Sabtu, 22 Oktober 2011

belajar dari kegigihan nyamuk


Beberapa malam ini kala hujan sdh mulai turun, nyamuk pun makin ramai tiap malam mampir kerumah saya yang mewah(mepet sawah),,hehe apaan kale ya ramai..dan ntah kenapa sy terpikir bahwa seekor nyamuk bisa mengajarkan saya tentang sesuatu. Sekarang, saya merasakan sebuah rasa salut tersendiri ketika saya melihat nyamuk. Di saat org mungkin sering mengatakan belajarlah dari hidup lebah dan semut..

Nyamuk terbang berseliweran di sekitar saya, yang di incar hanya satu ya manisnya darah sy tuk kehidupan bakal anak2 nyamuk.Tuh para nyamuk pokus untuk bisa sekedar hinggap di tubuh sy. untuk mendapatkannya, nyamuk2 menggunakan segala cara yang mereka bisa. Mereka dipukul,dan menghindar dgn cepat dan selama belum mati, tuh nyamuk tidak menyerah dengan keadaan, si nyamuk kabur dan terus mengupayakan untuk  bisa hinggap lg ke tangan sy.

gambar dari google
Saya terpikir,sejenak,,wah2 betapa gigihnya tuh si nyamuk.sy jd malu dgn diri sendiri yg sering ngeluh dan mengeluh terus sbg lelaki sejati sy malu dgn tuh nyamuk.

Jadi terpikir juga terkadang oleh ucapan2 beberapa teman yg mengeluh begini katanya, "Saya memang sudah takdirnya jadi orang begini, apapun yang saya lakukan takkan pernah berhasil,"ini kata teman sy sbg manusia yg punya akal dan pikiran..sedangkan para nyamuk bertahan. Mereka meronta dari keadaan ,  meronta dari tangan kita yang lebih besar, dan rela mati demi hanya tuk menghisap sedikit darah tuk kehidupannya..

Sebagai pembelajaran ,, yg namanya manusia masih terlalu byk alasan tuk berbuat dan berupaya,,soo nyamuk yg kata org2,nyamuk2 yang nakal,malah pokus terhadap sesuatu sampai akhir menutup mata ,,hehe..

101 komentar:

  1. Hehehe...
    Emang darah sampean beneran manis mas??

    Pesan moral yang saya dapatkan disini adalah,
    Nyamuk terus berusaha, apapun keadannya!

    BalasHapus
  2. @kopiah putih: hehe khiasan sj manisnya,, takut juga kalo darah terlalu manis,, ntr kena diabetes,,:)

    BalasHapus
  3. pesan moralnya dalem banget mas :)..

    BalasHapus
  4. @socafahreza: byk2 belajar dr alam sob,,semua ttg kehidupan kelak ketemu jawabannya:)

    BalasHapus
  5. Berjuang ato mati *semboyan nyamuk
    Hahaha

    BalasHapus
  6. @tarry: nah pas bener tuh mbak semboyan nyamuknya

    BalasHapus
  7. Hahaha, bisa buat renungan juga ya kehidupan semut.
    Eh tapi kalo ga salah kalo nyamuk kekenyangan tuh mati deh~

    BalasHapus
  8. Nyamuk si hewan penebar penyakit ternyata bisa menebar hikmah juga ya dari kegigihannya ;)

    Hayyo memanah hati siapa kah? Mari kami bantu ;)

    BalasHapus
  9. ikh benerpisan kang, kitakebanyakan sering mengeluh .^^

    BalasHapus
  10. @sitti: nyamuk kekenyangan mati karena gk bisa terbang lg,, trus matinya ke injek,,hehe,,

    @yunda: kalo urusan manah memanah ,, sy sdh belajar td mlm mbak dr kegigihan si nyamuk,, sampai akhir menutup mata,, hehe lebay dech sy

    @k[A]z: itulah sob,, hrs byk2 belajar dr alam ttg kehidupan:)

    BalasHapus
  11. pake lotion anti nyamuk aja biar ndak digigit nyamuk.
    Pada dasarnya manusia diciptakan berbeda-beda begitu juga dengan sifatnya, sehingga apa pun usaha manusia untuk menjadi kaya tetap pada takaran yang sudah di berikan oleh Allah SWT. Semoga tidak mengeluh dengan keadaan, tengoklah mereka yang kurang beruntung.

