Kamis, 24 November 2011

Mendung tapi kok gerah

Saya sadar, kesempuranaan itu tidak ada. Saya pun mencoba untuk  berkompromi dengan semua hal.  Dalam hati saya sekarang ,sambil mengingat-ingat potongan demi potongan kejadian yang terjadi belakangan ini. Sebagai seorang manusia , tentu saja saya membutuhkan orang lain untuk berbagi. Baik itu keluarga  atau teman-teman,bahkan teman2 maya saya terutama sobat2 blogger semua. Rasanya sulit membayangkan hidup tanpa siapa-siapa.

sebagai manusia biasa, saya tidak dapat menghindari masalah. Kemalangan yang terjadi. Atau bahkan keberuntungan dalam hidup. Setiap seseorang memiliki argumentasi tersendiri mengenai pilihan dalam menjalani kehidupan.  Baik itu dinilai salah, benar, wajar ataupun tidak wajar. seperti mendung ada yang mengharapkan bahkan ada mengumpat akan kedatangannya.hmm, ngomong2 soal mendung kok saya langsung teringat akan hal unik terkadang,,nah begini ceritanya.

disaat mendung menutup rata di suatu daerah dan di kondisi angin yg tidak bertiup kencang.cahaya matahari bahkan tidak tampak, justru membuat udara terasa gerah.banyak orang2 sering merasakan di saat mendung2 tertentu kok udara makin gerah. akan saya coba jelaskan bagaimana hal ini bisa terjadi.
karena atmosfir tertutup awan maka terjadi tekanan udara yang meningkat, nah karena tuh awan di atas nutupin ruang gerak udara dari atas, maka udara di bawah tidak leluasa untuk keatas, maka udara permukaan bawah mengalami titik jenuh,tuh udara di bawah juga gelisah di tutup2 awan.

trus kenapa pula udara jenuh bisa buat gerah? begini di udara yang jenuh itu ada molekul  uap2 air yang masih mengadung sisa2 panas matahari.tuh sisa2 uap tdk bisa bergerak keatas karena tertahan si jenuh udara tadi.gimana udah kebayangkan (gambaran uap air yg tertutup). di tambah lagi molekul keringat di tubuh kita juga tidak bisa keluar karena si udara jenuh itu menahan molekul keringat yang yang akan keluar dari tubuh kita. maka makin komplit tidak nyaman dan gerah lah yang di respon oleh tubuh kita..

si uap air bikin panas dari luar tubuh plus di tambah sisa2 panas tubuh kita tidak bisa di lepaskan di udara karena di tahan oleh si jenuh udara tadi.
gimana sobat2 sampai disini semoga paham ya,,

131 komentar:

  1. insyaallah paham pak guru hehehe

    BalasHapus
  2. ooo... gitu ya. pantes kalo mau ujan, gerah banget rasanya... makasih sharenya, kak amri. :D

    BalasHapus
  3. hmmm..gitu tho xeritanya, saya barutau...heheh

    iya emang, biasanya kalo udah sumuk banget bentar lagi pasti ujan.. :p

    BalasHapus
  4. paham...paham..jadi begitu toh??
    bahaya juga klo udara lagi jenuh..seluruh dunia bisa kegerahan..haha

    BalasHapus
  5. jadi mengerti ane. dan istilah udara jenuh ini perlu dibuat satu posting fisika pasti menarik. hehehe ngarep com.. thank a lot tukang insintur (pinjam istilah si doel anak betawi) yang cerdik,, salam

    BalasHapus
  6. faham Bang, xi xi xi, ampe manggut-manggut

    BalasHapus
  7. Jadi tejadinya gerah pas mendung itu githu ya...
    kayaknya nilai IPA-ku gak masuk nih.... hehehe

    BalasHapus
  8. paham dan jadi mengerti sekarang... ehmmmmmmm begitu ya yang sering bikin gerah...ok dah lanjuuut

