Rabu, 16 November 2011

Es teh manis dan teh Manis panas

tahun ini merupakan tahun2 yang sibuk bagi saya . Inginnya saya mengeluh dan protes saja. rasanya seberat apapun, memaksa seperti apapun saya bekerja, ternyata itu tidak pernah cukup untuk semuanya. Orang-orang di kantor. Bos, staf, orang-orang yang merasa bos, semuanya menyerang dari berbagai sudut. Seandainya saja ini adalah perang. dan menjelang desember nanti  saya bisa bertahan, mungkin gambarannya sayaakan terluka parah.

hmm terkadang saya mempertimbangkan untuk menyerah saja. Memang tidak mungkin menyenangkan semua orang." mengerutu" hmm saya tidak suka dengan kata2 itu.. Otodidak, belajar cepat, saya menjadi terbiasa dengan itu semua. Bertahun mengais rejeki di bidang yang sama,dengan beban yang terus meningkat, menjadikan saya pribadi yang sedikit berbeda dan membuat saya berusaha terus kuat dan berusaha mampu tuk menghadapi berbagai hal masalah2 pekerjaan dan lebih luasnya lagi masalah2 kehidupan saya.hmm,, males dech mikir yang berat berat..hehe :)

oke dech sedikit intermezo,,beberapa hari yang lalu di jam istirahat ,bertiga dengan teman mencari tempat makan yang agak jauhan dari letak kantor, sesekali.(kebiasaan exploring ke tempat2 makan yang baru)

dan seperti biasa saya dan satu orang teman memesan es teh manis. teman satunya lagi teh panas, tidak berapa lama menunggu sebelum makanan disajikan ,pesanan minuman pun datang terlebih dahulu.dan seperti biasa pula saya selalu memperhatikan secara detail dgn apa yg diantar dgn pemilik warung, terlihat perbedaan menonjol es teh dgn teh panas ,terutama di es teh gulanya masih utuh terlihat."hmm ini dia bisa jadi pembahasan yg menarik ,yang pake es aduk sendiri"ucap saya .."tinggal aduk aja yg lama napa sih" ucap teman saya.

hehe saya sudah menebak pasti salah satu teman namanya irwandi(semoga tuh temen gak baca postingan ini) akan menyela, karena kalau saya berteori tentang fisika di kehidupan sehari2 dia paling anti.tapi walau begitu biasanya juga saya akan tetap menjelaskan..dari pada ngomongi gosip2 gak jelas,,hehe,,ok saya akan mencoba jelaskan..hitung2 mengingat kembali pelajaran smp,:)

didalam segelas air ada juga celah2 kosong di antara molekul2 air.nah yang namanya gula melarut ,molekul2 gula akan menempati celah2 kosong diantara molekul2 air..kalau air dalam kondisi dingin tuh molekul2 air diam saling merapatkan posisinya diantara molekul2 air yang lain( ternyata air kalau kedinginan merapat2 jg ya kirain org saja yg begitu).jadi kita aduklah tuh air dgn sedikit extra agar terbentuk celah2 kosong di antara molekul2 air itu.

nah kalau teh panas tuh molekul2 air bergerak cepat kesegala arah dengan sendirinya(mungkin tuh air gelisah karena kepanasan kale ya) , sehingga tercipta ruang2 kosong dgn sendirinya,makanya gula tuh cepet larutnya menempati ruang2 kosong diantara molekul2 air,walau tanpa di aduk.

sedikit saya tambahkan mungkin banyak orang2 pada umumnya mengira bahwa molekul air dan gula itu kalau di aduk sudah menyatu satu kesatuan sebenarnya kan tidak molekul2 gula hanya menempati celah2 kosong diantara molekul2 air,, saya kasi contoh misal tuh teh manis kita tumpahkan dilantai, nah setelah lama airpun menguap sisanya kan tinggal molekul2 gula yang kalau di sentuh istilahnya peliket gitu,, lengket2 lah,,hehe..nah hal ini sama juga dgn molekul air di laut dgn molekul2 garam, yang kalau air laut di jemur sisanya tinggal garamnya yg tertinggal..

coba bayangkan kalau molekul2 air itu menyatu dgn gula ataupun garam di laut tadi,, bisa2 ntr kadang hujan rasanya asin kadang rasanya manis,,hehe belum pernah kejadian kan,,..lah ini ngomongi apa yah dari teh manis kok jadi hujan,,ohh iya ini november rain kan..kebetulan juga saya nulis ini pas lagi hujan juga..hehe..
 gimana semoga penjelasan intermezo ini di mengerti ya...:)  terus terang saja temen2 kantor kalau saya lagi jelaskan yg begini ini nih kalau yg tdk suka fisika sambil lalu saja..yah saya sih maklum terkadang ego juga bermain di kepala2 mereka..hehe tapi biarlah saya akan tetap menebar kebaikan dan pengetahuan walau kecil dan sederhana..

nb: Sobat2 blogger yang ikutan giveaway saya sabar ya pengumuman pemenang tanggal 20 jam 7.00. maklum yang seleksi bukan  saya saja loh,,temen kantor  + temen yang lain juga..di tunggu ya.

