Sabtu, 08 Oktober 2011

Asinnya laut mengawetkan bumi


Beberapa waktu yang lalu ,melalui pembicaraan lewat hp,di sela2 obrolan ringan dgn sang mantan(waktu masih baikan),saya mendapat pertanyaan menantang,,”bang tau gak kenapa air laut asin apa sih kegunaan asinnya, ” begitu ucapnya,,hmm sy berpikir sebentar ,bentar ya abang(abang=logat org sumatra) minum dulu begitu ucap saya(padahal sambil mikir,,hehe), tdk berapa lama kemudian sy coba menjelaskan secara singkat,,baiklah , (disini sy tidak membahas ada kadar apa di garam laut,, krn sdh byk artikel2 yg membahasnya..)

 kebayang gak sih kalau bumi tanpa laut yang asin itu..salah satu hal yg menyelamatkan ekosistem bumi ya asin nya air laut,, karena garam mampu menstabilkan suhu(dari beberapa artikel yg sy baca)… sehingga  asinnya air laut juga berperan menstabilkan suhu permukaan bumi agar bumi  tidak meletus/meledak karena kepanasan…….oleh magma dan lava yg ada di perut bumi. Dan juga tdk membuat atmosfir bumi membeku..oleh dinginnya jagat raya... (coba ingat dan coba lihat penjual es krim, dengan apa mereka menstabilkan dinginnya es, pasti mereka menggunakan garam)

Air garam bisa menyembuhkan luka(yg belum tau cari sendiri di google,hehe),,bukannya lukanya manusia aja loh,, tapi lukanya bumi juga,,apa itu lukanya bumi,,ya limbah2 yg selama ini di buang kelaut, karena kadar garam yg asin itulah limbah2 di laut di netralisir..hmm  bakal kebayang kalau laut gak asin,,bumi bakalan bau busuk..contoh sesuatu yg di awetkan dgn garam kan tdk berbau dan malah awet,, begitu juga asinnya air laut yang meng awetkan bumi yg kita huni ini.. 

ok sampai disini kalau ada  org yg nanya kenapa air laut asin,,ya jawabnya tuk mengawetkan bumi..kalau ditanya lagi dari mana datangnya asin itu,,(byk artikel2 di google silahkan cari sendiri,,hehe) ok sy persingkat inti bumi bahkan tiap lapisan2nya terdiri dari batuan dan pasir,,nah kadar asinnya air laut berasal dari mineral dari batu2an dan pasir .coba perhatikan negara2 yg tanahnya byk mengandung pasir dan batuan melimpah, misal di timur tengah,,kadar asinnya air laut sgn pekat,,

Smoga postingan saya yg berdasar pemikiran + searching google,,bukan penelitian ini bermanfat bagi sobat2 blogger yg kebetulan membaca dan terjebak di blog saya,,,salam sahabat ...sobat2 blogger..


107 komentar:

  1. memang semua ciptaaNya mempunyai maksud dan tujuan di baliknya,salah satunya garam. iya kayak di laut mati orang sampai bisa mengambang,
    menjawab pertanyaan,Di Dubai gak ada Warung nasi pinggir jalan,biasanya kalau kita laper ke grosery atawa minimarket,terima kasih.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  2. Segala apa yang diCiptakan oleh Allah SWT tidak ada yang sia-sia..
    Maka nikmat manakah yag bisa didustakan?

    BalasHapus
  3. @saryadinilan:bener sob,,di laut mati kadar garamnya sgt pekat,,disana byk batuan dan pasir kan

    @ar rian: iya sob tinggal kita ini yg terkadang kurang menjaga ciptaannya..hehe met pagi sob

    BalasHapus
  4. semua itu adalah sebuah pengajaran, tidak ada yang kebetulan,

    BalasHapus
  5. oh laut. kau begitu dalam menyimpan banyak makna dan rahasia kehidupan. selamat pagi gan..

    BalasHapus
  6. @jerriCerdik: bener sob alam semesta adalah sebuah pengajaran, trims sob

    @arif agus: masih byk rahasia yg belum tergali di bumi ini,,met pagi sobat:)

    BalasHapus
  7. Asinya laut buat masak di dapur yang benar bang.

