Sabtu, 29 Oktober 2011

Pinter mana antara Lebah dan Semut

Sobat sobat semua pasti sering mendengar kata kata tentang perbanyaklah belajar hidup dari lebah dan semut..nah suatu waktu lagi meeting di kantor, bos saya selalu menekankan akan pentingnya kerjasama yang baik antar sesama rekan kerja contohlah pola hidup lebah dan semut yang slalu bekerja sama."

di sela2 meeting itu ntah knapa rekan kerja yg gokil nanya iseng ke bos ,begini katanya,,"maaf bos saya mau bertanya" , si bos pun sigap menanggapi, "ya silahkan mau tanya apa" kata si bos.. "lebih pintar mana semut dgn lebah bos, ini untuk acuan kami lebih cenderung mencontoh yg mana"ucap teman saya ..hehe itu si bos mikir sebentar dan sepertinya dia bingung cara menjawabnya.temen2 yang lain pada senyum2 simpul mendengar pertanyaan  yg iseng tersebut..
lebah yang kelelahan di balik jendela
posisi duduk saya yg lagi di samping bos cuma senyum2 saja lihat gelagatnya,,bos pun  melirik saya,,sepertinya si bos membutuhkan bantuan saya..si bos pun berucap"nah kalau untuk pertanyaan2 begitu cukuplah alkahfi saja yg menjelaskan"(si bos sih tau saya selalu bisa menjawab pertanyaan2 yg seperti2 ini)

dengan sigap karena perintah si bos saya pun mencoba menjelaskan dgn rekan2 kerja(ya karena ini pertanyaan iseng saya akan menjelaskannya jg tdk pake istilah2 seperti di buku pengetahuan tentang ke2 serangga itu)" pernah tidak melihat lebah yg mati di balik jendela kaca"ucap saya,, memang sih lebah itu serangga yang komitmen, ,masuk dari jendela yg sama keluar juga di jendela yang sama(setiap pulang harus di jalur mereka pergi),   saya pernah memperhatikan pada jendela kaca yang tertutup , dan ada seekor lebah berusaha keluar  dgn membentur2kan tubuhnya ke dinding kaca terus berulang2 dan akhirnya mati tu lebah kelelahan.

nah di waktu yang lain saya pernah memperhatikan barisan semut berjalan beriringan, pada saat itu sy coba isengi di jalur jalannya yang lurus itu saya letakkan sepotong kaca,tu para semut bingung sebentar sambil gerak2kan antenenya , tdk berapa lama di telusirinya sisi dinding kaca kesamping , ketemu dech celah ,tuh semut2 jalan lurus lagi,,hehe nih semut punya istilah byk jalan menuju ke roma,:)
nah sekarang coba simpulkan sendiri lebih pinter dan cerdik mana antara "semut dan lebah"

87 komentar:

  1. wah berarti lebih pinter semut dan sepertinya semut lebih kita anut karena bila terbentur masalah lebih banyak jalan mengatasinya
    hehehe kalo lebah malas biasanya cuma ngandalkan senjata sengatan hehhe

    BalasHapus
  2. Haha
    A- orang biologi ya mas?
    K- Bukan
    A- Kok tau yg beginian?
    K- iya karena saya seorang pengamat lingkungan

    Sll ada aja idenya wuehehe

    BalasHapus
  3. lebih pintar lebah dong bang!khan dia selalu konsisten!xixi...

    BalasHapus
  4. Selalu mencari jalan lain untuk berhasil....
    sepertinya semut lebih mantap

    BalasHapus
  5. @anisayu: lebah sih byk manfaatnya,, ya siapa yg tdk tahu ttg madu,, tp kalo tuk pinter ya itu ,, semut,,hehe

    @tarry: pengamat lingkungan emng bener kok mbak,, secara dulu saya pernah di LSM lingkungan hidup,,:)

    @arev: hehe, konsisten sih iya tp tdk pinyet cari kalan alternatip,, hehe

    @frendli: semut pantas di contoh kalao mencari jln alternatip

    BalasHapus
  6. hahahaha lucunya~

    padahal kedua hewan itu termasuk wah wah wah ^^

    semut yang lebih pinter yaaa~

    BalasHapus
  7. @numayanti: semut lebih bs mengatasi problem hidup ya kan,, hehe

    BalasHapus
  8. thank infonya, baru tau niy kl lebah keluar masuk dari jalur yg sama.