137 komentar:

  1. Pagi-pagi sudah disuguhkan pelajaran Fisika sama Kakaknya. Haha. :|

    BalasHapus
  2. @wiwi: hehe kalau yg masih sekolah tentu masih ingat betul ya wi

    BalasHapus
  3. saya juga agak sebel kalau beli es teh gulanya belum larut, karena pasti susah jadinya melarutkan gula tsb di air yg dingin plus ada esnya. so gulanya jadi rada mubazir krn masih ada yg nyisa di dasar gelas.
    kenapa penjualnya ga melarutkan gulanya dulu di air yg panas, sebelum dikasih es???

    BalasHapus
  4. wheee... saya jadi ingat pelajaran SMP mas, ada campuran, larutan, dan sebagainya..

    BTW, di Aceh, es teh manis itu sebutannya 'teh dingin'

    Semangat pagi! :)

    BalasHapus
  5. ilmunya mantap..n yang penting es teh manis bikin seger..xixi

    BalasHapus
  6. mencoba membayangkan bil air hujan rasanya asin kadang manis ... eh air hujan itu tawar bukan? :P pernah nyecep sih, klo asin itu berarti sudah terknotaminasi dengan garam di kulit (kepala) sendiri hahaha *dibahas*

    eniwe, klo saya melayani yg pesan es teh manis, tetep saya aduk dulu tuh gulanya hahaha ... padahal tiap mesen teh manis di luar, sudah pasti mesti ngaduk sendiri :D

    BalasHapus
  7. @ria haya : nah tu dia mbak apa tdk memahami ilmu fisika kali ya,, hehe

    @Khaira : oh iya kalau di medan juga kalau gak salah teh manis dingin,,:)

    @arev tyan : sekedar mengingat pelajaran smp kok ini..

    BalasHapus
  8. @nique: air hujan ya tetep rasanya tawar mbak,,kan yg meguap tetep murni molekul air nya,,hehe

    BalasHapus
  9. November rain #galau
    #gak nyambung

    BalasHapus
  10. kalo di sunda teh hangat itu nggak pake gula.
    #komen masih nggak nyambung.ahahahahhaha..
    #maaf

    BalasHapus
  11. iya mas kalau air teh hangat lebih kerasa manisnya karena gula yang diaduk meresap. beda dengan teh dingin terus dikasih gula, pasti manisnya ke rasa tetep hambar. tapi alasan dibalik itu sih saya ga tau, soalnya jaman SMP kalo pelajaran fisika lebih suka tidur :p ohya menjawab pertanyaan mas kahfi, mereka itu orang terdekat saya tapi saya tetap membayar mereka secara profesional. hitung-hitung mengajarkan juga pada mereka bagaimana cara menggunakan uang dengan baik sedini mungkin dari hasil kerja keras mereka sendiri :)

    BalasHapus
  12. @arr rian: hehe di sambung2in aja dech , gak pa2 kok,

    @sheno: alasannya ya .kalau air dalam kondisi dingin tuh molekul2 air diam saling merapatkan posisinya diantara molekul2 air yang lain, sehingga molekul2 gula tdk menyebar dgn merata,,---pertanyaan yg lain-->dan org yg di poto juga genik kali ya,, atau kameranya yg bagus sheno,, hehe

    BalasHapus
  13. emang sering kayak gitu kalo udah menua
    merasa ilmunya cukup, jadi mainnya udah ego

    BalasHapus
  14. Pagi ini saya hanya minum Air putih hangat, eh hangat juga nikmat tapi sekali-kali aja kalau kepingin.

    mendapat ilmu di pagi hari....

    Selamat beraktifitas kembali

    BalasHapus
  15. owww jadi kalo gula dalm es teh menyatusama lain dan teh panas manis menyebar, sepertinga sama dg saya jika keadaan dingin maunya menyatu memeluk gulung dlm selimut tp kalo panas ga mau dipelluk karna kalo dipeluk makin gerah hahaha

    o iya tanya, mengapa kalo cuaca dingin tidur telungkup malah makin dingin terasa tapi jika tidur telentang halah rasa dingin hilang dan merasakan kehangatan, padahal aku suka tidur telungkup saat dinginn hihi....

    BalasHapus
  16. saya lebih suka teh dingin yang gulanya ga larut :D
    soalnya jadi ada pilihan mau tehnya di bikin manis atau ga :D
    kalau ga mau terlalu manis ya jangan di aduk... kalau mau manis dilarutkan aja semua :D
    karena kebanyakan warung bikin tehnya kemanisan.. padahal sy kan dah manis #pfftt...

    tapi teh manis hangat paling pas dengan nasi goreng XD

    BalasHapus
  17. Nay sama ma temennye abang, kaga suka pelajaran fisika, yang jelas nay lebih suka teh panas :)<--siapa tanya :p

    BalasHapus
  18. hmmmmmmmm ini proses larut melarutkan.. mgkn dah banyak yg lupa pelajaran SMA dl..tp disini jd inget lagi... thanks kawan

    BalasHapus
  19. hmm...ilmu fisika yang sangat bermanfaat..
    trimakasih sahabat

    BalasHapus
  20. @John Terro : sedikit org yg makin tua makin menunduk, seperti pilosopi padi y sob

    @Adini : yang pastinya yg manis2 vitu mmg tdk bail,, say juga sesekali sj kalau cuaca lg gerah2 nya,,

    @anisayu ;jawabannya karena kalau makin telungkup permukaan kulit makin tdk menyesuaikan dgn suhu luar kulit, kalau telentang awalnya sj dingin tp selanjutnya suhu kulit akan menyesuaikan suhu luar.smoga di pahami y mbak

    @Miss 'U ;hehe ya juga y mbak sendiri kn sdh manis y,, jd ngapain pake gula ,,lihat mbak sj cukup,, loh ya,,

