya mbak kalo di tambah es jusnya makin deket emang tapi airnya yg nambah byk,,hehe

    @nova:wah kang itu sih bukan merembes lg,, haus berat namanya lngsung di tenggak habis..

    @thya: sebenrnya sih rugi,,kata mbak tarry,,jusnya berkurang yg nambah airnya..

    BalasHapus
  13. selera kan masing-masing... kalau temennya juga sekolah tentunya tahu hal kayak gitu..
    tapi lumayan buat mengingat pelajaran lalu.. hehehe thanks

    BalasHapus
  14. hahaha bagus, masuk akal juga ceritanya :) besok beli pake es ajalah! biar ga rugi :D

    BalasHapus
  15. ah pasti enak yg jus anget, ga kedinginan kalo minum dan ga mengundang uap datang , lagian kalo minum jus dingin makin lama makin haus hehehe ya ga....

    BalasHapus
  16. @duniapiyen: iya sob,,itu pelajaran smp ya kalo gak salah,,sy,,eh sd malah kale ya,,,

    @Reza: hehe,, sepertinya sih sepele sob,, tp pd umumnya org2 awam air yg di luar gelas adalah rembesan es, didalam gelas,,uap es..

    @anisayu: bener mbak gak baik sih terlalu byk2 minum es,,,

    BalasHapus
  17. Ooooo...baru tahun klo air yg " mbrebes mili " diluar gelas yg " ber-es " ternyata dari udara sekitar yg melembab krna kesentrum ama dinginnya es, walah tak kiro dari air dlm gelas yg "nyelinep" keluar....

    BalasHapus
  18. klo gitu aku pesan yang hangat ajah deh mas biar ga rugi...hehehe

    BalasHapus
  19. @darussalam: hehe,, smoga mengingat kembali pelajaran sekolah yg terlupakan sob,,:)

    @atma: bener sih yg hanget gak rugi soo juss nya full tanpa di kurangi volume es

    BalasHapus
  20. saya suka postingan ini....dari hal kecil menjadi ilmu yang besar untuk didapatkan..sering2 mas ya,...hehehehee

    BalasHapus
  21. Menarik penjelasannya. Bisa ngeh yang dijelaskan.

    BalasHapus
  22. @arriran: ia sob berbuatlah walau sedikit tp bermanfaat,,

    @arqu: trims sob:)

    @sang cerpenis: bener mbak itu mmg pelajaran fisika masa smp kali ya,, sy pun lupa

    BalasHapus
  23. pak sob,
    masak sih jus jeruk kok hangat? yg bener aja...
    dan lagian setauku, sepengetahuanku, kl jeruk ditambah dgn air hangat/air panas maka zat vitamin C nya jadi rusak.

    BalasHapus
  24. Hweheheee.... Betul..Betuul...Betuul...!!!
    Udah kayak PAK DOSEN deh...MANTAAFFFF BGT!!!
    ^_^

    BalasHapus
  25. Iya bener nih teorinya, hehe..
    Justru yg minum hangat yg berkurang airnya... Kan menguap.. :-D

    BalasHapus
  26. @21inch: wa kalo di daerah sy sdh biasa sob,,kalo pesen jus jeruk anget,,mmg bener sih segala sesuatunya baik itu buah2an atopun makanan lain kalo di panaskan melebihi 100derajat akan merusak kadar vitamainnya,,tapi kalo hanget2 kuku,,mungkin tdk seberapa,,trims sob masukan tambahannya..

    @bagibagiblog: trims sob,,kebetula sy juga pernah jd dosen walau cuma setahun..hehe

    @lyliana: nah tu mbaknya tau,,hehe,,

    BalasHapus
  27. kalo gak salah nama peristiwanya embunisasi...
    hahahaa...
    ngaco....
    lupa..!

    BalasHapus
  28. hahayy.. jadi inget jaman belajar ipa. :D skrg dah agak2 lupa. ;))

    BalasHapus
  29. zone:teorinya begini,, Titik-titik air berasal dari udara yang berwujud gas berubah menjadi cair. Perubahan ini disebut mengembun.hehe simple kan tp sering di lupakan

    @lla rizky: benr mbak pelajaran ipa smp ya kalo gak salah,,eh ato jgn2 malah ipa sd kls 6

    BalasHapus
  30. selingan yg bergua nih mas,..sudah lupa sama ilmu IPA...heheheby the way..kalo templatenya diganti warna yg lembut kayaknya lebih ok deh..soalnya maaf..yg ini bikin silau :)
    maaf ya..sekedar saran..

