Selasa, 11 Oktober 2011

Gerimis dan Laron

sehabis solat magrib dimalam itu udara terasa sangat  dingin, Sisa gerimis sore itu masih tampak, Langit pun masih terlihat kaku kelabu. Aku duduk merenung di teras rumah sengaja ingin menikmati sisa2 gerimis mlm ini...hmm sambil merenung samar2 Dari kejauhan terlihat seseorang sdg menuju ke rumah ,berharap yg datang sesosok wanita,eh gak taunya pak RT yg datang,(iya sy ada janji  dgn pak RT malam ini mengenai penjualan rumah yg sy tempati).

Tidak berapa lama ,lagi serius ngobrol ntah datang dari mana tiba2 beratus2  laron berbodong-bondong mengerubungi lampu teras ,,karena menabrak2 lampu teras sebagian berjatuhan tepat di atas kepala kami.sambil kami mengobrol di ganggu laron2 ,pak RT berucap begini”wah kasian ya laron nya jatuh2 sayapnya pada patah,,gak bisa terbang lagi,”ucapnya..

 Saya Cuma senyum2 saja apa yg baru di ucapin pak RT tadi, lalu saya jelaskan(ini di sela2 obrolan yg serius), putusnya sayap laron emng di sengaja laronnya pak,,ucap sy,,,loh kok gitu pak RT menyela... begini pak ,laron mempunyai sayap dan bisa terbang Cuma sebentar. Di saat musim penghujan ya musim kawin mereka juga jadi tujuannya laron terbang secara insting mereka mencari tempat yg hangat untuk mencari pasangannya. Setelah menemukan pasangannya, maka mereka akan memutuskan sayapnya dan akan berjalan beriringan mencari celah di tanah untuk membentuk koloni baru(koloni rayap). Jadi laron yang telah memutuskan sayapnya dan telah menemukan pasangannya akan menjadi Raja dan Ratu dikoloni (rayap)yang baru.

“Loh nak kok bisa tau, emng dulu kuliah jurusan apa”ucap pak RT.,saya teknik pak jurusan arsitekture..ucap saya sambil senyum sedikit...pak RT Cuma ngangguk2 saja,,mungkin nanya dalam hati .apa hubungannya ya tehnik dgn biologi....
smoga postingan yang sederhana ini bisa sedikit mengingat bagi yg sudah tau tentang hidup laron..salam sahabat ..sobat2 blogger..

84 komentar:

  1. Pertamax!!!
    Iya hebat nie kang kahfi, selalu bisa jawab hal2 kecil tentang alam...sering2 ya..hehhehee

    BalasHapus
  2. hehee.. hebatt jawabannya!
    aq malah baru tau teori ini, kak... soalnya dulu ga suka pelajaran biologi haha...:D

    BalasHapus
  3. Oce ni tentang laronnya, pantes aja Pak RT kagum. Trus kalu arti langit kaku kelabu apa ya?

    *Ini masuk bab biologi apa bab sastra ya? hehe...

    BalasHapus
  4. hahaaaa ketawa dulu boleh kan ....:D

    jurusan arsitektur aja bisa tahu tentang biologi hingga bisa menjelaskan tertang laron menjadi raja dan ratunya rayap
    sip sikali....
    malah aku dah lupa pelajaran biologi yg jd jurusanku di SMA dulu
    malah sukanya jadi mengolah kata jd puisi hehhhe

    BalasHapus
  5. @ar rrian:trims sob,,sy sedari kecil belum TK sering di bawain buku2 oleh ayah saya, yg kebetulan kepala sekolah ,jd slalu ingat sampai skrg

    @LLa rizky: sering2 aja ntr mampir di blog ini ya,, masih byk lg cerita2 ttg alam

    @yunda: arti kaki kelabu,, hehe,, malu di ceritakan disini mbak,, kalo yg itu sampe sktg bagi sy seperti mistery

    @anissayu: hehe silahkan ketawa mbak , jgn lupa sambil bawain makanan ya kemari

    BalasHapus
  6. kalo banyak laron, enaknya buat pakan pancing tu sob. pasti ikan pada demen.

    BalasHapus
  7. hohoo hebat ^_^ , eh iya kalau mau musim hujan atau bahkan uda musim ujan di rumah juga sering banyak laron yang mampir :D hehe
    Selamat beraktivitas kang Kahfi :)

    BalasHapus
  8. saya baru tau, ada bahan obrolan nih sama Ara selagi jalan kaki pulang sekolah...

    makasih banyak ya mas...