    @Naya Elbetawi :hehe, naya fisika itu asik loh nay kalo yg fisika kalo di pahami dgn kehidupan sehari2,,

    BalasHapus
  21. @Arifin : pelajaran smp nih sob,, :)

    @ayano rosie : trims kembali ya :)

    BalasHapus
  22. tapi mas pernah coba minum teh panas trus minum tes dingin setelah itu,maka proses panas menjadi dingin dengan seketika akan merusak saraf hati atau lambung kita dengan cepet
    jadi disarankan kalau abis makan yang panas minumnya jangan yang dingin,soalnya mengundang pen yakit tuh mah

    BalasHapus
  23. Bener-bener deh, klo mampir ke blogmu ini aku berasa diajarin sama Yohanes Surya sob haha... aku juga dulu waktu sekolah IPA sih, cuma ya IPA-IPA-an jadi ilmunya tetep gak keserep 100% kaya sampean :)

    klo masalah kerjaan klo aku mana yg nyaman aku kerjain, makanya dulu aku lebih suka jadi Freelance, tapi karena kerjaan sekarang juga asik2 aja yo wes aku balik ke formal dulu :) emank Desember rencananya mau recent sob???

    BalasHapus
  24. Exactly ... Great. Saya suka penjalasan yang dikemukakan. Sangat mudah dipahami. Yang dulu tidak saya mengerti sekarang jadi mengerti karena menjelaskan dengan menggunakan contoh kehidupan sehari-hari yang ada di sekitar kita. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

    BalasHapus
  25. kalau membaca paragraf pembukanya, sepertinya sudah kelihatan kalau itu sudah menunjukan "curcol" untuk beban masalah yg dihadapi nih. hehe :D

    keep spirit yaa!

    BalasHapus
  26. Andy : bener sobat kalau terus menerus bisa merusak hati,, tapi syukurnya sy minum yg pakai es juga di saat2 tertentu saja,, trims sob masukannya:)

    Ferdinand : ya biasa sob dalam pekerjaan ad ayg sikut sana sikut sini,,ad ayg iri irian,,bukan irian jaya maksudnya,, hehe

    arqu3fiq :trims kembali y mas smoga pelajaran smp bisa terkuak kembali dgn mudah,, hehe

    panduan belajar blog : sedikit keluh kesah di kantor nh sob,, trims sob suportnya

    BalasHapus
  27. Sahabatku yang satu ini memang memiliki pemikiran yang Filosofis neh, sehingga melihat segala sesuatu bukan kepada bentuknya, melainkan MAKNA dan Arti dibalik bentuk/'sesuatu,.....
    mantab bos,
    dari segelas ES TEH PANAS dikupas dari sisi filosofis dan FISIKA,hehehe...
    jadinya banyak makna, arti dan pelajaran,
    mantab sobat, Thanks......

    BalasHapus
  28. Bisa dimengerti ;) Wech jadi ingin kuganti saja tulisan buat giveawaynya, aku mau milih posting ini aja kali ya... piszzz, tapi ada tambahan waktu g ya? hehe

    OOT:
    O jadi kerja di B. Lampung? Tinggalnya didaerah mana? Masih ada kah Asrama Aisyah, GOR SABURAI, Candra dept. Store?

    BalasHapus
  29. dari masalah kantor ke es teh n ke fisika... semuanya terangkum jadi 1..

    gud.. gud..gud...

    BalasHapus
  30. hehhe makanya sy kalo bkin es teh,,pke aer panas dlu,diaduk,baru deh kasi es batu :D,,,jd gak lgsg pke aer dingin :D..

    tapi kebanyakan emang lgsg pake aer dingin,,alhasil rasanya kurang manis :)

    BalasHapus
  31. @zaenal blog : mas trims ya sdh memahami ap yg say maksud di postingan , trims banget loh,,:)

    @Yunda Hamasah :kalau BTW yg menarik di postingan ini apa mbak,,hehe kalau mau ikutan y gak pa2 dech,sy kasi waktu tambahan,,,hehe,,oh iya gor saburai, candra makin ramai loh mbak, makin di perlebar lagi,kalau saya kerjanya di sekitar tarahan .arah kalianda itu loh

    @Punya.Tia :trims tia sdh mudah2han memahami ya,, hehe

    @Ca Ya : nah iya bener tuh , pake air panas dulu , bru di campur air dingin ya kan,,:)

    BalasHapus
  32. aduch pada ngomongin minuman favorit atma nih hehe....
    teh panas ato es teh dingin semua atma suka,pake gula ato ga pake gula atma juga suka.nah lho?

    BalasHapus
  33. sory kak kahfi komentar atma rada-rada ga nyambung...

    BalasHapus
  34. @atma: gak pa2 bu guru,,disambung2 in aja ya,,ntr sampaikan ke murid2nya ya tentang molekul air panas dan dingin

    BalasHapus
  35. hujan rasanya tawar,bingung bagaimana jika hujan rasanya manis/asin....langitgalau.com

    hem kangen fisika & kimia :-D

    BalasHapus
  36. @jiah: wajar yg namanya galau ini semua org suatu saat dan dimana saja pasti akan selalu kena yg namanya virus galau,,

    BalasHapus
  37. ada giveaway juga,yah terlambat dah,love,peace and gaul.jadi makin pintar nich baca ini.

    BalasHapus
  38. The moon ikutan nyeleksi juga gak pak?