    BalasHapus
  12. @arqu: tengoklah mereka yang kurang beruntung. <---sepakat banget sob,, tetep semangat y kan:)

    BalasHapus
  13. nyamuk itu kecil tp gigih dan pinter karna saya pernah perhatikan nyamuk mengapa saat saya berbaring dia nyanyi di dekat telingku karna dia baik supaya cepat tidur atau jika aku lum tdur pasti kan memukul nyamuk, nah bila kudiam pura2 tidur diapun berhenti nyanyi dan hinggap di pipiku dan dg teganya dia menusuk pipi mulusku untuk hisap darahku, akupun senyum ternyata punya akal hehehe

    BalasHapus
  14. nyamuknya nyamuk betina kali mas??? :D makanya pada gigih benner. thanks sarannya ya mas..

    BalasHapus
  15. @anisayu: bisaan aj ay puisi nyamuknya,,weekend kemana nih:) loh,,

    @pri crimbun: iya sob yg minta darah biasanya nyamuk betina tuk proses mematangkan telur2nya,,hehe

    BalasHapus
  16. sangat luar biasa sobat,, nyamuk aja bisa seperti itu ya,, belajar dari alam memang banyak manfaat yg bisa kita dapat,, hehhe

    BalasHapus
  17. manteb mas!!

    walaupun nyamuk melihat dengan mata kepalanya sendiri temannya mati karena kena tampar orang yang digigit toh dia juga tetep mau gigit . . :D :D :D

    sebentar mas , , nyamuk konsisten itu karena mereka bodoh? atau gimana neh??
    :D :D :)

    BalasHapus
  18. semprot bayg*n juga termasuk kegigihan atau bukan sob? nyamuk memang gak pernah berhenti untuk berjuang menghisap darah, cocok banget nih bro di praktekan

    BalasHapus
  19. iya ya.. baru kepikiran.

    Bang Al Kahfi ini kritis bener, nyamuk pun bisa jadi inspirasi

    BalasHapus
  20. keren... belajar emang bisa kapan aja dan dimana aja :)

    BalasHapus
  21. @rama88:alam memang banyak manfaat yg bisa kita dapat<----sepakat sob,,:)

    @bayu:jgn melihat kebodohann nyamuk nya sob,, tp dari kegigihannya,,kita manusia yg hrs bijak, menyikapi,,:)

    @farix:silahkan praktekkan kegigihannya sob:)

    @yan: hehe, trims sob:)

    @kak_ega: apapun itu tentang alam tempat kita belajar

    BalasHapus
  22. Wah aku dapet pengalaman baru nih :D

    BalasHapus
  23. kalo dipikir-pikir, kasian juga hidup si nyamuk sob,

    selalu bekerja keras walaupun nyawa taruhannya

    BalasHapus
  24. pelajaran tentang kegigihan, strategi, dan perjuangan yang bisa tertebus dengan hilangnya nyawa. Tapi kalo bisa opsi terakhir terhindari dengan strategi yang baik

    BalasHapus
  25. Aha, seharusnya aku juga belajar dari itu. Etapi kenapa baru terpikir sekarang ya.... Kenapa dari duludulu gak kepikiran buat mengambil hikmah yang sama.
    Thanks udah menginspirasi, sob. :)

    BalasHapus
  26. Bila dalam mencari sesuatu itu harus memiliki nilai juang yang tinggi.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  27. demi setetes darah untuk kehidupan sementara yang etrhitung hanya sehari saja. pelajaran yang bagus juga tuh bang

    BalasHapus
  28. Darah situ manis ya?
    coba cek ke dokter, siapa tahu diabetes :P

    BalasHapus
  29. itu namanya nyamuk pekerja keras kak...
    ga kenal lelah hehee,salut postingan kakak mantaff...