    BalasHapus
  8. iya benar kahfi :) air garam bisa menyembuhkan luka~ setuju!

    BalasHapus
  9. "air garam bisa menyembuhkan luka"
    ya..ya..ya...aku juga setujuh dengan hal itu.

    BalasHapus
  10. saya baru tau bang, hehehhe

    tapi bang, bukannya tambah pedih tuh kalo luka disiram air garaaam??? (kayak lagu dangdut)

    BalasHapus
  11. walah udah kaya ilmuwan aja jwbnnya xixi

    BalasHapus
  12. Aduh aku terjebak (").(") hehehe becanda bang ^^v
    Semua yang diciptakan-Nya itu baik :)
    ehm...Belum pernah tau ada yang luka trus lukanya dikasi garam :D Great posting bang ;)

    BalasHapus
  13. aq baru tau kalo soal ini.. hehehe

    BalasHapus
  14. jujur: maaf saya belum baca mas lagi di perpus soalnya baterai mau habis . .

    ntar aja kalo di rumah bacanya ^^

    *komen dulu nanti bacanya :P*

    BalasHapus
  15. garam memang banyak manfaatnya, luka cepat sembuh bila dibubuhi garam asal tahan perihnya, ikan aja kalo digarami jd ikan asin dan awet lama, masakan tanpa garam pasti ga ketelan kecuali minuman kalo dikasih garam keasinan ga enak hehehe

    info pengetahuan yg bagus sekali....
    jadi tahu bumi stabil karna air laut yg asin...

    BalasHapus
  16. info baru yang bagus sobat trims

    BalasHapus
  17. @arqu:itu juga salah satu fungsi garamnya mas,, hehe

    @nurmayati:pengalaman juga ya bak,,trims berknjungnya

    @atma:iya bener mbak di coba saja,,trims y mbak

    @meilya:loh pedihnya tu krn proses penyembuhan loh

    @tarry:mencoba menuangkan uneg2 di kepala saja kok mbak

    BalasHapus
  18. @artha: cuba searching di google, garam juga baik tuk luka loh,

    @dunia piyen:nah berarti skrg jd tau dan terjebak di blog saya,, hehe

    @bayu:hehe,, salut dech batere habis sj bisa ngebela2 in buka blog saya,, trims sobat

    @anisayu:bener mbak ayu,,garam juga byk pungsinya y termasuk menstabilkan bumi

    @thanjawa:sama 2 trims sob:)

    BalasHapus
  19. OOHH, gitu yach,ane baru tau kalo manfaat laut itu besar hehehe.... :D

    BalasHapus
  20. Asinnya lau mengawetkan bumi, ilmu baru buatku, meski dah kita sepakati bahwa semua ciptaan Allah pasti ada gunanya... tapi yg ini aku baru baca disini, boleh ya untuk bahan cerita ke anak2 ;)

    BalasHapus
  21. @musa:begitulah sob semua ciptaannya apalagi laut yg luas, pasti punya manfaat yg luas juga

    @yunda: trims ya mbak dgn membaca postingan ini,,trus di sampaikan lg ke org2,,trims kunjungannya

    BalasHapus
  22. Tidak ada penciptaan-Nya yg sia-sia..
    Selamat siang mas :)

    BalasHapus
  23. sedikit mengingat:
    beberapa minggu yang lalu aku ada waktunya aqidah mas, nah tuh guruku cerita tentang nabi ibrahim. katanya adanya garam di bumi ini adalah karena permintaan nabi ibrahim yang ingin memberikan sesuatu paling bermanfaat buat manusia. :)

    BalasHapus
  24. @ajeng: iya mbak tdk ada yg tdk bermanfaat ciptaanya

    @bayu:saya juga pernah membacanya tp lupa ntah di hadis atau di buku apa gt,,tapi kalau sy mencermatinya ,,adalah kelak pungsi garam akan berguna tuk kehidupan manusia(itu yg di sampaikan Allah ke Ibrahim) kalau proses asinnya laut itu sdh terbentuk berjuta2 tahun yg lalu setelah jzaman es mencair di ,pada saat itu kehidupan manusia masih belum ada<--ini sih berdasar penilitian...dan perlu di ketahui juga bahwa bumi beserta isinya di cipta Allah terlebih dahulu sempurna,, baru kemudian manusia di ciptakan kemudian tuk menghuniya<--- maaf ini sbg masukan sj,, salam sahabat

    BalasHapus
  25. kekuasaan Allah sangat tak terbatas dan tak bertepi, semuanya salaing melengkapi.Saya baru tahu ternyata bumi juga butuh garam untuk ekosistem.sip atas informasinya.