    Saya lagi males baca tulisan yg panjang2 apalagi teori2 fisika, kimia.

    Saya lebih memilih teh tawar anget.

    BalasHapus
  39. @saryadinilan: trims sob, berkunjungnya:)

    @21inch: teh tawar anget pilihan tepat mas,,yg seleksi cuma temen2 kantor kok mas,,salah satu yg tdk suka fisika , y mas,, hehe

    BalasHapus
  40. kalo soal ini, saya ngerti kok bang... :D

    BalasHapus
  41. nitip info :
    http://www.kartunet.com/kontes-blogging-semi-seo-disabilitas-dan-pandangan-masyarakat-838

    BalasHapus
  42. panas-panas gini,enaknya teh dingin saja...he,e,e

    BalasHapus
  43. @ayu: syukur dech berarti faham yo;)

    @jiah: kontes blogging,, sepertinya menarik tuh akan TKP

    @dhenyshare: siahkan sob,, cari di warung2 terdekat,, hehe

    BalasHapus
  44. Baik banget, boleh nambah waktu, hmmm...

    Tapi Alhamdulillah tulisanku dah selesai, belum didaftar, gak tau gagal mulu pasang link, ntar ya kucoba lagi ;)

    BalasHapus
  45. molekul2 gula hanya menempati celah2 kosong diantara molekul2 air. bener juga ya. kirain selama ini air dan gula nyampur seutuhnya tuh molekul. seperti juga air laut di jemur sisanya tinggal garamnya yg tertinggal..iya ini juga bener ya,, kalau garam juga menguap ikut molekul air, bisa2 hujan jadi asin ya.

    BalasHapus
  46. Haduh pembahasannya ilmiah sekali. Intinya klo mau biin teh dingin, seduh dulu teh + gula dengan air yang super sedikit, biar larut semua. Baru tambahin air es + es batu. Selesai.

    BalasHapus
  47. Waduuwww, tau istilah pliket juga tho di sana hehe.
    Wah ditunggu pengumumannya :)

    BalasHapus
  48. @yunda: gak nyangka loh mbak ikutan juga trims yo mbak sdh berpartisipasi,:)

    @sherafim: nah tuh makin komplit dech,,:) siapa lagi kalau bukan krn mu yg membuat hidup jd lebih komplit/lengkap

    L]ain: maaf yo mbak pembahasannya sedikit ribet:)

    @sitti: pliket itu bahasa jawa ya una,,hehe

    @

    BalasHapus
  49. salam sahabat
    ehm kalau saya lebih demen teh pahit mas hehee
    iya belum ada yang baru di postingan ini aja nyempatin xixix maaf ya

    BalasHapus
  50. Kala bersilaturahmi di sini akan disuguhi tulisan yang sarat akan ilmu dan penjabarannya saudaraku..dikemas dengan tulisan yang ringan.
    Abu suka saudaraku...

    BalasHapus
  51. Wah jadi teringat masa sekolah dulu nih, gak tau kenapa guru kimia sm fisika gue dulu gak ngenakin semua. Tapi gue lebih suka kopi bang dari teh, nah kalo kopi gmn tuh? :D

    BalasHapus
  52. tampaknya bila kuamati, permasalahan yang ada didirimu semakin 'menggurita' terjadi padamu, sungguh pengeeen banget bisa menolongmu, bila perlu tak ambil alih bentaran agar kau bisa sedikit bernafas dan oxygen di otakmu kembali terisi penuh, juga pada seluruh pembuluh nadimu.

    Saranku, ini adalah pembelajaran dari Allah pada dirimu, bila kau anggap berat akan menjadi berat karena side effect dari sugesti, bila kita melihatnya adalah ringan dan ihlas semampu kita, akan menjadi ringan.

    Prinsip kepuasan pada semua fihak, biar mikirnya ampe bedug subuh kagak bakal bisa, kalo ada yang bisa seperti itu ayo aku temenin. Yang ada adalah memberikan pemenuhan akan kebutuhan mereka dengan prinsip mengabdi dan ihlas bahwa ini juga atas kehendak ALlah, bukankah pernah kusampaikan padamu dulu, bahwa kita ini hanya wayang dan Sang Penggerak adalah Allah, kita ini punya hak apa sih dalam hidup, gak ada Bang...biarkan semua mengalir apa adanya dan sikapi dengan hal tsb juga.

    Maaf, ini tidak bermaksud menggurui mu tapi hanya sekedar ingatkan, bahwa hal yang diatas adalah pembelajaran juga karunia dari NYA.

    semoga ini bisa mengurai 'libasan gurita' itu dan kau kembali dapat tersenyum juga bisa tegakkan kepala dan yakin bahwa ini bukanlah bencana.

    Salam

    BalasHapus
  53. kalau bekerja secara team work pastilah akan banyak timbul masalah sob...hanya kita harus sabar dan berpikiran positif dalam melaksanakan pekerjaan kita.Ditambahi niat ibadah Insya Allah akan lebih ringan masalahnya...
    Walah komentarnya malah intermezzo nya nih bukan teh panas dan es teh nya hehehe

    BalasHapus
  54. wah, nih kerjaannya dimana sih? kyk di tmp perang aja hahahaha

    hmmm... kirain molekul gula dan air itu larut. ternyata mengisi celah air aja ya.

    BalasHapus
  55. Awass bonyok harusss belajar membela diri nihh biar gak remuk tu pikiran di kroyok sama temen dan kerjaannya,

    salam kenal dari blogger amatiran Lombok utara, silahkan jiga berkenan mampir ke Lombok 7og4nk.