    BalasHapus
  31. sori ya..tadi pas aku baca postinganmu,..loadingnya blm selesai jadi aku silau gitu..ternyata masih gelap kayak dulu, jadi aku bisa baca lagi deh..sori..maaaf

    BalasHapus
  32. jadi tambah pintar daku sekarang,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  33. penting ga penting sya ngebaca post ini yg penting sya udah dapat ilmu baru dari penjelasan di atas. hehe makasih ya postinganya

    BalasHapus
  34. @ketty: wah blog sy termasuk msh berat ya,,loadingnya ampe lama,,hmm trims mbak masukannya,,

    @saryadinilan: ya hitung2 bagi2 pengetahuan,,hehe

    @yayack: ya mari kita saling share sob, walaupun dr hal2 yg kecil

    BalasHapus
  35. hahahh, rugi donk?, airnya keluar, ckckck, tp ternyata gitu tuh, hmm aku juga om, kirain air itu dari dalem, terus keluar, eh ternyata salah

    BalasHapus
  36. Dear.

    Gw neee ilmu fisikanya paaarraaah banget.... dulu jaman sekolah sekitar 18 tahun yang lkalu seingat gw juga pernah dijelasin tapi semuanya hanyuttt unteh kemana.... penjelasannya logik kokk... mungkin itu emang betull llohh...



    Regards,
    ... Ayah Zahia ...

    BalasHapus
  37. Sama dengan bus malam itu...kan karena saking dinginny AC sampai kaca jendelanya berembun....

    BalasHapus
  38. @jin kinjeng:hehe gak berarti selama ini jg gak nyadar itu airnya justru dari luar gelas y sob,,

    @zulpadlis:trims sob,,semua kalo di logikakan ternyata simple aja ya kan,,

    @pendar bintang: ya bener sob,,elemen kaca kan paling cepet menyerap dinding..

    BalasHapus
  39. Wah lumayan ilmunya nih :D

    serius tuh ?
    wuahahhaa terkecoh saya selama ini sama si es dalam gelas.

    BalasHapus
  40. kirain jus jeruk pakai es dalam gelas, sebuah ungkapan. kalo itu memang bener teorinya.

    kirain jus jeruk pakai es dalam gelas, sebuah ungkapan. kalo itu memang bener teorinya.

    BalasHapus
  41. Ohh gitu to,thanks sahringnya lumayan nambah pengetahuan :D

    BalasHapus
  42. Ini baru keren, menyelipkan ilmu pengetahuan lewat obrolan ringan. Saya bisa nangkep maksudnya dgn gampang n menambah wawasan.

    Sip betul mas :)

    BalasHapus
  43. disini mau pake es apa engga
    asal ditinggal sebentar dijamin bocor, om...
    terlalu banyak penjarah di tambang
    hehe

    BalasHapus
  44. @uchank:trims sob,,smoga pengetahuan yg simple ini menambah masukan..

    @said arsyad: bukan ungkapan,,ini mmg nyata real..hehe

    @musa:sama2 ya sob

    @darin: trimakasih sob,,juga kunjungan perdananya

    @rawins:wah iya a kalimantan gitu loh,,panas apalagi daerah tambangnya...

    BalasHapus
  45. makanya lebih simple kalo disebut embunisasi...
    :P

    BalasHapus
  46. Pantas saja, knp dinding gelas yg di isi es mesti basah... :D

    BalasHapus
  47. setuju sob saya juga suka jus yang ada esnya.Teori banget sob, sepertinya akana ada yang mau ngadain penelitian hehheeh

    BalasHapus
  48. setuju sob saya juga suka jus yang ada esnya.Teori banget sob, sepertinya akana ada yang mau ngadain penelitian hehheeh

    BalasHapus
  49. Kunjungan rutinnya sahabatku, ditunggu updatenya...

    BalasHapus
  50. heheh ada ada aja ... bocor ke perut kali ya mas.. ijin follow yah.. klo sempat follow balik

    BalasHapus
  51. Hehehe...
    penjelasannya kayak Profesor di RANKING 1 Trans TV mas.

    BalasHapus
  52. @zone:boleh juga sob,

    @ahong:loh batu tahu juga kah sob

    @bisnis online blog:trims sob,,sama2 suka jus ada esnya,

    @darussalam:trims ya sob

    @my phone:trims follownya

    @kopiah putih: itukan penjelasan ilmu ipa sob

    BalasHapus
  53. nah kalu gelasnya habis di pakai juz...(kalau grade bahannya stndr) kemudian di tuangkan air panas (suhu kisaran titik didih) pecah deh gelasnya..gak bocor lagi...hehehe

    BalasHapus
  54. pengetahuan bertambah lagi sob dengan membaca artikel yang ditulis berdasarkan pengalaman..

    BalasHapus
  55. Jenius ! kunjungan pertama , salam kenal gan

    BalasHapus