    BalasHapus
  9. @ria haya : trims mbak sdh paham,,hehe

    @Ila Rizky Nidiana :sama2 yo mbak trims kunjungan kelasnya

    @rabest : nah ntr kalau ada yg nanya kenapa gerah balik di jelaskan yo mbak,,

    @yudee :hanya sebatas yg tertutup awan sj kok sob,,

    BalasHapus
  10. Wisata Murah : masukan yg bagus sob,, akan sy terapkan

    Obrolan Blogger.com : jgn lupa yo mas PR nya

    Arif Zunaidi Riu_aj : nilai IPA nya berapa sob

    Arifin : di tunggu kelanjutannnya sob

    BalasHapus
  11. paham Ommmm, keren penjelasannya...kadang saya juga ngrasain hal yang sama. biasane kan kalau ujan gitu adem , enak gitu hawanya. tapi ini ndak, malah sumuk, gerah gitu .

    BalasHapus
  12. owwwww jadi begitu, kalo mendung pantes garahnya minta ampun, kalo hujan dah turun segar datang dg senyum hehee

    BalasHapus
  13. ok. mengerti pak guru. ujiaannya kapan ya pak....

    BalasHapus
  14. oh begitu...hm..serasa belajar fisika lagi. tapi emang akhir2 ini mendung terus dan ga hujan. jadinya geraaah bangeet.

    BalasHapus
  15. @Sitti Rasuna : trims sdh memahami,tapi kok pake ketawa mbak

    @Sadako Kenzhi : nah kalau sdh tau ntr kala uada yg merasa gerah di jelasin yo mbak ketemnnya

    @anisayu :seperti hujan menyapa pagi yo , sejuk

    @yadiebaroos :ujian minggu depan ya,,:)

    @Lidya - ; trims mbak sdh paham

    @Sang Cerpenis :bak pa2 yo mbak bekajar fisika kehidupan sehari hari

    BalasHapus
  16. pantesan ya kak, klo lagi mendung rasanya gerah gitu ya?....

    BalasHapus
  17. jadi begitu ya... baru ngerti sekarang...

    BalasHapus
  18. aku selalu merasa hangat kala membaca notemu...sungguh seperti aku berada dalam sekuel cerita itu...
    makasih yach

    BalasHapus
  19. Wah nambah ilmu nih disini

    BalasHapus
  20. Atma muthmainna :smoga bermanfaat yo mbak

    duniapiyen :smoga bermanfaat jug mas

    ayano rosie :sama2 trims yo mbak kunjungannya

    Zh!nTho : smoga bermanfaat sob

    BalasHapus
  21. blajar lagi yoooo....
    bukunya sdh sampai....

    BalasHapus
  22. disini ga mendu, ga cerah, tetap aja panas-gerah.

    BalasHapus
  23. oalaahh..kayak gitu toh... trimakasih pak guru!! hehee


    Stylish Generation

    BalasHapus
  24. @jiah al jafara : jangan lupa di review yo mbak

    @Baha Andes : nanti akan ada postingan itu tuk menjelaskannya sob

    @Punya.Tia : hehe belajar yg baik2 ya ;)

    BalasHapus
  25. hmmm.... kalo ujan tapi ga mendung (siang bolong) apa itu kenapa?? hayoooooo...

    BalasHapus
  26. Faham Mas... o gitcu ya, pantes aja suka kegerahan kalu mendung.

    Ini tulisannya jadi lebih gede ya kan?

    Tugas 11 nya sudah kukerjakan, tapi belum kelar 100 %, belum dilanjutkan ke 11 sahabat karena aku belum sempet ngarang 11 pertanyaan dariku :)

    BalasHapus
  27. Paham mas...

    Dan saya baru tahu sekarang tentang itu.

    Sebenarnya sering sih teman2 sekamar bilang "Ah...Padahal mendung ya, tapi kok masih gerah??"

    Dan sekarang saya sudah tahu jawabannya..

    Terimakasih mas..

    BalasHapus
  28. ohh... jadi pertarungan antar kubu molekul too. antara molekul jenus air dengan panas tubuh yang tertahan...