    BalasHapus
  56. @Dhana: salam kembali mbak,,iya mbak sy sdh maklumi,, :)

    @abufarras : trims abu sdh berkunjung ke rumah maya saya,,;0

    @Feby Oktarista : gurunya pasti bukan blogger kan sob,, hehe ,, pecinta kopi y sob,,:)

    @Obrolan Blogger.: wah mas salut dengan analisisnya terhadap saya , sangat menyentuh hati,, dan terus terang saya terharu atas masukannya,, trims mas,, seandainya kita bisa ngobrol2 di dunia nyata,,:)

    BalasHapus
  57. @cardiacku: iya mas saat ini saya berusaha selalu berpikir positip terhadap problema2 yg saya hadapi,,trims mas masukannya saya hargai banget

    @Rai-chan . bener sob molekul2 gula hanya mengisi celah molekul air

    @lombokguide : aman sob, sy masih bisa atasi insyaallah, ok akan tkp balik

    BalasHapus
  58. nilai fisika dan kimia saya bener-bener jongkok mas...

    BalasHapus
  59. iya sih... kalo tiap minum teh manis, pasti di bawahnya suka ada gulanya..

    OOT>> ikutin kontes pertama yang gw bikin yuk >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/give-away-pertama.html

    BalasHapus
  60. bagusan es teh manis panas ketimbang es teh manis dingin. gula pun tidak cukup larut di es teh manis dingin, kalau es teh manis panas cepat larut dan tidak menyebabkan batuk batuk (Uhhuuukkk.....)

    BalasHapus
  61. Waah.. gak kepikiran untuk hal2 seperti ini mas kahfi, infonya menarik banget hehehe :D

    BalasHapus
  62. @21inchs ; merendah seperti batang padi,, biasanya sepeerti ini ni

    @NuellubiS : akan tkp sob, kalo ada kesempatan waktu mudah2an bisa ikutan

    @Farixsantips : tdk menyebabkan batuk ya kalo panas2 ,, hehe baru tau juga

    @BasithKA : trims sobat smoga di pahami ya,,:0

    BalasHapus
  63. suatu pembelajaran yg baru nih buat saya,, biasanya cuma minum2 teh aja,, heheh,,

    BalasHapus
  64. sesuatu yang bisa menginspirasi saya..
    postingannya tambah mantap mas :D

    BalasHapus
  65. kepalanya suka jalan terus ya pikirannya? belajar relaksasi, aku juga suka gitu. dilatih biar yang ditulis bisa dipahami, biarpun gak ngarep banget sih...

    BalasHapus
  66. waawww....baru tau niehhh bang!
    dr dulu saya emg payah klo ama fisika

    BalasHapus
  67. ternyata hal2 yg tidak kita perhatikan sebenarnya terdapat 'kehidupan' ya sob. nice posting

    BalasHapus
  68. @Rama88 : trims sob bisa menerima maksud sy

    @socafahreza's :trims juga y sob , smoga bermanfaat

    @Ami : relaksasi biasanya paling seminggu cuma ketemu sekali nih mbak

    @cikvee :hehe rata2 org 2 kok tdk suka fisika

    @r.a.c. cutting sticker : trims sob, smoga bermanfaat ya

    BalasHapus
  69. Kayaknya saya sama deh mas dengan teman2 kantornya. Akan berlalu begitu saja, kaarena memang tidak suka dengan fisika..
    Hehehe..
    Pizzzz...
    Harap maklum dan difahami..
    Hehehe..

    BalasHapus
  70. @kopiah putih: di maklumi mas, pada umumnya emng begitu kok,, paling cuma 20 % yg suka,,:)

    BalasHapus
  71. Wuah ternyata begitu toh, jadi kalau air dingin gula2 gak bisa menempati ruang yang ada di air, dan seolah2 gula itu tidak larut :D
    Makasih banget mas atas ilmunya, saya jadi :D

    BalasHapus
  72. dunia fana ini juga sebenar-nya terdiri dari partikel berupa molekul-molekul yang saling mengisi celah kehidupan yang ada :)
    h h h coba-coba komentar ala fisika :)

    BalasHapus
  73. asik nih bacanya, al kahfi... nggak seperti baca buku teks fisika... hehehe

    BalasHapus
  74. iya bang, aku juga pernah baca katanya gitu.
    kenyataannya juga gula di air yang dingin lebih sukar larut.
    Oh ya bang kalo gula dan garam sama2 dilarutin di air yang dingin kok kayaknya cepetan gula ya. yang garam perasaan lama larutnya.

    BalasHapus
  75. hmmm....
    begitu ya....
    tapi kan kalo diliat gulanya jg gak keliatan mas....
    :P

    BalasHapus
  76. iam :sama2 trims y sob,, smoga bermanfaat share dari saya

    BlogS of Hariyanto : bener mas alam semesta ini ya sperti molekul2 galaksi itu medianya planet2 dan bintang2 itu molekul2nya,,:)

    Lyliana Thia :trims yo mbak sdh ternyata tdk membosankan membacanya

    Yan Muhtadi Arba : jawabnya begini yan,, gula itukan produk sintetis kalau garam itu kan terbentuknya kristal2nya alami dari alam,,dan tingkat kepadatan molekulnya lebih padat garam

    zone : cara mencobanya spy kliatan di tumpahan dulu , nah ntr tunggu beberapa lama, nanti yg molekul gula akan tertinggal di lantai, dan yg molekul air akan menguap,,:)

    BalasHapus
  77. pertama kali minum teh manis sempat (maaf) muntah, rasanya kok aneh ya atau mungkin saya yang aneh? :D

    saya lebih suka kopi daripada teh manis :)

    kalau kopi bagaimana mas uraiannya?