    BalasHapus
  9. pak RTnya kurang gaul sih..he he he nice

    BalasHapus
  10. ohh gitu baru tau daku,ternyata kalau dia mematahkan sayapnya mau ML yah.love,peace and gaul.

    BalasHapus
  11. Waahh..nay baru tau :) keren dehh mas kahfi tau aje jawabnnya..

    BalasHapus
  12. @said: iya sob,,ikan soo pasti suka bgt dgn jenis serangga

    @arta:selamat beraktivitas juga ya non,,trims

    @meilya: titip salam drn Ara nya ya mbak,,moga2 pinter kayak saya,,(loh sok pd)

    @arif:hehe pak RT nya org dari generasi lama sob,, maklum

    @saryadinilan: ups,, pelan2 ngomongnya sob,,hehe

    @naya: trims ya nay,, smoga kamu juga kelak jd pinter kalo sering2 kemari,, hehe

    BalasHapus
  13. kalo di temaptku, setiap mau hujan kan cuaca jadi panas, nah laron pada keluar tuh.

    BalasHapus
  14. Laron memang binatang bersayap yang hidupnya di permukaan bermusim. Laron sangat mengganggu aktivitas saya bila hadir saat sedang berada di depan laptop; maklum rumah saya Full AC "gedeg"... thanks sudah berbagi; Salam sahabat

    BalasHapus
  15. @sang cerpenis:daerah kawasan sunter tuh ya mbak tempatnya,,hehe

    @cah ndeso:ac alam ya mas,,hehe trims juga y ,, mari kita saling berbagi pengetahuan mas..

    BalasHapus
  16. saya juga teknik, teknik sosial.. xD

    wah, iya.. saya seneng makan laron, eh, perhatiin laron kalo lagi hujan...

    BalasHapus
  17. Manusia tidak hanya menguasai satu bidang. Manusia dibekali otak supaya bisa berkembang fikirannya. Hebat manusia itu.

    BalasHapus
  18. @ayu:makan laron emng enak kok di goreng,, soo pernah makanny awaktu kecil..

    @arqu: bener sob kata kamu,, manusi adi ciptakan tuk berpikir kan pastinya, kalau perkara jurusan itu hanya pormalitas pendidikan

    BalasHapus
  19. kurang suka sama laron, kalau ada sih, biasa langsung matiin lampu biar pergi dulu :P

    BalasHapus
  20. posting yang bagus sob,
    ane kagum ama ente :D

    BalasHapus
  21. @kevin:ya bener sob solusinya matiin lampu

    @A-NX: trims y sob kunjungannya

    BalasHapus
  22. saya pernah lihat laros dijadikan rempeyek, tapi saya gak berani makan :)

    BalasHapus
  23. oooohhh gtu,,,bener2 bru tw saia :D
    hehe ilmu biologi di dalam diri org arsitektur :D

    BalasHapus
  24. @lidya: hmm,, mungkin enak juga tuh mbak,, ikan aja suka kok(loh,,hhehe)

    @ca ya: hehe, begitulah saya juga suka ttg alam dan pengetahuan

    BalasHapus
  25. wah hebat ini, jurusan teknik tau yg kaya beginian. :D

    jadi keingetan sesuatu nih. :)

    BalasHapus
  26. Lah, aku baru tau kalo laron yg jatuh malah menjadi koloni. Kirain mati.

    *tambah ilmu*

    BalasHapus
  27. @akmal:keinget sesuatunya apaan sob

    @arif riu: iya sob,, laron adalah calon raja dan ratu bagi rayap2 pekerja

    BalasHapus
  28. wah, sya tahunya klo laron itu rayap tp dak tau klo kebiasan memutus sayapnya setelah menemukan pasangannya.

    btw, sya bersyukur gambar di postingannya pas laron masih terbang, coba pas dah digoreng. alamaaakk.. pasti mual deh. hehehhehe

    BalasHapus
  29. keren sob, ada juga katanya laron yang di buat peyek lho.tapi saya belum nyoba.ada yang sudah nyoba?

    BalasHapus
  30. @accilong:laron itu y a bagian dari rayap juga kalo rayap jenis pekerjanya,, kalo laron jenis dewasanya yg siap tuk berkembang biak lg,,

    @bisnis onl ine: peyek laron ada sob di jogja byk,,tp y a sy lom pernah nyoba juga..