    BalasHapus
  26. Duuuh luka terbuka di kulit kalo kena air garam periiiiih banget. >.<'

    BalasHapus
  27. EKa:salut dengan mas kahfi penjelasannya mantab.kliatan ya kalo orang pinter itu.antara dari tampang dan tulisan..jadi makin kagum dan sering berkunjung..salam dari sang mantanmu..kwkwkkw

    BalasHapus
  28. @bisnis online:trims sob,, mari kita saling share pengetahuan

    @asop: perihnya luka kena garam saalah satu proses penyembuhan sob,, seperti kalao di kasi betadine,trims kunjungan perdananya

    @eka:trims ya,,btw mantan apaan ya,,maaf nih ID kamu kurang jelas,,inbok aja ya..

    BalasHapus
  29. wah bener juga tuh kang. baru ngeh juga kenapa air laut asin :)

    BalasHapus
  30. Subhanallah ^__^ semua ciptaanNya gak ada yang sia2.. :) nice post

    BalasHapus
  31. K[A]z: trims sob dgn ada postingan ini jd ngeh ,, hehe

    @belo: trims berkunjungnya

    BalasHapus
  32. sangat besar dan banyak manfaat nya,, subhanallah. thx atas infonya sob..

    BalasHapus
  33. Semua ciptaanNya pasti memiliki hikmah. :)

    BalasHapus
  34. Wah sangat Bermanfaat banget gan

    BalasHapus
  35. bisa gk mengawetkan istri supaya awet ama aku wkkwkwkw

    follow dunk blog qw web-cintaindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  36. @rama88:trims sobat kunjungannya

    @akmal:trims atas kunjungannya

    @Zh!nTho:trims smoga bermanfaat sob:)

    @muhammad:untuk istrinya beda pengawetnya sob,,ok akan follow balik

    BalasHapus
  37. Kunjungan silaturahmi kembali sahabat di sini.
    Terima kasih atas berbagi artikel yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua

    BalasHapus
  38. Terima kasih sobat atas berbagi pengetahuannya..baru tahu saya mah yang seperti ini.
    Sukses selalu mas

    BalasHapus
  39. @webmdmk @ cardiacku: trims kembali sobat,, mari kita saling berbagi pengetahuan

    BalasHapus
  40. wow.. bener2.. emang gak ada ciptaan Tuhan yang gak ada manfaatnya bukan..

    *sedang blogwalking nih karena blog baru pindah.
    mampir yah mas, klo sedia teh aja ada kok hihihi :mrgreen:

    BalasHapus
  41. wah, saya baru tahu loh bang dari blog ini.

    BalasHapus
  42. Terima kasih ..info yang bermanfaat.Tidak terpikirkan sejak dahulu yah...?

    BalasHapus
  43. Allah memang ya, mempersiapkan segala sesuatu nya untuk manusia. tapi sayang, kadang manusia nggak bisa menjaga.

    btw, terimakasih lho infonya, saya malah nggak tau sama sekali tentang kenapa air laut itu asin. mungkin kalo belum baca artikel ini, saya akan jawab, "ya emang dari sananya air laut itu asin" hehehe ^^V

    BalasHapus
  44. terkadang pertanyaan yang (sekiranya) simple,bisa memberikan jawaban yang 'besar' yaa...