    BalasHapus
  78. salam kenal Al Kahfi
    dari rumahnya Yunda tadi, baca ttg Al kahfi ...
    ternyata tulisan disini mengasikkan utk dibaca

    fiska itu fun...gak seribet yg dibayangin selama ini .
    hebatnya Al Kahfi, bisa membuat fisika jd fun kayak gini :)
    salam

    BalasHapus
  79. Thanks sharingnya bro! dpet ilmu baru. "molekul gula hanya menempati tempat kosong diantara molekul air." Salam sobat n good luck :)

    BalasHapus
  80. *apapun makanannya utk minumnya Es teh manis*
    Ikut Nambah (secara thermodinamika): Kalau teh panas gula larut 'sendiri' karena ada sudah ada kalor (suhu panas) yang 'membantu' proses larutnya gula.

    Sedangkan Es Teh karena suhunya dingin sehingga diperlukan tambahan (kalor) yg salah satunya bisa dihasilkan dari pengadukan (mixer) agar gula larut dengan sempurna---> bisa juga disebut reaksi Endoterm

    BalasHapus
  81. waduh, teringat pelajaran Fisika zaman SMP dan SMA.
    btw ini atas saya bisa menjelaskan dari sudut pandang kimia juga.
    salut2 :D

    Regards,
    Kevin
    Blog : www.winspector-fans.com
    All about Special Police Winspector and Other Tokusatsu Series

    BalasHapus
  82. Terus teramg aku tak pandai fisika... jadi pelajaran yg spt ini kayaknya dulu lewat gitu aja deh... hehehe. Jadi pengen malu.
    Anyway, thanks banget utk informasi berharganya ya

    BalasHapus
  83. Temanku yg kerja di konsultan arsitektur Jakarta.. sibuk banget. Kerjaannya luar biasa deh stressingnya. Apalagi bossnya bener2 yg perfect. Kata temanku, tak banyak yg kerasan kerja disana, karena sangat berat, tapi temanku tetap bertahan karena dia cinta pekerjaannya. Selain itu dia merasa tambah pinter selama bekerja disana, dia belajar banyak. So, meskipun berat, tapi dia enjoy aja. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  84. eh tapi aku pernah minum es teh manis yang asin
    ternyata yang bikinin salah masukin garam
    untung bukan upil
    heheh

    BalasHapus
  85. iya deh ya aneh deh kenapa gitu tiap beli es teh manis si penjualnya gg ngelarutin gulanya pake air hangat dulu jangan langsung cemplungin esnya gitu :D

    BalasHapus
  86. Wah sangat ilmiah sekali sob.Bener-bener ahli fisika.Memang benar sob, semua ilmu banyak yang saling terkait satu sama lian.Sanagt bermanfaat sekali master.Trims infonya jadi inget pelajaranku nih.

    BalasHapus
  87. @ Kevin: Sebenarnya kategori perubahan fasa (wujud)gula dalam air (teh) tetap merupakan bentuk proses fisika (karena bisa dikembalikan ke fasa awalnya. Tapi kalau ditinjau dari peran kalor (suhu/panas) dalam proses larutnya gula dalam air...> maka bisa juga dikategorikan dalam reaksi thermodinamika.

    @ Sherafim77: Air (asin)laut yg menguap memang hanya molekul Airnya karena panas matahari yang sampai pada permukaan air laut energi kalornya pada level menguapkan air, untuk menguapkan suatu zat maka diperlukan suhu sesuai karakteristik titik didih zat tersebut. Jadi kalau ingin NaCl (garam)nya juga ikut menguap, tentukan dibutuhkan suhu minimal=titik didihnya untuk garam

    BalasHapus
  88. enaknya minum teh dinginn :D
    ada pelajaran fisikanya jg nie, mantapp :)
    tapi ane udah lupa hhe

    BalasHapus
  89. hehe harus berterima kasih tuh sma yang namanya teh., hanya dengan segelas teh bisa jadi berangakt menuju pelajaran fisika.. :D

    BalasHapus
  90. Jadi inget waktu jaman SMA, susahnya Fisika dpt 8, mentok 7...mknya pas ada kesempatan kul, ambil akuntansi aja heheh...thx infonya mas, salam dari rumah kaifa

    BalasHapus
  91. Mencari Postingan terbaru disini,
    Blum nemu, jadi ikut meramaikan saja sob,
    selamat beraktifitas...!!

    BalasHapus
  92. waduh biarpun udah lulus SMP dan SMA tapi tetep aja masih suka bingung sama soal2 fisika. hahhaa..maklum otaknya anak IPS nih. btw, saya boleh tulis postingan gak kenapa kamu beli buku saya sebanyak itu?