    BalasHapus
  9. @21inch: sama2 sobat, ya itu mungkin sdh instingnya setiap pulang hrs di jalur mereka pergi..

    BalasHapus
  10. pantesan semut di rumah saya gak ilang2, udah dikasih kapur anti serangga pun tetap ada. Kayaknya si semut selalu dapet jalan masuk ke rumah .. heehhe

    BalasHapus
  11. kalo lebah binatang istiqomah namanye..hehehe
    kalo semut lebih berpikir pake akal..hohoo :D

    BalasHapus
  12. brarti utamanya lebih pintar semut dong :D hahaha kalau lebah jelas kalah :D

    BalasHapus
  13. Semut dan lebah, yang jelas sifat paguyubannya (gotong-royong)nya sama-sama luar biasa....

    BalasHapus
  14. klo dari kesimpulan cerita diatas,semut dong yg lebih pintar....pintar cari jalan keluar,pintar menggigit pulah..hehee

    BalasHapus
  15. @dey : hehe tuh karena semut pinter kan mbak cari celah

    @Naya Elbetawi :nah tuh kamu pinter nay, jelasinnya,,, oh ya btw udh nyampe pa blum


    @Farixsantips :ya dinilai sendiri lah sob,, hehe

    @Ririe Khayan : paguyubannya (gotong-royong)<-- kalau ini sdh sgt setuju banget mbak riri,,hehe

    @atma: tapi gigitan semut konon katanya bs jd terapi rematik loh mbk

    BalasHapus
  16. sepertinya gak bisa dibandingkan karena keduanya adalah jenis yang berbeda?

    Salam,
    Kevin
    Blog : www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

    BalasHapus
  17. ke 2 y cerdas memiliki emotional yg sangat kuat

    BalasHapus
  18. @kevin: bener jug sih sob,, krn ke 2 beda jenis ,,:)

    @tirta: ya ke 2 nya juga sering jd contoh pola hidup manusia trims sob,, kunjungannya

    BalasHapus
  19. saya baru tau, lebah pulang pergi harus lewat jalan yang sama, suer deeeh..

    kenapa ya kalo jalan jalan ke blog ini, pasti ada yang bisa saya pulang (saya kantongi dengan gembira) ehehehhe

    Makasih ya mas

    BalasHapus
  20. @meilya: trims y mbak sdh mengantongi pengetahuan dari sy , smoga kelak bermanfaat,,:)

    BalasHapus
  21. yalah semut lebihpinter. kan ada pepatah, di istana raja pasti ada semut dan cicak. hanya 2 hewan itu yg mampu menembus benteng istana raja. hehehe

    BalasHapus
  22. @sang cerpenis: bener y mbak benteng apa yg tdk bisa di tembus semut,,bahkan mungkin brankas di bank sekalipun ada semut di pojok ya, kan,,hehe

    BalasHapus
  23. Pinternye dikit2..heheh :p

    Alhamdulillah kirimannye udeh selamat sampe dirumah, afwan..belum ngabarin soalnye belum selesai baca, Insya ALLAH nay posting aje ye kalo udeh kelar baca ^^

    makasiiih ye bang :)

    BalasHapus
  24. lebih pinter semut..
    jadi inget postingan saya dulu mas, hehe :D

    BalasHapus
  25. lebih pintat semut karena bisa mencari cara lain dalam hal ini solusi ketika menghadapi masalah ;D

    BalasHapus
  26. Ternyata lebih pinter semut dong kalau gitu... hehehe

    BalasHapus
  27. Jadi penasaran, kenapa juga muncul pertanyaan iseng spt itu ya? :p

    BalasHapus
  28. wah hebat banget mas sampai memperhatikan sekecil ini. Berarti lebih pinter semut ya, ia berusaha mencari jalan keluar tanpa mengharuskan menyiksa dirinya seperti lebah. wkwk :D

    BalasHapus
  29. Hahaha mas kahfi masih aja merenung tentang hewan, kemaren nyamuk sekarang semut :D

    BalasHapus
  30. sama-sama pintar jangan saling bertengkar :)

    BalasHapus
  31. @Naya Elbetawi : seep dech kalo bgtu,:)


    @socafahreza's :oh iya th sob,, ntr sy cek di blog mu:)


    @sheno monkey : mencari cara lain dalam hal ini solusi ketika menghadapi masalah <--ini yg bs di petik dr semut,,:)