    BalasHapus
  45. asal jgn jadi bumi asin kayak ikan asin aja. hehee

    BalasHapus
  46. awalnya saya tidak terpikir bahwa asinnya air laut bisa mengawetkan bumi, tapi setelah baca disini, ternyata sampah-sampah yang dibuang atau terbuang kelaut kalau tidak dinetralisir dengan garam/ asin tentunya bakal menyebarkan bau yang kurang sedap hehe..

    terimakasih :)

    BalasHapus
  47. @missdestiana:akan berkunjung ke blog barunya,, tehnya jgn lupa ya sediain

    @yus yulianto:trims sobat,,setidaknya di postingan ini kita saling share pengetahuan.

    @ibnu:trims sob,smoga bermanfaat

    @annisa:"ya emang dari sananya air laut itu asin"<---pd umumnya org bilangnya seperti ini..

    @aNDa:sesuatu yg besar emng di awali dgn yg simple, mbak,,hhe trims

    @sang cerpenis: hehe ada2 aja mbak fanny ..trims kunjungannya mbak

    @sukadi: begitulah sob,,mari kita saling share ya,, trims kunjungannya

    BalasHapus
  48. alhamdulillah, ilmu baru..makasih ya Bang (pake logat sumatera :) )

    BalasHapus
  49. Singgah malam dan mendapatkan hal yang baru.
    Makasih kawan

    BalasHapus
  50. @ketty: saya sebenrnya org jawa cuma krn lahir di sumatera dan tinggal jg di sumatera,,hehe trims mbak

    @nailah: trims ya,kunjungannya smoga bermanfaat

    BalasHapus
  51. Ck,,,Ck,,,Ck,,, Pertanyaan Super sekali Boss, emang simpel tapi jawabnya kudu mikir dulu,,,,Jawabannya juga SUPER Boss..SALUT!!!
    Hwehehehee....

    BalasHapus
  52. hahahahah ya ya yay ya ,,itu lah hebatnya Tuhan ya sob,,menciptakan sesuatu pasti ada gunanya cuman kita kita aja yg kurang sadar n tau kadang2 hihihihi.... sama halnya kaya gunung,,,,coba klo ga ada gunung,,,,ledakan larva bisa2 nongol dari bawah kolong tempat tidur kita hihihihi mmap OOT yah jadinya ... tp beneran saya baru tau ini klo air laut itu jamu mujarab buat nyembuhin luka/lecet si Kapal Induk terhebat kita yah(Bumi) ... mksh tambahan ilmunya ... oh iya jangan lupa salam buat mantannya tadi yaaaa :p :p

    BalasHapus
  53. @bagibagiblog:iya ntah knapa sob,, sy sering mendapat pertanyaan2 yg membutuhkan pemikiran,,dan sy berusaha menjawabnya secara ilmiah,,sedari dulu slalu begitu,krn temen2,tau sy orgny apemikir,salam sahabat sob

    @green: bener sob,, coba kalau gak ada gunung,, bisa2 lava bisa keluar dari mana2 saja,,mengenai mantan nanti sy sampaikan,, soo krn si mantan itulah yg sy sampai skrg terus ber improvisassi dan berexpresi(halah ngomongapa saya ini#plak# tepuk jidat) nanti sy sampaikan salamnya sob,,trims kunjungannya ,salam sahabat..

    BalasHapus
  54. Makasih sahabat atas berbagi pengetahuannya..follow sini juga

    BalasHapus
  55. subhanallah, memang sang pencipta tidak ada yang dapat menandinginya.. selamat ngeblog mas..

    BalasHapus
  56. @ibnu: trims sob,,sama ya

    @said: selamat weekend juga sob

    BalasHapus
  57. mantap postingannya kawan,,, benar juga tuh bumu kalau tidak asin lautnya,, bumi akan berbau busuk karena ulah manusia,, maha suci allah,, mari kita selamatkan bumi kita.

    BalasHapus
  58. allahu'akbar sob, ini sudah takdir,
    met sore, and happy blogging !