    BalasHapus
  93. Feat Everyone : kopi di bagi 2 mbak pilih yg tubruk atau yg instan,,ntr sy kasi jawabannya,,


    bunda Lily :salam kenal kembali ya mbak,,akan sy follback

    gaelby :trims sobat sdh memahami, postingan saya

    Ririe Khayan : trims yo mbak penjelasanny makin komplit dan makin melengkapi apa yg sdh mas posting,,:)

    Kevin :trims sobat smoga mengerti ya,,:)

    catatan kecilku :sama ya mbak trims smoga berguna ya,,

    the others...:bener banget mbak kalau kita mencintai pekerjaan, kelak apapun rintangannya akan di hadapi, trims ya mbak share nya

    BalasHapus
  94. Rawins : wah saya juga pernah tuh teh manis rasanya asin, taunya isinya garam,,:)

    Fiction's World :mungkin penjualnya juga buru2 kali ya mbak

    Bisnis Online Blog :trims kembali ya mas kehadirannya,disini,,:)


    Aldio :smoga jd ingat lagi y sob, setelah membaca ini

    herry susanto :iya nih sob ternyata dari tekh manis jd byk pembahasan

    KAIFA : ohh jurusan akutansi juga hitung2 sama ribetnya kan,,

    zaenal blog :trims sobat kehadirannya kembali


    Sang Cerpenis bercerita :trims mbak sdh di posting tentang rencana bagi2 novel saya,,:)

    BalasHapus
  95. saya pesan es teh tawar aja, gak suka teh manis :)

    BalasHapus
  96. molekul molekul air. rumus,rumus,rumus... mana waktu SMA guru fisika killer banget...

    BalasHapus
  97. oohh, baru tahu saya teorinya mas tentang gula yang larut itu.. hehe :D

    oya, maaf yaa dhe gk ikut GA nya..

    BalasHapus
  98. Lidya -: pilihan tepat mbak lebih menyehatkan.

    rika: setidaknya saya kan gak killer yah,,hehe

    dhenok habibie :gak pa2 kok mbak,, nyantai wae mas gak knapa2,,:)di maafkan dech pokoknya

    BalasHapus
  99. Hmm es teh manis..
    minuman Fav ku juga..

    Tiap makan di manapun pasti teh minumnya..
    menyehatkan,bukan begitu??

    BalasHapus
  100. intermezo yang menarik,mas :)

    izin mampir^^

    BalasHapus
  101. Saya setuju dengan ungkapannya "Memang tidak mungkin menyenangkan semua orang" yang terpenting kita selalu berusaha khan,mas... saya jadi memahami dengan bagaimana gula larut.... kiasannya bagus banget ....Terimakasih ya, mas... banyak yg saya petik di balik cerita ini.... menginspirasikan banget...

    Salam kenal...ya mas

    BalasHapus
  102. bukan merendah tapi jujur apa adanya.

    BalasHapus
  103. Nchie : tapi jgn sering2 mbak ntr diabetes,, hehe

    Fany_Krista :trims kedatangannya y mbak:)

    Hariyanti Sukma ; iya mbak berusaha keras itu hrs jgn luntur,, salam kenal kembali y mbak

    21inchs : trims mas,,sharenya

    BalasHapus
  104. Kereeen!! tapi saya lebih suka pembicaraan di awal paragraf ah... karena juga sedang mengalami hal2 yang hampir sama (masalah pekerjaan yang kian menumpuk)...
    sepertimu, terkadang saya berfikir untuk segera melepaskannya, tapi sayang juga rasanya, krn kesempatan seperti ini juga susah banget didapatnya...
    anyway, saya selalu suka postingan2mu mas Amri! keep posting.

    BalasHapus
  105. mampir sambil konfirmasi klu linknya uda saiia pasang di http://www.psholic.com/2011/01/care-to-exchange-links.html kang... makasii klu berkenan pasang link saiia juga di sini.. :(

    BalasHapus
  106. Eh tapi kalo saya kayaknya udah gak perlu pake gula deh?? Coz saya kan udah terlalu manizz :P

    mmm.. Tapi maaf ya mas kahfi, saya gak bisa rutin apel dimari, coz koneksi inet saya bener2 "menghabiskan waktu n kesabaran" :'(

    BalasHapus
  107. wahhh.. makasii kang.. ternyata uda di pasang iia.. sekali lagi saiia ucapin makasii kang iia ;)

    BalasHapus
  108. bener-bener mas :D :D , , wah hal yang kecil kalo di review mas kahfi jadi menarik deh :)

    BalasHapus
  109. kalau airnya dingin supaya gulanya larur dilender aja gimana? atau diaduk cepet, terus langsung glek2. jadi pas masih 'muter' udah masuk perut, hehehehe (asli ngaco, lol). oya, good luck ya untuk pekerjaannya, semoga semua berjalan baik. amen...

    BalasHapus
  110. disini jualana teh manis kah sob ???
    kalo gitu pesen satu yach mas .... hhe :D

    BalasHapus
  111. oh ternyata namanya di sana es teh manis ya bang:D klo kita di medan kan bilang teh manis dingin heheheh... sukses di rantau ya...

    BalasHapus
  112. alaika abdullah : bener mbak apapun itu sy sdh cinta dgn pekerjaaan sy ,, tetep apapun sesulit apapun pekerjaan itu akan sy hadapi..

    Belajar Photoshop : iya sob,, linknya sdh sy pasang di update blog

    edi wijoyo kusumo : gak pa2 mas ,, saya maklumi nih


    Bayu Aldi Yansyah : btw web belajar pothosop kan punya sobat juga kan,,

    dunia kecil indi :trims mbak doa dan supportnya,, semangat itu tetep di diri.