    BalasHapus
  29. akhirnya.
    dapat juga penjelasan kenapa kadang panas waktu mendung atau mau hujan.
    mantap pak guru :D

    BalasHapus
  30. Iya pak guru paham... ^_^ *jempolll dah buat penjelasannye*

    BalasHapus
  31. @honeylizious : angguk2 semoga paham

    @Rika Willy :wah kok belum paham

    @adeline : hmm hujan gak mendung:? itu terjadi karena kelembaban yg terlalu tinggi dan suhu sekitar rendah nah udara kan menyimpan molekul2 air,,karena suhu rendah molekul2 air itu menyatu jadilah hujan seperti titik embun, hal ini biasanya terjadi di pegunungan

    @Yunda Hamasah ;tulisannya di gedekan karena sarannya mbak juga

    @Kopiah Putih: trims ya mas, ternyata apa yg sy tulis bermanfaat

    BalasHapus
  32. @Ririe Khayan : hehe,, iya terkadang byk juga mendung yg gagal

    @choirunnangim :nah benar pertarungan molekul luar dandalam,, hehe

    @Kevin : trims y sob smoga bermanfaat

    @Naya Elbetawi :trims y nay,, novel sdh nyampe pa blum ya

    BalasHapus
  33. disini lagi mendung n gerah pula..mana gak ada ac..humm

    lagi ngambek kli makanya udara jenuh...haha

    BalasHapus
  34. oooooowww...
    pantes kalau mendung, walaupun tidak terik tapi di dalam rumah malah lebih gerah >,<

    BalasHapus
  35. Wuaahh..kalo hukum arsitek di kolaborasi hukum fisika makin muantap yaaa...piecee

    BalasHapus
  36. @yudee : ngambek karena di halangi awan,,:)

    @Miss 'U :semoga bermanfaat y mbak postingan sy

    @Putri Omsima: apapun itu bidang ilmu kalau kita mencintainya kelak akan memberi mnfaat dgn lainnya

    BalasHapus
  37. Faham Pak guru..
    jadi inget pelajaran waktu di sekolah hhe..

    Kalo orang sunda mah,keadaan begitu hawanya Bayeungyang,mendung tapi gerah..kaya sekarang nih..
    ooo jadi begitu ya..

    BalasHapus
  38. gerah karena udaranya gak bisa kemana2, muter di situ2 aja, gitu kali ya simpelnya ..

    BalasHapus
  39. Nchie : Bayeungyang,<-- baru tau sy istilah ini mbak,,


    dey udara yg muter2 di situ2 aja,,<--hampir mirip mbak,, jatuhny aseperti pengab gitu kalau di suatu ruangan,, bedanya ini plus ada molekul2 air yg menguap terjebak,

    BalasHapus
  40. Mas kahfi bikin donk desain ruangan yg menghasilkan suhu rendah [dingin] pas tiap lagi mendung..??! :p

    BalasHapus
  41. Paham pak guru. Sangat jelas dan komplit penjelasannya. Nggak bikin pusing bacanya.

    BalasHapus
  42. mangut2 sambil menatap langit..
    pertanyaan iseng nih..gimana sih caranya bang Kahfi bagi waktu?? koq selalu bisa BW sambil kerja?? hmm enaknya jadi bujangan hehehe

    BalasHapus
  43. wah iya bener itu mas..
    di Surabaya juga gag jauh beda..
    malah ada hujan, terus habis itu panas..

    BalasHapus
  44. nah saya tuh paling ga suka kalo mendung yang seperti ini, mendung tidak berarti hujan... coba kalo disertai hujan, pasti akan dingin, terkadang malah banjir deh.. hehe.

    thanks for share mas kahfi... nice and informative info.

    BalasHapus
  45. heheheh ini dia yg sering saya alamin blakangan ,,mendung tp kokgerah hahahha,,jadi gtu to penyebabnya ,,okeyy mksh sob infonya :)

    BalasHapus
  46. oh ya mas, di Surabaya mulai menunjukkan gejala cuaca tidak jelas..
    makin susah nih kalau ke sekolah..

    BalasHapus
  47. mantap nih penjelasannya Mas, maakasiihh ya Mas, jadi tahu lagi nih penyebab gerah :D

    BalasHapus
  48. Wahh aku baru tahu nih makasih mas al atas pelajarannya nih >.<

    BalasHapus
  49. ada aja pelajaran di sini ya. guru ya mas kahfi?