    BalasHapus
  30. anda benar, tapi nyamuk tetep ngebetein -,-
    oia, aku juga punya cerita nih, cek dong di
    http://i-startoverhere.blogspot.com/2011/10/sebuah-anekdot-keluhan-setan-kepada.html

    BalasHapus
  31. Nyamuk bisa kita contoh.maju terus pantang mundur.jadi tutup mata sama nyamuk.oh ya sob, ada kabar untuk blogger di postingan saya.

    BalasHapus
  32. wh kita harus berjuang sampai titik darah pengahabisan gt kan maksudnya tanpa menyerah ...

    BalasHapus
  33. wuih, emang ya abang yang satu ini, inspirasinya bisa dari mana aja... keren, pembelajaran bisa dari mana aja, salut. Ga sabar nih menunggu postingan yang akan datang. Tentang apalagi ya? hehe

    BalasHapus
  34. yahhh itulah hidup kadang2 kita bsa blajar dari sesuatu yg qt anggap ga berguna malah kadang2 bikin kesel misalnya kaya tadi (dr nyamuk) tentang kegigihan untuk mendapatkan setetes darah segar TAPI amp harus taruhin nyawa nya sendiri,,,huffff...sunggup jalan hidup yg berat yah klo dipikir2 hahaha coba klo kita kaya nyamuk..kita harus mengambil sesuatu yg harus mengorbankan nyawa untuk meyambung hidup :p :p

    BalasHapus
  35. ambil sisi positif dari hal2 kecil ya. :)

    BalasHapus
  36. ALL MAAF BARU NGEBALES,,MAKLUM WEEKEND MALAM MINGGUAN,

    @musa: diterima pengalaman baru nya sob:)

    @a-nx: SAMA SOB SY JUG AKASIAN TP AKHIRNYA MATI JUGA TUH NYAMUK DI TANGAN SAYA,,:)

    @djangan pakies:Tapi kalo bisa opsi terakhir terhindari dengan strategi yang baik <---trims yambahan masukannya mas,,:)

    @arif riu:trims juga sobat,, smoga dgn saling share kita bs saling menguatkan:)

    BalasHapus
  37. ALL MAAF BARU NGEBALES,,MAKLUM WEEKEND MALAM MINGGUAN,

    @ejawantah:trims sobat sukses juga untukmu ya:)

    @arif bagus:demi setetes darah rela mati sob,,hehe trims :)

    @kak rin:sdh sy cek sob,,mudah2an masih normal kalo untuk kesehatan sy plg utama,,,:)

    @atma:ga kenal lelah , akan sy contoh tuk meraih pujaan hati:)

    @rendra:ok sob akan berkunjung ke ceritanya juga:)

    BalasHapus
  38. ALL MAAF BARU NGEBALES,,MAKLUM WEEKEND MALAM MINGGUAN,

    @bisnis online:maju terus pantang mundur, bener banget sob,, ok akan berkunjung kembali :)

    @bopfive5:iya sob pantang menyerah sampai menutup mata:)

    @alaika:pembelajaran bisa dari mana aja emng mbak,, byk2 beljar dari alam , kelak akan ketemu semua jawaban kehidupan,:)

    @green:benr ob bayangi kalo kita kaya nyamuk perjuangannya pasti keder duluan,, hehe:)

    @yus yulianto:benar sobat,, selalu di ambil positipnya ttg nyamuk:)

    BalasHapus
  39. iyaa juga yaa, sekecil apapun itu harusnya ga diremehkan. menginspirasi.

    salam kenal dari ujung Indonesia :)

    BalasHapus
  40. @nelva: salam kenal kembali sobat,, btw ujung indonesianya mana ya,, sabang ato merauke :)

    BalasHapus
  41. hehehe posting unik dan langka tentang filosofi nyamuk. tentu tidak semua rekan blogger perpikir jeli seperti admin blog ini

    ane datang dan memberi komentar karena tertarik dengan posting nyamuk unik ini.
    syukron

    BalasHapus
  42. @wisata murah:trims sobat kedatangannya di rumah sy yg sederhana ini..:) salam sahabat y sob

    BalasHapus
  43. semalam berburu nyamuk dapet banyak...hihi

    TFS..