    BalasHapus
  31. Jawaban mas al kahfi bikin pak rt ngeh, betul apa gak ya? hehehe... Salam kenal mas, kunjungan perdanan. Salam

    BalasHapus
  32. emang beneran mas seperti itu? kok bisa ya? saya malah bener-bener baru tau. hihihi, laron jadi sayap, memutuskan sayap karena sudah mendapat pasangannya, hmmm....

    sungguhkah seperti itu? :D

    BalasHapus
  33. @alris:salam kenal kembali sob:trims ya

    @annisa: di kasta serangga rayap laron menduduki kasta tertinggi(calon raja &ratu) rayap kasta pekerja,,laron ada sayap krn di pungsikan tuk mengunjungi habitat laron yg lain, tuk saling menemukan pasangan..kalo sdh ketemu sayap tdk berguna lg,maka di putuskan secara insting..begitu kira2 mbak

    BalasHapus
  34. lah... baru tahu saya kalau laron itu rayap. saya pikir laron ya laron, rayap ya rayap... syalala

    BalasHapus
  35. @annesya: syukur dech smoga dgn sdh membaca postingan ini kan jd tau,,secara tdk lansung sy sdh bagi2 sedekah ilmu,,:)

    BalasHapus
  36. Zaman sudah berubah om... :D

    BalasHapus
  37. setelah menemukan pasangannya laron turun ke tanah utk indehoi, dan membuat rumah di dlm tanah. rumah laron inilah yg bisa diteliti secara architecture, ya kan pak?
    jadi ingat rumahnya ridwan kamil yg pake botol.

    BalasHapus
  38. saya juga ga tau hubungannya apa

    :p

    BalasHapus
  39. آَمِيّـٍـِـنْ يَآرَبْLearn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning

    BalasHapus
  40. @tukang pos:iya sob, trims ya

    @21inch:wah2 salut dech,, bisa kepikiran begitu y sob,, oh iya rumahnya ridwan kamil tuh keren abis,,

    @muel: hehe,, trims sob

    @riri:hmm, i am not understand,,:)

    BalasHapus
  41. laron ?
    hal gini aja bisa ngasih inspirasi :D

    keren2...
    gak mati gaya emang mas kahfi ini.hhe :D

    BalasHapus
  42. hebat sob,, inspirasinya dari laron,, hehhehe,, thx atas infonya,, happy blogging,,

    BalasHapus
  43. @uchank: masih byk hal2 alam yg sepele tp byk arg awan tdk tahu secara ilmiahnya sob,,pelan2 akan sy ungkap 1 per 1

    @rama88: trims sob,, kunjungannya juga

    BalasHapus
  44. kunjungan perdana... cerita laron ini yang menyambut saya.. ngak digoreng mas laronnya?? :D

    BalasHapus
  45. memang alam mengajarkan kita..
    bahkan hal2 kecil..
    artikel yan bagus :)

    BalasHapus
  46. @yan:trims sub perdananya

    @socafahreza:trims juga y sob

    BalasHapus
  47. mengingatkan waktu kecil dulu...laron..laron dan laron

    BalasHapus
  48. dulu benci banget kalo rumah banyak laron..
    biasanya lampu2 semua di matiin biar laronnya pindah ke lampu tetangga.. :mrgreen:

    BalasHapus
  49. wew mas kahfi ni tau saja tentang bangsa laron ya...
    :)

    BalasHapus
  50. di rumah saya kalo ada laron, lampu dimatikan, atau ditaroh air di bawah lampu..:)

    BalasHapus
  51. Wah, jujur ni sbnarnya
    tmbahan pengtahuan otak sya
    trmksih byk..
    trnyta bgtu?
    tdk da ruginya brrti dgn laron yg tdk bsa trbang lgi.
    tpi trnyta bsa jga ya
    mas ni dsela ksriusan mmbrikan bumbu pngtahuan baru bgi org d smping mas, trmsuk pak Rt mksutnya.
    hehehe
    ok dech, nyambung z
    cz ni pngtahuan bukn msti ilmu yg ssuai kejuruannya..
    sip!!!

    BalasHapus
  52. @cardiaccu:trims y kunjungannya

    @missdestiana:iya solusinya lampu dimatiin,,kan laron cari tempat yg anget

    @zone:hehe trims yo

    @tukang colong:ya taoroh air di bawah lampu,, emng di kira biasan air adalah lampu,,tapi solusi yg buat laron mati,hehe

    @kiowa:apa kabarnya mbak,,lama gak update dan hadir,,hehe

    BalasHapus
  53. iya, sya kini hdir kmbli
    kbar baik.
    trmksih byk, hbis istrhat smntara wkt..
    hehehe

    BalasHapus
  54. waktu kecil, sy punya kebiasaan sama temen2, berburu laron ... :D

    BalasHapus
  55. @kiowa:ya mbak trims ya

    @dey: laronnya di buru tuk apaan mbak,,

    BalasHapus
  56. @mbak fanny: idenya masih di kepala lom sempet menuangkan di postingan,hehe

    BalasHapus
  57. Owwh,,, jadi gitu toh kenapa Laron ngelepas Sayapnya!!
    Kirain emang putus gara nabrak lampu gitu... sempet kasian juga siy Laronnya gak bs terbang lagi....Hwehehee
    Pak Guru Pintel Deh!!
    ^_^

    BalasHapus
  58. manteb gan, bagus tuh ceitanya

    BalasHapus
  59. baru denger tuh saya mas masalah patah sayap mau ML :( hehehehe...