    BalasHapus
  50. saya juga sering merasakan adanya rasa gerah kalau mendung menjelang hujan. ternyata sebabnya karena sisa2 uap air yang mengandung panas matahari tidak bisa bergerak ke atas karena tertahan mendung itu ya. haha, ilmu baru nih om. :D

    BalasHapus
  51. tetep ga ngeh sama penjelasannya. ada apa ini dngan saya? :(

    BalasHapus
  52. @edi wijoyo kusumo: gampang kok mas,,cuma tinggal nambahin exhoust pan in dan out di 2 sisi ruangan,,:)


    @selalu ada :trims follownya

    @arqu3fiq : terimakasih mas sudah memahaminya

    @ketty husnia: kerjaan arsitek skrg gampang mbak semenjak ada software2 pendukung misal autocad, jadi kerjaan seminggu terkadang bs sy selesaikan 2 hari,, sisanya bisa bw..

    @socafahreza's: kalau cuaca masih belum jelas,, karena puncak jelasnya nanti di desember,,:)

    BalasHapus
  53. seperti HUJAN, maka MENDUNG juga adalah salah satu rahmat-NYA :)

    BalasHapus
  54. @alaika abdullah :semoga bermanfaat yo mbak,,infonya:)

    @Green KLOPERER :trims mas sdh memahami


    @.:diah:. :semoga bermanfaat penjelasan saya ya mbak

    @Remaja Gaptek: pelajaran ipa keseharian mas tepatnya

    @hariyanto: bener mas, rahmat Amllah

    BalasHapus
  55. @rusydi hikmawan : hehe bukan mas,, saya dari teknik arsitekture

    @panduan belajar :nah tepat bener ringkasan kamu sob,, :)

    @NuellubiS : saya memakluminya mas,,mas selalu belajar hukum sih,,:)

    BalasHapus
  56. waaah :O begitu toh ya, uap pun ternyata bisa gelisah ya kalau terhalangi gitu :D

    BalasHapus
  57. wah ternyata itu penyebabnya >.<
    Dan pas banget nih, cuaca lagi mendung dan saya lagi gerah banget >.<

    BalasHapus
  58. mungkin ini yg dimaksud dari 'perihbahasa' "mendung tak berhati hujan" ya sob ..:)

    BalasHapus
  59. oalahhhhh pantes sering gerah meski udara sepoy sepoy seperti itu :o thanks banget ya om pengetahuannya

    BalasHapus
  60. huaaaaa, aku juga merasakannya (-_-")> mendung tapi gerah~ tapi aku suka anginnya kadang kadang :)

    BalasHapus
  61. Wah filosofinya sesuatu banget.Menarik sobat.Apalgi kalu belum musim huja tiba2 hujan, bau tanah terasa banget.

    BalasHapus
  62. terkadang juga angin berhembus kencang, tapi hawa tetap panas nggak sejuk. itu kenapa mas?

    BalasHapus
  63. @Fiction's World : iya mbak gelisah karena jenuh,,:)

    @iam : gimana kira2 merasakan kejenuhan udara jug akan mas

    @r.a.c. cutting sticker: bisa juga sob :)

    @Farixsantips : smoga bermanfaat ya mas

    @Nurmayanti Zain : kalau ada angin masih mending mbak udara sedikit bersirkulasi

    @Bisnis Online Blog : nAH ITU JUGA MAS PENYEBAB MAKIN PANASNYA SUHU SAAT MENDUNG

    BalasHapus
  64. Khaira :walau angin juga berhembus kencang tetep panas,, karena tingkat kelembaban nya sedang tinggi,kelembaban itu berasal dari uap2 air yg membawa sisa partikel panas matahari sebelumnya ,itu yg menyebabkan tetep gerah

    BalasHapus
  65. Salam knl mas Kahfi...aku termasuk yg srg ngantuk saat pelajaran fisika dulu(buka aib)hi..hi.....cb dl itu waktu aku SMA mas Kahfi gurunya ^_^

    BalasHapus
  66. mas Al Kahfi ini the thinker yah? Saya yang lulusan MIPA suka males mikir soal fisika gini, hehehe... sukanya terkaget-kaget dengan tulisan sendiri. Biarpun suka mikir tapi dibatasi aja... masih enjoy dengan kegiatan luar ruang.