    @catatan kecilku : ternyata begitulah sobat,, hhehe

    @the others: ya yg nanya lg bete x sehingga muncul pertanyaan iseng :)

    @AW-XP : sy sedari dulu mmgsuka menganalisis tentang apa sj sobat,apalagi sy dulu juga pernah di LSM lingkungan hidup

    @Sitti Rasuna Wibawa : sy pernah di LSM lingkungan hidup,,jd harap maklum:)

    @lidya:iya mbak,cuma iseng kok nanyanya:)

    BalasHapus
  32. postingannnya mantep ^_^ , selamat berakhir pekan :)

    BalasHapus
  33. Pinteran al kahfi dong. Hehehehe...met weekend kawan.

    BalasHapus
  34. @artha: met weekend juga y sobat

    @arqu: nah kalau yg itu,, boleh juga lah emng pinter,, nah loh,, hehe

    BalasHapus
  35. Masing-masing sudah di berikan kelebihan oleh Tuhan.Persamaan lainnya dua duanya di jadikan nama surah dalam al qur'an:an-naml, an-nahl

    BalasHapus
  36. Saya memilih dua-duanya gan. Mereka sama-sama pintar. Kerjasamanya juga bagus..

    BalasHapus
  37. itu dia sob, makanya semut itu paling sering dijadikan simbol atw maskot tertentu oleh sebuah perusahaan atw organisasi.
    tp masing2 dari keduanya, memiliki kelebihan2 yg patut diteladani oleh kita sebagai manusia.

    BalasHapus
  38. @bisnis online: benr mas, keduanya merupakan hewan yg sering di jadikan contoh hidup,,:)

    @kopiah putih: pilihan yg bijak sana sobat

    @penghuni60: iya sob ada tuh ya maskot CNI semut, hehe soo MLM pas bener dgn kegigihn semut

    BalasHapus
  39. izin tes komen ya ,,: setiap ciptaan sang pencipta ada makna di baliknya, manusia yg punya akal pikiran yg bisa mengambil hikmah setiap ciptaannya..nice posting ..:)

    BalasHapus
  40. Hmm,, Subhanalloh!!!
    Ternyata Alloh menciptakan Lebah & Semut itu dgn kelebihan masing2 yg sungguh mengagumkan!!!
    Dibalik itu juga ada Kekurangannya masing2,,,
    Kalo seperti penjelasan Sobat di atas,, Lebah itu sangat Komitment sementara Semut punya Solusi yg Mantaf.. kalo Ayas kayaknya milih Semutt deh!!
    Hwehehee,,

    BalasHapus
  41. tapi saya ga mau bilang lebah itu goblok loh, soalnya lebah penghasil madu yg bikin pinter manusia :p

    BalasHapus
  42. semut daripada lebah..hmmm..
    mereka sama-sama pekerja keras..
    tapi semut lebih cerdas dan team-work nya lebih oke kayaknya..
    hahahaha... *sotoy*

    BalasHapus
  43. @sherafim: termasuk kamu yg penuh hikmah di ciptakan oleh Tuhan ,membuat sy jd penuh insfirasi(loh apa hubungannya ya:)

    @bagibagiblog: bener sob di ciptakan sesuai dgn kelebihannya masing2 tinggal kita manusia yg bijak mencontohnya

    @R10: ke 2 nya sama cerdik sobat tapi di anatar yg cerdik pasti ada yg lebih cerdik, nah kalau semut masih bisa mencari jalan alternatip, hanya itu saja,, hehe trims sob kunjungan perdana nih ya

    @missdestiana: semut lebih bisa mengambil jalan alternatip lebih bedanya dgn lebah,, hehe

    BalasHapus
  44. both of them is a smart creature. aku pernah baca buku tentang semut, juga tentang lebah. hampir gak ada yg "lebih" bodoh atau cerdas. malah sempet terharu juga tentang pengorbanan ratu lebah. semut kalau yg hitam/merah kecil memang cerdas, tp gak begitu dengan semut terbang (ewww, lol). kalau aku disuruh milih, aku milih semut hitam, deh. soalnya tahu dimana tempat sejuk berada dan gak perlu terbang. i hate flight :p