    BalasHapus
  44. dengan nyamuk, banyak manusia yang mendapatklan lahan pekerjaan, itu mungkin salah satu pelajaran yang dapat kita ambil.....

    BalasHapus
  45. kerjaan sheno tuh tiap malam nepokin nyamuk, salah satu binatang yang ga pantang menyerah :3

    BalasHapus
  46. masak kita kalah sama nyamuk... kita harus pantang menyerah dan selalu berusaha maksimal dalam segala hal..

    sesuatu yang kecil mungkin saja mengalahkan yang besar..

    nice posting and keep posting guys...

    BalasHapus
  47. Tujuan Tuhan menciptakan nyamuk adalah agar kita bisa menggampar diri kita sendiri.. :p

    BalasHapus
  48. judul dan postingannya selalu bermakna,,,,
    seperti biasa...
    :)

    yap belajar dari apapun termasuk dari nyamuk.

    BalasHapus
  49. yang penting semangat dulu lah, kata nyamuk

    BalasHapus
  50. artikel bagus bro, lam kenal ya sambil baca2 , tks

    BalasHapus
  51. Hidayah Tuhan turun pada hambanya bisa melalui apa saja,. terkadang kita tak mengerti bahwa itu adalah hidayah,, agar kita selalu mau berpikir,.

    BalasHapus
  52. setuju kang.. padahal mereka hidup hanya sebentar :(

    BalasHapus
  53. luar biasa kegigihan nyamuk dalam mencari makan tak kenal putus asa

    BalasHapus
  54. iap bener kang apapun Yang ada di sekitar kita kalau kita mau belajar dan di kembalikan lagi padaNYA pasti akan menjadi sebuah pelajaran hidup kita seperti nyamuk dsbgainya

    BalasHapus
  55. @hilsya :HICKS kasian tuh nyamuk mati

    @Zaenal: dengan nyamuk, banyak manusia yang mendapatklan lahan pekerjaan, <---setuju dan sepakat sobat

    sheno : bener sob pantang menyerah tuh nyamuk:)

    Nyzer's : selalu berusaha maksimal dalam segala hal.<---iya sob,, trims ya masukannya.:)

    edi wijoyo kusumo : agar kita bisa menggampar diri kita sendiri..<---hehe ngakak sty sob:)

    zone : trims sobat seperti biasa...harus saling mensupport :)

    guru rusydi: ehhe iya sob,, trims ya

    asuransioke: salam kenal kembali y sob, tks

    Art :adalah hidayah,, agar kita selalu mau berpikir,.<---sepakat sobat:)

    Belajar Photoshop : trimakasih sobat,,paling tdk kita ambil sisi positipnya nyamuk

    Cerita Tugu : makan tak kenal putus asa<--itulah nyamuk yg kliatan sepele,,tp penuh gigih

    katils : menjadi sebuah pelajaran hidup kita seperti nyamuk yg di ambil sisi positipnya<--bener sobat trims ya:)

    BalasHapus
  56. sayang ya...
    kegigihannya harus diakhiri dengan satu tepukan
    bukan aplaus rame rame...

    BalasHapus
  57. @rawins:bener juga y sob,, bukan aplaus, tapi tepukan kematiannya,,:)

    BalasHapus
  58. Hehehe.. Diabetes?
    Takut juga ta sampean dengan penyakit itu..

    BalasHapus
  59. @kopiah putih: wah jgn sampai lah,, kalo dah kena diabet,, bisa turun ke jantanan saya(ups sensor)

    BalasHapus
  60. gigih dan bikin sebel tuh kalo udah dengung di kuping. bikin ga bisa bobo ya.

    BalasHapus
  61. manusia diberi akal pikiran dan hawa nafsu, sementara nyamuk diberi insting. itu bedanya mas.