    Shinobi Cafe : teh nya silahkan ambil di warung2 terdekat,, hehehe

    pri crimbun: ujudnya sama namanya beda,, trims mas kunjungannya

    BalasHapus
  113. saya lebih suka teh hangat.. :)

    BalasHapus
  114. re:
    binatangnya bebas. mau unggas, serangga atau apapun boleh, gak ada ketentuan asalkan dari pengalaman sendiri (atau teman/saudara juga boleh) dan bisa menginspirasi. terima kasih :)

    BalasHapus
  115. biasanya sih gitu :D haha btw ane menyelenggarakan sebuah kontes siapa tau sobat ingin mengikutinya :) bisa di cek :)

    BalasHapus
  116. Hah?
    20%?
    Masak mas?
    Sedikit bget ya...

    BalasHapus
  117. Ngomongin es teh ane malah jadi keinget waktu makan di warung deket alun alun jogja. Waktu itu penjualnya nawarin saya mau minum es jeruk atau es teh anget.
    Heran juga es teh anget itu wujudnya kayak apa. Hehe :)

    BalasHapus
  118. makasih infonya mas..mending di praktekin langsung ke TKP..

    BalasHapus
  119. benar ^___^ tidak mungkin menyenangkan semua orang~

    BalasHapus
  120. kalo gtu mas kahfi jd guru fisika aja, pasti nyambung ni anak2nya..hehee

    BalasHapus
  121. penjelasan yang bagus bro meski saya sendiri juga tidak tahu kebenarannya.

    saya pikir kenapa gula itu cepat larut kedalam air hangat adalah karena gula tersebut meleleh akibat suhu panasnya. seletah itu, lelahan tersebut akhirnya bercampur menjadi satu dengan air sehingga menimbulkan rasa mains dalam waktu yang cepat.

    BalasHapus
  122. Sebentar, sebelom mbaca aku mau laporan dulu: aku senang tulisan di sini sudah membesar. Kemarin terlalu kecil untuk mata minus-4 ku ini. Menderita banget rasanya..hiks...

    Ah, senangnya ada yang memahamiku... *tersipu-sipu*

    BalasHapus
  123. Bener tuh... Kalo diperhatikan dari dekat, gula yang udah diaduk dengan air teh itu masih terlihat lho... Terpisah sendiri. Kelihatan seperti....something like..'lendir' gitu...

    Aku suka pelajaran fisika, tapi nggak yang rumus-rumus..heheh...

    eh..eh..eh.. emang ada GA dimari? Kapan? Kok aku nggak tau? gggrrrrhhhh.........

    BalasHapus
  124. Mas...

    Mau komentar juga masih belum di update.
    Jadi Absen saja ya..

    Hehehe...

    BalasHapus
  125. banyak pelajaran yg saya lupa, kalo g salah itu air gula/ kopi itu termasuk sesuatu gitu lupa namanya

    BalasHapus
  126. pinter juga ya menjelaskan rumus fisikanya, pastinya akan ada banyak pelajaran zat zat yg di ciptakan oleh Allah hehe,

    Kalau di warung2 tempat saya biasanya teh dingin aja yg pke gula kalo teh panas biasanya ga pke gula alias tawar yg cuma pke rasa teh. Sayang ga ikutan give away karena sibuk bikin antena hotspot :D

    BalasHapus
  127. tapi kira kira suatu saat nanti bakalan bisa manis gag iia air ujan tuu ?!??! :(

    BalasHapus
  128. Pelajaran gue banget nih waktu jamnnya jadi anak IPA dulu B)

    BalasHapus
  129. saya sukanya kopi tubruk. mas.

    jadi gimana? :)

    BalasHapus
  130. Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back

    BalasHapus
  131. rabest : silahkan di ambil di warung2 terdekat,, :)

    dunia kecil indi : ok trims mbak , akan mencoba ya ikutan:)

    Farixsantips : ok sob , akan TKP

    Kopiah Putih : begitulah adanya menurut survey

    Algo wijaya : es teh anget itu wujudnya kayak apa.<--saya baru dengar mas,,hehe


    yudee : trims kembali y sob:)

    Nurmayanti Zain: benar adanya mbak tidak mungkin menyenangkan semua orang~


    sherafim77 : seandainya sy juga guru seperti kamu,, hmm ,ntahlah hanya aku dan bulan yg tau,,:)

    BalasHapus
  132. Disabilitas :trims mas sdh berkunjung,,dan mencoba pahami maksud saya:)

    DewiFatma : pantesan jarang datang,, kekecilan toh,, heh ,, maaf2 yo mbak,,:)

    Kopiah Putih : masih sibuk sob,,:)

    dunia otan : sesuatu banget apa itu sob:)

    yayack faqih: trims ya mas sdh berkunjung,, gak ikutan gak pa2 kok,, :)

    BalasHapus
  133. Belajar Photoshop : bisa jadi malah asin, kali,, kan air laut lebih luas,, hehe

    SHUDAI AJLANI : masih ingat ya sob,,:)

    Feat Everyone : hmm kalau kopi tubruk, yang asti larutnya lebih lama masuk ke celah molekul2 air, karena lebih padat dari yg instan,,

    anime lover : trims sob, kunjungannya akan balik berkunjung

    BalasHapus
  134. refreshing pelajaran SMP ^^

    BalasHapus
  135. baru tahu postingan ini. Kok gak muncul di dashbor ya....

    btw, banyak banget yg komentra ya.... ampe ratusan. gila!

    BalasHapus
  136. info yang bermanfaat
    sederhana namun penuh makna

    BalasHapus