    BalasHapus
  59. wah lautnya gak mengandugn zat pengawet ya. hehee

    BalasHapus
  60. @kita sehat:berarti setuju y sob,,trims ya kunjungan perdananya:)

    @A-NX=trims sob,, met sore juga ya

    @sang cerpenis:ya pengawetnya zat garamnya itu lah,,,met sore mbak

    BalasHapus
  61. Allahu Akbar!!! cuma itu yg bisa saya ucapkan atas ketakjuban yg ada di sekeliling kita hehe..

    bener sob saya bbaru ngeh sekarang hehe di kampung saya waktu keci ada org jualan es GOYANG nah di bawah es goyang atau di dalam gerobaknya itu ada garamnya hihihi.. #malu baru sadar

    BalasHapus
  62. asinnya air laut nya aja ada manfaatnya untuk bumi..subhanallah banged :)
    tq for share ya..

    BalasHapus
  63. @yayack: terkadang hal2 keseharian di situ ada ilmu yg kita tdk menyadarinya sob,,hehe trims sob

    @dv: sama2 trims atas kunjungannya sobat

    BalasHapus
  64. artikel yang sangat bermanfaat mas..
    memang kuasa Allah itu sangat besar :)...

    BalasHapus
  65. Artikel yang menarik dalam penjabaran ilmu alam mas, serta tidak terlepas dari penjabaran ilmu agama.

    Semoga kita manusia dapat selalu bersahabat dengan alam.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  66. @socafahreza's:trims kembali sobat kunjungannya

    @ejawantah:mari kita saling bebagi pengetahuan juga mas,, trims y kunjungannya

    BalasHapus
  67. oot: top komentator bermutu dapat piring cantik. Yg ga bermutu buang ke laut biar tambah asin aernya haha *kabuor*

    BalasHapus
  68. memang terkesima mendengarnya, saya baru tersadar kenapa asin laut bumi hahaha :D

    BalasHapus
  69. @tarry: beneran ya mbak dapet piring cuantik,,serius iniloh,,

    @reza:begitulah sob,, byk org2 tdk menyadarinya,, hehe

    BalasHapus
  70. kunjungan menjelang tengah malam sobatku, nambah pengetahuan nih, terima kasih udah bagi ilmunya...

    BalasHapus
  71. ia neh
    baru kepikiran kalo pengawetan tuh bukan cuma untuk ikan asin doang
    bumi juga perlu diasinkan biar awet

    BalasHapus
  72. pengetahuan yang insyaallah akan semakin mempertebal Iman, aaamiiiiiiiiiiiin

    BalasHapus
  73. @arif:trims sobat kunjungannya lg

    @chipmedia: trims sob,mari berbagi pengetahuan berbagi ilmu

    @rawins: bener sob bumi nperlu di asinin jug abiar awet,,hehe

    @aku disebut: amin sob,, trims kunjungannya

    BalasHapus
  74. semua ciptaanNYA pasti bermanfaat..

    BalasHapus
  75. @suhartono: bener sob,, trims berkunjungnya

    @kevin: loh biologi kok sob,,hehe

    BalasHapus
  76. Pena hadir dan absen kembali...Dapat pengetahuan baru nih pena di sini

    BalasHapus
  77. Alloh jauh lebih pintar dari umat manusia. Masih banyak manfaat dari alam yang kita belum tahu.

    BalasHapus
  78. @tautpena:trims kehadirannya kembali

    @ninis:wah pastinya sob, masih byk rahasia lg yg belum di terungkap

    BalasHapus
  79. begitu baca judul postingan ini, langsung ingat asinan, kan asinan juga buat mengawetkan kan...
    dasar yg dipikirin makanan mulu...

    BalasHapus
  80. wah ane kira ada yang ngasi garam tu laut sob heheheh

    BalasHapus
  81. wah, pengetahuan baru nih, aku hampir gak kepikiran soal ini sob..
    abis dulu gak pernah dibahas sih wkt disekolahan. ataw akunya aja kali ya yg gak menyimak... hehe..
    tp yg jls sih.. laut, daratan, pepohonan, gunung2, dan semuanya itu pasti diciptakan ada manfaatnya sob...

    bahkan plankton yg kecil dilaut aja, itu memiliki manfaat yg luar biasa.

    apalagi asinnya laut, yg bs memproduksi garam bagi manusia, coba bayangin masakan tanpa garam?