    BalasHapus
  62. @sang cerpenis:nah itu kali karena cuma kuping yg bs mendengar mbak,, hehe

    @21inch: bener sih sob,,, ya maksudnya kegigihan instingny a itu yg patut di contoh,, hehe

    BalasHapus
  63. SUBHANALLOH... ALLOH menciptakan segala sesuatunya ini dengan tanpa sia2 Sob!!!
    Dgn Seekor Nyamuk saja ada banyak Hikmah yg terkandung didalamnya...selain Semangat Gigihnya!!!
    Dari Nyamuk aja Pemilik Perusahaan Obat Nyamuk aja bisa Kaya Raya... Seekor Nyamuk aja sampai kini gak ada Manusia yg mampu membuatnya!!!
    Ck...CK...Ck...

    BalasHapus
  64. @bagibagiblog: bener y sob,, masih lom ada manusia yg bisa buat nyamuk yg sekecil itu,, tapi ternyata walau nakal masih byk manfaatnya

    BalasHapus
  65. kalo aku tetep benci ama nyamuk, hi hi hi
    karena nyaris ilangkan nyawa si kecil juga kakaknya gara gara DB

    BalasHapus
  66. @obrolan blogger: hehe y a itulah mas,, apapun itu walau mengakibatkan penyakit tp setidaknya teryata nyamuk juga ada hikmah di a di ciptakan,, ya kit a sbg manuasia yg punya akal pikiran,, hrs pandai2 dan bijak mengambil sisi positipnya,,:)

    BalasHapus
  67. Seekor nyamuk kecil bisa menjadi pelajaran utk kita ya..

    Berjuang terus meskipun ia tau akhirnya pasti akan mati.

    BalasHapus
  68. hheehe aku g suka nyamuuk kalo lg BW di gigitin jd g konsen hehehe

    BalasHapus
  69. ehh bang kalau nyamuk yang mengisap darah itu yang jantan apa betina sich,?love,peace and gaul.kalau aku gak salah baca sich yang betina.

    BalasHapus
  70. Nyamuk selalu gigih mengincar mangsanya ya?
    Harusnya kita pun gigih juga :)

    Makasih banget udah mampir ke blogku ya? :)

    BalasHapus
  71. Kalo begini ceritanya, aku jadi nggak tega mbunuh nyamuk.. :D

    BalasHapus
  72. @bu dini:iya bu slogan nyamuk berjuang sampai mati,,hehe

    @zhintio:itulh makanya nyamuk di sebut nyamuk nakal,,:)

    @saryadinilan: bener sob,, nyamuk betina , darah gunanya tuk mereproduksi telur2nya

    @catatan kecil: sama 2 y mbak trims

    @dewi: ya di pukul juga gk pa2 toh mbak,,nyamuk y tetep aja nyamuk,, yg hrs di basmi,,yg di ambil kan cuma hikmah kegigihan nyamukny sj

    BalasHapus
  73. Ketika mengalami kegagalan, seringkali kita (termasuk saya) menyalahkan orang lain dan keadaan lingkungan, mengeluh dan bersembunyi dalam tumpukan alasan dan excusing. Kita berharap simpatik dan pemakluman atas tindakan/situasi kita

    BalasHapus
  74. @bopfive: trims sob:)

    @riri: Kita berharap simpatik dan pemakluman atas tindakan/situasi kita <--pd umumnya sih termasuk sy y begitu juga tu,,:)

    BalasHapus
  75. saya belajar dr nyamuk dg cra menghisap darah orang2

    BalasHapus
  76. Ketika mengalami kegagalan, seringkali kita (termasuk saya) menyalahkan orang lain dan keadaan lingkungan, mengeluh dan bersembunyi dalam tumpukan alasan dan excusing. Kita berharap simpatik dan pemakluman atas tindakan/situasi kita

    BalasHapus
  77. @dunia otan: wah jgndi aambil sisi negatipnya loh,,:)

    @riri: dapet komen bonus nih

    BalasHapus
  78. kl nyamuk diberi hawa nafsu, pastinya ada jg nyamuk yg ogah2an gigit manusia, mendingan nyantai aja. tuhan maha adil.