    Tapi kalo mikir suka bawanya kemana-mana ampe masuk ke pikiran orang. dan ujung-ujungnya dimusuhin, begitulah. Semua ada resikonya, jadi lebih baik membatasi ajalah...

    BalasHapus
  67. @Nufus :sayangnya saya bukan guru mbak,,tapi say aanak guru di besar kan dan didik oleh org tua seorg guru teladan(bapak saya sendiri),
    mbak,,asal aceh ya,, tdk jauh dgn saya,,salam kenal kembali ya,,

    @Ami :mbak ntah kenapa terkadang di kepala ini selalu berseliweran yg namanya pertanyaan dan tanda tanya,,dan pelan2 saya menyusunnya satu persatu,,untungnya ada mmedia blog ini,,

    BalasHapus
  68. Oooh.. betul juga ya mas kahfi :D Aku paham! ^_^
    Eh, aku mau komentar yg melenceng dari topik kali ini, kok aku telat terus mau komentar, pasti udah di 50an keatas hehehe :D

    BalasHapus
  69. @basithka: mas kalau posting biasanya 2 hari sekali di jam2 pagi banget waktu indonesia jam 5- 6 pagi,,nah tu di jerman jam berapa,,kalau komennya mlm gini ya sdh jauh berada dibawah ,, hehe

    BalasHapus
  70. akhir2 ini kami sering bersepedaan di cuaca yg mendung tapi nggak gerah, sejuk sampe dingin adanya krn cuaca bisa berkisar antara 0, 5 ° C - °C spt hari ini

    BalasHapus
  71. oot.. thanks yah, Am.. bukunya udh sampe.. *belum tuntas dibaca baru disimpan di bawah bantal, hihi*

    BalasHapus
  72. seperti berhadapan dg guru fisika nih, trimkash ilmunya

    BalasHapus
  73. masih bingung kk,,hohohohooo
    berkunjung dengan senyuman aja,,mendung2

    BalasHapus
  74. kalo pake ilustrasi gambar sederhana mungkin bisa lebih mudah dimengerti kali mas, hehe..

    tapi, tetap aja harus disyukuri apapun cuaca yang diberikan Allah, karena di tempat lain bisa sangat parah kondisinya..

    salam persahabatan, btw, blognya udah saya follow, ditunggu follow backnya lhooo.. :p

    BalasHapus
  75. sudah beberapa hari ini mendung,
    sepertinya akan terus ke Desember
    tapi tak sedikitpun pikiranku terlintas seperti yg dipikirkan Kahfi :D

    btw,emailsudah terkirim kemarin, kira2 sampai tidak ya? soale tenggatnya hari ini, takut ga sampai, kan saya klo hangus hehehe

    BalasHapus
  76. kalau mendung tapi hujan yang ditunggu-tunggu tidak turun juga, bagaimana sobat kan gerah melulu jadinya hh....
    nie posting,
    salam

    BalasHapus
  77. hmmm....
    itu tah alasannya....saya cm merasakan dan tak sampai berpikir sampai kesitu...
    :P
    terlalu menjalani hidup apadanya sih...
    hehehee,,,....

    BalasHapus
  78. Karena mungkin juga masa pengedapan suhu yang ada ditubuh kita,yang seakan tidak mau keluar bersama dengan air dikulit pori - pori ketika beraktivitas
    kalau masalah suhu bumi,mungkin karena polusi yang dihasilkan tidak sebanding dengan oksigen yang dihasilkan tumbuhan,maka terjadi plus & minus dalam suhu bumi

    BalasHapus
  79. kirain tuh karena mataharinya lebih panas
    makanya langitnya sampe gosong
    itam pekat...