    BalasHapus
  60. Parkir disini dulu,
    ditunggu entri barunya ya sob,,

    oiya, ada yang baru di A-NX Sob :D

    BalasHapus
  61. waktu kuliah dulu, kampus saya di serbu banyaaaaaaaak bgt laron. sampe merinding ngeliatnya. kalo di jkt malah ga ada..

    BalasHapus
  62. @bagi2blog: nabrak sengaja spy sayapnya putus,,hhe

    @zhintio:trims sob

    @tarry: begitulah mbak

    @majalah:hus, pelan2 sob,ngomongnya

    @A-NX:ok sob,trims

    @meutia:di jkt sdh sedikit tanah terbuka kale ya

    BalasHapus
  63. Teknik sama Biologi??
    Jauh banget mas!

    Mas asli mana kok udah gerimis, daerah saya masih panas!

    BalasHapus
  64. @kopiah:saya di sumatera sob,,disini sebagian daerahnya sdh kebagian hujan duluan sdh 2 mingguan ini,,

    BalasHapus
  65. mantab...dulu waktu kecil saya sering mas cari laron kalo habis hujan malamnya pasti paginya banyak laron...sambil gerimis2 ngejar2 laron...buat pakan lele...hehehehe maaf ya laron

    BalasHapus
  66. @nova:ampe minta maaf gitu sob,,ada2 aja

    BalasHapus
  67. mampiirr...
    kayakx ada peyek laron juga dech hiiii

    BalasHapus
  68. @ria:emng demen peyek laronkah?

    BalasHapus
  69. iya biar kalo laron nyemplung air langsung dead. biar sayapnya ga mengotori kemana-mana juga...

    BalasHapus
  70. udah gak gerimis lagi euy...

    BalasHapus
  71. Saya masih merindukan susasan seperti ini. Di masa kecil sering keluar rumah sesudah hujan mencari laron.

    Kapan ya hujan turun? Sudah lama hujan tidak turun di Jogja sehingga cuaca terasa gerah dan panas.

    BalasHapus
  72. Teringat kala waktu kecil kawan...

    BalasHapus
  73. @tukang colong:iya sob bener metode itu plg ampuh mengumpulkan laron terjebak,,hehe trims sob

    @21 inch:di daerah sy masih sob

    @halaman putih:oh posisi skrg di jogja y sob,,

    @blog-nailah: masa kecil nya bahagia berarti sob

    BalasHapus
  74. Ilmu baru, aku baru tau !

    *ssst...padahal aku jurusan biologi, jangan bilang-bilang ya..*

    BalasHapus
  75. padahal ilmu pengetahuan kan nggak mengenal jurusan yak... asal rajin baca...

    jujur aku juga baru tau info ini loh... *ketauan deh jarang baca ilmu pengetahuan* hehehe...

    bagus banget nih... bisa jd modal kalau suatu saat vania tanya2 ttg laron :-D

    thanks ya! :-D

    BalasHapus
  76. @dewi:saya gk simpen rahasianya mbak,,hehe

    @Lyliana:smoga kelak vania nya jd pinter y mbak seperti saya(loh,,hehe)

    BalasHapus
  77. jujur aku kurang ilmu pengetahuan jd baru tau lho mas, makasih ya atas informasinya n juga kunjungannya ... :)

    BalasHapus
  78. @desudjia: trima kasih kembali ya sobat

    BalasHapus
  79. hmm..., baru tau aq..,pengetahuanx luas banget mas..., :)

    untuk mendapatkan keturunan aja sang laron harus berkorban patah sayap., apalagi manusia harusx lebh gigih lagi dlm mencari Jodoh, bagi yg blum nikah kyk sayaayo semangat heheh....!

    BalasHapus
  80. @rohis: tetep semangat sob mencari jodoh,,hehe

    BalasHapus
  81. baru tau saya kalau laron itu hidupnya seperti itu. makasih ya informasinya dan terima kasih sudah mampir ke blog saya

    BalasHapus