    BalasHapus
  45. keduanya sama-sama pintar dan kompak, sehingga sulit untuk membedakannya,
    bahkan mereka dijadikan Tadrib (pelajaran dari pengalaman) dalam Al-Quran.
    sungguh luar biasa jika kita bisa kompak seperti semut, dan selalu memberi manfaat kepada orang banyak seperti lebah

    BalasHapus
  46. @dunia kecil:semut hitam, tahu dimana tempat sejuk, wah saya baru tahu juga sobat,, trims sdh saling share dan berkunjung di sini,:)

    @zaenal: bener sobat kita manusia yg harus bijak sj menyikapi,,trimss kunjungannya:)

    BalasHapus
  47. wah artikel2 disini ini sangat menginspirasi saya setiap berkunjung kesini makasih gan

    BalasHapus
  48. @zhinto: trims kembali ya sobat sdh berkunjung

    BalasHapus
  49. pinteran semut,, karena semut cerdik,, seperti kutipan diatas "banyak jalan menuju roma" hehehehe.. itulah semut, selalu ada cara untuk melewatinya,, :D

    BalasHapus
  50. lebah lebih konsisten, semut tak pernah menyerah menghadapi rintangan... dua sifat yang sangat keren :D :D

    BalasHapus
  51. Kalau menurut saya kedua-dua sama kuat & punya sesuatu yang bisa ditonjolkan,tergantung dari kita pengambilan pelajaran dari kehidupan mereka

    BalasHapus
  52. Haha iya bener juga ya, lebih pintar semut daripada lebah :D

    BalasHapus
  53. sebenarnya kedua hewan ini sama-sama hebat, karena dari keduanya banyak hal positip yang bisa kita ambil manfaatnya, baik sari segi sosial, komunikasi, kemanfaatan dst, namun untuk masalah di atas tentu lebih mengacu pada bagaimana seseorang bisa keluar dari permasalahan dengan selalu mencari jalan yang lebih baik, dan tidak masuk pada lubang masalah yang sama. Jadi kesimpulannya adalah semut lebih fight untuk kasus di atas

    BalasHapus
  54. @Rama88 :itulah semut, selalu ada cara untuk melewatinya,<--bener banget sob,, gigih harus, tapi juga hrs byk cara kalau ada kendala

    @bopfive5 :sepakat y asob,, semut,,:)

    @Miss 'U :dua sifat yang sangat keren dan patut di contoh,, ya kan mbak:)

    @Andy kedua-dua sama kuat bener sob,, tinngal kita saja yg hrs pinter2 menyikapinya,, :)

    @iam : hehe trims sob,, jd sepakat semut kan:)

    @Djangan Pakies : untuk masalah di atas tentu lebih mengacu pada bagaimana seseorang bisa keluar dari permasalahan dengan selalu mencari jalan yang lebih baik, dan tidak masuk pada lubang masalah yang sama. Jadi kesimpulannya adalah semut lebih fight untuk kasus di atas<-- wah mas salut juga pemikirannya, jd gimana sepakat semut ya,, :) trims mas masukannya

    BalasHapus
  55. wah, terlambat banget nih sob,,
    kalau aku mending lebah sob, coz dia juga menghasilkan dengan madunya . . .

    ckckc, ane yg beda nih :D

    BalasHapus
  56. @A-NX: gak pa2 sob, masing2 org puya pendapat sendiri2 dan sy menghargai setiap pendapat.:0

    BalasHapus
  57. wah..wah... emang ya kalo mas kahfi udang posting pasti bikin kita berdecak kagum, tulisan yang simple dan ringan tapi info yang disisip didalamnya benar-benar membuka mata. btw saya baru tau lho kalo lebah itu 'konsisten' dan ga ada inisiatif. (hehe.. masih dendam nih sama lebah, secara dia pernah menyengat saya dulu waktu berada di sebuah pulau).

    Makasih infonya ya mas, keren abis! Ga sabar menunggu postingan berikutnya nih.

    BalasHapus
  58. Saya kira dalam hal ini lebih pinteran semut saudaraku

    BalasHapus
  59. Pinteran dan telatenan si semut sob

    BalasHapus
  60. @alaika: trims y mbak masih byk kok mbak stock pemikiran tentang hal2 yg seputar kehidupan yg berkesinambungan dgn alam...d tunggu ya,,weekendnya sepertinya asyik y di martha tilaar,,hehe

    @abufarras: sepakat semut y mas,,:)

    @cardiaclu: sama2 sepakat kalu begitu sobat:)

    BalasHapus
  61. pinteran mana ya....??
    kalau di RCTI jam 1/2 8an hari minggu lucuan kepongpong mas...
    :P

    lHo...??