    BalasHapus
  79. Benar juga sob..ternyata kita pun bisa mendapat pembelajaran dari perjuangan seeokr nyamuk ya sob...Tidak pernah terpikirkan seperti itu malah

    BalasHapus
  80. @21inch: iya y mas tuhan maha adil,, kdg kita2 yg suka lupa,,hehe

    @cardiacku:bener sob dialam ini byk bener tuk di jadikan sbg pembelajaran

    BalasHapus
  81. Kunjungan silaturahmi malam sahabat di sini...Belajar dari salah satu makhluk ciptaan Allah yang satu ini.Nyamuk.
    Terima kasih telah berbagi artikelnya sahabat

    BalasHapus
  82. @webmdmk: trimakasih kembali y sob,, sdh berkunjung

    BalasHapus
  83. Ku tunggu yang baru ya kang,.

    BalasHapus
  84. Pena hadir dan absen malam sob...
    Nyamuk pun bisa berjuang gigih, kita kadangkala sudah menyerah dahulu sebelum berusaha

    BalasHapus
  85. @art: trims sob, di tunggu ya

    @tautpena:trims kehadirannya kembali sobat,,:)

    BalasHapus
  86. nih pipi saya digigit nyamuk dan susak banget ilangnya
    eh ya mas selamat atas setting kotak komentar barunya
    sukses loh :D

    BalasHapus
  87. mas maaf baru balas..nah ini udah bisa kotak komentarnya...selamat :)

    BalasHapus
  88. @ninda: sukses kembali y mbak,,terus terang nih sdh berkali2 merubah setting template komentar,,akhirnya bisa juga ,,lega rasanya akhirnya mbak ninda bisa muncul di rumah saya..trims y mbak

    @arr rian: gak pa2 sob,,sy tau kamu lg sibuk kuliah kan,,hehe,, iya nih akhirnya bs juga,,dgn sedikit kerja keras setting htmlnya.

    BalasHapus
  89. padahal ucapan kita berkuasa ya. kalo kita bilang gak berhasil, ya bisa beneran gak berhasil deh

    BalasHapus
  90. @sang cerpenis: benr kt mbak ucapan adalah doa, dan awalnya optimis juga dari ucapan..:)

    BalasHapus
  91. Itulah tuhan menciptakan semua yang mahluk hidup didunia ini untuk tetap fight & jangan pernah berhenti sebelum ajal menjemput seperti nyamuk

    BalasHapus
  92. nyamuk merupakan salah satu makanan cicak

    BalasHapus
  93. kadang suka nanya ke diri sendiri, si nyamuk di bikin sama Tuhan fungsinya untuk apa. tapi setelah di tilik-tilik mungkin biar sheno rajin beberes kamar, soalnya kalo ga beres nanti diserbu nyamuk -,-

    BalasHapus
  94. Luar biasa,, tanpa disadari nyamuk telah memberikan ilmu kepada kita, bahwasannya keinginan untuk mendapatkan sesuatu perlu sebuah modal, dan modal itu adalah kegigihan. meskipun banyak karang yang menghadang namun itu menjadi obat tersendiri untuk lebih meningkatkan kegigihan

    Blog yang Luar biasa sob
    salam blogger
    kunjungan sore

    BalasHapus
  95. saya setuju...
    saling support...
    :)

    BalasHapus
  96. Hahaha...
    Turun kejantanan katanya..
    Dapat dari mana bahasa itu mas?

    BalasHapus
  97. wah tidak terpikirkan dari saya untuk belajar dari nyamuk, mantap,hee

    BalasHapus
  98. Wah analisa yang sangat jeli dan mendalam mas. Salut.

    BalasHapus
  99. inspiratif banget tulisanx Mas... :)

    dijaman yg serba susah gini rasax susah fokus sm satu masalah..,jd wajarlah klo pikiran jd bercabang, beda sama nyamuk yg mikirx hnya Darah mulu, hehhe...

    BalasHapus