    BalasHapus
  82. @21inch: wah sob bukannya td dah dapet nasi uduk dari pengendara motor..hehe

    @pri crimbun:ya yg ngasi garam ya sangpencipta sob,, hehe

    @penghuni 60:Allah sdh mengatakan sob rahasia dan nikmatnya kalau di tuliskan 1per 1 tdk akan cukup tinta seluas lautan tuk di tuliskan,,

    BalasHapus
  83. Wahwahwah... Riset darimanakah mas? :D kayaknya seneng geo-sains yak? hehe.

    BalasHapus
  84. Dari atas sih nyambung bacanya., tapi setelah nyampek di "Smoga postingan saya yg berdasar pemikiran + searching google,,bukan penelitian" saya ketawa.
    Perpaduan yang hebat!

    BalasHapus
  85. @ayu abdillah:risetnya cuma dari google dan pemikiran td tuh mbak,,

    @kopiah putih: begitulah sob,, ini hanya menjawab pertanyaan org2 kenapa air laut asin,,hehe

    BalasHapus
  86. hahahaha inget aja lo.
    nasi uduk kan buat pagi hari, siangan ama sore kan enaknya makan asinan, apalagi asinan kamboja, wah te o pe dweh...

    BalasHapus
  87. oh gitu tho mas.. :) oke salam kenal lah ya.

    BalasHapus
  88. wow....saya baru tau kalo asinnya air laut itu bisa buat penyembuh luka , kmana aja guee??? hahahaha... Iya ya, gak kebayang kalo smua yg di buang ke laut gak ada yg menetralisir.

    BalasHapus
  89. iya bener aku sempat heran kenapa tempat es krim pinggir2nya dikasih garam. sekarang barutau jawbannya.

    BalasHapus
  90. @21inch:hehe,,sep dech sob

    @ayu: salam kenal kembali

    @chloe's: loh emng kemana aja selama ini,,sy cari2 loh,,loh

    @baha:oh pernah ngelihatnya juga ya sob

    @said arsyad: seep juga sob

    BalasHapus
  91. ck ck ck....hebat...oe ulasanya Bang, singkat padat.

    BalasHapus
  92. @obrolan blogger: trims sob,,kunjungannya,,:)

    BalasHapus
  93. tapi kalo luka trus dikasi air garam...atau air laut, perih bangeeeettt
    heehehhehee


    terima kasih infonya
    bener bener baru tau

    BalasHapus
  94. @elsa: trims juga kunjungannya y mbak

    BalasHapus
  95. Kenapa garam di laut dan asam di gunung ya MAs? hehehe...

    BalasHapus
  96. hmm pedihnya luka tersiram air garam ,,, itulah hebat allah azza wajalla, Dia tak pernah mensia-siakan apa yang diciptakan asal hambanya mau menggali dan mencari

    BalasHapus
  97. @riri:ya hmm,, ok ntr di cari jawabannya,di tunggu postingan tentang asam di gunung

    @tete: bener sobat asal hambanya mau menggali dan mencari

    BalasHapus
  98. Subhanallah ya! Allah yang paling tau kebutuhan manusia di bumi ini... Maka asinlah air lautan...

    BalasHapus
  99. @yan: sama sob, trims ya

    @Lyliana: benr mbak, trims kunjungannya

    BalasHapus
  100. Terima kasih telah berbagi ilmunya sahabat

    BalasHapus
  101. klo ditanya dari asalnya garam dari laut...
    begini jawabnya...tahukan klo laut itu terdapat berbagai jenis makhluk hidup dan jumlahnya pun belum bisa terhitung..nah pada saat makhluk itu berenang dengan cepat terutama lumba2 yang di kejar ikan hiu otomatis akan menghasilkan keringat berlebih dan klo keringatnya sudah keluar..bisa mengakibatkan air laut menjadi asin...itu menurut cerita zaman dulu..wkwkwk..ane aja gx tahu dari mana asalnya garam dalam laut itu..

    BalasHapus
  102. hebat kawan...kamu bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh sang mantan...sehingga sang mantan kagum kepada kamu karena kamu adalah orang yang pandai...tp yang jadi pertanyaan kenapa kamu putus sama pacarmu itu???!!
    heehhee

    BalasHapus