    BalasHapus
  62. kayaknya banyak yg mengadopsi ilmu semut, dia mengajarkan dan penganut sifat gotongroyong, di siplin dan membumikan budaya antri hehe...

    BalasHapus
  63. @zone: hehe,, pinteran yg komen pastinya,,:)

    @yayack:sepakat ya sob,, hehe met weekend ya

    BalasHapus
  64. lbh pinter yg buat postingan :D mrka mmlki nilai pilosofi yg bagus jka kita bsa mmhminya...
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  65. filosofi lebah baru tahu dari artikel ini, mngelikan ya. dari perilaku lebah tersebut aa makna yang bisa kita ambil, kita boleh konsisten tapi jangan konyol ya.hehehehe,, nice post

    BalasHapus
  66. @askep: blognya kok tdk bisa di buka sob

    @wisat a murah: benr y sob boleh konsisten asal jgn konyol,, :)

    BalasHapus
  67. klo nurut pri crimbun pinteran al kahfi :D

    BalasHapus
  68. hehehe...kalau gitu si pinter semut, tapi lebah itu menggambarkan orang yang ngga suka berfikir kalau ada masalah,sedangkan semut menggambarkan orang yang suka berfikir selalu mencari jalan keluar kalau ada masalah

    BalasHapus
  69. ha ha gokil gokil.....baru sadar aku

    BalasHapus
  70. hahahaha.....

    lebah lebih monoton..semut kreatif..

    hidup semut..

    BalasHapus
  71. @pri crimbun: hehe jd sepakatnya sy yg pinter ya,, jd tersanjung nih sob,,:)

    @cerita tugu: bener y pak sepakat semut lebih cerdik,,hehe

    @imam: byk juga kok sob yg nyadar akn hal ini terutama temen2 kantor

    @rofiek: semut kreatip sob,, hehe salam kenal kembali ya

    BalasHapus
  72. analogi yang keren...
    eh kalo semutnya disengat lebah
    jadi beloon juga ya..?

    BalasHapus
  73. @rawins: trims sob,, kalo semut di sengat lebah,,hmm,,mungkin semut juga melawan kali ya

    BalasHapus
  74. Mantapzzz Sob, semakin bermakna dalam.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    BalasHapus
  75. saya sependapat dengan jawaban Abang kita : Djangan Pakis.

    BalasHapus
  76. Sepertinya semut lebih keren...kita sudah memusnahkan rumahnya yang ini bisa dengan cepat pindah kerumah baru.

    Penciumannya juga tajam...

    BalasHapus
  77. @ejawantah: trims mas,,kunjungannya

    @obrolan bloger: iya mas masukannya sgt bijak djangan pakis,,:)

    @ibudini: hehe jd milih semut y mbak,,:)

    BalasHapus
  78. hmmmmm.... saya suka nih postingan..filosofi sekali... trims yaaaa....


    salam
    Stylish Generation

    BalasHapus
  79. Mungkinkah semut bisa membuat lebah kesemutan???

    BalasHapus
  80. wahh..klo postingan ini sy gk bisa komentar dah.., soalx gk tau.., sy tunggu jawaban dr Mas al kahfi 'pinter dan cerdik mana antara "semut dan lebah"..??

    BalasHapus
  81. ternyata lebih pintar semut ya? bisa aja jawabnya.. hehehe,,,

    eniwei, aku mau tanya dong al kahfi, gimana caranya ada dua setting komentar.. ada yg embedded below post ada yang pop up windows..?? dimana2 saya cuma bisa lihat satu? thanks before :-)

    BalasHapus
  82. @sentuhan: trims ya:)

    @punya tia:trims mbak sdh suka:)

    @halaman putih: wah kalau itu sepertinya tdk sob,,hehe

    @rohis:untk cerdik saya memilih semut sobat, kalau untuk konsisten lebah jagonya konsisten,,:)

    @Lyliana: coba kunjungi link ini mbak http://harddiskku.blogspot.com/2011/01/cara-membuat-link-form-komentar-klasik.html

    BalasHapus
  83. Saya coba memilih tawon. :D

    BalasHapus
  84. lebih pinter lebah atau semut hayooo

    BalasHapus