    BalasHapus
  80. Hebat ya Mas Kahfi, Blognya sampai dikunjungi jutaan pengunjung. Terbukti dengan komen yang sampai ratusan. Salut sama mas Kahfi yang ramah.

    BalasHapus
  81. Benar sekali pak, akhir2 ini di suasana mendung udara terasa cukup gerah sehingga kita tak betah dibuatnya.

    Thanks infonya ya...

    BalasHapus
  82. kalau di desaku dulu juga banyak bapak-bapak yang bilang kalau panas banget itu tandanya mau turun hujan....

    BalasHapus
  83. Mendung tak berarti hujan.

    BalasHapus
  84. @Ely Meyer memang sob tdk selamanya mendung selalu gerah adakalanya tetep dingin tergantung daerah yg mendukung itu,,misal di bogor

    @hilsya :ya semoga bermanfaat yo mbak bukunya

    @umahnya fityanakifah :trims kembali yo mbak

    @rezKY p-RA-tama : dimana letak bingungnya sob

    @Yudi Darmawan : trims follow nya akan sy folback

    BalasHapus
  85. @nique : ok email sdh nyampe mbak,,ntr sabtu sy order bukunya..di tunggu yo mbak kedatangannya

    @Thanjawa Arif : hehe,, ya kan sering terjadi mas mendung tp tdk turun2, mendung yg gagal,,


    @zone hidup apadanya ,keren juga sob filosopinya :)


    @Andy : nah tu makin komplit sobat andy menjelaskannya, trims

    @Rawins : bisaan aja mas rawin,:)

    BalasHapus
  86. @arqu3fiq : hehe gak sampe jutaan lah mas,,:)

    @HALAMAN PUTIH : trims kembali ya mas,,:)

    @choirul : ya sering mengindentikan kalau hari terlalu panas malamnya akan turun hujan

    @21inchs : berarti mendung yg gagal,,:)

    BalasHapus
  87. Ooo... baru ngeh sekarang. Paham... Paham....

    BalasHapus
  88. bukannya setiap mendung itu gerah yah om :D

    BalasHapus
  89. ternyata begitu...aku kira karena faktor dehidrasi sob :D

    BalasHapus
  90. Selalu berkunjung sobat :)
    Main k blog Ane ya gan

    Klik 4information y gan :)

    Komentar di tunggu sobat


    Salam blogger

    BalasHapus
  91. inyong berkunjung keseni pas lagi cerah jadi ngga gerah, trims infonya

    BalasHapus
  92. pantesan kalau hujan sering bgt gerah ya pak,, ternyata begitu prosesnya,, :D

    BalasHapus
  93. oh iya mas
    kalau mau hujan kan gerah banget yah

    BalasHapus
  94. jadi gitu rupanya...., nambah Ilmu lagi buat daku ni.., thx ya Mas share ilmux.., btw aq org yg ke 100 heheh..., *smile

    BalasHapus
  95. mendung putih >>> biasanya hujannya akan lama berhenti, kalau mendung abu-abu?

    BalasHapus
  96. @asti :trims yo mbak sdh paham

    @John Terro : iya sob,,bener,, oh ya btw saya mo order tempalate nih serius,,gmn caranya

    @Jurnal Rachmat : byk juga org tdk memahami kok mas

    @4information: ok sob , salam

    BalasHapus
  97. @Cerita Tugu : trims pak guru

    @Rama88 : nah byk kok yg belum tau sob

    @Ninda Rahadi: yah begitulah mbak skrg sdh tau sebabnya kan

    @Rohis Facebook: trims yo mas sdh bermanfaat postingan sy

    @Riafvanti :mendung putih cenderung lama karena untensitas yg di turunkan juga rintik2 kalau mendung abu2 intensitas yg di turunkan deras, jd cepet berhentinya

    BalasHapus
  98. kalau Mas Amri yg jelaskan paham lah insya Allah.. hehe... ternyata begitu ya penjelasannya,.. udara yg terperangkap awan... pantesan suka gerah... tp giliran ada angin berhembus.. whusssh langsung deh adem.. ;-D

    BalasHapus
  99. Weleeh... jadi gitu to ceritanya!!
    Hmm,,, mangakanya kok mendung2 gitu kok gak adem,,malah makin gerah!!
    Kirain ada Something Wrong gitu Sob,, Hwehehee
    MAKASI atas Ilmunya yg bermanfat ini Sobmm jadi makin tau neh!!
    ^_^

    BalasHapus
  100. wah ganti sekarang di tempat saya cuacanya panas mas..
    hmm gag jelas aja..

    BalasHapus
  101. hmmm... begitu rupanya, terima kasih atas penjelasannya :)

    BalasHapus
  102. Pantesan gerah..... ternyata mau hujan. Kata yang sering terdengar kalo lagi hujan :)

    BalasHapus
  103. owalah jadi begitu ya
    pantesan gerah

    aku mudeng
    ixixixixixix
    Salam Silaturahmi

    BalasHapus
  104. Di Makassar lagi sering2nya mendung2 gerah mas ...
    Terimakasih sharing-nya.
    Oya, sudah follow blognya. Kalau berkenan, saya berharap difollow balik ^^
    Terimakasih

    Salam kenal dari Makassar :)

    BalasHapus
  105. bukan keren mas...
    cuman kurang bisa berpikir lebih...
    :P

    BalasHapus
  106. minggu minggu sekarang kayaknya ini blog cocok untuk di jadikan bahan pelajaran biologi buat anak murid Saya. Itung2 silaturahmi ke blog man and the moon sekaligus dapat mata pelajaran bilogi juga hehe.. Thanks infonya :))

    BalasHapus
  107. seperti hari ini yang begitu gerah *ngelap jidat* :)

    BalasHapus
  108. Assalamu'alaikum..
    Met sore Mas Amri...
    Hatiku juga lagi gerah, Mas...

    Mampir kesini belum ada update an lagi,,, ;)

    BalasHapus
  109. mengerti, pak guru...
    hehe, jujur aja perlu beberapa kalibaca, tp mudah2an gak salah tangkap ya :)
    disini juga lagi gerah banget. padahal jam 12.08 am.

    BalasHapus
  110. kirain guru. tapi kok ada yang komentar : "mengerti pak guru" ya? padahal udah dibilang bukan guru. gak baca berarti neh komentator di atas

    BalasHapus
  111. kembali menunggu update blognya mas alkahfi :)

    BalasHapus
  112. Dear.

    1. maaaff telat mampirrrr
    2. sebetulnya gak ada yang salah dalam memutuskan sesuatu... terkadanng yang terjadi aadalah timing yang kurang pas / tepat saja..... jadi jangan pernah putus asa dengan hal ini... hiksss


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    BalasHapus
  113. berarti sama kayak aku, kalo lagi jenuh juga berasa gerah #gak tanya haha..

    postingannya sampai berdebu rek, gak apdet apdet :P

    BalasHapus
  114. gak kusangka sangka ya bisa seperti itu :D

    BalasHapus
  115. mampir bentar, hahahaha... ayo dong mampir ke blog saya dan ikut meneriakkan bahwa Makassar tidak Kasar! Bisa dengan komen fi, thankyou :)

    BalasHapus
  116. mantaf!!
    saya yg anak MIPA malah baru tau sekarang.

    sbg anak mipa, saya merasa gagal. hehehe ;D

    BalasHapus
  117. iya mas,, termasuk saya juga,, gak tau ,, ahahha,, :)

    BalasHapus
  118. kini ku tahu,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  119. eh komen saya ilang ga sih?

    BalasHapus
  120. mungkin efek dari pemanasan global yach....

    BalasHapus
  121. Ternyata Udara Bisa jenuh juga ya, bukan hanya manusia dan blogging saja, hehe.....

    BalasHapus
  122. bener itu gan, awan makin tebal pastinya makin gerah,

    BalasHapus
  123. iya tuh bang kalo mau ujan biasanya terasa gerah, walaupun itu pas malem hari.
    ternyata gitu to kejadiannya :D

    BalasHapus
  124. kan tanda- tanda_nya mau hujan klo gerah tuh...heuheu

    BalasHapus